KPR

Proses Akad Kredit di BTN

By Ursula Meta Rosarini - 9:42 am

 03 Januari 2018

Akad kredit adalah puncak atau bagian paling penting dalam proses KPR, karena ini memang yang ditunggu-tunggu oleh semua calon debitur. Ngapain aja akad kredit itu? yuk kita cari tau.

Seperti yang sudah aku sampaikan di postinganku sebelumnya, proses akad kredit ini dilakukan setelah lolos seleksi dan wawancara ya guys, oh iya satu lagi, proses akad kredit ini juga dilakukan setelah kita melunasi DP dan printilan biaya lain-lain, jadi kalau biayanya belum lunas, jangan harap bisa dipanggil untuk akad kredit.

Layaknya seperti wawancara, akad kredit juga dilaksanakan secara bersamaan dengan pemohon lain dari pengembang yang sama, aku juga bertemu lagi dengan pemohon lain yang sebelumnya sudah ketemu saat wawancara.





Jauh-jauh hari sebelum akad, kita akan dimintai 24 lembar meterai Rp 6.000, kebayang nggak kita akan tanda tangan berapa puluh kali? Jadi jangan lupa siapkan pena ya.

Aku dapat jadwal akad kredit tepat 3 minggu setelah wawancara. Pukul 13.00 WIB di BTN Cabang Bekasi, tempat yang sama saat aku wawancara. Pukul 12.30 WIB aku sudah sampai di TKP dan OMG, ruangan sudah ramai, ternyata ada 3 pengembang yang melakukan akad kredit hari itu.


Hal-hal yang dilakukan selama proses akad kredit yaitu:

Tanda tangan berkas dengan pengembang
Kayaknya impossible banget ya kalau acara di Indonesia ini berlangsung ontime? yups, acara ini juga molor dan baru mulai sekitar pukul 14.15 WIB. Prosesnya dimulai dengan tanda tangan segudang berkas dengan pihak pengembang, seperti perjanjian kredit dan lainnya, aku lupa berapa puluh kali tanda tangan. Namaku dipanggil nomor 3 terakhir, OMG, capek cyin nunggunya.

Tanda tangan perjanjian kredit dengan notaris
Setelah selesai tanda tangan dengan pihak pengembang, kemudian antri lagi untuk tanda tangan dengan pihak notaris mengenai perjanjian jual beli.



Pengarahan dari pihak bank
Oke setelah selesai tanda tangan dengan pihak notaris, selanjutnya adalah pengarahan dan pesan-pesan dari pihak bank seputar KPR.

Tanda tangan dengan pihak bank
Dan taraaa, proses terakhir yaitu tanda tangan dengan pihak bank dan kita dinyatakan sah sebagai debitur KPR BTN. Saat tanda tangan dengan pihak bank ini kita diminta untuk menunjukkan KTP asli. Puji Tuhan namaku dipanggil pertama, jadi nggak perlu nunggu lagi.

Setelah selesai tanda tangan dengan pihak bank, debitur sudah diperbolehkan pulang, dan aku langsung meninggalkan BTN, sekitar pukul 17.55 WIB, kebayang nggak kalau aku dipanggil terakhiran lagi? bisa bisa selesai pukul 19.00 WIB.



 Baca juga : Ingin Mengajukan KPR Bersubsidi? Ini Pertimbangannya









Note:
  1. Saat tanda tangan dengan pihak pengembang dan notaris, kita nggak diberi waktu untuk membaca dulu berkas apa yang kita tanda tangani, paling cuma cek ejaan nama saja, jadi banyak-banyak berdoa saja, mudah-mudahan nggak ada kekeliruan, karena bagaimanapun kita sudah tanda tangan di atas meterai yang kekuatan hukumnya sangat tinggi.
  2. Selama proses akad yang memakan waktu sampai 6 jam, suasana di dalam ruangan seperti di pasar, berisik, panas, banyak anak-anak nangis dll, udah gitu aku nggak dapat tempat duduk, jadi usahakan jangan pakai high heels yah girls.
  3. Setelah akad kredit, kita harus ambil berkas-berkas yang sudah kita tanda tangani tadi di kantor pengembang, kurang lebih seminggu kemudian.

