Makan Enak dan Murah di Rumah Makan Baruga Dapoer Bunda - Babelan

By Ursula Meta Rosarini - 8:30 am

31 Agustus 2021 



Hy guys, how are you?
Welcome to my blog.

Hy guys, kali ini aku mau share tentang salah satu rumah makan yang ada di dalam area perumahanku di Bekasi, jadi di area Pintu Timur Perum Vila Gading Harapan memang ada beberapa rumah makan (RM) saung atau lesehan sebelum masuk ke area perumahan.

Karena lokasinya yang memang dekat dekat di rumahku, perjalanan naik sepeda motor mungkin hanya 3 menit saja. Dan saat weekend aku selalu melihat rumah makan ini selalu ramai pengunjung. Jadilah aku dan pak suami pun mencobanya, padahal menu yang ditawarkan apa, kamipun nggak tau sama sekali hahaha. Yups Baruga Dapoer Bunda namanya.

Kami pertama kali mencoba makan di sini saat awal tinggal di bekasi sekitar tahun 2019 dan sampai tulisan ini diposting aku sudah berkali-kali makan di RM ini bahkan akupun pernah mengajak orang tua maupun mertua untuk makan di sini. Tapi karna memang aku itu kadang males review tentang kulineran, jadi aku nggak banyak ambil foto.

tampak depan

Lokasinya cukup mudah di temukan, kalau dari Jl Raya Babelan, masuk ke Perumahan Vila Gading Harapan Pintu Timur, lokasinya terletak di sisi kanan jalan. Untuk parkirannya memang tidak terlalu luas ya.

outdoor depan

Begitu masuk ke RM, ada outdoor area di sisi depan, tapi aku sama sekali nggak merekomendasikan tempat ini karena pasti banyak debu jalanan di area ini. Masuk lagi kedalam, ada 2 indoor area, area ini cukup nyaman, apalagi kalau sedang mendung atau hujan, udah di sini paling nyaman memang.

indoor area

indoor area

Masuk lagi ke belakang, terdapat outdoor area, dengan model saung lesehan yang jaraknya sangat jauh dari saung satu ke saung yang satunya. Sangat aman untuk dine in saat pandemi seperti ini. Antar saung di hubungkan dengan koridor yang entah beratapkan apa hahaha, kain puring sepertinya.

outdoor belakang / saung

outdoor belakang  / aula

outdoor belakang

outdoor belakang / saung

Duh, nggak kebanyang kalau hujan, pasti becek, kehujanan kalau mau ke toilet atau kemana-mana, udah gitu pelayan pun pasti repot kalau mengantar makanan, harus pakai payung. Makanya aku nggak pernah mau ke sini kalau lagi mendung atau hujan hahaha.


Aksara lagi lihat ikan

Menu makanan yang ditawarkan kebanyakan makanan nusantara, seperti: 
  • Ayam/bebek/nila/gurame goreng ataupun bakar dengan berbagai macam pilihan bumbu 
  • Udang dengan berbagai macam pilihan bumbu
  • Cumi dengan berbagai macam pilihan bumbu
  • Aneka olahan iga
  • Aneka chiken steak
  • Aneka sop
  • Aneka nasi goreng
  • Sayur asem
  • Cah kangkung
  • Cah tauge
  • Terong balado
  • Capcay
  • Coto Makasar
  • Aneka sambal
  • Tahu, tempe, timun & lalapan lainnya
  • dll
Makanan ringan:
  • Roti bakar aneka rasa
  • Pisang Krispi
  • Otak-otak
  • Kentang goreng
  • Lumpia 
  • Martabak
  • dll
Minuman:
  • Aneka macam teh & kopi panas/dingin
  • Aneka macam jus
  • Es kelapa muda
  • Es jeruk
  • Es timun selasih
  • Es capucino
  • dll
Terakhir kali makan di tempat ini kami hanya bertiga saja (aku, suami & anak) dan kami memesan :
2 Paket Ayam Taliwang (Nasi putih, ayam taliwang, tempe, timun, es teh lemon)
1 Nasi putih tambahan 
1 Air mineral 600 ml
1 Es timun selasih 
1 Roti bakar khas Baruga 

air mineral, es teh lemon, es timun selasih 

ayam taliwang


roti bakar khas baruga

Menunya datang cukup cepat ya, untuk paket ayam taliwangnya sendiri, potongan ayamnya cukup besar, nasinya dibungkus dengan daun pisang, ukuran nasinya nggak terlalu banyak, buat aku sih masih sisa, tapi buat pas suami kurang, jadi pesan 1 nasi lagi hahaha.

Bumbu taliwangnya sendiri pas banget, nggak terlalu medok bumbunya dan nggak pedas sama sekali menurutku. Harusnya pesan sambel tambahan ini buat pak suami, tapi kemarin pak suami nggak mau, ya sudah.

