Mudahnya Perpanjang SIM di Gerai SIM Artha Gading - Jakarta Utara

By Ursula Meta Rosarini - 8:00 am

31 Oktober 2018



Hy guys, how are you?
Welcome to my blog!

Memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) adalah hal wajib bagi setiap pengguna kendaraan. Aku sendiri memiliki SIM C sejak 14 tahun yang lalu, nggak usah dihitung umurku sekarang berapa hahaha. Kok 14 tahun yang lalu? Bukannya perpanjang SIM itu setiap 5 tahun? Iya guys, jadi dulu aku pernah kecopetan dan SIM ku hilang, terus aku ngurus, jadinya masa berlakunya dihitung sejak tanggal aku ngurus kehilangan itu.

Ini kali ketiga aku perpanjang SIM, tahun-tahun sebelumnya aku perpanjang SIM di Polres Banyumas - Jateng dan aku selalu ngurus sendiri (alm. Ayahku mengajarkan aku untuk ngurus apapun sendiri, nggak boleh pakai calo).

Udah tau semua kan ya, kalau mau perpanjang SIM itu harus sebelum masa berlakunya habis, jadi kalau telat perpanjang 1 hari aja, SIM kamu hangus. Kebayang nggak, gara-gara kelupaan perpanjang SIM kita harus buat SIM baru? Aduh ribet dan mahal haha.

Berhubung sekarang aku berdomisili di Jakarta sedangkan SIM ku Jateng dan KTP ku udah hijrah ke Lamteng, aku membayangkan pasti ribet banget ngurus perpanjang SIM kali ini. Akhirnya aku cari info dari berbagai sumber dan OB di kantorku ngasih tau kalau bisa perpanjang SIM di Gerai SIM Mall Artha Gading, kebetulan tempatnya dekat dari kantor.

Akhirnya, ± 7 hari sebelum SIM ku habis masa berlakunya, aku datang ke gerai SIM itu. Aku sampai di lokasi pukul 07.45 WIB, dan di sana satu seorang pria yang udah nunggu. Ternyata kita cuma perlu menuliskan nomor dan nama di selembar kertas yang tertempel di pintu gerai tersebut, dan aku ada di antrian nomor 4.

FYI, kertas yang ditempel itu adalah kertas yang dibawa sendiri oleh pria yang aku temui di tempat itu. Jadi kalau misal kamu datang pertama ditempat itu dan nggak ada kertas di sana, ya udah banyak berdoa aja biar nomor antriannya tetap berpihak sama kamu.



Setelah menulis nama, aku tinggal ke kantor dulu. Pukul 11.30 WIB aku sampai lagi ditempat itu, ternyata kertas daftar antrian tersebut udah diambil oleh petugas dan sekerumunan orang udah berada di tempat itu. Pukul 11.45 WIB petugas memanggil nama-nama sesuai urutan antrian dan membagikan nomor antrian. Kalau pas dipanggil namanya dan orangnya nggak aja maka antrian hangus ya, jadi orang tersebut harus ngantri lagi dari belakang. Setalah itu, sekitar pukul 12.05 WIB, barulah kami dipanggil masuk ke ruangan.



Kami diminta SIM & KTP asli dan foto kopinya @2 lembar. Setelah itu antri untuk tes kesehatan dll. Setelah selesai cek kesehatan kami diminta untuk membayar surat keterangan kesehatan sebesar Rp 25.000 terus dikasih berkas dan formulir untuk diisi.

Setelah selesai mengisi formulir, kemudian formulir diserahkan ke petugas dan kami diminta membayar asuransi sebesar Rp 30.000, setelah itu tinggal nunggu antrian untuk foto.



