Cari Tempat Makan Sekaligus Piknik? Yuk ke Saung Kebalen Farm & Resto - Babelan Bekasi

By Ursula Meta Rosarini - 8:00 am

22 November 2021



Hy guys, how are you?
Welcome to my blog!

Di sekitar tempat tinggalku ternyata banyak sekali rumah makan ataupun kafe yang mengusung konsep saung dan pak suami suka sekali dengan hal ini. Setelah Baruga Dapur Bunda sebenarnya masih ada beberapa lagi rumah makan sejenis yang sudah aku coba cuma belum aku review aja, salah satunya adalah resto tersembunyi di antara rumah sakit dan kampus yaitu Saung Kebalen Farm & Resto.

LOKASI
Aku tahu tempat ini karena melihat plang rumah makan di RS Ananda dan STIKES Prima. Awalnya aku bingun, rumah makannya dimana, ternyata 3 tempat ini berada dalam 1 lingkup dan hanya memiliki 1 pintu dan tentunya meraka adalah bagian dari Ananda Group.


Begitu sampai di rumah makan, kami disambut oleh pelayan bertubuh mini yang sangat ramah, aku suka dengan konsep mereka yang memberi lapangan kerja orang-orang yang mungkin lebih susah mendapat pekerjaan dari kita.

Saat kami datang, saung yang kecil hampir penuh semua, tersisa saung yang besar yang biasanya untuk rombongan dan beberapa meja kursi ala resto juga ada ruangan ber AC yang tentu saja tidak kami pilih karena kami memang sudah pasti memilih untuk duduk di saung.





Kami semakin masuk ke dalam untuk mencari saung kecil, dan pelayan menawarkan untuk makan di kebun sambil menjelaskan apa saja yang ada di kebun, tapi untuk makan di kebun ini berbayar Rp 10.000 per orang, akhirnya kami memilih untuk masuk ke kebun, karena aku sudah sempat cari info tentang rumah makan ini dan tujuan kami memang untuk main di kebun hahaha.


Di dalam kebun pun banyak tempat makan baik yang lesehan maupun meja kursi, di dalam kebun pengunjung yang makan relatif lebih sedikit. Entah karena tidak banyak yang tau karena lokasinya di belakang atau tidak yang tertarik. Karena aku bawa bayi, of course kami sangat tertarik.

Menu yang ditawaran cukup lengkap dan hampir semua masakan Indonesia, seperti biasa kami memilih menu paket juga roti bakar, roti bakar ini favorit si kecil. Sambil menunggu makanan datang, aku berfoto di beberapa lokasi.


RASA MAKANAN
Makanan pun datang, untuk paket nasi dan ayam ternyata porsinya cukup besar dan banyak, rasanya tidak ada yang spesial, tidak ada yang khas tapi rasanya enak ya, bisa dinikmati dan dimakan sampai habis.


Roti bakarnya sama seperti roti bakar pada umumnya yang rasanya rumahan banget. Untuk es jeruk dan kelapa batok susunya juga rasanya standar, standar di sini maksudnya sama seperti pada umumnya ya, manis dan segar tapi tidak ada yang spesial. Tapi ya semuanya bisa dinikmati sampai habis. Karena tujuan kami memang untuk main di kebun, jadi setelah selesai makan kami langsung jalan-jalan.


EKSPLOR KEBUN
Tepat di samping tempat kami makan, ada beranda VIP, biasanya tempat ini disewakan untuk akad nikah, resepsi pernikahan, ulang tahun, reuni, syukuran dll. Eits, kalau kalian membawa rombongan sebanyak 30 orang bisa banget loh book area VIP ini. Banyak spot foto bagus di tempat ini, tempatnya bersih, kalau malam pasti ramai dengan lampu warna-warna warni, toiletnya pun VIP.


Di samping beranda VIP terdapat Sebuah kapal raksasa yang di dalamnya pun bisa digunakan sebagai ruang serbaguna, bisa naik ke atas kapal juga, tempat ini disebut Dermaga Babelan.


Di belakang dermaga, terdapat beberapa kandang unggas & reptil. Ada beberapa jenis unggas & reptil yang di pelihara seperti burung dara dan ayam.


Di samping dermaga terdapat area bermain anak, ada kolam hujan yaitu kolam renang dengan pancuran seperti hujan dan di sampingnya terdapat play ground.



