[Review] Emina Sun Protection SPF 30 PA+++

By Ursula Meta Rosarini - 8:00 am

21 Mei 2019



Hy girls, how are you?
Welcome (back) to my blog!


Siapa di sini yang malas pakai sunscreen kalau keluar rumah? Aku! Eits, tapi itu dulu. Aku memang terbilang belum lama menggunakan sunscreen secara rutin, dulunya aku pikir day cream saja sudah cukup untuk sedikit melindungi wajahku yang super kusam ini dari efek buruk sinar matahari. Ditambah lagi banyaknya rumor kalau sunscreen itu berat dan lengket, pokoknya nggak nyaman di wajah, makin malas dong aku aplikasi sunscreen.

Ternyata aku salah, day cream saja nggak cukup untuk melindungi wajah kita dari sinar matahari ya girls. Apalagi planet Jakarta-Bekasi panasnya nggak ketulungan, rasanya matahari selalu ada tepat dia atas kepala, hahaha.

Berbekal dari hasil blogwalking, ternyata banyak sekali yang memberikan review positif pada Emina Sun Protection SPF 30 PA +++. Akhirnya aku coba pakai. Nah buat penasaran banget kayak apa sih sunscreen lokal ini, yuk langsung aja kupas tuntas.

Deskripsi Singkat
Brand            : Emina
Nama Produk : Sun Protection SPF 30 PA +++
Size              : 60 gr
Harga            : Rp 23.000 - Rp 30.000
Ketersediaan  : Beauty shop, drugstore Emina's Counter, Online beauty shop

Klaim
“Emina Sun Protection dengan SPF 30 dan PA +++ memiliki tekstur ringan membantu melindungi kulitmu dari sinar UV di hari yang aktif. Diperkaya dengan Aloe Vera extract dan emollient untuk memberikan kelembapan ekstra pada kulit”

Komposisi
Aqua, Ethanol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Glyceryl Stearate, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Dimethicone, Butylene Glycol, Phenoxyethanol, Triethanolamine, Propylene Glycol, Panthenol, Polyvinyl Alcohol, Aloe Barbadensis (Aloe Vera) Leaf Extract, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Fragrance, Hydrolized Wheat Protein/PVP Crosspolymer, BHT, Disodium EDTA, Ethylhexyglycerin, Xanthan Gum, Potassium Sorbate, EDTA, Sodium Benzoate.



Emina Sun Protection SPF 30 PA +++ ini hadir dengan kemasan tube dan tampilan yang anak muda banget karena pangsa pasar Emina adalah remaja. Tutupnya berupa flip top, aku lebih prefer dengan tutup flip top karena lebih praktis dibanding tutup ulir.





Meskipun produk barunya hadir tanpa kemasan box, namun dilengkapi dengan aluminium foil pada mulut botol, sehingga dapat dipastikan produk aman dari orang-orang kepo yang akhirnya nggak jadi beli hehe.



Pada bagian belakang kemasan terdapat informasi yang cukup jelas mengenai produk dan tanggal kadaluarsanya dicetak timbul dibagian atas botol. Sayang nggak ada keterangan tentang PAO dari produk ini karena jujur ada aku nggak tau sunscreen pada umumnya memiliki PAO berapa lama haha.



Cara pemakaian sunscreen ini sama dengan sunscreen pada umumnya, yaitu berada di tahapan terakhir pada pemakaian skincare (sebelum aplikasi makeup). Oleskan merata pada wajah dan leher 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan agar sunscreen meresap sempurna ke kulit wajah. Sayang banget kan kalau sudah aplikasi sunscreen tapi mubazir begitu saja. 

Emina Sun Protection SPF 30 PA +++ memiliki tekstur yang mirip dengan lotion berwarna putih agak kekuningan. Aromanya sendiri cukup kuat karena memang mengandung fragance, bahkan setelah diaplikasikan pun aromanya masih tercium. Buat aku yang memiliki penciuman yang cukup tajam, aku sedikit terganggu dengan aroma ini, meskipun setelah sunscreen meresap ke kulit/ kering aromanya menghilang. Jadi untuk kalian yang anti sama fragance, aku nggak merekomendasikan produk ini.



Teksturnya yang mirip lotion ini mudah diratakan di kulit, mudah menyerap dan nggak lengket sama sekali, wajah tampak lebih lembab dan nggak meninggalkan white cast. Setelah menyerap / kering siap ditumpuk dengan berbagai macam makeup. Teksturnya ringan banget di kulit. 

Jadi sejak pertama kali mencoba Emina Sun Protection SPF 30 PA +++ ini aku bisa memecahkan rumor yang beredar bahwa sunscreen itu itu berat dan lengket di wajah, itu salah! Karena aku sudah merasakan sendiri kalau sunscreen ini ringan dan nggak berat sama sekali.

Kekurangannya adalah, sunscreen ini nggak waterproof karena mudah luntur jika terkena air, jadi aku nggak saranin pakai sunscreen ini kalau kalian beraktivitas berbasah-basahan di bawah terik matahari.

Untuk kemampuan perlindungan ke wajah sendiri aku nggak bisa berkata banyak karena aku memang bukan tipe orang suka re-apply sunscreen secara teratur, nggak pernah malah, karena setelah pakai sunscreen minimal banget aku aplikasi loose powder biar agak cerah dikit, jadi ngga bisa re-apply sunscreen hahaha.

Aku udah repurchase sunscreen ini beberapa kali dan so far nggak ada reaksi negatif di wajahku yang super berminyak ini.

Emina Sun Protection SPF 30 PA +++ ini masuk kategori chemical sunscreen yang menyerap dan mengubah sinar matahari menjadi energi panas kemudian dilepaskan melalui permukaan kulit. Berbeda dengan physical sunscreen yang cenderung memantulkan cahaya matahari pada permukaan kulit wajah. 