Setelah beberapa menit akhirnya namaku dipanggil untuk foto. Seperti biasanya, petugas melakukan pencocokan data antara SIM dan KTP (siapa tau alamat, tinggi badan dan pekerjaannya udah ganti, seperti aku hahaha). Setelah data udah cocok semua, kemudian pengambilan sidik jari, tanda tangan dan foto. Nggak lebih dari 1 menit SIM yang baru pun jadi. Biaya untuk perpanjangan SIM C adalah Rp 75.000 dibayarkan setelah SIM jadi.

Aku hanya menghabiskan waktu ± 75 menit dan uang sebanyak Rp 130.000 untuk perpanjang SIM C ku. Ternyata semudah dan sepraktis itu guys. Nggak perlu repot pulang kampung buat perpanjang SIM.



Oh iya, sebelum aku ngurus perpanjang SIM, aku udah googling tentang Gerai SIM ini dan ternyata, faktanya banyak berbeda dengan apa yang aku baca, artinya, gerai SIM tersebut memiliki aturan yang nggak terikat oleh waktu, aturannya selalu berubah menyesuaikan situasi & kondisi hihi.

Nah untuk ngurus SIM yang hilang aku nggak tau bisa di gerai ini atau nggak, SIM ku juga dulu pernah hilang gara-gara kecopetan, tapi aku ngurus di Polres Banyumas (tempat aku buat SIM).

Note:
  1. Di gerai tersebut bisa perpanjang SIM maksimal 2 minggu sebelum masa berakhirnya, nggak bisa lebih. Misal SIM kalian berakhir tanggal 31 Desember, maka kalian bisa ngurus perpanjang mulai tanggal 16 Desember.
  2. Setau aku nggak dibatasi jumlah antriannya, jadi kalau belum sempat nulis nama tatap bisa dapat nomor antrian setelah yang namanya tercantum di daftar. Setelah semua pembagian nomor antrian selesai, setau aku nggak bisa lagi ambil nomor antrian.
  3. Gerai SIM ini cuma melayani SIM (semua jenis) ya, nggak melayani pembuatan SIM baru apalagi STNK.
  4. SIM ku tadinya JATENG, setelah perpanjang di gerai ini, berubah jadi METRO JAYA hihihi, berasa udah jadi warga DKI aja sih, padahal cuma numpang perpanjangan aja haha.
  5. Gerai SIM ini melayani perpanjangan SIM untuk luar DKI juga seperti aku, yang penting udah eKTP aja.
  6. Last but not least, jangan lupa bawa pena.

Gerai SIM Artha Gading
Alamat                   : Mall Artha Gading, Lantai 3, Kelapa Gading, Jakarta Utara
Jam Operasional : Senin - Kamis : Pukul 12.000 WIB
                                  Jumat               : Pukul 13.00 WIB
                                  Sabtu                : Pukul 12.000 WIB


Seneng banget rasanya, hal ini sangat memudahkan kaum perantauan seperti aku, jadi nggak perlu repot-repot pulang kampung buat perpanjang SIM, apalagi kalau cutinya limit kaya aku.

Kalau kalian yang udah pernah perpanjang SIM biasanya dimana guys? Polres? Samsat? atau di Gerai SIM? Pernah nggak sih ngalamin hal-hal nggak enak waktu perpanjang SIM? Yuk share di kolom komentar. Buat yang mau tanya bisa ditulis aja di kolom komentar ya. Thanks for reading, see you on my next post.


Note: Maafkan foto yang nggak layak publish banget ya guys, awalnya aku memang nggak niat untuk nulis artikel tentang ini, jadinya aku nggak bawa kamera & fotonya juga asal-asalan aja, tapi setelah aku post di Insta Story kalau aku lagi perpanjang SIM ternyata banyak yang tanya-tanya, karena capek balesin DM jadi aku tulis aja di sini hehehe.







