KPR

Pengalaman Wawancara KPR di BTN, Ternyata Sangat Mengejutkan

By Ursula Meta Rosarini - 9:38 am

03 Januari 2018

Wawancara merupakan bagian yang cukup penting saat mengajukan KPR dan kali ini aku mau share tentang pengalaman saat wawancara di BTN Cabang Bekasi.

Pihak pengembang memberitau bahwa aku harus sampai di BTN sebelum pukul 09.00 WIB okelah, karena saking semangatnya aku nyampe di BTN pukul 07.20 WIB hihihi. 

Karena sebelumnya aku baca review dan pastinya tanya ke teman-temanku yang sudah pernah wawancara KPR juga, mereka mengatakan nunggunya bisa sampe seharian, ngantrinya nglebihin ngantri sembako, alhasil aku bawa segudang "senjata" untuk menghindari kebosanan menunggu seperti semilan, roti, minum, buku bacaan dan beberapa film di tabletku. 


Kami (aku dan beberapa peserta wawancara lainnya) baru diperbolehkan masuk ke BTN lantai 3 tepat pukul 08.00 WIB. Kami nunggu petugas dari pihak pengembang sampai pukul 09.00 WIB.


Setelah petugas dari pengembang datang mereka melakukan cross check data dan pembagian snack terlebih dahulu satu per satu peserta, alamak, pesertanya ratusan. Sampailah pukul 10.30 WIB, acara diawali dengan sambutan singkat dari pihak bank tentang gambaran umum KPR. Akhirnya wawancara baru dimulai pukul 11.00 WIB.


Pewawancara berjumlah 4 orang, dan aku lihat wawancara berjalan sangat singkat. Setelah beberapa menit, tiba giliranku untuk diwawancarai, aku dapat pewawancara yang cukup ramah ganteng pula

Berikut pertanyaan yang ditanyakan saat wawancara:
1.    PT Mitra XXX (kantor tempatku bekerja) bergerak dibidang apa?
2.    Jumlah karyawannya berapa?
3.    Disini kos ya?
4.    Sanggup bayar cicilan berapa per bulan?
5.    Ada utang atau tanggungan lain nggak?



Wawancara berlangsung singkat dan santai selama kurang dari 3 menit, (padahal aku nunggunya 3 jam). Mungkin karena ngliat data untuk syarat-syaratnya lengkap (dan rapi tentunya) jadi nggak menimbulkan banyak pertanyaan.

Setelah selesai wawancara aku shock banget pastinya, wawancara yang udah aku persiapkan sedemikian rupa ternyata berjalan santai tapi nggak kayak di pantai ya, OMG, tepok jidat. Mungkin ini kemudahan yang Tuhan kasih buat aku. Awalnya aku kira wawancara untuk KPR di BTN itu akan jauh lebih menegangkan dari wawancara kerja tapi ternyata aku salah guys, salah banget, mungkin aku terlalu parno. Yups, pukul 11.30 WIB aku sudah bisa pulang dengan bekal senjataku yang masih utuh hihihi.

Jadi, maaf seribu maaf aku nggak bisa ngasih tips atau saran apapun untuk teman-teman yang mau wawancara KPR juga, karena yang aku alami juga belum tentu akan teman-teman alami, yang penting doa dan usaha semaksimal mungkin, selebihnya Tuhan yang atur, loh malah ceramah. Thanks for reading, see you on my next post.

  • Share:

You Might Also Like

12 comments

  1. waduh baru tahu ternyata kalau mau mengajukan kpr ada wawancara segala yaaa? Tapi 2 tahun lalu aku gak ada yang begituan loh kaka cantik.. Apa beda2 tiap instansi kpr yaaa? makasih sharenya ya kak barangkali yang lain juga ada wawancara dan cuma saya yang engak ada yaa kak meta :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada mommy, mungkin mommy dulu KPRnya non subsidi ya? kalo non susbsidi memang banyak yg nggak wawancara mom.

      Delete
  2. Biasanya kalau belum married emang cepat say. .
    Aq juga gak sampe 5 menit kelar..

    ReplyDelete
  3. Dulu baru sempet ngajuin tapi karena BI checking gagal akhirnya tidak sampai di wawancara sama Bank BTN

    ReplyDelete
  4. Proses dari setelah Survey via telepn ke Kantor apa ada lagi Proses yg lainnya sprti telepon wawancara ke istri atau bagaimana iya?Setelah survey via telepon brpa lama waktu untuk disetujui KPR nya?minta infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada acara telp atau wawancara ke istri kok mbak. Aku di survey ke kantor via telepon sebelum wawancara mbak. 2 minggu setelah wawancara baru dikabarin lolos atau enggaknya

      Delete
    2. Mnjdi smngt krna baca tulisan diblognya mbk meta Puji Tuhan dlm Bln ini saya&syami akan Wwncra KPR,baca postingan mbk meta ngeri2 sedap juga sech dng prtnyaan lg yg akan diajukan ke kami,oia dr proses wawancra AKAD KPR apa dipstikan sdh akan lolos ke tahap cicilan prbln atau bagaimana iya?untuk Syarat2nya lainnya selain dokumen apa ada lagi iya mbk?

      Delete
    3. Jadi setelah wawancara, hasilnya nanti akan diseleksi dulu oleh pihak bank. Kalau semuanya memenuhi syarat dan lolos wawancara, nanti akan dihubungi lagi untuk akad kredit. Sukses buat KPRnya ya mbak, semoga semuanya dilancarkan, nggak perlu merasa ngeri2 gitu hehehe, yang penting semuanya udah dipersiapkan. Good luck buat mbak & suami. GBU

      Delete
  5. Oya mbak, aku juga baru ngajuin nih, yg subsidi,, tapi atas naman suami,,, grogi bgt,, kira2 yg survey ke kantor tu nanyain apa ya mbak???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nggak di survey ke kantor mbak, pihak bank cuma telp ke atasanku aja tp aku juga ga tau pertanyaannya apa aja. Kemungkinan yg ditanya gaji, status karyawan tetap atau blm, udh kerja brp lama, jabatan apa gitu2 mbak

      Delete