Maksud di Balik Pertanyaan "Kapan Kamu Nikah?"

By Ursula Meta Rosarini - 8:30 am

22 Januari 2019
Hy girls, how's life?
Welcome back to my blog!

Tulisan ini aku buat tanggal 28 April 2018, jauh sebelum aku menikah, tapi karena jadwal posting tahun 2018 cukup padat (ehem) jadi baru aku post saat ini.


***

Sebagai wanita single berusia 28 tahun seperti aku (status engaged), mendapat pertanyaan "kapan nikah?" itu sudah jadi makanan sehari-hari yang nggak bisa aku hindari. Sebagian orang bertanya karena peduli, sebagian lagi karna iseng, ngeledek dan sebagainya. 

Buat wanita single lainnya yang sudah cukup umur untuk menikah, mungkin mendapat pertanyaan ini menjadi hal yang paling horor nglebihin Insidious. Bahkan nggak jarang juga dari mereka lebih suka menyendiri atau menghindari ngumpul-ngumpul dengan keluarga besar atau dengan teman-teman hanya untuk menghindari pertanyaan ini, ya kan? (yang senyum-sendiri pasti pernah melakukan hal ini). Yang aku maksud di sini tentunya wanita single yang sering terlihat gonta-ganti pacar, tapi belum juga menikah. Nggak mungkin kan kita bertanya kapan nikah pada wanita yang jelas-jelas jomblo?.



Banyak hal dan maksud yang tersirat di balik pertanyaan kapan menikah, tapi tentunya, orang yang melontarkan pertanyaan seperti ini adalah orang yang kita kenal. Nggak mungkin kan kita lagi ditempat umum, terus tiba-tiba ada orang asing mendekat dan bertanya "kamu kapan nikah?" #jitak.

Bagi aku yang sudah "kenyang" mendapat pertanyaan seperti ini dan pastinya aku juga sering menanyakan hal ini pada teman-temanku hehehe *plak*, aku menyimpulkan ada beberapa macam maksud di balik horornya pertanyaan "kapan kamu menikah?".



*****
Jika yang bertanya adalah mereka sahabat atau keluarga dekat kita, kemungkinan kecil mereka akan bertanya hal ini pada kita, karena biasanya kitalah yang akan bercerita dahulu sebelum mereka bertanya. Kalaupun mereka bertanya, itu pasti karena mereka peduli tentang masa depan kita.


Jika yang bertanya adalah mereka teman yang jauh di sana, kemungkinan mereka menanyakan hal ini karena mereka ingin atur waktu cuti, karena alasan jarak yang cukup jauh, kemungkinan mereka ingin mengatur schedule agar bisa datang ke acara pernikahan kita (oh so sweet, terharu, pipi langsung merah walaupun nggak pake blush on).



Jika yang bertanya adalah teman wanita kita, kemungkinan mereka ingin menyiapkan gaun untuk kondangan untuk kondangan ke acara pernikahan kita, menyiapkan gaun? OMG. Ini fakta loh, beberapa temanku bertanya "Mbak Meta kapan nikahnya? Aku mau beli baju nih buat kondangan, hihihi". Helloo, aku cuma bisa tepok jidat.

Jika yang bertanya saudara yang dituakan, hal ini merupakan kode keras yang hampir nggak bisa dihindari lagi, aku yakin mereka pasti ingin agar kita segera menikah dengan berbagai macam nasehat yang lebih panjang dari lagu kebangsaan. Nggak jarang dari mereka yang bertanya "Meta kapan nih? Tunangan udah lama kok belum ada undangan sih?" dan aku hanya berkata dalam hati "Beneran deh, kalau nggak inget orang tua udah gue lempar loe ke laut" hahaha.

Jika yang bertanya adalah orang nggak suka sama kita, jelas pertanyaan ini adalah senjata mereka untuk membuat kita marah, nggak jarang juga mereka bertanya dengan intonasi seperti menyindir. Apalagi jika yang bertanya adalah orang yang sudah menikah, atau yang udah punya pacar dan akan segera menikah, pertanyaan ini seolah hanya menunjukkan kesombongan dan mereka ingin berkata "gue bentar lagi nikah loh", "dulu pas seumuran loe, gue udah nikah loh"  bla bla bla.


*****

Seolah kehabisan kata-kata untuk menjawab pertanyaan ini, aku lebih sering menjawab dengan singkat "doain aja ya", dan kalau yang bertanya teman yang biasa buat becanda atau teman dekat, aku jawab agak sengak, namun tetap dalam konteks becanda "emang loe mau sponsorin nikahan gue?", "emang loe mau ngamplop berapa kalau gue merit?" hahaha.

Meskipun sebenarnya aku nggak pernah ambil pusing dengan pertanyaan ini, tapi percayalah hal ini cukup menyebalkan. Menikah bukan perkara usia, status sosial ataupun goal, menikah adalah misteri #ciyee. 