  • Share:

You Might Also Like

54 comments

  1. Belum pernah perpanjangan sim, hehe... Sim yg pertama hilang jaman masih kuliah dulu krn dicopet jg, terus br bikin tahun kemarin krn perlu utk anter jemput anak sekolah hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahhh dulu abis kecopetan ga ngurus perpanjangan ya mbak? Jd hrs bikin baru deh

      Delete
    2. Wah ternyata masih satu blogger jakarta utara ya :)

      Delete
  2. Hah seriusan beb skrg kalok mau perpanjang SIM hars sblm expired? Wahh SIM ku abis akhir thn. 5 thn yg lalu aku perpanjang SIM sebulan setelah exp masih bisa beb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius beb, ga mgkn lah aku nulis berita hoax 😂😂 5 thn yg lalu belum ada aturan itu beb

      Delete
    2. Itu harus membuat sim layaknya prosedur sim baru. Satu haripun sudah tidak bisa diperpanjang.

      Delete
  3. Waaaahhhh...halo mbak Ursula :D AKu juga punya tulisan mempepanjang SIM A dan SIM C loooh di blog. Aku di Polres Metro Jaya. Waktu itu pas lagi sepi sekitar 30 menitan kelar deh mulus lancar jaya :D Memang seharusnya kebutuhan masyarakat dimudahkan ya di zaman kayak gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku udh baca mbak barusan 😉😉 wah kilat bgt ya kalau cuma 30 menit. Iya ini memudahkan masyarakat bgt

      Delete
  4. aku di oktober kemarin baru perpanjang SIM, soalnya habis masa aktif. bayar sekitar 70 ribu + 30 buat tes kesehatan, jadi total 100 ribu. he he. dulu mbaknya pernah kecopetan juga, sedih berarti. SIM jadi hilang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga pake asuransi ya mas? 5thn yg lalu jg aku ga pake asuransi mas, habisnya ga sampe 100rb krna biaya SIMnya cuma 60rb 😆

      Delete
  5. Mantap mbak, kebetulan bulan depan SIM saya habis & saya udah gak perlu mutar otak gimana caranya buat pulang kampung lagi, ternyata semudah itu kalau bisa perpanjang di Artha Gading, terimakasih mbak sharingnya, sangat membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. You're welcome. Aku juga sempat putar otak gmn caranya bisa perpanjang SIM 😂😂

      Delete
  6. Templatenya baru yach Mbak...? rasa2nya dulu bukan seperti ini :)

    Yang buat SIM fotonya mana yach..... :) Jadi penasaran, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nggak ganti template kok kang, cuma ganti settingan design aja 😂😂😂 kagak ada foto disini 😆😆

      Delete
    2. kasih dong mbak..biar seruu, hehehe...

      Delete
    3. Maksa aja apa maksa banget ini hahahahaa

      Delete
  7. Kok ga ada foto SIMnya sih kak? KZL deh. HOAX nih, ga ada bukti hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahhaa oh NO!! SIM bukan untuk disebarluaskan sekalipun di sensor 😜😜😜

      Delete
  8. aku perpajang sim 1 hari doang expirednya dah ngga bisa dan harus ke daan mogot emang hahahah jauh bet yaa XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, skrg ga bisa kalau melebihi masa aktifnya 😆😆

      Delete
  9. wah apa ditempatku bisa secepat itu ya. tapi masih 2019 sih sim ku diperpanjang. akhir tahun 2019 pula.

    ReplyDelete
  10. Aku jadi inget. Sim udah mati nih mba :)) paling riweh klo urus2 model gini hihiii..tapi skrg kynya udah agak mendingan yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah syg bgt smpe mati gitu, bikin lagi rempong bgt

      Delete
  11. aku perpanjangnya di samsat mbak, eh bukan perpanjang, lebih tepatnya bikin baru lagi karena lupa memperpanjang dan sudah kelewat 3 harian, duhhh sayang banget kan ya. hhe akhirnya tes ulang deh, dan masih ngulang terus karena gagal gagal di tes praktik. masalah keberuntungan juga loh ini tes praktik, salah dikit eliminasi. hahaha tapi seru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhhh syg bgt beb, lewat 3 hrs hrs mulai lagi dr 0

