Indahnya Warna Warni Bunga di Taman Matahari Cinta Yogyakarta

By Ursula Meta Rosarini - 8:00 am

23 April 2019



Hy guys, how are you?
Welcome (back) to my blog!


Hal apa yang terlintas di benak kalian kalau mendengar kata Yogyakarta? Aduh begitu banyak kata yang ingin aku ungkapkan untuk menggambarkan kota gudeg itu. Selain semua yang serba murah di kota ini, Jogja memiliki tempat istimewa bagi sebagian orang.  Kulinernya yang serba enak, penduduknya yang super ramah, suasana kota dan pedesaan yang ngangenin, pupularitas kota ini juga nggak luput karena banyaknya tempat wisata yang super kece.

Membahas tentang tempat wisata kece di Jogja, yang terkenal tentunya candi dengan segala sejarahnya dan pantai dengan segala keindahannya tapi bukan hanya candi dan pantai,  tempat wisata di Jogja semakin sempurna ketika banyaknya taman bunga yang super instagramable.

Salah satu taman bunga yang sempat aku kunjungi beberapa waktu yang lalu adalah Taman Matahari Cinta. Sebenarnya aku nggak berencana untuk ke tempat ini, awalnya aku ke Pantai Goa Cemara dan dalam perjalanan pulang melewati tempat yang membuat aku nggak bisa melewatkannya begitu saja.




Di sepanjang Jalur Lintas Selatan banyak sekali terdapat taman bunga, namun sayang banyak yang udah nggak buka lagi.  Akhirnya aku memilih Taman Matahari Cinta karena terlihat  bunganya cantik-cantik.

Taman ini berada di sebelah kiri jalan (dari arah Pantai Goa Cemara), tepat di seberang taman ini juga terdapat taman lain, namun lebih sepi. Parkiran mobil dan motor terdapat di pinggir jalan, nggak begitu luas namun cukup untuk menampung kendaraan pengunjung.

Tiket parkir untuk motor Rp 2.000 dan Mobil Rp 5.000 sedangkan tiket masuknya sebesar Rp 5.000, waw, kurang murah gimana coba? Fasilitas yang terdapat pada taman ini yaitu toilet, mushola tempat parkir yang memadai, peminjaman topi gratis selama rekreasi dan sang pemilik pun menjual minuman.





Begitu sampai di tempat ini, suamiku ngopi dulu, aku ngobrol dengan penjual minuman terserbut yang nggak lain adalah pemilik taman tersebut. Ibu itu bercerita bahwa dirinya adalah orang pertama yang membuka taman di daerah tersebut, karena cukup banyak yang mengunjungi tempat tersebut, akhirnya banyak orang yang ikut-ikut membuka taman yang sama pada lahan milik mereka sendiri.

Namun sayang, mereka nggak segigih ibu ini yang selalu menjaga tanaman pada tamannya tersebut, sehingga pengunjung nggak pernah sepi. Sedangkan tempat lain banyak yang kurang terawat sehingga sepi pengunjung dan akhirnya mereka menutup taman tersebut.

Pemilik taman nggak melakukan promosi secara khusus tentang tamannya ini, informasi menyebar dari mulut ke mulut, tentu karena adanya unggahan di berbagai media sosial dari pengunjung.





Taman Matahari Cinta ini nggak terlalu luas, namun bunganya cukup banyak, mekar dan berwarna-warni. Saat aku datang tamannya cukup sepi, tapi nggak lama kemudian pengunjung berdatangan jadi ramai banget. Sebenarnya aku lebih suka tempat wisata yang sepi, jadi lebih bebas kalau mau eksplor foto hehe.

Pengunjung taman ini didominasi oleh wanita remaja hingga orang tua, mereka tampak sangat menikmati selfie diantara bunga-bunga yang cantik ini. Di tampat ini juga ada fotografer yang udah siap dengan kameranya loh, jadi kalau pengunjung menginginkan foto yang ciamik, cukup gunakan jasa fotografer ini saja, untuk tarifnya sendiri aku kurang tau.




Di taman ini masih cukup banyak lahan yang terlihat ngganggur atau kurang dimaksimalkan, tapi aku memahami sepenuhnya karena taman ini dikelola oleh pribadi, harga tiketnya pun sangat murah, jadi mungkin pemilik taman mengeluarkan uang yang nggak sedikit untuk mempercantik taman ini.

Meski demikian, taman ini berpotensi untuk lebih baik lagi dan lebih dikenal oleh lebih banyak orang. Walaupun nggak sebagus Kebun Begonia Bandung, namun Taman Matahari Cinta ini tetap layak untuk dikunjungi.



Semoga dengan semakin banyaknya tempat wisata seperti ini akan membantu perekononian warga sekitar. Yuk ke Jogja, jangan lupa untuk mampir ke Taman Matahari Cinta ya.

