Pengalaman Menginap di Hotel Ririn Bogor

By Ursula Meta Rosarini - 8:00 am

01 Juni 2022


Hy guys, how are you?
Welcome to my blog!

Dalam rangka mengisi liburan lebaran karena nggak mudik, kami memutuskan untuk ke puncak Bogor, semalam menginap di Ciawi dan malam kedua aku menginap di Hotel Ririn Bogor. Jujur aja ini pilih hotelnya random banget, berdasarkan review di Google aja. Hotel murah tapi sepertinya fasilitasnya lengkap dan akhirnya membuat aku menyesal wkwkwk, kenapa menyesal? Baca sampai selesai ya.

Sejujurnya aku nggak berekpektasi terlalu tinggi dengan Hotel Ririn Bogor ini, mengingat ini hotel bintang 2 dan harganya juga murah banget. Ternyata, melebihi ekspektasi. Hotel yang dibuka tahun 1990 ini lokasinya memang bukan di jalan utama, tapi masuk gang, jadi malah tenang, nggak berisik sama kendaraan. Hotel Ririn Bogor memiliki jumlah kamar yang cukup banyak, hotelnya luas dan hanya ada 2 lantai. 



Aku booked via Agoda seminggu sebelumnya dapat harga Rp 485.000 untuk 2 kamar standar double karena aku mengajak adikku dan adik ipar. Saat reservasi hanya diminta KTP dan kode booking Agoda, prosesnya sangat cepat. Aku langsung diantar ke kamar oleh petugas, oh iya aku minta kamar sebelahan dengan adikku.

Kamar
Kami dapat kamar di gedung depan front office. Saat masuk ke kamar, OMG, kamarnya luas banget bok, nggak pernah mengira sebelumya kalau ada hotel bintang 2 dengan ukuran kamar seluas ini, furniturnya juga lengkap banget seperti:
  • Meja TV
  • Sofa dan meja santai
  • Tempat tidur dengan meja di kanan kiri
  • Meja makan
  • Meja rias dan
  • Lemari pakaian



Untuk kamar mandinya sendiri nggak terlalu luas tapi terdapat dinding pembatas antara shower dan closet. Untuk showernya merupakan hand shower, water heater berfungsi dengan baik dan nggak nunggu lama air panasnya langsung keluar. Sayangnya, lantai kamar mandi sama kaya lantai kamar, bukan lantai kusus kamar mandi, jadi licin banget, Aksara 2x terpleset di kamar mandi karna saking licinnya, hiks.



Sabun mandi sudah terpasang di dinding dekat shower, disediakan juga handuk, sikat dan pasta gigi @ 2, sayang nggak ada samponya. Oh iya, di lemari pakaian tersedia juga gantungan pakaian, sajadah juga Alquran.

Kamarnya bersih banget, ACnya memang nggak terlalu dingin, mungkin karena saking luasnya kamar atau adanya ventilasi di atas pintu, tapi buat aku dinginnya tetap pas sih, untuk Aksara dan suami kurang dingin hihihi.

Setau aku TVnya hanya siaran TV Nasional saja, nggak ada TV kabel, tapi nggak masalah karena kami juga nggak nonton TV. Nah, Wi-Finya ini, nggak konek sama sekali guys, mungkin jaringannya nggak sampai ke kamar, tapi kami juga nggak tanya ataupun komplain ke FO, kami biarin aja, soalnya nggak banyak pegang hp juga.

Ukuran, furniture dan desain kamarku dan adikku sangat berbeda, padahal bersebelahan. Kamarku bentuknya persegi panjang, sedangkan kamar adikku persegi. Overall aku lebih suka kamar adikku, tapi karena TVnya di meja, aku takut Aksara petakilan nggak karuan, cari aman aja aku pilih TV yang nemplok di dinding, oh iya AC di kamar adikku super duper dingin.




Di meja TV terdapat teko pemanas air, kopi, teh, gula pasir, cangkir, sendok dan juga 2 botol air mineral. Asli baru kali ini aku ke hotel bintang 2 dengan fasilitas seperti ini, biasanya cuma ada air mineral aja hahaha.


Hampir setiap kamar memang nggak ada jendelanya, jadi nggak bisa melihat keluar, tapi terdapat banyak glassbox yang membuat cahaya matahari masuk, jadi kamar tetap terang di siang hari walaupun tanpa lampu. Kalau mau menghirup udara segar, cukup keluar kamar dan duduk di kursi di depan kamar, hampir di setiap kamar terdapat meja dan kursi.