Samping play ground terdapat kebun bunga dan beberapa spot foto, kemudian di sampingnya terdapat kebun tapi aku kurang tau sayuran apa yang ditanam di sana. Nah, di area kebun ini terdapat penginapan Rumah Mimpi, tapi sayang banget aku tidak ke lokasi ini karena sudah lelah jalan-jalan hahha.

sumber : IG @saung_kebalen

Dalam Rumah Mimpi ini terdapat 4 kamar yang disewakan sebagai penginapan dengan tarif Rp 400.000 par kamar/ per malam, sudah termasuk sarapan gratis untuk 3-4 orang per kamar. Akupun cukup menyesal kenapa tidak mampir ke tempat ini sekedar untuk melihat suasananya, siapa tau tertarik buat staycation di tempat itu hihi.



Sudah cukup lelah jalan-jalan dan berfoto, kami putuskan untuk pulang, kami keluar dari area kebun dan melewati rumah makan lagi untuk menuju ke kasir. Sebelum sampai di kasir, kami melihat studio foto 3D di lantai 2, kamipun menuju ke sana untuk berfoto, di sana terdapat 4 studio 3D, tapi tidak di semua studio kami berfoto karena si bayi ini sudah lelah.

Setelah itu kami menuju kasir, untuk semua menu yang kami pesan, kami membayar sebesar Rp 149.000 dengan rincian: Paket Geprek Rp 38.000, Paket Lamongan Rp 38.000, Roti Bakar Rp 18.000, Es Kelapa Batok Susu Rp 28.000 dan Es Jeruk Rp 20.000 ditambah service charge Rp 7.100,-


Di samping kasir terdapat stand buah, ternyata mereka juga menjual beberapa jenis buah, entah itu buah hasil panen di kebun atau bagaimana.

Selama berada di Saung Kebalen Farm & Resto aku melihat beberapa toilet & mushola di beberapa titik, jadi meskipun areanya sangat luas, tidak perlu takut jika ingin ke toilet, karena toiletnya banyak dan bersih pula.

Aku saranin kalau mau ke sini apalagi jika ingin masuk ke dalam kebun, pastikan cuaca bersahabat ya, kalau pas hujan ya wassalam, sangat tidak direkomendasikan.

Kelebihan :
- Toilet banyak dan bersih
- Mushola banyak dan bersih
- Tempat parkir luas
- Staf ramah
- Lokasi strategis dan mudah ditemukan
- Tempat super bersih dan nyaman

Kekurangan :
- Belum nemu kekurangannya


Over all, kami sangat menikmati mini piknik berkedok makan siang ini, apalagi si bayi sangat senang lari-lari ke sana-kemari dan feeding the bird. Kalau ditanya mau balik lagi atau tidak tentu mau, dan mungkin kami juga ingin staycation di Rumah Mimpi hahaha. Thank you for reading, see you on my next post.




  • Share:

You Might Also Like

61 comments

  1. Aku malah penasaran sama RUMAH MIMPInya kak, unik banget bentuk penginapan kaya begitu, itu kok agak mirip sama vila yang di MANGROVE ya kalau ga salah. Rumah kayu gitu.

    Kalau kesini sama anak sih memang harus masuk ke kebun kak, kalau cuma makan doang malah rugi, anak2 pasti suka lari2an kesana kemari hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu jangan bikin aku tambah menyesal beb, aku menyesal banget kagak nengokin itu rumah hiks

      Delete
  2. Beb, ini resto pernah buat tempat makan bedah rumah atau bukan ya?
    Kalau ga salah ingat pernah nonton bedah rumah terus makannya di saung & resto Kebalen gitu, kayaknya ini deh tempatnya.

    Soalnya liat pak presiden aja pernah berkunjung kesitu berarti kan ini resto bukan abal2 pastinya.

    Tapi untuk sekelas resto ini harganya terjangkau banget ya, kalau aku udah pasti pilih duduk di kursi ataupun AC room yang adem hahaha.