Thank you for reading, see you on my next post.




  • Share:

You Might Also Like

91 comments

  1. Cuman modal goceng bisa selfie2 syantik ya kak, kalau di bandung taman bungan gini udah mahal tiketnya

    ReplyDelete
  2. 5.000 doang, bunganya bagus2,,, dan romantis juga kayaknya

    ReplyDelete
  3. Nampaknya tempatnya nggak terlalu luas namun banyak tempat buat selfie ya mbak, wanita pasti senang ketempat seperti ini haha

    ReplyDelete
  4. Cantik banget mbak meta di antara bunga-bunga... nama tamannaya bagus, Taman Matahari Cinta...

    ReplyDelete
  5. Kece juga yaak Taman Matahari di Yogya. Daku pikir taman matahari di Bogor kak, hihi.. Sama kerennya apalagi Instagramable, yang penting taman nya selalu kita jaga ya

    ReplyDelete
  6. Aku malah belum sekalipun pernah motret di sini hahahahaha.
    Jauh banget kalau sepedaan dari kota Jogja ke kebun matahari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ga kebayang sih kalau sepedaan kesini mas, puanasnya aja ga nguatin

      Delete
  7. Apakah ini masih satu paket dengan honeymoon kalian beb? wkwkwkwk. Mamahku pecinta bunga-bunga an, pasti beliau senang ya kalau ketempat seperti ini

    ReplyDelete
  8. Wih, wih, wih, keren kak. Harga segitu, bisa selfi di tempat yang romantic :)

    ReplyDelete
  9. wih bunga matahari apalagiada wanita ditengahnya taman yang luar biasa

    ReplyDelete
  10. simple tamanya, mungkin karna di kelola pribadi, tempatnya juga praktis di deket jalan, parkirnya juga lumayan mudah, menurut gue sih worth buat di kunjungji, apalagi dengan pasangan :D

    ReplyDelete
  11. kok saya ingat filem India yah...soalnya banyak bunga - bunga dan ada adegan romantisnya juga.

    Aduhhh..ngak tahan lihat keromantisan mereka, :) mendingan pura2 ngak liat ahh....#hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin di blog saya inget film artis hollwood, disini film india,...ea,..hajar kang nata

      Delete
    2. Kang Nata -> Hahahaha apaan sih kang
      Anyu -> Emang iya tuh, kang nata kebanyakan nonton film kayaknya

      Delete
  12. O jadi ini di JLS, ya, pantes dulu aku lewat sana ada tanda2 mau dibuka taman2 sepanjang JLS, ternyata bnr ya, sayang belum ke jogja lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, cus kesana beb, banyak taman kaya gini di JLS

      Delete
  13. Saya belum tahu taman ini, taman ini mirip dengan taman matahari yang ada di kebumen. Konsepnya hampir serupa deh.

    ReplyDelete
  14. Muncul taman bebungaan lagi ...hehehe ...
    Wuah, sepertinya taman bunga seperti ini memang lagi digemari dimana-mana ya :)

    Lokasinya di dekat pantai Gua Cemara itu berarti deket Gumuk Pasirkah, kak ?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas hilmawan,..betul sekali itu ,..sekarang sedang jamannya foto dekat bunga-bunga,...kecuali bunga kubur ya,...ha-ha

      Delete
    2. Mas Himawan -> Iya skrg byk bgt taman bunga kaya gini mas, ini jauh bgt dari gumuk pasir mas, ini di daerah Samas, kalau Gumuk dkt2 Parang Tritis kan ya
      Anyu -> hahhaha bunga kubur udah ada dari jaman purbakala sampe kiamat juga tetep da hahaha

      Delete
  15. kerennya ini tempat,..apalagi ditaman bunganya,..bunganya udah cantik ditambah tetehnya yang cantik,..tambah caantik,..kepengen pergi ke sana juga,..ha-ha,...untuk suaminya jangan marah saya becanda kok,...ea

    ReplyDelete
  16. Taman matahari di bogor ya ada, kalo di bogor sepertinya yg punya groupnya matahari

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banyak bilang katanya di bogor ada taman matahari ci, yuk lah cus kesana

      Delete
  17. Waww, indah banget. Jadi pengen kesitu dah.

    ReplyDelete
  18. Waaahhhhhh.... bikin mupeeengggg....
    Saya tuh pecinta bunga-bunga gini, waktu kecil, bapak ngelarang saya keluar rumah, gak ada hiburan, jadi saya suka bertanam bunga.

    Saya suka banget tanam bunga dan ada bunyanya yang mekar, dulu punya punya matahari yang pas mekar gede banget.