Fasilitas Lain
Sore harinya, aku dan suami keliling hotel, ternyata hotelnya cukup luas, sangat terkesan hotel tua memang, namun sangat bersih dan terawat. Interior dan pajangan seperti lukisan, patung dll membuat hotel ini terlihat semakin vintage. Banyak jalan yang berliku-liku nggak jelas, bagi sebagian orang pasti bikin bingung hihihi.







Di bagian belakang tengah dan kiri terdapat aula outdoor yang biasa disewakan untuk garden party seperti wedding, ulang tahun dll. Tempatnya cukup luas dan juga asri. Di sampingnya terdapat Teras Cafe, restoran untuk breakfast dan di sampingnya lagi terdapat kolam renang.




Terdapat juga ruang meeting atau seminar yang berkapasitas sedikit hingga yang berkapasitas banyak.

Kolam renangnya ada kolam anak dan dewasa, kolam anak dalamnya mungkin sekitar 40 cm sedangkan kolam dewasa 120-170 cm. Di area kolam renang terdapat ruang untuk ganti tapi nggak bisa untuk bilas karena krannya nggak ada yang nyala hahaha, jadi setelah berenang pada basah-basahan pakai handuk saja ke kamar, kalau yang kamarnya jauh dengan kolam renang seperti aku malu juga sih wkwkwk, apalagi kalau hujan, pasti repot karena nggak ada koridor penghubung antar bangunan gitu.


Terdapat juga sebuah mushola kecil yang bentuk bangunanya bagus, unik, lokasinya tepat di depan kamar kami. Selain itu, banyak juga meja dan kursi di taman yang bisa di gunakan untuk santai.




Tempat parkir motornya nggak begitu besar, mungkin hanya bisa menampung 10 motor, namun untuk parkiran mobil luas banget, bahkan kalau dapat kamar di dekat kolam renang, bisa parkir sampai ke belakang juga. Security-nya juga 24 jam ya. 



Restoran Ciburial
Malam harinya, adik-adikku makan keluar hotel, maklum lah ya anak muda, sukanya nongkrong di kafe, sedangkan kami bertiga memutuskan untuk makan di restoran hotel, Retoral Ciburial namanya. Lokasi restorannya nggak jauh dari kamar kami. Tentunya ini resto bukan resto samping kolam renang yang untuk breakfast ya, beda. Kami ke resto sekitar pukul 18.00 WIB dan sepi banget tanpa pengunjung, aku pesan mac & cheese dan orange juice sedangkan pak suami pesan nasi goreng dan es teh manis, Aksara malah bobo.



Restonya nggak terlalu besar, hanya ada beberapa pasang kursi, restonya indoor, tapi nggak ada kipas angin apalagi AC, asli gerah banget, nggak kebayang kalau lunch di sini.

Pas menunya datang, aku kaget sama mac & cheese-nya, eh busyet, ternyata cuma makaroni rebus ditaburi bubuk keju doang, OMG, kebanyang nggak sih eneknya kayak gimana, aku pikir semacam schotel gitu, akhirnya aku hanya makan sedikit. Nah, pas minum orange juice-nya nih, ada bulir2 jeruknya gitu kelihatannya seger banget, ealah, ternyata ini Floridina, itu loh, minuman botolan semacam Pulpy Orange. Hadeh, tepok jidat bener-bener deh.



Untuk nasi gorengnya kata pak suami bumbunya pakai bumbu instan gitu, bumbu kemasan yang bubuk itu. Untung ada telur dan nugetnya jadi sedikit tertolong rasanya. Kalau es tehnya manisnya pas, seger. Jadi dari ke 4 menu yang kami pesan, yang paling mending cuma es tehnya aja.

Dari semua menu, totalnya sekitar Rp 80.000, untuk sekelas hotel memang murah, tapi kalau dibandingin sama rasa, nggak deh. Aku saranin beli online aja makan di kamar lebih nyaman kalau mau cari suasana lain bisa makan di depan kamar atau di taman2.

Breakfast
Sebenarnya breakfast bisa dimulai sejak pukul 07.00 WIB, tapi kamai ke resto sekitar pukul 07.10 WIB restonya masih sepi, makanan belum siap sama sekali, padahal sudah ada beberapa tamu yang menunggu juga.

Akhirnya resto baru siap sekitar pukul 07.30 WIB. Sekali lagi karena ini hotel bintang 2, aku nggak berekspektasi tinggi juga untuk breakfastnya, karena awalnya aku pikir breakfastnya nasi box yang diantar ke kamar hahahha.