Meskipun capek luar biasa, tapi seneng banget karena proses KPR sudah selesai, tinggal mikirin cicilannya perbulan dan renovasi rumah tentunya hehehe. Thanks for reading, see you on my next post.



  • Share:

You Might Also Like

101 comments

  1. Hebat kak masih mudah udah bisa beli rumah. Semoga betah di rumah barunya ya kak metaaa

    ReplyDelete
  2. Mbak, apakah sebelum proses akad kita disuruh setor uang akad ke rek kita yg sudah jadi oleh pihak marketing bank btn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sih nggak mbak,
      tapi sebelum akad memang ada biaya proses yg harus dibayar ke developer mbak, nah sama developernya itu ternyata uangnya disetorkan ke rekening kita mbak.

      Delete
    2. mba apa beda nya biaya proses kpr dengan biaya akad kredit

      Delete
    3. biaya proses biaya untuk KPR sendiri mbak, misal untuk ngurus ijin menempati bangunan dll, dibayarkan ke developer.
      kalau biaya akad kredit itu biaya untuk proses wawancara & akad kredit di bank mbak.

      Delete
  3. Mau tanya mba kalau waktu wawancara itu ada penandatanganan berkas di atas materai juga ga? Dan kalaupun ada, apa itu berarti pengajuan KPR kita di setujui? Terus apa ada biaya2 lain yang harus di keluarin selain bookfee, DP dan notaris saat wawancara atau akad kredit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo dengan siapa disana?
      Waktu wawancara nggak ada tanda tangan diatas materai sama sekali ya.
      Kalaupun ada itu bukan berarti KPR disetujui, karena pengumuman disetuji atau nggaknya itu 2 minggu setelah wawancara. Biaya lain2 itu tergantung developer, tiap developer beda2. Kalau aku, semua biaya sudah harus lunas sebelum akad kredit.

      Delete
  4. Halloween mba.. mau nanyak, setelah terealisasi yg kita dapat dari pihak bank itu berupa beberapa surat seperti akta jual beli atau gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dapat surat perjanjian (asli) & surat ijin persetujuan untuk memasuki pekarangan tempat tinggal (copy) mbak

      Delete
  5. Hallo mba, mau nanya klo mba meta pas booking fee skalian beli dokumen atau enggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mas, maksudnya beli dokumen itu gmn ya mas?
      Waktu booking aku cuma bayar feenya doang 1 juta mas.

      Delete
  6. Mba, mau tny saat akad kita diperlihatkan sertifikat aslinya tdk mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak mas, sertifikat aslinya nggak diperlihatkan.

      Delete
  7. Mba mau tanya setelah akad kredit dokumen apa yang kita terima sebagai bukti perjanjian kredit? Dan kapan dokumen itu kita terima? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat akad kredit kita terima kopian surat ijin persetujuan untuk memasuki pekarangan tempat tinggal mas. Kita jg terima surat perjanjian kredit/SPK (asli) untuk pengambilan sertifikat saat KPR lunas, SPK diambil di kantor pemasaran ± 2 minggu setelah akad kredit.

      Delete
  8. Hayo nggak baca artikelnya ya, ± 24 lembar mas. Materai diserahkan ke kantor pemasaran jauh2 hari sebelum akad kredit mas, jadi saat akad kredit kita tinggal tanda tangan saja. Kunci rumah bisa diambil di kantor pemasaran ± 1 - 2 minggu kemudian.

    ReplyDelete
  9. Jadi mba. Klo biaya akad kredit blm lunas g akan dipanggil buat akad kredit gt.? Brpa lama yah waktu yg dksh bank utk melunasi biaya akad stelh lolos wawancara di bank?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berapa lamanya aku kurang tau mbak, soalnya setelah wawancara aku langsung lunasin pembayarannya.

      Delete
  10. Mba metha..pada saat mau akad kredit, dokumen apa yang harus qta bawa lgi ? Klo kartu keluarga harus asli ap cukup copy aja ya ?
    Mohon informasinya. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nggak bawa dokumen apapun, karena semua dokumen udah aku serahkan ke pihak developer jauh2 hari sebelumnya. Waktu tanda tangan dengan pihak bank cuma diminta menunjukkan KTP asli aja.

