[Review] Utama Spice - Clay Face & Body Mask

By Ursula Meta Rosarini - 8:00 am

07 Agustus 2018




Hy girls, how's life so far?
Welcome to my blog!


Sebagai seseorang yang suka maskeran, aku suka banget mencoba berbagai macam masker, nggak jarang juga aku beli masker tanpa aku cari tau dulu kegunaannya, cuma sekedar mau coba karena produk tersebut lagi trend aja, karna tuntutan sebagai beauty blogger yang cukup tinggi cyin #halah.

Kembali ke topik, sebagai pemilik kulit wajah yang cukup berminyak, sekarang aku udah nggak mau lagi coba-coba produk yang sebenarnya nggak sesuai dengan kondisi kulit wajahku. Ngikutin trend boleh aja sih, yang penting produk yang dicoba masih sesuai, apalagi untuk skincare, kalau nggak cocok bisa bahaya kan, bisa memperkeruh keadaan wajah yang memang ala kadarnya ini hehehe.

Jadi akhir-akhir ini aku lagi suka banget pakai Clay Mask dari Utama Spice. Produk lokal asal Bali ini nggak bisa dipandang sebelah mata keberadaannya, meskipun produknya terbilang cukup baru, tapi kualitasnya nggak bisa diremehkan loh.

Deskripsi Singkat

Brand              : Utama Spice
Nama Produk   : Clay Face & Body Mask
Netto              : 30 gram
Harga             : Rp ± 30.000
Ketersediaan   : Website Utama Spice, Carefour, Online Shops

Berbeda dengan mud mask (masker lumpur) yang fungsinya lebih ke membersihkan kulit dari debu dan kotoran, kalau clay mask ini selain mampu mengangkat kotoran dan debu, clay mask juga dapat menyerap minyak berlebih pada wajah. Mengeksfoliasi sel kulit mati juga dapat mengecilkan pori-pori. Selain itu clay mask juga berfungsi untuk mengangkat racun yang menempel pada wajah, sehingga wajah terasa lebih segar. Oh iya clay mask ini terbuat dari 100% volcano white clay loh.

Nah kalau kalian pemilik jenis kulit berminyak atau cenderung berjerawat, clay mask ini cenderung lebih cocok buat kalian, tapi bukan berarti clay mask ini nggak cocok buat pemilik kulit kering dan berminyak ya.

Kemasan
Utama Spice Clay Mask dikemas dalam jar plastik dengan tutup ulir. Pada kemasan tertera informasi tentang kegunaan produk, cara penggunaan, exp date dsb.



Begitu tutupnya dibuka, isinya langsung bertebaran kemana-mana, karena wadahnya menurut aku terlalu kecil kali ya, jadi isinya penuh banget gitu.


Utama Spice Clay Mask hadir dengan 2 pilihan ukuran. Mini size 30 gram seperti punyaku yang cocok untuk dibawa bepergian ataupun untuk yang masih coba-coba. Large size 150 gram cocok untuk penggunaan di rumah, beli yang besar pasti itungannya jauh lebih murah.




Tekstur & Aroma
Clay mask ini teksturnya bubuk yang sangat halus, hampir nggak terpegang kandungan partikelnya, saking halusnya, mirip tepung terigu lebih tepatnya hehehe. Untuk aromanya sendiri menurut aku menusuk banget di hidung, semacam aroma kencur gitu, buat yang nggak suka aroma seperti ini mungkin akan terganggu dengan aroma clay mask ini.




Cara Penggunaan
Menurut aku hal yang paling ribet, paling nggak aku sukai dari clay mask ini adalah cara pemakaiannya. Karena teksturnya bubuk jadi harus ditambah sedikit air, aduk sampai membentuk pasta, aplikasikan ke wajah atau badan (bila diperlukan) menggunakan tangan ataupun kuas, tunggu hingga mengering kemudian bilas. Jangan ditanya ya, kalau aku udah pasti pakai kuas hehe.



Clay mask membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengering, tergantung dari ketebalan masker yang digunakan, kalau aku memang lebih suka aplikasi tipis-tipis aja. Hal yang perlu diperhatikan saat maskeran dengan clay mask jangan didiamkan sampai over dry ya, karena formulanya bisa membuat kulit kering.

Karena tekstur clay mask yang pada dasarnya memang kering, jadi bilas dengan air dingin aja ya girls. Membilasnya dengan air hangat justru akan membuat kulit dehidrasi.

Satu hal lagi yang membuat aku nggak nyaman yaitu ketika masker mulai mengering, formulanya sedikit demi sedikit rontok dan mengotori pakaian. Kalau sampai jatuh ke mata pedih banget rasanya, lebih pedih dari di PHP-in kekasih #ehgimana. Aduh rempongnya berkali-kali lipat memang girls. Harus banyak-banyak bersabar ya, ini ujian.

Bagi orang-orang yang nggak mau ribet, pasti lebih memilih mendingan nggak usah pakai clay mask ini. Rempong dan makan waktu. Beda banget dengan sheet mask yang tinggal tempel dan buang, nggak pakai bilas.

Oh iya, clay mask ini bisa dipakai di wajah dan badan juga ya, tapi aku belum pernah pakai di badan sih, sayang aja hahaha #hemat.



Hasil Penggunaan
Meskipun pemakaiannya cukup ribet, tapi aku puas banget sama hasilnya. Saat pemakaian masker ini wajah jadi dingin gitu. Clay mask ini bener-bener cocok untuk wajahku yang berminyak ini, selain menghaluskan, dan mengecilkan pori-pori di wajah, juga kemampuan angkat minyaknya cukup bagus, wajah tetap lembab tanpa berminyak. Selain itu wajahku juga jadi lebih kenyal, ahh aku suka banget dengan hasilnya.