Nah untuk es teh lemonnya menurut aku rasanya nggak banget, kaya ekstrak lemon tea gitu, aku nggak rekomen minuman ini. Lebih mending es teh atau es jeruknya, lebih alami enaknya. Kalau es timun selasihnya manis dan segar, enak.

Terakhir kami coba roti bakar yang topingnya melimpah (keju, coklat, susu, kacang, koko krunch) Ternyata enak banget guys. Rotinya sendiri memang agak kasar terus keras juga tapi chruncy, padahal kayaknya dibakar ala kadarnya benget loh. Karena kami sudah kenyang dan ukuran rotinya ini besar banget, akhirnya sebagian rotinya kami bungkus untuk dibawa pulang, nggak habis guys haha.

Untuk semua menu yang kami pesan, kami hanya perlu membayar Rp 96.000 saja. Bagaimana, terjangkau banget kan harganya? Perinciannya sebagai berikut,
2 Paket Ayam Taliwang (55K), Nasi putih (6K), Air mineral 600 ml (5K), Es timun selasih (10K), Roti bakar khas Baruga (20K).

mejanya berantakan, mau pulang

Kalau kami datang beramai-ramai dengan keluarga, kami selalu pesan menu paket untuk ber 4, ber 6 ataupun berbanyak lagi. Jatuhnya pasti lebih hemat. Tapi anehnya nih, setiap kali aku ke sini, menu paketnya ini selalu berubah-berubah dari segi isi, jumlah maupun harganya hahaha. Mungkin setiap bulan mereka rolling menu kali ya, untuk melihat paket mana yang paling banyak diminati.

Oh iya, setau aku, semua ikan yang di masak di sini itu ikan segar ya, jadi ikan yang memang sengaja di pelihara di kolam gitu.

Untuk tempatnya sendiri cukup bersih, namun sayang di area belakang saung banyak sampah tisu, udah pasti sih ini ulah tamu sih yang buang sampah sembarangan, padahal kan bisa ditaruh saja di meja, nanti kan dibersihkan sama pelayan. Wajar lah kalau di meja ada sampah tisu, namanya juga abis makan ya kan.

Terus nih, di outdoor belakang / saung itu banyak lalat, jadi pas makan kami juga sibuk ngusirin lalat tuh, duh kesel banget hahaha. Jadi kalau misal pesan makanan ringan juga, aku saranin lebih baik pesannya terakhiran aja, atau mejelang selesai makan biar makanan yang dimakan terakhiran nggak dirubung/dihinggapi lalat.

ada plosotan di outdoor belakang, Aksara jadi betah,
ini abis baptis Aksara, dari gereja langsung ke RM.


Yang aku kurang suka cuma tolietnya aja sih, ala kadarnya banget gitu, cuma ada kloset jongkok dan ember, nggak begitu bersih juga, disayangkan banget. Ya udah mending nggak usah ke toliet kalau nggak terpaksa banget.

Terus, di area outdoor belakang, rumputnya nampak sudah tinggi-tinggi tapi nggak dipangkas, nggak enak aja dilihat, jadi terkesan nggak rapi dan nggak terawat. Kalau terawat pasti akan terlihat lebih enak dilihat.

Kelebihan:
- Harga terjangkau
- Varian menu banyak
- Pelayanan cepat
- Pelayan ramah
- Tempatnya bersih dan nyaman

Kekurangan:
- Toilet kotor
- Menu paket berubah-ubah
- Rumput tinggi2 seperti tidak terawat

Kira-kira aku bakal balik lagi ke sini nggak? Of course! Setiap kali makan di sini aku selalu pesan menu yang berbeda, biar bisa merasakan semua menunya. Next time pengen coba steaknya.

Terus  karena tempatnya enak dan nyaman, oh iya di setiap saung ada kipas angin juga ya, jadi nggak bakal kepanasan. Setiap kali ke sini aku nggak pernah kepanasan sih, malah angin semilir dari persawahan, aku selalu pilih tempat di saung outdoor belakang ya, yang di dekat sawah itu hehehe.

Oh iya, kalau kalian mau ke sini di malam hari, aku saranin duduknya di indoor area aja, soalnya kalau di outdoor apalagi yang saung belakang, udah bisa dipastikan diserbu nyamuk nanti, hahaha.


Baruga Dapoer Bunda
Alamat: Pintu Timur Perum Vila Gading Harapan, Kel Kebalen, Kec Babelan, Bekasi Utara
Jam buka, setiap hari: 10.00 - 21.00 WIB
Telp : 081297344445

Sebenarnya, ada 2 RM saung lagi yang pernah aku datangi di area dekat sini juga, tapi memang yang 2 itu aku sendiri nggak rekomen baik dari segi tempat, rasa dan harga. Pokoknya nggak banget, aku sendiripun udah nggak mau kesana lagi. Dan masih ada beberapa RM lagi yang belum aku coba, nanti deh kapan-kapan aku coba tempat yang baru.