Ternyata aku salah guys, pilihan menunya cukup lengkap. Mulai dari roti bakar, buah, dan makanan utama. Untuk minumnya ada air putih, sirup, teh dan kopi. Makanan utama ada nasi putih, bihun, tempe goreng tepung, dan capcay, sebenarnya ada telur dadar tapi keluarnya telat, udah banyak yang selesai makan, telurnya baru keluar, jadi kebanyakan ambil telurnya buat penutup malah hahaha, nggak mau rugi memang. 





Untuk breakfast resto ini tempatnya cukup luas, juga bersih, karena semi outdoor jadi cukup segar udaranya. Semua petugas resto ramah. Untuk breakfast di hotel bintang 2 menurut aku ini luar biasa sih. Rugi banget pokoknya kalau include breakfast.

(+) Harga super terjangkau
(+) Kamar luas dan bersih
(+) Fasilitas dalam kamar lengkap
(+) Fasilitas hotel lengkap
(+) Petugas ramah
(+) Lokasi strategis
(+) Menu breakfast banyak
(+) Parkiran luas
(+) Security 24 jam

(-) Wi-Fi nggak konek sampai ke kamar 
(-) Lantai kamar mandi licin & nggak ada sampo
(-) Nggak ada kamar bilas di area kolam renang



Alamat
Jalan Ciburial Indah 1, Baranangsiang
Kec. Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat 16143
Telp (0251) 8314030

Overall untuk staycation seharga 200 ribuan Hotel Ririn Bogor ini worth to try, terlepas dari kekurangannya, harus selalu ingat bahwa Hotel Ririn Bogor ini adalah hotel bintang 2. Dan tentunya aku mau banget balik lagi staycation di Hotel Ririn Bogor ini, pengen cobain kamar yang lainnya.

Dimana ada hotel 200 ribuan dengan fasilitas seperti Hotel Ririn Bogor ini? Kasih tau aku dong, tulis di kolom komentar ya. Thank you for reading, see you on my next post.



  • Share:

You Might Also Like

64 comments

  1. Tempatnya kayak rumah bangsawan kuno dan klasik gitu ga sih, keren jadi pengin. Apalagi fasilitasnya lengkap, sayangnya Bogor jauh. Terima kasih reviewnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, kapan2 siapa tau ada kesempatan ke Bogor mbak

      Delete
  2. menarik ini kolam renangnya, hotel seperti ini yang jadi kelebihannya itu biasanya area yang luas

    ReplyDelete
  3. Kok murah banget, 200rb an dpt breakfast, kamarnya luas banget pula, dan buat aku yang penting itu bersih, perkara hotel tua atau muda ga masalah sih

    ReplyDelete
  4. Huaaa kalau semurah in bikin mupeng ya kak, fasilita kolam renang buat aku itu wajib banget ga peduli seberapa besar kolamnya yg penting bisa main air hahahha.

    Apalagi kalau kolamnya 2 gini, anak2 pasti suka karena punya tempat sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha bener banget beb, hahahha worth to try pokoknya

      Delete
  5. Terjangkau harganya, sama kamarnya itu kayak serasa di rumah ya. Adem dan besar.
    Mungkin kalau ada Wifi-nya bisa makin betah sih ini, kan ceritanya biar sekalian kerja, eeeaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha aku ga bisa kerja sama sekali beb, foto2 aja udah

      Delete
  6. Baru kali ini liat ada meja makan segala di dalam kaman hotel, bener2 lengkap fasilitasnya ya mbak, kamar juga super luas.

    Untuk kamar mandi memang jadi problem, soalnya ga mungkin mreka mau ganti lantai smua kamar mandi, karna itu butuh biaya dan waktu, solusinya ya cuma hati2, tapi repot juga kalau bawa anak yang lagi aktif2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha, enak ya jadi bisa makan nyaman di kamar
      Iya kuncinya emang harus hati2

      Delete
    2. Semoga aja pihak hotelnya baca jd bisa jd pertimbangan buat mreka

      Delete
  7. Busyet 200rban aja udah include breakfast prasmanan, emang pasti rugi banget kalau ga include breakfast ya kak, asli murah banget.

    Mana banyak spot foto kece lagi.

    ReplyDelete
  8. Cuman 2 ratusan ribu, hotel bintang 2. Nenek juga mau ah. Sayang nya jauh. He he .... Selamat malam, ananda Ursula.

    ReplyDelete
  9. Tiap kamarnya beda2 ya mbak, kalau balik lagi kesana pilih yg ada jendelanya mbak hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pengennya gitu mas, tp g tau ada yg berjendela atau nggak hahaha

      Delete
  10. Tiap kamarnya beda2 ya mbak, kalau balik lagi kesana pilih yg ada jendelanya mbak hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pengennya gitu mas, tp g tau ada yg berjendela atau nggak hahaha

      Delete
  11. hotelnya klasik banget dan eskotik
    tapi bersih
    pinter yang ngrawat
    apalagi ada teko dan minumannya
    duh bisa cari banyak inspirasi kalau nginep di sana.