      Delete
  12. Aku belum pernah perpanjang SIM kak beb, soalnya ga punya SIM hahah, LOL. Cpt juga ya prosesnya ya kak

    ReplyDelete
  13. buat saya urus sim lebih cepat prosesnya daripada bikin rekening di bank... Urus sim gak smp setengah jam kelarrrrr... (asal semua data sesuai ya). Buka rekening, ya ampun ttd mesti samaaaa semua... Bikin darting :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhahaa, buka rekening aku males nulis isiannya yg byk itu mbak haha

      Delete
  14. sejak eKTP kyknya skrg mempermudah masyarakat buat ngurus sesuatu ya beb, jd bisa ngurus2 di domisili gitu

    ReplyDelete
  15. SIM saya sebentar lagi expired, semoga saja bisa diperpanjang dengan mudah.

    ReplyDelete
  16. Mbak mbak, katanya ga niat ngeblog waktu lagi ngurus SIM, tapi dapet foto2 yg cukup lengkap hahaha Jiwa blogger kaya gitu ya mbak, yg penting take pictures dulu, masalah kepakai atau ngak itu urusan belakang, good job.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha, kebetula byk waktu jd bisa foto2 mas, asal cekrek, ini aja sambil nahan malu karna byk yg ngliatin 😂😂

      Delete
  17. Berarti perpanjang SIM itu jadinya mengikuti dimana tempat kita memperpanjang yah. Berarti tinggal ganti KTP Jakarta dong mbak, He He.. Yee, bisa kopdaran kita 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, padahal KTPku Lampung, tp SIMnya skrg Metro Jaya hihi

      Delete
  18. Wah itu pengalaman yang enak. Kalau saya tiga kali kesana, karena terkendala jatah kuota yang hanya 50 orang. Tapi yang terakhir saya datang, jatah kuotanya sekitar 150 orang. Mungkin karena mendapatkan keluahan dari banyak orang. Dan saya juga pernah memuat berita ini di youtube, serta di dua blog saya. Yang salah satunya blog omkoodok.blogspot.com.
    Ternyata punya pengalaman yang berbeda. Hebat juga itu berani photo di ruangan photo, saya juga pengen memotretnya tapi takut kena teguran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah apes bgt mas, puji Tuhan sy lancar bgt. Iya aturannya memamg berubah2 mas, sesuai sikon aja kali. Saya bukan cuma foto ruangan mas, tp sempat selfie & boomerangan di ruang foto mas 😂😂

      Delete
  19. Ini mah 5 menit doang dari kosan klo gak macet, nanti perpanjang SIM disana sajalh klo semudah itu

    ReplyDelete
  20. Asyik ya kalo makin mudah sekarang

    ReplyDelete
  21. sekarang ini para calo SIM sudah tidak bisa berbuat banyak lagi karena begitu ketatnya pengawasan

    sempat aku tanyakan ke para calo berapa biayanya, ternyata selisihnya tak seberapa, mending mengurus sendiri

    tapi ya begitu....
    antrinya Nauzubillah...
    banyak sekali yang mengurus SIM baru, perpanjangan

    jam 11 sudah ditutup pendaftarannya
    singkat sekali kan jadwalnya ya

    ReplyDelete
  22. Wahhh gampang bngt ya mbak,syg memudahkan kaum perantauan dan kaum sibuk haha

    ReplyDelete
  23. syukurlah sudah bisa express ngurus SIM.
    untuk kepentingan masyarakat, memang seharusnya begitu.
    Thank you for sharing

    ReplyDelete
  24. Dulu pas aku bikin SIM, aku ngga daftar Asuransi karena duitnya pas pasan buat daftar SIM dan akhirnya di perbolehin, kira-kira nanti bisa ngga ya perpanjang tanpa harus bayar asuransi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh g tau loh, tp mungkin aja boleh karna asuransi kn ga wajib hukumnya 😂😂😂

      Delete