    Jadi sedih ga jadi ke Jogja sebelum Ramadhan huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ibu dan suami saya juga suka banget bertanam bunga mbak rey, kalau saya suka menikmatinya doang, ga telaten kalau ngerawat tanaman

      Delete
  19. cieh kak metaa agi halan halan ke kebun matahari yah sama pacar halal..

    keren banget ya bunganyaa.. kapan2 kalau aku ke yogya mau coba kesna ahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhahaa, wajib kesini mom, baby C pasti seneng ahahha

      Delete
  20. wah bagus banget ya kak tempat nya banyak banget bunga matahari yang cocok dan bagus untuk foto foto, memang tidak salah spot kebun ini untuk dikunjungi, apalagi bbuat preweding sepertinya ok ya kak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini bisa untuk low budget prewedding nih hehehe

      Delete
  21. Saya suka lihat taman apalagi kalau ada hewan hewan jinak

    ReplyDelete
  22. Jogja adalah kota favorit setelah Bandung dan Jakarta, kangen sama suasana waktu liburan ke Jogja sayang waktu itu belum ada taman cinta, bunga2nya cantik banget buat poto2an yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku Jogja dulu, baru Bandung trs Jakarta hehehhe

      Delete
  23. Tempatnya emang terlihat minimalis dan ngak luas tapi buat selfie is not bad, apalagi tiketnya receh banget, lokasinya juga karna kebetulan lewat ya beb hahahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget beb, ga ada alasan buat ga mlipir dong

      Delete
  24. Modal goceng dapet foto cucmey sepuasnya ya beb, mantap jiwa!

    ReplyDelete
  25. Saya nanem bunga matahari juga di depan rumah. Tumbuh beberapa aja saya lihat cantiiiik banget. Apalagi sebanyak itu. Instagramable banget deh tempatnya <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhhh saya jadi pengen punya bunga matahari juga dirumah

      Delete
  26. ada bunga matahari, bunga celosia dan bunga kenop yang ungu..
    warna bunga2 yang menyolok ini dalam jumlah banyak memang menakjubkan ya..
    cantik paduan warnanya

    ReplyDelete
  27. 1 kata yg ada dibenakku ketika mendengar kata Jogja adalah ISTIMEWAAAAA

    ReplyDelete
  28. Kalau di daerah masih berpotensi buat buka taman bungan ky gini, kalau di jakarta jangan harap, paling pinggiran

    ReplyDelete
  29. eh keren ya, ku kira ini bukan milik perorangan kak. kapan2 mampir ah

    ReplyDelete
  30. Semoga tahun ini bisa ke jogja lagi. udah pengen banget.. nanti mampir kesini juga aah. Bagus tempatnya

    ReplyDelete
  31. Pengen kesana sama gandengan tapi nasib jomblo mau diapa hehehe

    ReplyDelete
  32. Ini di Malang juga ada kak Taman Bunga Matahari.
    bgt pengen ke sana dari dulu, bunga matahari dari dulu gemesin emg si :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah taman bunga matahari skrg ada dimana2 ya beb

      Delete
  33. terakhir kali aku jogja belum mampir ke sini. next trip fix harus main dan lihat bunganya langsung! :D

    ReplyDelete
  34. nama film indianya dilwale dulhania he he jadi ikutan kang nata mas himawan habis indah banget viewnya

    ReplyDelete
  35. Wah kalo ke Jogja harus mampir nih, makasih infonya kak

    ReplyDelete
  36. Tamannya seperti biasa saja. Model dan tukang fotonya yang luar biasa 👍👍👍

    ReplyDelete
  37. Baru tau ada taman beginian mbak di Jogja. Bagus yah bunga-bunganya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak taman beginian di Jogja, ini aku kebetulan nglewatin aja sih hhehe

      Delete
  38. jadi pengen ke sini deh bebbb

    ReplyDelete
  39. Asik tempatnya ya, Teh. Bayar murah bisa foto-foto sepuasnya :)
    Apalagi suasana sore, aku paling suka. Teduh soalnya..

    ReplyDelete
  40. Cantik niaaan warnanya.. Cerah gimana gitu.
    Blom pernah ke menginjakkan kaki di Jogja, ingiiin sekali.

    ReplyDelete
  41. Di tempatku juga ada taman seperti ini kak, tidak terlalu luas juga. Tiket masuknya sich sedikit lebih mahal. Jadi berasa mainstream banget taman-taman seperti ini

    ReplyDelete
  42. Wah sekarang banyak tempat untuk wisata yang memang bikin penggemar selfie dan OOTD happy ya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bnr kak, dimnana2 tempat instaramable skrg mah hahaha

      Delete
  43. Murah juga HTM nya ya buat foto2 cantik di antara bunga matahari ini :) Tapi pengunjung mesti sadar diri dan wajib memelihara keindahan tanamannya nih. Jangan sampai saking seru motret eh bunga2 mataharinya jadi rusak karena terinjak2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, itu aja byk tamanan dibawah yg udah keinjak2, sayang bgt

      Delete