    Suka sama resto outdoor tapi bersih, terutama toiletnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya iya kak, soalnya sodaraku pernah crita, acara bedah rumah ada yg makan2 di saung kebalen hahahaha, kakak ngliat aja sih wkwk

      Delete
    2. @Ci Lina : Hmmmm sudah kuduga udah pasti pilih yg ber AC, padahal yg outdoor pasti seger loh ci

      Delete
    3. @Sylvi: Aku juga udah menduga seperti itu sih, ga tau dia rasanya angin semilir ya wkwkwk

      Delete
    4. All : Kenape sih kalian pada suka banget julidin aku, salah aku tuh apa hahahahha

      Delete
  3. Ini sih apik semua, makanannya enak lokasinya mantap, apalagi itu banyak area bermain dan penginapannya juga nyaman bisa ajak ponakan nih pankapan ke sana

    ReplyDelete
  4. Aku sampai bingung, itu restoran apa taman serba guna, ada kebunnya, ada tempat foto foto untuk prewedding segala, belum lagi tempatnya luas banget.

    Udah gitu ada rumah mimpi yang bisa disewakan 400k per malam. Ini beneran lengkap ya.😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. restoran, perternakan, taman dan perkebunan mas, paket lengkap pokoknya hahaha

      Delete
  5. ya ampunnn mbak ini luasss banget tempatnya plus ademm
    ditambah area juga untuk bermain anak
    bisa dibilang paket komplit, bakalan betah kayaknya kalau lama-lama disana sama sohib-sohib
    enak bangettt, aku liatnya tenang

    ReplyDelete
  6. Tempat seperti ini memang menarik untuk dikunjungi, terutama jika punya keluarga kecil. Anak-anak gak cuma makan, tapi serasa sekalian piknik dekat-dekat

    ReplyDelete
  7. Kalau kaya begini ceritanya emang udah paling bener ngajak bocah ya kak, pasti seneng sih bocah bisa piknik tipis-tipis

    ReplyDelete
  8. Tempat kayak gini emang cocok buat bersantai. Apalagi kalau banyak orang. Bisa menikmati makanan, ngobrol, dan anak-anak bisa bermain dengan bebas dan puas.

    ReplyDelete
  9. Makan sekalian foto2
    Babelan ya,
    Saya kok sering ngelewatin klo lg mudik tp g pernah keliling daerah babelan si

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lewat jl raya babelan coba perhatiin mas hahahha

      Delete
  10. tempatnya adem dan enak untuk di jadikan spot foto, bagi yang sudah berkeluarga dan sudah punya anak, tempat ini cocok banget buat tempat piknik dan liburan akhir pekan

    ReplyDelete
  11. Nah akupun pernah liat plang resto ini kak dekat kampus, tp waktu itu kayaknya ga ada RS deh, atau itu RSnya baru dibangun? Aku smape bingung itu restonya dimana, soalnya kanan kiri kampus kan sawah, ternyata di belakangnya ya hahahha.

    Untuk sekelas resto harganya terjangkau ya

    ReplyDelete
  12. Apreciate banget sama resto ini membuka lapangan kerja untuk dwarfisme karena pasti mereka lebih sulit mencari pekerjaan dibandingkan dengan kita.

    Ternyata banyak juga ya rumah makan atau resto dengan konsep saung seperti ini di Bekasi, jadi ga bosen ke resto yang berAC terus

    ReplyDelete
  13. wih.. di babelan banyak juga tempat makan estetik ya mbaaa.. seru juga ini buat refreshing tipis-tipis sambil ajak anak main, biar gak bosyen di rumah terus.. hehe..

    ReplyDelete
  14. komplit bgt ya ini.tempat makannya kayaknya enak plus nyediain tempat piknik. asikkk bgt

    ReplyDelete
  15. Luas banget ya beb tempatnya pasti anak suka apalagi bisa berenang pula hihi mantapss aku juga kangen makan di saung gitu beb

    ReplyDelete
  16. buat rame rame enak banget ini
    aku suka banget lihat kebunnya hijau hijau gitu
    mata jadi adem
    apalagi makanaannya enak enak ya mbak

    ReplyDelete
  17. Aku pernah aku pernah makan disitu kak, pas abis nengok sodara sakit, pulangnya makan disitu, pilihan menunya banyak, tempat bersih, bisa rekreasi juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah abis nengok sodara sakit malah makan2 sama rekreasi wkwkwkwk, gimana sih ini hahahaa

      Delete
  18. kalau resto keluarga emang cocok banget yg ramah anak, soalnya anak2 kan gampang bosan, dengan adanya kebun seperti ini pasti anak2 senang dan betah, apalagi harga masuknya terjangkau