      Delete
    2. Mba mau tanya..apakah proses wawan cara dan akad berbeda waktu apa di hari itu juga.klo misal kan tiba2 kita di suruh datang dan langsung proses akad itu gmna ya mba

      Delete
    3. Nggak mungkin wawancara & akad dihari yg sama mas/mbak. Setelah wawancara kan bank seleksi lagi, kalau lolos baru dikabari buat akad. Kalau dikabari langsung akad tanpa wawancara menurut aku aneh sih mas/mbak. Emang pihak bank ga perlu seleksi dll?

      Delete
  11. mba meta mau nanya neh.. sy kan ambil kpr BTN rumah masih indet terus SP3K sudah dapat terus dari pihak developer disuruh cepat akad mba padahal bangunan masih indent , apakah gak salah tuh kita langsung akad setahu saya akad tuh klo bangunan sudah ready, terimakasih mba metaa...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya saat akad harusnya rumahnya sudah ready mas, karna setelah akad kan bulan depan kita langsung mulai ngangsur tuh, kalau rumahnya aja belum ready ya kita rugi banyak mas, takut developernya nakal.

      Delete
  12. Mba saya mau tanya waktu pertama kan booking fee trs abis itu penyerahan berkas ke pihak marketing ga mba?, Waktu untuk interview dan akad berapa lama ya mba dari setelah menyerahkan berkas??, Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo. Iya setelah pembayaran booking fee langsung melengkapi berkas ke pihak marketing ya. Kalau saya rincian waktunya spt ini ya,
      Tanggal 06 Agustus 2017, booking rumah di kantor pemasaran VGH
      Tanggal 10 September 2017, pembayaran DP di kantor pemasaran VGH
      Tanggal 21 Oktober 2017, pembayaran biaya proses dan surat-surat di kantor pemasaran VGH
      Tanggal 15 November 2017, wawancara di BTN Cabang Bekasi
      Tanggal 02 November 2017, pembayaran NJOP dll di kantor pemasaran VGH
      Tanggal 06 Desember 2017, akad kredit di BTN Cabang Bekasi

      Delete
  13. Setelah wawancara berapa lama waktu pihak bank untuk survey ke tempat kerjanya mba? soalnya sudah hampir 2 minggu setelah wawancara belom ada survey dari pihak bank. padahal pihak BANK bilang semua data akan di proses max 2 minggu.

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya nggak disurvey ke kantor mas, pihak bank cuma telp atasan saya aja, tp itupun saya nggak tau kapan, saya nggak tanya ke atasan saya hehehe. Ditunggu aja mas, mudah2an segera disurvey ya, good luck!

      Delete
    2. mba kerjanya di PT atau gmana? soalnya tempat kerja saya belum berbadan hukum atau masih termasuk UD takutnya di tolak,
      tapi mudah2an saja ga ditolak ya mba hehehehe
      doain ya mba.

      Delete
    3. Iya perusahaan tempat sy kerja PT mas, untuk persyaratan seperti NPWP & SIUP perusahaan juga ada semua. Mudah2an lancar ya mas KPRnya, good luck!

      Delete
    4. Makasih mba
      semoga blognya makin maju
      dan mbanya juga makin sukses

      Delete
    5. Amin, terimakasih mas. Doa yg sama.

      Delete
  14. mbak, untuk biaya akad kredit(notaris,BPHTB,dll) itu di bayarkan kapan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya rincian waktunya spt ini ya,
      Tanggal 06 Agustus 2017, booking rumah di kantor pemasaran VGH
      Tanggal 10 September 2017, pembayaran DP di kantor pemasaran VGH
      Tanggal 21 Oktober 2017, pembayaran biaya proses dan surat-surat di kantor pemasaran VGH
      Tanggal 15 November 2017, wawancara di BTN Cabang Bekasi
      Tanggal 02 November 2017, pembayaran NJOP dll di kantor pemasaran VGH
      Tanggal 06 Desember 2017, akad kredit di BTN Cabang Bekasi

      Delete
    2. Mba mau tanya kalau biaya notaris kpn dibayarkannya?? Sebelum akad apa sesudah akad??

      Delete
    3. Semua biaya dibayarkan sebelum akad mas/mbak.