    ReplyDelete
  12. Seneng banget kalau dpt hotel yg kamarnya luas, jadi leluasa, tapi ini hotel murahnya kebangetan sih ya kak, apa karena hotel tua?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga semua hotel tua murah sih beb, yg mahal juga banyak, yg tua kn cuma bangunannya, tp overall is good

      Delete
  13. Pasti eneg banget itu makaroni rebus ditaburin bubuk keju, aku pernah coba soalnya punya ponakanku hahahha apes!

    Tapi ini hotel fasilitasnya super lengkap sih ya kak, mana hotelnya luas banget dan bersih, bersih dan pelayanan ramah itu penting bgt sih kalau buat aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaa iya beb, ini restonya malah jd bikin poin minus aja

      Delete
    2. Bener beb, yg penting bersih & ramah ya, yg lainnya itu bonus aja

      Delete
    3. hahaha bener2 tp kalo bisa bonusnya byk ya, ada kolam renang, kamar luas wkwk

      Delete
    4. Hahahaha bener bgt semuanya, yg penting ada bonusnya

      Delete
  14. Untuk hotel bintang 2 ini emang terbilang bagus Meta...hihihi...ga nyangka kamarnya lapang puol.....dan ngliat lantainya bersih kinclong euy. Kalau ngliat ranjang yang do kamar adiknya meta aku keinget ranjang yang ada di temoat simbahku say...ukiran kayu hihihi...berasa vintage nya terasa...dan aku pun kalau staycation bareng sedulur atau ngajak ortu biasanya juga pilih kamar yang ada pintu tembus di dalamnya...biar kalau ada agenda jalan kemana rapate cepet wkwkkwk...

    dan...rumputnya tetas restonya berasa kayak di istana kepresidenan...cantik ya suasanane...asri gitu...
    tapi aku nyengir soal mac cheese hihihi...tapi breakfaste lengkap ya...

    nek lantai kamar mandi aku juga kadang keder yen lantai bukan khusus kamar mandi soale licin

    btw mantab banget review hotele say...selalu suka post review ala meta...ditunggu next staycationnya...asyik malah say preian ga mudik malah bisa full libur di kota...pas libur natal juga cutine dikit sih ya..jadi lebih baik optimalkan yalan yalan di kota hihihi

    ReplyDelete
  15. Woaaa, area hotelnya luas banget sih Kakkk, kalau pagi-pagi kayaknya enak buat santai di gardennya hahaha. Sayang banget lantai kamar mandi licin. Ini bahaya banget kalau menurutku sih. Harusnya dikasih karpet karet khusus kamar mandi aja kalau begitu. Kasian Aksara sampai jatuh 2x 😭. Tapi Aksara nggak kenapa-napa kah, Kak?
    Btw, menu makan malam di restonya bikin meringis 😂. Memang sih harganya murah untuk ukuran hotel, tapi sayang banget penyajiannya seperti itu 😂. Bersyukurnya breakfastnya enakkk! Aku udah takut duluan waktu baca rasa menu makan malamnya seperti itu 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener bgt Lia, karpet kamar mandi yg karet itu kayaknya bisa jadi solusi ya, semoga aja pihak hotel baca.

      hahaha, breakfastnya ga ada yg failed Li, enak!

      Delete
  16. Asli ini kereeen untuk ukuran hotel bintang 2..lengkappp kali..recommended klo ntar mau nginep bogor.di baranangsiang ya letaknya...aku baca dr atas ampe bwh n takjub hihi

    ReplyDelete
  17. Mau nanya mbak Meta, itu harganya Rp 485 ribu untuk seminggu apa seharinya? Kalo untuk seminggu murah banget ya, sehari cuma 70 ribu. Mana fasilitas nya lengkap.

    Sayangnya WiFi nya ngga konek ya, padahal zaman sekarang serba online.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. 485 ribu itu untuk 2 kamar semalam mas, karna aku sama adek2ku juga. Mana ada lah segitu buat seminggu hahahhaha, emang losmen

      Delete
  18. Wahhhh kece parah sih ini hotel murah banget dan fasilitasnya juga ga ecek2, bersih, kamar luas, breakfastnya juga mayan lengkap lah, cocok dicoba nih buat healing tipis2 hihi, thank you kak

    ReplyDelete
  19. Unik banget hotel yg bentuk dan tata letak kamarnya beda2, jdai kepo pengen stay lagi, pengen coba kamar yang lainnya, apalagi kalau udah terbukti servis bagus dan overall is good