Meskipun nggak semua pertanyaan "kapan kamu nikah?" itu horor, tapi tentu saja nggak semua orang senang jika mendapat pertanyaan seperti ini.

Bukankah akan lebih jika pertanyaan kapan menikah diganti dengan harapan dan doa? Misalnya, "Mbak Meta mudah-mudahan dilancarkan semuanya ya" pasti dong akan aku jawab singkat "Amin, terimakasih" sambil senyum-senyum pula jawabnya, hahaha.



Nah, kalau menurut kalian yang sering dapat pertanyaan seperti ini atau bahkan sering tanya seperti ini, kira-kira ada nggak sih maksud lain dari pertanyaan yang super horor ini? Dan bagaimana sih girls sikap kalian dalam menghadapi pertanyaan horor ini?. Yuk share di kolom komentar. Thanks for reading, see you on my next post.




  • Share:

You Might Also Like

51 comments

  1. Cie yang curhat cie, alhamdulilah sekrang udah merit jadi pertanyaannya udah berubah ya kak, "udah hamil belum kak?" ups.
    Aku yg mungil gini aja kadang ada yg tanya kapan merit, pengen aku masukin ke comberan rasanya orang-orang itu

    ReplyDelete
  2. Hahaha ngakak saya bacanya mbak, lucu sekali artikelnya, cukup menghibur dan menambah wawasan hehehe

    ReplyDelete
  3. Haha tapi sekarang nggak ditanya kapan nikah lagi kan mbak ? :D

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah, kalo udah nikah gak akan ada yang bikin horor lagi kan, ceitanya lucu semoga aku bisa nyusul, udah males ditanya kapan nikah. heheee :)

    ReplyDelete
  5. Emang dasarnya kepo sama urusan orang lain aja sih mba. Atau malah justru basa basi. Kalo temen deket malah cuma bilang, "Kalo ada kabar baik aku jangan lupa diundang yaa" gitu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya terlalu banyak orang kepo ya di dunia ini wkwkwkwk

      Delete
  6. Ini juga pertanyaan terhoror aku sepanjang musim beb, tp aku juga ngak mau ambil pusing sih, makan ati doang kalau diambil pusing.

    ReplyDelete
  7. Saya yakin kalau artikel ini memang sengaja tidak dipublish oleh Mbak, bukan karena sibuk, tapi.... karena ada persiapan Pernikahan, iyakan ? ayoo ngaku.... ?? :)

    Gimana kabarnya wahai Mbak yang sedang Pegantin Baru ? :) Bulan Madu kemana nich...hehehhe... Maaf saya jadi Kepo..gkgkgkgk. :)

    Kalau ada orang yang nanya kapan nikah ? jawab saja " Pinjem duit dong " biar bisa Nikah. biasanya mereka ogah nanya lagi krn takut uangnya dipinjem selamanya,hahahahah.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haahahahaha ...
      Kepo mode:On deeh kang Nata ...
      Tanya lokasi bulan madunya kak Ursula dan suami :D

      Tuh, karena malu komentar-komentar yang masuk belum dibalas juga ...
      Gegara malu atau .. ?
      Hmmm, lagi bulan madu yaaaa ..
      Hahhaha ...ketularan kepo#

      Delete
    2. Hahahahhaa, lapaknya ditutup ya bapak2 sekalian, bubar wkwkwkwk

      Delete
  8. Aroma2 beauty blogger yg mau rebranding jadi lifestyle blogger nih kayaknya. Artikelnya udah banyak yg kearah2 sana hehehehe

    ReplyDelete
  9. Dari pertanyaaan 'kapan nikah' yang bikin banyak orang jadi sewot ditanya begitu .., aku malah naksir sama gambar2 grafis penyerta artikel.
    Unik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha, gambarnya ngambil dari aplikasi di playstore kok

      Delete
  10. Hahahha, aku ngakak dulu ah baru komen. Beb harusnya abis tunangan kalian langsung sounding kapan mau merit, jd ga ditanya kapan merit mulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang sengaja kagak sounding beb, merit aja kagak sebar undangan kok

      Delete
  11. Hihii pasti dah kenyang ya kak meta ditanya kapan kawin mulu wkwkwk kalau saya dah kenyang ditanyain gtu waktu masi gadis kak meta.. jangan dibawa pusing y mamy.. semangat yang penting skg ud married kan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaha, pasti byk yg mengalami yg aku alami ya mami wkwkwk

      Delete
  12. Saya waktu dulu ditanya itu saking seringnya jadi gemes sndiri, trus jawabnya mba bisa nyariin suami buat saya nggak, lalu dia ngacir dgn sukses hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha, wah jawaban yang cucok itu, biar mreka pada kapok ya nanay2 gitu hahaa