      Delete
  15. Replies
    1. Untuk Akad Kredit sendiri nggak ada biaya mas/mbak. Kita hanya cukup melunasi semua biaya untuk proses KPR

      Delete
  16. mba mau tanya.
    kalo abis akad kredit itu, bulan depannya kita langsng bayar cicilan atau nunggu lagi mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seinget saya cicilan bulan pertama itu udah termasuk biaya yg udah kita bayarin sebelum akad mas. kita mulai nyicilnya bulan kedua.

      Delete
  17. Mbà... mau tanya deh stlh akad itu bulan berikutnya lgsg ada cicilan??
    Autodebet btn?? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya cicilan pertama itu udah dibayarkan sebelum akad sekalian mbak. Selanjutnya autodebet BTN.

      Delete
  18. Kalau udah ditelp buat akad kredit itu udah pasti kita lolos wawancara kan ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar beb, biasanya kita dikabarin dulu kalau lolos wawancara. Abis itu dikabarin lagi jadwal akad kreditnya.

      Delete
  19. Mba mau share ni.
    Biasanya kan : Setelah melakukan proses booking ke developer .

    Kemudian penyerahan berkas lengkap ke developer.

    Kemudian dilanjutkan wawancara dan survei sampai terbit SP3K.

    Di tahap tersebut biaya DP di bayarkan penuh saat SP3K keluar / Tunggu akad kredit barulah pelunasan pembayaran ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seluruh biaya harus udah dibayarkan sebelum akad ya mas, kalau biaya belum beres ga akan dipanggil buat akad mas.

      Delete
  20. habis wawancara habis survey berapa lama dapat kabar di setujui atau engga y

    ReplyDelete
  21. Mo tanya mba, klo mau komplain hasil pembangunan rumah, baiknya sesudah akad atau sebelum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau belum akad kan belum tentu kita lolos mas hihihi, jd saranku setelah akad aja biar udah pasti kalau kitalah pemilik rumah itu

      Delete
  22. Untuk biaya notaris dll yg tertera di surat sp3 itu ,dibayarkan pas akad ya mba ,doain akad saya lancar mba . Saya ambil di Cikarang juga perumahan TKB

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua biaya dibayarkan sebelum akad mas/mbak.
      Sukses buat KPRnya ya mas/mbak, semoga dilancarkan semuanya.

      Delete
  23. mbak setelah wawancara, nanti kita ditelp sm marketing developernya kah kalo kita lolos seleksi KPR nya ? atau dr pihak bank yg telp ? doain yaa mbak, aku juga ambil di VGH,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti ditelpon sama pihak developernya mas.
      Sukses buat KPRnya ya mas, semoga dilancarkan semuanya.

      Delete
  24. Mba mau tanya apakah setelah akad kita terima dokumen apa saja
    Dan selang berapa lama

    Terus apakah kita dapat copy IMB, copy AJB dan copy SHGB jg mba
    Kapan dapat nya selang berapa lama

    Satu lg cara kita bauar PBB bagaimna ya mba....
    Tong dibantu mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dapat surat perjanjian (asli) & surat ijin persetujuan untuk memasuki pekarangan tempat tinggal (copy) mas. Dokumen diambil di kantor marketing ± 2 minggu setelah akad mas.
      Kalau saya PBB sudah dibayarkan oleh pihak developer sekalian sebelum akad mas.

      Delete
  25. mba mau tanya, saya kan sdh byr booking fee 1jt + proses 1 jt + pritilan" byr berkas, yg saya tanya kan apa uang dp + uang BUM di bayar sebelum wawancara pihak bank yah mba ? tks

    ReplyDelete
  26. Kak mau tnya .pas akad kredit mmbwa kk asli atau fotocopyan aja. Trus 1 lagi kl udh disetujui bank tinggl nunggu akad.apakh itu udh fix lolos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas akad saya nggak bawa dokumen lain selain KTP asli mbak.
      Kalau udah dikabari suruh akad berarti fix lolos mbak

      Delete
  27. Mba saya mau tanya...
    Waktu biaya KPR (notaris,dll) mba nya habis brp yah?
    Dan harga rumah yg mba beli brp?
    Terimakasih mba..
    Gbu

    ReplyDelete
    Replies
    1. DP, Notaris, BPHGB, Biaya Bank dll kurang lebih 25 juta mas/mbak. Kalau harga rumahnya 144 juta waktu itu.