    ReplyDelete
  19. Spot fotonya banyak dan bagus2 ya beb, beneran ini mah tempat rekereasi hahahha, paket lengkap sama penginapan juga, jadi penasaran sama dalemnya rumah mimpi

    ReplyDelete
  20. Whoaaa aku baru tahu kalau di Babelan ada tempat seperti ini, Kak 😱. Kelihatan dari foto tempatnya luas banget + banyak banget spot-spot yang bisa dikunjunginyaaa! Kalau nggak dimention sama Kak Meta, aku bakalan mikirnya ini di Bogor/Bandung gitu hahahaha.
    Aku paling suka kalau rumah makan mengusung konsep saung seperti ini karena entah kenapa rasanya adem dan bikin terasa seperti lagi di Bandung atau Puncak gitu 🤣.
    Btw Kak, di sini nggak jual makanan kayak gurami atau kangkung gitu? Sebab biasanya kalau konsepnya saung kan, menu utamanya makanan Sunda-sunda gitu kan 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaa iya ini emang kaya di Bogor atau Bandung Lia. Padahal mah di planet Bekasi yangs super duper panas ini hahahah.

      Ada dong kalau gurami atau kangkung, lengkap banget menu nusantaranya Lia, apa aja ada pokoknya.

      Delete
  21. wah lengkap ya, sampai bingung itu resto atau tempat rekreasi :D

    ReplyDelete
  22. Ini benar2 tempat rekreasi asik, apalagi kalau datang ama keluarga. Betah berlama-lama menikmati alam dan disainnya yang unik. Rumah dan farmnya lucu banget.
    Makanannya juga enak 😋😋

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, akupun penasaran sama rumahnya itu, gemes banget

      Delete
  23. wah lucu banget ada studio foto 3dnya segala. menarik banget ini tempatnya, jadi pingin cobain ke sana.

    ReplyDelete
  24. Ini yang namanya paket komplit jalan2 😀 Tempat makannya asyik dan rasanya enak, variasi banyak. Eh, ada juga rumah mimpi yang terbilang terjangkau harganya hanya 400K udah cakep gitu. Kudu dimampirin nih 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya mbak, ini emang paket komplit banget pokoknya

      Delete
  25. Wow, ada tempat menarik juga di Babelan. Dulu sewaktu masih kerja sebagai penagihan / collector, mendengar nama daerah ini capnya jelek aja, soalnya beberapa akun hutang di daerah sini seringnya bermasalah, senang pinjam males bayar 😂, jadi dengar kata Babelan kaya ill feel aja gitu.

    Ternyata ada tempat kece juga. Keren 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah malah curcol dia hahahhaha, aku belum lama tinggal di Babelan hihihi
      Iya ini tempatnya emang keren banget mas

      Delete
  26. sekarang banyak sekali tempat makan dengan konsep seperti ini di semarang juga banyak bahkan sekarang di daerah pinggiran gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya say, lebih seru aja, ga ngebosenin kalau konsepnya kaya gini

      Delete
  27. waaakkkkk batitaku nek tak ajak ke sini wes mesto ga pengen bali kih hahahha....secara one stop shopping eh salah one stop trip mulai dari kuliner sampai wisata kebun...bahkan adol buah buahan hasil kebun juga ya...memang sih nek resto gede macam ini menu sih enaknya ya enak tok...tPi lebih ke jualan tempat dan view..aku ngliat saunge modelane kok apik temen yah...ada sekatane jadi ga risih mbi keluarga lain yang lagi maem juga..aku juga nek resto keluarga lebih seneng nglesehan ben maeme bisa selonjoran #eh wkkwkw

    btw itu roti meses kejune mencuri perhatian uwuuwuw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha, dasar tim selonjoran, tapi akupun pasti milih lesehan sih mbul, lebih nyante wae ngono, soale kan nggowo bayi, lebih aman kalau lesehan, dia kalau duduk di kursi ngko malah ribet njaluk mudun lah, munggah mrono mrene lah, mengkhawatirkan hahahha

      Delete
  28. waaah baru tau ane,padahal tetanggaan kita...kuy lah..wkwkw

    ReplyDelete
  29. Tempatnya asri dan pas buat liburan keluarga banget nih mba, kapan-kapan mau ke sana dan staycation di rumah mimpinya deh, pemasaran sama interior dalamnya

    ReplyDelete