Kesimpulan
(+) SPF 30 PA+++ cocok untuk daily use
(+) Tekstur ringan, nggak lengket dan mudah meresap
(+) Nggak menimbulkan white cast
(+) Paraben free
(+) Harga terjangkau
(+) Mudah ditemukan

(-) Mengandung fragance & alkohol
(-) Nggak waterproof

Nah itu dia pengalamanku pakai Emina Sun Protection SPF 30 PA +++. Kalian sudah coba produk sejuta umat ini belum girls? Atau ada rekomendasi sunscreen lokal lainnya? Yuk share di kolom komentar. Thank you for reading, see you on my next post and have a nice day!





  • Share:

You Might Also Like

37 comments

  1. Aku malah suka banget sama aromanya si emina ini beb, harum banget

    ReplyDelete
  2. Setiap baca di sini ku jadi merasa teracuni ih hahaha. Btw aku malah lebih suka tutup ulir daripada fliptop. Tapi emina sunscreen ini keren ya dipakein alumunium foil di bagian mulutnya. Bener-bener menjauhkan dari yang kepo tapi gak beli :D Aku belum pernah nyobain pake sunscreen sih, tapi habis baca di sini jadi makin penasaran pengin nyoba juga. Apalagi emina harganya terjangkau

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa lebih suka yg ulir beb, rentan hilang hahahaa

      Delete
  3. Produk lokal baru ya mbak Meta?

    Kalo sudah dipake sejuta umat, dan reviewnya bagus, berarti ok ni buat proteksi kulit dari dampak negative paparan matahari

    ReplyDelete
  4. Harganya, cocok buat sobat qismin macem aku hahaha

    ReplyDelete
  5. produknya kenapa diletakkan dekat sarang burung teh,..nanti dikir isinya kotoran burung loh,..ha-ha,..suka sekli harganya murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahha, abisnya sarang burungnya nggemesin banget

      Delete
  6. sempat ada salah satu temenku yag apik pake brand ini dan mukanya lumayan kinclong dan cerah.. kok aku jadi ikutan pengen pake yach

    ReplyDelete
  7. Mulanya pingin nyoba, tapi jadi ragu pas di kalimat... Cocok di wajahku yang super berminyak... Lhah mukaku kering??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mbak buat wajah kering, kalau buat wajah berminyak nggak bikin wajah makin berminyak

      Delete
  8. OMG akhirnya muncul juga reviewnya si emima ini, aku daridulu penasaran banget tp belum perna pakai emina, jadi masih setia sama skin aqua deh

    ReplyDelete
  9. Saya sebenernya ngak mudeng sama sunscreen seperti ini, tapi saya suka foto-fotonya mbak, fotografernya sudah ekspert sepertinya.

    ReplyDelete
  10. Aku pakai sunscreen emina juga bareng sama wardah. Dan iya sih, aromanya emang kuat. Tapi ringannya aku suka jadi ya tetep beli lagi hehe.

    ReplyDelete
  11. Emina sunscreen ini waitlist saya, udah fix banget karena baca review orang2 banyak yang cocok.
    Saya sekarang masih pakai Novage, bagus sih tapi gak baik buat kesehatan dompet hahaha

    Kepo juga sebenarnya mau bandingin antara Emina dengan Novage.

    Meskipun itu berarti semacam bandingin apple dengan xiaomi *eh :D

    Tapi emang saya suka banget sama produk yang mudah didapat di mana2.
    Apalagi harganya ramah dompet :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ramah banget mbak, seharga ayam geprek + es teh aja hahaha

      Delete
  12. Harganya menggoda ya, sayang mengandung alkohol dan parfum :(

    ReplyDelete
  13. Tiap ke supermarket selalu lihat rak make up dan mematung sebentar di depan produk Emina. Tertarik karena banyak yang make, tapi belum beli juga :D

    ReplyDelete
  14. Dri dlu pen bgt nyoba ini tapi cuma maju mundur manjah aja, teteup yang dibeli wardah hahaha

    ReplyDelete
  15. Ini sih favorit akyu banget kak beb, udah beli berkali-kali dan ga mau pindah ke lain hati, harganya cucok hahaha

    ReplyDelete
  16. Aku juga pakai ini beb, cocok buat ABege kek aku gitu kan ya hahaa

    ReplyDelete
  17. Sunscreen Emina ini bisa jadi pilihan yang harganya terjangkau untuk pelajar atau mahasiswa. Ok juga kualitasnya!

    ReplyDelete
  18. samaaa, aku jg ga pernah re-apply sunscreen hahahaha kok ya rasanya aneh yaaa, kalo muka yg udah kena debu segala macam, lgs re-apply gitu aja... aku sih mending bersihin dulu, ulang lg dr awal :D. tp untungnya kalo di kantor aku ga prnh keluar ruangan, jd abis solat, ya udahlah yaaa, gp apke re-apply segala.. palingan cuma bedak tabur aja..

    kalo sunscreen favoritku, memang bukan yg lokal sih mba... krn udah lama setia dgn SKII, jadi sunscreen yg aku pilih pasti SKII juga.. spfnya ada yg 30 dan 50 PA+++, dan sumpah ini bagus bangetttt sih.. jujur aja, setelah pake produknya, aku ga kepikiran untuk ganti merk lain. ga bikin white cast, ga bikin cakey, ga berat samasekali, dan merawat wajah juga.. halus banget berasa.

    memang sih, ga cocok untuk kantong mahasiswa. tapi yg udah kerja mungkin, kalo mau beralih ke sunscreen dgn kualitas dan hasil yg bagus, cobain SKII deh.. :) . secinta itu sih kalo aku :D

    ReplyDelete