      Delete
  28. mba mau tanya , biaya proses kpr dengan biaya akad beda atau sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda mas/mbak, biaya proses biaya untuk KPR sendiri, misal untuk ngurus ijin menempati bangunan dll, bayar ke developer.
      kalau biaya akad kredit itu biaya untuk proses wawancara & akad kredit di bank, bayar ke bank

      Delete
  29. Saya disruh bikin tabungan btn dan dsruh setor 1jutaan untuk biaya akad.
    Stelah smua selesai.
    uang yang di tabungan itu msih ada atau sudah di ambil pihak bank mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itu saya kurang tau mas, dulu biaya akad saya setor ke developer soalnya. Mungkin punya mas nanti kepotong buat biaya akad mas

      Delete
  30. Mba kalo kita udah wawancara terud dapet panggilan untuk akad, nah pas akad tersebut kita ditanya apa aja? Terimakasih mba mohon penjelasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ditanya apapun kok mas/mbak, akad kredit isinya tanda tangan doang, sampe pegel tangan hahaha

      Delete
  31. Mba mw tnya nih, sya baru mrngajukan kpr subsidi dgn dp 0%, sya bru byar booking fee aj 1jt, sya d ksh berkas2 untuk d isi dan tgl 16 bsok d jadwalkan wawancara, harga rumah yg d twarkan 148jt, trus biaya surat2 trcantun hnya 2,5jt.. kira2 klo sampai d acc, brp ya embel2 yg harus sya bayarkan... maaf ya mba mungkin agak rumit prtanyaan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oo kalau itu sy kurang tau mas/mbak. Soalnya untuk biaya surat2 itu mutlak kebijakannya developer mas/mbak. saya dulu biaya bank (wawancara & akad kredit + cicilan pertama) kurang lebih 2.5 juta, tp saya keluar hampir 25 jutaan, padahal DP cuma 7.5 juta, biaya lain2nya yg mahal.

      Delete
  32. Mbak pas akad kreditnya apa saja yang di bawa. Apakah msh perlu bawa kelengkapan seperti slip gaji dll gitu.

    ReplyDelete
  33. Mbak..saya mau tanya..saya sudah di sms dari Bank BTN nya..meberi tahu kalau saya sudah disetujui KPR nya..tapi knp sudah hampir sebulan..belum dipangil untuk akad ya mbak..apa developer nya yg nggak mau ngurus bank nya agar bisa cepat akad ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau saya semuanya diurus sama developer mas/mbak. Saya waktu itu di telp sama developer kalau saya lolos interview trs langsung dikabarin jadwal akad kreditnya. Ada baiknya dateng ke kantor developernya aja mas/mbak, menanyakan kelanjutannya

      Delete
    2. Iya sya jga sma tuh dpt sms dri bank btn nya,bahwa pengajuan kpr anda telah di setujui, bnr apa ngga se ya?

      Delete
    3. Kalau yg SMS itu dari bank yang bersangkutan, benar mas/mbak. tapi kalau pengirim SMSnya meragukan ya belum tentu benar

      Delete
  34. numpang tanya mbk...kita kan kmren di kbarin tgl wawancara tpi setlah tgl wawancara ny udh dekat kita di undang untuk mengikuti acara akad.jdi nya bingung.ini wawancara apa sekalian akad

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah stau saya nggak mungkin sih wawancara sekalian akad kredit, karna hasil wawancara harus diproses dulu, setelah dinyatakan lolos baru akad kredit.

      Delete
  35. Mb aq booking 10 des 2018 wwcr btn 15 des ,des akhir survey dirumah ttg kerjaan suami,tp kok blm survey ke PT sy krj ,smp hr ini blm ada kbr lg dr btn,kmrin aq dah survey lokasi ternyta rumah yg aq pilih br 1/2 bangun ,,aq tanya ke developer suruh sabar...jane berapa lama to mb proses acc btn?tu mgkn sengaja ngulurin wektu biar pas semua komplek selesai bgn baru aq di ksh kabar lg mb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh kok kilat banget mas/mbak dari booking fee ke wawancara cuma 5 hari? Kalau lolos wawancara biasanya pas akad kredit nanti harusnya rumahnya udah jadi mas/mbak. Dulu aku dari wawancara ke akad kredit jaraknya 3 mingguan rumah udah jadi mas/mbak.