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaha bener bgt mas, jadi kepo kan sama desain kamar yg lainnya

      Delete
  20. Aku suka furniturenya, dan kamarnya juga lega. Tapi sayang ya, safety di kamar mandinya ga diperhatikan, Licin banget lho lantai gituan kalo kena air, huhuhu, kacian Aksara sampai jatuh dua kali.
    Itu mah mac & cheese a la Ririn wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Super lega kak, iya ini masalah fatalnya buat aku cuma di lantai kamar mandi aja sih, harus ekstra hati2 kalau si bocil ke mandi

      Delete
  21. wah, hotelnya bagus & tarif kamarnya termyata murah ya. Apalagi dilihat di foto, fasilitasnya juga kondisi kamarnya sip banget deh.

    ReplyDelete
  22. 🤣🤣🤣🤣duh aku mau ngakak pas bagian Mac and cheese mbaaaa hahahahaha. Kebayang dah itu eneg nya gimana 😂😅. Mungkin kalo mood ku sedang jelek, aku bakal ceramah panjang lebar ke chef nya wkwkwkwkwkw . Tau Mac and cheese yg bener ga sih 🤣.

    Tapi okelah aku akuin terlepas dari kekurangannya, hotel ini lumayan sih yaaaa. Ciri khas hotel jadul memang kamarnya luas2. Itu yg aku seneng.

    Dan takjub aja ada musolla kecil ❤️. Jarang2 loh ada musola di komplek hotelnya. Ini oke sih kalo semisal suami ngadain kumpul2 Ama temennya lagi kayak dulu sebelum pandemi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaha itu mac & cheese ala hotel ririn mba jadi suka suka mereka hiks hiks sedih banget

      Iya emang kamarnya luas jadi lega mba. Musholanya unik juga mba, deket bgt dr kamarku

      Delete
  23. Nyesel baru tau ya beb kecuali resto nya, semua masih masuk akal ya beb wkwk jalan ga jelas gimana ya beb aku lihat hotel ini kek sinetron jadul kayak istana2 ya beb heheu cakep ya luas mana di Bogor pula hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha iya bener banget beb, eh iya vibesnya istana ya beb

      Delete
  24. hahahaha ya Allah... floridina naik kasta jadi 15ribu cuma gara-gara pindah ke gelas ditambah es batu.. nasgornya juga mahal euy 25ribu dengan bumbu instan... Tapi untuk kamarnya enak ya kelihatannya, kalo bawa anak2 bisa gerak sana sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaha yg harusnya beli di warung floridina cuma 3rebu ya mbak hiks

      Delete
  25. Meskipun tua, menurutku Hotel Ririn ini layak diinapi bareng keluarga. Soalnya kamarnya luas banget dan bersiiiiiih ya. Ada kolam renang juga, perabotan jadoel tampak menarik 😊

    ReplyDelete
  26. aura bangunan lamanya sangat terasa ini mbak.. Tapi tetap keren sih walau bintang dua
    kesan2 jadoel itu, yang menurutku membawa nilai tersendiri. Serasa nostalgia di masa masih kanak-kanak dulu hehee

    ReplyDelete
  27. Saya tuh paling suka nginap di hotel lama sebenarnya, karena biasanya kamarnya lebih luas, dan harganya terjangkau.
    Cuman memang sebaiknya pilih yang terawat, setidaknya minusnya dikit.
    Kalau kayak gini, ini mah enahk banget, harganya terjangkau banget, kamarnya luas banget, cocok banget tuh kalau anaknya 2 *uhuk, wkwkwkwkwwk
    Cuman memang masalah modernisasi aka wifi kebanyakan jadi masalah hotel lama sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya bener emang luas banget mbak, dan emang ini hotel minusnya dikit banget kok

      Delete
  28. harga 200ribuan untuk ukuran kamar yang cukup luas kayak di foto, lumayan juga ya.
    untuk makanannya juga terlihat enak, biasanya hotel harga segini palingan cuman soto atau nasi goreng aja, kalau di Jember atau situbondo menunya itu soalnya hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oalah hahha, jd bukan buffet ya mbak kalau nasgor atau nasgor?

      Delete
  29. jadi, selama di sana ketemu gak sama ibu Ririn (halah)? Ohya, di sana ada kamar yang di lantai 1 kan? Jadi mau buat rekomendasi ah, siapa tau ada rejeki ajak si mamak nginep di Bogor. Tertarik liat kamar dan menu sarapannya loh. Ternyata sekarang sudah boleh lagi sarapan di resto-nya hotel ya? Kirain diantar ke kamar karena pandemik.

    ReplyDelete