Seru Banget Membuat Sushi Sendiri di Jemma Class

By Ursula Meta Rosarini - 10:11 am

30 November 2017


Sumber : Womantalk

Hy girls
, setelah aku share tentang beberapa kegiatan seru di Jemma Class sebelumnya, kali ini aku mau share tentang  keseruan Jemma Class yang terbaru yaitu Make Your Own Sushi. Sushi? siapa sih yang nggak tau Sushi? Makanan khas Jepang yang terbuat dari nasi, dan dibentuk bersama lauk yang berupa makanan laut, daging ataupun sayuran.




Sabtu, 25 November 2017, bertempat di Kroma, Jakarta Selatan, Jemma Class berkolaborasi dengan Sushi Tei Lippo Mall Kemang untuk berbagi ilmu tentang cara membuat Sushi kepada ± 25 peserta yang beruntung untuk bergabung dalam Jemma Class kali ini. Sushi Tei adalah restoran masakan Jepang yang berdiri sejak tahun 2003 dan sudah memiliki 22 outlet di Jabodetabek dan beberapa oultet di kota besar lainnya di Indonesia.


Sumber : Womantalk
Ruangan dan meja peserta didesain sangat cantik dan tetap dengan dominasi warna orange khas Jemma, dan sudah tersedia beberapa bahan dan peralatan seperti sarung tangan, apron dan makisu (alat untuk menggulung Sushi).

Sumber : Womantalk
Dipandu oleh 3 chef handal dari Sushi Tei yaitu chef Ade, chef Kosim dan chef Suherman, pesertapun sangat antusias mengikuti kelas ini, apalagi chefnya ramah.

Baca juga : Serunya Gabung di Jemma Class by Womantalk





Ada 3 jenis Sushi yang diajarkan pada Jemma Class kali ini, yang pertama yaitu Tuna Salad Handroll. Sushi yang berbentuk cone kayak ice cream. Cara membuatnyapun cukup mudah, cukup tata dan pipihkan nasi sebanyak 40 - 50 gram diujung nori (lembaran rumput laut kering), lalu letakkan ikan Tuna sebanyak 25 - 30 gram yang sudah dihaluskan dan letakkan 2 potongan mentimun dibagian paling atas, terakhir gulung berbentuk cone dan rapikan gulungannya agar terlihat cantik. 


 


Kedua, Kani Mayo Gunkan. Ini adalah Sushi dengan cara pembuatan paling mudah. 2 kepal nasi sebanyak masing ±  20 gram lalu balut memanjang dengan nori dan letakkan kedua Sushi berdampingan, hias dengan topping potongan daging kepiting, bagaimana? mudah banget kan?

Baca juga : Pound Fit Party Bersama Jemma Class by Womantalk di Sana Studio



Terakhir, Tempura Maki Ekibo, ini Sushi dengan tingkat pembuatan paling rumit, harus rapi dan membutuhkan sedikit konsentrasi hehehe. Sushi ini biasa disebut dengan Uramaki yaitu Sushi dengan nasi di luar. 

Ratakan 80 gram nasi pada nori, tapi jangan terlalu ditekan karna hal ini mengakibatkan nasi menjadi padat dan keras, tampilannya pun jadi kurang cantik. Setelah rata, balik nori dan letakkan 2 buat udang di tengah. Gulung dan tekan menggunakan makisu. Proses yang disarankan hanya 2 kali penggulungan dengan hasil akhir Sushi berbentuk persegi, bukan bulat. Proses penggulungan ini memerlukan beberapa trik dan konsentrasi tentunya. Setelah tergulung rapi, potong Sushi menjadi 6 bagian dan balurkan pada potongan wortel.


Sumber : Womantalk
Sumber : Womantalk
Selama proses pembuatan Sushi, para chef nggak segan untuk berbaur dan pastinya membantu para peserta yang masih bingung tentang cara pembuatannya. Setelah semua peserta selesai mebuat Sushi, para chef melakukan penilaian dari Sushi yang telah dibuat.  




Sumber : Womantalk
Yeay aku menjadi pemenang ketiga sebagai pembuat Sushi terbaik, hahaha seneng banget pokoknya, aku dapat voucher dari Sushi Tei dan dapat notes juga, kebetulan banget sebagai seorang blogger abal-abal aku selalu bawa notes kemanapun aku pergi untuk mencatat ide-ide yang tiba-tiba datang tanpa dicari hehehe. Sebenarnya bukan tentang menang ataupun hadiahnya, tapi ilmu yang sangat bermanfaat, teman baru dan pastinya pengalaman seru yang aku dapatkan di kelas ini, apalagi Jemma Class ini 100% gratis.

Bersama Rina, peserta yang udah aku kenal di Jemma Class sebelumnya
Jadi bagaimana girls, seru banget kan mengisi waktu saat weekend dengan kegiatan positif yang banyak banget manfaatnya. Teman-teman juga berkesempatan gabung dalam Jemma Class dengan cara register di websitenya dan follow Instagramnya untuk update informasi seputar Jemma Class. Thanks for reading, see you on my next post.



note: sorry foto-fotonya kurang lengkap dan nggak ada foto step by step pembuatan Sushi karena aku terlalu menikmati acara ini, fokus sama Sushi dan pakai sarung tangan juga, jadi agak ribet kalau mau foto-foto.



  • Share:

You Might Also Like

14 comments

  1. Hallo mbak Ursula, salam kenal.
    Waw seru banget ya mbak acaranya, dpet temen baru, pngalaman, ilmu juga. Aku jga mau ahh follow Womantalk hehe, thx buat infonya mbak, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mbak Lina, iya pokoknya seru banget mbak, langsung cuss aja ya ke akunnya Womantalk mbak

      Delete
  2. Ahhhh, mupeng banget nih mbak, menyenagkan sekali kelasnya, kalao ada Jemma Class lagi aku mau daftar ahhh, siapa tau beruntung hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, mudah2an beruntung di the next Jemma Class ya mbak

      Delete
  3. Jadi pengen belajar bikin sushi juga, aku suka banget sama sushi soalnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo sis, ayok bikin sendiri aja sis, gampang banget kok

      Delete
  4. Tadinya udah mau komentar... Kog ga ada step by step bikin sushi nya biar bisa di pelajari... Ehh di bawah dikasih note.. Woww seru bgt ya bsa gabung Jemma Class... Kalo luar kota bisa ga sih ikut join gtu ta? Hehheehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheehheh, iya g ada say step by step nya.
      ya bisa aja ikutan tapi kan acaranya di jkt say hehehehhe

      Delete
  5. aku sering liat di youtube tapi belum pernah nyoba bikin sendiri xD seru ya mba, kelasnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru banget say, bermanfaat juga ilmunya, ayo coba bikin Sushi sendiri dong, gampang kok

      Delete
  6. Seru ya acaranya ^^
    jadi pengen ikutan sesekali nih

    www.lucyanaliu.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Lucy, kamu domisili di Jabodetabek kah? kamu berkesempatan banget ikutan karna acara ini sejauh ini masih di Jakarta

      Delete
  7. Wah seru nih acaranya, aku suka sushi tp bukan daging ikan atau telur ikan mentah...

    Kalo dekat pengen ikut acaranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an suatu saat Jemma Class road show ke kota2 di Indonesia ya

      Delete