      Delete
  13. Istriku dulu juga begitu tapi akhirnya ?
    saking keselnya dia kalo lagi kumpulan keluarga besar, eh dia ngeburu2 aku buat daftar ke KUA hahha kocak memang,
    tapi kl nikah itu pasti ada waktunya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, bnr bgt nikah itu ada waktunya, mau di cepet2in atau di ulur2 kayak apapun juga ga bisa kalau ga takdirnya ky gitu haha

      Delete
  14. Setelah menikah akan timbul pertanyaan super nyebelin lagi 'Kok, belum punya anak?'. Oh, mulut orang pasti selalunya penuh dengan ke-kepoan unfaedah ya.

    ReplyDelete
  15. Mendapat pertanyaan kapan merit adalah bagian dari ujian, jadi mohon bersabar beb hahahaha, Puji Tuhan bentar lagi pertanyaannya "udah isi belum?", tetap bersabar ya beb, hidup adalah ujian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku udah dpt bbrp kali beb pertanyaan ky gitu, padahal br sebulan merit hahaha

      Delete
  16. Tapi bener loh mbak kalau jarak jauh kadang teman tanya cuma mau buat atur cuti, saya pernah ngalamin soalnya, saya tanya kapan teman saya merit buat pesan pesawat jauh2 hari karna mreka meritnya di kampung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini baru namanya teman mas hahahha, yg ga cuma nyinyir tp juga care hehhehe

      Delete
  17. berarti mbak ursula menikah tahun lalu ya? baru tau nih. he he. gimana rasanya menikah sih mbak. ak kebetulan beluum dan penasaran.

    ReplyDelete
  18. Artikel ini mewakili hati isi sebagian besar wanita yang terteror dgn pertanyaan horor macam ini hahaha, nice article kak

    ReplyDelete
  19. hahahah....nikah adalah misteri..... BTW sekarang pertanyaan horor bagimu sudah mulai gantikah, Mbak? hahah...

    ReplyDelete
  20. Harusnya mba klo ditanya kapan nikah jawab aja, Insya Allah sabtu atau minggu.. udah itu jawaban yg ambigu juga, biarin ja orang mikir, lah kita aja disuruh mikir kok yo wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahha, masalahnya sejak awal udah direncanain meritnya weekday beb wwkkwwk

      Delete
  21. Pernah ngerasain, sakit hati. Tapi percaya lah mereka yg kepo gakan dateng apalagi ngado wkkwkwk lanjutkan pertanyaan selanjutnya, kapan hamil? Pengen nyikat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, mami Sandra udah lebih pengalaman nih kalau soal ini hhehee

      Delete
  22. Ini mah aku banget Meta sering banget ditanyain "kapan nikah" dr yang awalnya aku masih okeylah baik ngejawabnya sampe aku ketus ujung ujung. Buatku siapapun pasti mendambakan sebuah pernikahan, gak adalah orang minta dirinya dijauhkan dr jodoh. Tapi ya itu tadi jodoh itukan rahasia Ilahi kita manusia tinggal menunggu dan menjalankan saja. Btw thank u udah buat postingan kek gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bnr bgt kak, rahasia ilahi banget banget, ga ada yg bisa menebak

      Delete
  23. Saya dulu nikah taun 2009, tuwah banget yak wkwkkw.
    Dan iyeeesssss... sebelumnya, kenyang banget dapat pertanyaan 'kapan nikah'
    Masih mending mah kalau ketemu orang2 tua trus ditanya kayak gitu, kan ga tiap hari ya.

    Lah ini, orang2 kantor, tiap pagi liat wajah saya, langsung ditodong 'kapan nikah' ya ampooonn..

    Dulu, saya sering banget jawab becanda "besoklah, gak mungkin banget kan hari ini, orang saya masih ngantor"
    Atau " kayaknya besok deh, soalnya sekarang kesorean, KUA udah tutup"
    Dan semacamnya.

    Gak jarang juga saya jawabnya ngamur "seminggu lagi, nanti datang ya!"
    Atau "nanti tanggal 2 Minggu besok, undangannya besok ya saya kasih"
    Pokoknya ngawur dah, saking seringnya saya kasih jawaban gitu, sampai2 pas mau nikah beneran gak ada yang percaya wakakakkaa

    ReplyDelete
  24. Dan aku ditanyain kapan nikah padahal jomblo hahaha. Dibilangin jomblo pun enggak pada percaya. Kan ngeselin. Aku setuju sih, sebagian ada yang nanya karena peduli sebagian lagi karena nyindir :D

    ReplyDelete
  25. Bruakakaakk aku nyari artikel yg ttg menikah sama si kang beling ternyata judulnya yg ini 😁

    ReplyDelete