Bagi kalian pemilik kulit berminyak seperti aku, kalian bisa gunakan clay mask ini 2 kali seminggu. Bagi pemilik kulit normal bisa pakai 1 kali seminggu sedangkan bagi pemilik kulit kering, cukup pakai clay mask ini 2 minggu sekali ya girls, jangan terlalu sering karena bisa membuat kulit kalian semakin kering.




Kesimpulan
(+) Menghaluskan wajah
(+) Mengangkat minyak berlebih di wajah
(+) Tersedia dalam 2 pilihan kemasan
(+) Terbuat dari bahan alami 100%
(+) Harganya murah

(-) Karena teksturnya bubuk jadi cukup ribet meraciknya

(-) Saat masker mulai mengering, bubuknya rontok berjatuhan
(-) Agak sulit ditemui secara offline

Overall aku suka banget sama hasilnya, walaupun pemakaiannya agak ribet tapi clay mask ini bener-bener worth to try. Gimana, kalau kalian udah nyobain clay mask apa aja nih? Share yuk di kolom komentar. Thanks for reading, see you on my next post.





  • Share:

You Might Also Like

38 comments

  1. Ga bisa ngebayangin maskeran dg aroma kencur kak, kalau aku udh pasti ga kuat sama baunya hahaha, ga suka banget sama aroma kencur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha, aku juga awalnya kaget sih, aromanya strong bgt, lama2 biasa aja

      Delete
  2. wah ini kayaknya bagus ya, aku suka kalo aroma2 herbal gitu

    ReplyDelete
  3. Wahhh lengkap banget reviewnya hihi, aku juga pakai bberapa produk utama spice kak, tapi belum coba clay masknya xoxo

    ReplyDelete
  4. Oh buat kulit kering jg bisa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa say, tp pemakaiannya sesuai aturan yah hehehe

      Delete
  5. ulala fungsinya banyak banget mami metaa,, jadi pengen nyobain iiii.. ak selama ini belum pernah nyobain produknya spice kak,, tapi someday mau coba siapa tau cuco dan makin cantik kaya ka meta.. thanks reviewnya ya kak metaa cantiiiii

    ReplyDelete
  6. Sayangnya masih berupa bubuk ya. Soalnya udah banyak yang jual clay mask langsung pakai.

    ReplyDelete
  7. Dulu aku suka pakai clay mask model gini say, skrg maunya yg praktis aja, sheet mask hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener2, aku juga gitu say, tp ini clay mask bagus, syg kalau dilewatkan hihi

      Delete
  8. aku suka aroma kencur, yang herbal-herbal deh.cuma emang ini masih kurang praktis makainya ya..

    ReplyDelete
  9. Pasti seru banget maskeran dengan aroma rempah.. Daku udah lama nggak maskeran 😭

    ReplyDelete
  10. Aku gemash banget sama masker bubuk gini kak, takarannya ga perna pas, kadang terlalu cair sering juga terlalu kental, adoh pusing pala incess kak hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha, sama aku juga gitu beb, sering emosi sendiri

      Delete
  11. Sejak breakout parah kemarin, saya belum nyoba masker apa-apa lagi. Takut jadinya pake masker, meskipun b/o nya bukan karena masker. Clay mask katanya emang bikin kulit ketarik banget ya mbak? Kalo lagi jerawatan, bisa ikut kecabut ngga? Ini nanya beneran :'''D abis kebayangnya sakit aja gitu kan kalo kecabut pas jerawat lagi gede...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya rasanya kencang aja, tp nggak sampe nyabut jerawat juga soalnya ini dibilas juga bablas kok, bukan ky masker putih telor

      Delete
  12. Selama ini nggak pernah ngelirik brand mereka, haha tapi ternyata ada masker nya juga ya. Pengen coba sih, tapi kulitku lagi kering. Freeman clay mask ku pun ku stop. Nunggu balik normal kali ya baru coba ini.


    www.zahratsabitah.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku udh pakai beberapa produknya mreka sih ydan cocok2 aja Zahra hihi

      Delete
  13. Aromanya wangi kencurnya bikin aku penasaran deh, pasti pas dipakein bakalan dibilang masih bau kencur hehehe....

    Btw harganya murah ya untuk ukuran clay mask

    www.coolatmoshpeer.com

    ReplyDelete
  14. Aku pakai VCOnya Utama Spice kak tp blm nyobain clay masknya, so far produknya Utama Spice emang bagus hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga VCOnya beb, tp belum aku coba hahaha

      Delete
  15. Buat produk organik harganya murah ya! Maskerku masih banyak sih jadi masukin wishlist deh hehe

    ReplyDelete
  16. Kayanya bikin kulit muka syeger kaya abis mandi.. hihihi coba ah siapa tau makin cantikzzzz.. zzzzz

    ReplyDelete
  17. salam kenal! dapet linknya dari fb beautyblogger hehe. aku blm pernah coba utamaspice sih, tapi krn udah terbiasa model masker berbasah2 dari berbagai brand lokal lain yg mesti campur air, jadi ga masalah. malah ga terlalu suka yg model tinggal colek kaya lush (lagi kupake skrg) krn ga higienis. aku emg ga bisa pake sheet mask krn alergi dibekep essence tanpa oksigen lalu gatel2 hahaha, jadi clay mask always works for me

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo salam kenal jga beb. Oo gitu ya haaha, aku suk sheet mask cuma keliatan efeknya agak lama, sheetmask mahal juga wkwkwk berat di kntong

      Delete
  18. sebagai orang yang suka maskeran, aku teracuni oleh tulisan ini aaaaaaakkk...

    ReplyDelete
  19. Aku juga punya nya clay mask kek gini hehhe tapi utama spice belum. Coba jadi penasaran

    ReplyDelete