KPR

Proses Akad Kredit di BTN

By Ursula Meta Rosarini - 9:42 am

 03 Januari 2018

Akad kredit adalah puncak atau bagian paling penting dalam proses KPR. Ngapain aja akad kredit itu? yuk kita cari tau.

Seperti yang sudah aku sampaikan di postinganku sebelumnya, proses akad kredit ini dilakukan setelah lolos seleksi dan wawancara ya guys, oh iya satu lagi, proses akad kredit ini juga dilakukan setelah kita melunasi DP dan printilan biaya lain-lain, jadi kalau biayanya belum lunas, jangan harap bisa dipanggil untuk akad kredit.

Layaknya seperti wawancara, akad kredit juga dilaksanakan secara bersamaan dengan pemohon lain dari pengembang yang sama, aku juga bertemu lagi dengan pemohon lain yang sebelumnya sudah ketemu saat wawancara.





Sebelum akad, kita akan dimintai 24 lembar meterai Rp 6.000, kebayang nggak kita akan tanda tangan berapa puluh kali? 30? atau 40? Jadi jangan lupa siapkan pena ya.

Aku dapat jadwal akad kredit tepat 3 minggu setelah wawancara. Pukul 13.00 WIB di BTN Cabang Bekasi, tempat yang sama saat aku wawancara. Pukul 12.30 WIB aku sudah sampai di TKP dan OMG, ruangan sudah ramai, ternyata ada 3 pengembang yang melakukan akad kredit hari itu.

Tanda tangan berkas dengan pengembang
Kayaknya amazing banget ya kalau acara di Indonesia ini berlangsung ontime? yups, acara ini juga molor dan baru mulai sekitar pukul 14.15 WIB. Prosesnya dimulai dengan tanda tangan segudang berkas dengan pihak pengembang, seperti perjanjian kredit dan lainnya, aku lupa berapa puluh kali tanda tangan. Namaku dipanggil nomor 3 terakhir, OMG, capek cyin nunggunya.

Tanda tangan perjanjian kredit dengan notaris
Setelah selesai tanda tangan dengan pihak pengembang, kemudian antri lagi untuk tanda tangan dengan pihak notaris mengenai perjanjian jual beli.



Pengarahan dari pihak bank
Oke setelah selesai tanda tangan dengan pihak notaris, selanjutnya adalah pengarahan dan pesan-pesan dari pihak bank seputar KPR.

Tanda tangan dengan pihak bank
Dan tara, proses terakhir yaitu tanda tangan dengan pihak bank dan kita dinyatakan sah sebagai debitur KPR BTN. Puji Tuhan namaku dipanggil pertama, jadi nggak pakai nunggu lagi.

Setelah selesai tanda tangan dengan pihak bank, debitur sudah diperbolehkan pulang, dan aku langsung meninggalkan BTN, sekitar pukul 17.55 WIB, kebayang nggak kalau aku dipanggil terakhiran lagi? bisa bisa selesai pukul 19.00 WIB.


 Baca juga : Ingin Mengajukan KPR Bersubsidi? Ini Pertimbangannya









Note:
  1. Saat tanda tangan dengan pihak pengembang dan notaris, kita nggak diberi waktu untuk membaca dulu berkas apa yang kita tanda tangani, paling hanya cek ejaan nama saja, jadi banyak-banyak berdoa saja, mudah-mudahan nggak ada kekeliruan, karena bagaimanapun kita sudah tanda tangan di atas meterai yang kekuatan hukumnya sangat tinggi.
  2. Selama proses akad yang memakan waktu sampai 6 jam, suasana di dalam ruangan seperti di pasar, berisik, panas, banyak anak-anak nangis dll, udah gitu aku nggak dapat tempat duduk, jadi usahakan jangan pakai high heels yah girls.
  3. Setelah akad kredit, kita harus ambil berkas-berkas yang sudah kita tanda tangani tadi di kantor pengembang, kurang lebih seminggu kemudian.
Meskipun capek luar biasa, tapi seneng banget karena proses KPR sudah selesai, tinggal mikirin cicilannya perbulan dan renov rumah tentunya hehehe. Thanks for reading, see you on my next post.


  • Share:

You Might Also Like

12 comments

  1. Hebat kak masih mudah udah bisa beli rumah. Semoga betah di rumah barunya ya kak metaaa

    ReplyDelete
  2. Mbak, apakah sebelum proses akad kita disuruh setor uang akad ke rek kita yg sudah jadi oleh pihak marketing bank btn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sih nggak mbak,
      tapi sebelum akad memang ada biaya proses yg harus dibayar ke developer mbak, nah sama developernya itu ternyata uangnya disetorkan ke rekening kita mbak.

      Delete
  3. Mau tanya mba kalau waktu wawancara itu ada penandatanganan berkas di atas materai juga ga? Dan kalaupun ada, apa itu berarti pengajuan KPR kita di setujui? Terus apa ada biaya2 lain yang harus di keluarin selain bookfee, DP dan notaris saat wawancara atau akad kredit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo dengan siapa disana?
      Waktu wawancara nggak ada tanda tangan diatas materai sama sekali ya.
      Kalaupun ada itu bukan berarti KPR disetujui, karena pengumuman disetuji atau nggaknya itu 2 minggu setelah wawancara. Biaya lain2 itu tergantung developer, tiap developer beda2. Kalau aku, semua biaya sudah harus lunas sebelum akad kredit.

      Delete
  4. Halloween mba.. mau nanyak, setelah terealisasi yg kita dapat dari pihak bank itu berupa beberapa surat seperti akta jual beli atau gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dapat surat perjanjian (asli) & surat ijin persetujuan untuk memasuki pekarangan tempat tinggal (copy) mbak

      Delete
  5. Hallo mba, mau nanya klo mba meta pas booking fee skalian beli dokumen atau enggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mas, maksudnya beli dokumen itu gmn ya mas?
      Waktu booking aku cuma bayar feenya doang 1 juta mas.

      Delete
  6. Mba, mau tny saat akad kita diperlihatkan sertifikat aslinya tdk mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak mas, sertifikat aslinya nggak diperlihatkan.

      Delete