      Delete
  36. Mb saya akad tgl 29 januari mulai angsuran pertama kpan mb,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awal Februari mas/mbak, tapi waktu saya dulu biaya akad kredit udah termasuk angsurang pertama, jadi saya bayarnya mulai angsuran kedua.

      Delete
  37. hay kak , Aku Ika, mau tanya ya kak, kira - kira saldo terakhir yang ada pada rekening koran kita ituh sangat berpengaruh sekali tidak sih terhadap lolos/tidak wawancara ? khususnya utk KPR Subsidi .. Terimakasih kak ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak kok Ika, rekening koran diminta cuma buat ngliat jumlah gaji yang masuk tiap bulannya, untuk memastikan jumlahnya sama kaya slipnya

      Delete
  38. Mau nanya ni mba, sy kn dpt sms dri bank btn, bahwa pengajuan kpr anda telah di setujui, apakah mba dlu dpt sms dri bank btn jga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya malah nggak di SMS, berarti nanti ntinggal nunggu kabar buat akad kredit ja mas/mbak

      Delete
    2. Iya mba saya juga sama. Dah booking 20jan . Acc bank btn dpt sms 20feb . Sampe skrg 30mar belom juga tau tgl berapa akad nya. Kata marketing ku rumah nya masih dibangun. Sabar aja mba dan contact terus marketingnya. Semoga cepet selesai dan lancar kedepannya.

      Delete
    3. mungin akadnya kalau rumahnya udh kelar mbak

      Delete
  39. Wah bermanfaat sekali nih artikelnya. Terima kasih kak informasinya

    ReplyDelete
  40. Mbak mau tanya dong,
    bersyukur saya tinggal akad kredit, nah yg saya tanyakan kalau untuk asuransi rumah kpr apakah ada? misal seperti rumah kebakaran atau debitur tersebut wafat itu statusnya bagaimana ya?
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah hal ini harus ditanyakan ke pihak bank saat akad kredit nanti ya mas, soalnya tiap bank punya kebijakan masing2. Kalau kasus saya, kebakaran nggak ditanggung, tp kalau debitur tiba2 meninggal rumahnya otomatis lunas gitu mas.
      Kalau akad jgn lupa ditanyakan ya mas, soalnya hal ini penting banget, good luck.

      Delete
  41. Mohon izin bertanya ini untuk pembelian rumah di harga brp ya?
    Saya hanya penasaran untuk biaya yang cukup besar seperti PPN dan BPHTP apa harus langsung dilunasi sebelum akad atau bisa menyusul/dicicil ya? saya ambil apartemen kena PPN sekitar 25 juta dan BPHTP (lupa berapa). Mohon bantuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga jual rumahnya saat itu 144 Juta.
      Sebelum akad kredit saya abis sekitar 26 juta (DP 7 Juta + embel2 biaya lain).
      Biaya sekitar 26 juta itu bisa dicicil 3 kali, semua pembayaran dilakukan sebelum akad.

      Delete
  42. Apakah akad istri harus ikut gak bisa di wakilkan, soalnya istri saya baru melahirkan sesar di Jawa, di pastikan tidak bisa hadir akad

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kalau ini saya kurang tau, soalnya walku itu saya masih single jd sendirian, bisa ditanyakan ke developernya ya mas. Kemungkinan bisa diwakilkan dengan menyertakan surat kuasa, mungkin.

      Delete
  43. Saya malah dulu akad pas bulan puasa, awalnya sih iseng pas maen ke tempat ade liat ada rumah bisa KPR, akhirnya ngajuin dan ga lama kemudian dapet kabar disetujui & harus akad. Tapi lucunya pas udah dapet kunci, renov dll malah ga saya tempatin, soalnya anak udah masuk sekolah di kota lain & sekarang kita ngontrak :) mau pindah masih inget ngurus e-ktp bertaun2 ga jadi2. Bikin males apalagi banyak dokumen yg harus diganti kalau ganti ktp.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumahku pun kosong 1 thn waktu itu mas/mbak, karna waktu beli kan belum merit, jadi aku masih dikosan, nempatin rumahnya setelah merit hihihi

      Delete