Thank you for reading, see you on my next post.


get closer with Baruga Dapoer Bunda:



  • Share:

You Might Also Like

48 comments

  1. Salfok sama Aksara di plosotan, gemes banget kamu dek.

    Btw, kalau aku kesini mau ujan atau ga, mau siang atau malem, kayaknya aku pilih duduk di indoor area aja deh, bair tehindar dari lalat apalagi nyamuk hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha, thank you onty, Aksara emang selalu gemesin wkwkwkk

      Udah aku duga sih, istri sultan pasti maunya indoor hahaa

      Delete
  2. wah wah...ahahha..kenapa aku agak ngguyu yo maca review mu kali ini say hihi...o tadi baca roto bakar kegeadean uda kenyang njuk ga habis walhasil dibungkus xixixi

    sama nasi manbah siji neh hahahhaha

    ini saunge jarake uadoh adoh ya say...tapi pancet kalau di saung enakan pas ga ujan biar ga becek ga ada ojek qkwkwk

    menunya yang ayam taliwang cukup menggiurkan
    ditambah es timun selasih..wah deket rumahmu yang bekasi ternyata ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh, aku sering say mbungkus makanan yg ga abis, sayang kalau ditinggal, kan udah dibayar, lagian itu kan udah dimakan, kalau ditinggal ujung2nya dibuang, kecuali blm disentuh sama sekali, mungkin dimakan sama waitersnya

      Delete
  3. ... entah beratapkan apa hahaha, kain puring sepertinya. >>>> bukankah atap daun rumbia? He he ... Kayaknya nyaman. Tidak sumpek.terima kasih telah berbagi, ananda Ursula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. daun rumbia seperti apa akupun nggak tau bunda hihihi

      Delete
  4. Eh timun selasihnya pasti seger banget itu, aku sering bgt bikin itu kak, simpel n enak, ga pake ribet pula ye kan.

    Tapi kalau 10K menurut aku sih mahal bgt kak, bahannya murah & bikinnya juga gampang, mungkin karna di RM kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keles mau dijual goceng hahahha, ini kan resto say wwkwk

      Delete
  5. Cukup jauh sih lokasinya dari rumah daku, tapi kalau penampakannya asik ya. Apalagi menunya khas Indonesia yang pasti nikmat di lidah. Siip semoga bisa berkesempatan ke sana, dan diinget juga kalau bisa jangan pas musim hujan yak

    ReplyDelete
  6. wah bisa nih
    kalau lagi pulang kebekasi
    kebetulan istri saya rumahnya dibekasi dan sepertinya deket juga sih sama gading harapan

    ReplyDelete
  7. Wah untuk sekelas RM ini harganya terjangkau bgt ya kak, ayamnya pun menggoda, roti bakarnya gede bgt.

    Sayang aja tempatnya kurang terawat, semoga bisa lebih diperhatikan lagi sama ownernya

    ReplyDelete
  8. Makanan seperti ini yang makin menggoda, mbak. Tempat terbuka, berbaur dengan alam dan yang lainnya. Pokoknya enak banget heheheh

    ReplyDelete
  9. Suka banget nih sama konsepnya yg ada indoor & outdoornya, jadi ga bosen melulu makan di cafe indoor, karna kalau outdoor gini pasti udaranya segar & suasananya juga beda

    ReplyDelete
  10. Wah jadi pengin makan di rumah makan Baruga Dapoer Boenda, soalnya pengin duduk di saung lehesan itu, kayaknya adem dan seger ya. Cuma kalo pas lagi makan tahu tahu hujan, buyar deh.😂

    Untuk harganya standar ya mbak, tidak terlalu mahal juga sih menurutku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya adem pas, kesananya jgn pas jam maksi tapi wkkwwk

      Delete
  11. Padahal kalo diliat dr depan, kayak rm biasa ya mba. Ternyata dalamnya memanjang ke belakang, sampe ada outdoor :D.

    Tapi aku juga sebel tuh kalo makan di kerubungi lalat :(. Makannya jadi ga fokus Krn hrs ngusirin juga. Sayang sih , hrsnya mereka cari solusi juga utk mengurangi lalat2 nya itu. Jadi kalo kesini, aku udh pasti prefer makan di dalam.

    Menunya enak2, fav ku juga :D. Ntr ah, kalo udh selesai PPKm, mau cari2 lagi rm baru, mumpung udh full vaksin hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, dalemnya luas bgt.

      Akupun juga sebel bgt sama lalat, jijik bgt mba.

      Delete
  12. Menunya kesukaanku semua, mana harganya terjangkau pula, sayangnya kok jauh banget ya kak dari rumahku hihihi

    ReplyDelete
  13. Kebetulan rumah saya dekat juga, saya di Pekayon, entar mau coba ke sana ah. By the way, untuk peneduhnya bukan kain puring Mbak Meta, tapi Shade Net, biasanya dipakai untuk menahan teriknya matahati di tanaman hias atau tanaman koleksi atau pembibitan. Menu yang enak dan harga sangat terjangkau. Terima kasih sharingnya, salam sehat dan selamat beraktifitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oalah shade net, makasih infonya pak hehehe. Salam sehat

      Delete
  14. senyumnya Aksara manis banget sihhhh, ampunnnn
    paling sebel kalau ada tempat makan dan pengunjung suka buang sampah tisu sembarangan ya mbak, jadinya kan tambah kotor gitu, terlihat malah kayak nggak pernah dibersihin nantinya

    ternyata area outdoornya luas banget ya, ada saung yang terpisah pisah, dan ada tempat bermain anak juga
    dannnn kaget dong totalnya cuman habis 90ribuan untuk ukuran jakarta lho, ini murah juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi thank you onty.

      Buang sampah sembarangan emang masih jadi masalah bsr di negar kita mbak, masih byk yg blm sadar tentang membuang sampah di tempatnya, sebel.

      Iya emang harga terjangkau bgt ini mbak

      Delete
  15. wah sayang banyak lalat ya, padaal kalau udah makan di tempat yang ada saung nya gitu enak area saungnya ya, suasananya langsung beda aja gitu, hihi

    ReplyDelete
  16. Aku paling sebel kalau pesen lemon tea tp dapetnya cuma ekstrak, serasa pengen bawa sendiri aja dari rumah hahahha.

    Saungnya kece, pasti suasannya beda ya kak kalau makan di saung, menyatu sama alam, sayang aja kebersihan kurang diperhatikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha, akupun beb, pengen tuker sama aor mineral aja rasanya wkwkwk

      Delete
  17. Enak nih makan ala saung2 gitu, natural ya outdoor. Soal toilet kotor, kayaknya terkadang tempat model begini ya tulah kekurangannya. Menu yang berubah2 mugnkin sesuai sikon hahaha :) Seru juga ya santap ikan segar yang dipelihara di kolam. Dapoer Bunda Babelan ini boleh juga disinggahi kapan2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, rasanya beda aja kalau ikannya ikan segar ya mbak

      Delete
  18. Waaah ngiler dong sama roti bakarnya kaaak 🤤
    Btw salfok sama si kecil deh kak gemesin 😄

    ReplyDelete
  19. Tempatnya menyenangkan tapi, banyak tapinya, tapi kalau siang, tapi kalau ga terik. tapi ga ujan, tapi kalau ga malam hahahhaa, banyak syaratnya

    ReplyDelete
  20. Jam lapar liat ayam taliwang jadi makin lapar mbak, look so yummy soalnya.

    Minumannya juga kayaknya nyegerin bgt wlpn ternyata lemonnya ekstrak hahaha, serasa rugi banget kalau kaya gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang iya mas, pengen bawa minuman sendiri aja hahhaa

      Delete
  21. Tempatnya ciamik pisan Beb??? Jadi pengen deh survei langsung ke tempatnya. Duuuu ---- duuuuuh, Arkasa kamu kian hari kian lucu , kian menggemaskan. Sehat - sehat selalu ya Arkasa dan Moms ???

    ReplyDelete
  22. suasananya enak banget, sayang ya kalo banyak lalat gitu.. menunya menarik, jadi pengen coba, apalagi aku suka banget makan ikan

    ReplyDelete
  23. Enak ya kalau ada restoran deket rumah :) Eh, jangan-jangan lemon teanya pakai Lipton atau apa tuh yang di kemasan gitu. Soalnya aku sering banget minum lemon tea rasanya gak banget padahal di restoran besar, hahaha. Semoga nantinya kebersihan tempat bisa diperhatikan, ya. Sayang soalnya dari foto-fotonya (yang super lengkap) tempatnya keliatan enak :) Btw, jadi ngiler tempe goreng, nih :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha, iya nih kayaknya emang kemasan wkwkwk

      Lah ngilernya malah sama tempe yaaa

      Delete
  24. aduu duuhhh.. jauh juga ini di babelan.. hehe
    aku suka sama tempat yang saung-saung itu, cocok buat sekeluarga apalagi bawa bocil, ada mainannya juga perosotan dll.. bikin betah pasti

    ReplyDelete