Review Buku MPASI dr. Meta Hanindita, Sp. A (K)

By Ursula Meta Rosarini - 8:00 am

05 Mei 2022



Hy guys, how are you?
Welcome to my blog!

Jauh sebelum Aksara mulai MPASI (Makanan Pendamping ASI), aku memang sudah bertekad untuk memberikannya MPASI home made dengan takaran kalori yang pas sesuai dengan kebutuhannya. Karena aku new mom dan masih awam banget tentang perMPASIan, jadi aku beli 2 buku tentang MPASI dari dr Meta Hanindita, Sp. A (K), kebetulan banget nih namanya sama-same Meta hihihi.

dr Meta Hanindita, Sp. A (K) adalah seorang dokter spesialis anak yang juga aktif memberi edukasi di media sosial, of course aku tau beliau dari Instagram. dr Meta sudah menulis banyak buku tentang anak dan aku orang yang super duper jarang baca buku ini adalah salah satu pembaca setia buku2 beliau.

2 buku acuan yang aku pakai untuk MPASI Aksara adalah "567 Fakta tentang MPASI" dan "78 Resep MPASI", sebenernya sebelum beli buku ini aku sudah beli beberapa buku parentingnya dr. Meta, tapi aku mau review buku MPASInya dulu.


567 Fakta tentang MPASI

Sebelum benar2 terjun ke dunia MPASI yang cukup rumit, ada baiknya aku pahami dulu tentang fakta MPASI. Dalam buku ini dijelaskan tentang segala macam hal-hal yang berkaitan dengan MPASI mulai dari praktik pemberian MPASI yang benar, pertumbuhan anak, masalah makan pada anak, dan mitos seputar  MPASI. Semuanya dijelaskan secara rinci poin demi poin, jadi tidak akan bosan saat membacanya.



Aku tidak banyak berkespektasi pada buku ini, aku pikir pembahasannya akan sedikit monoton, ternyata, buku ini melebihi ekspektasi, banyak sekali wawasan yang aku dapat dari buku ini.

Dari buku ini aku juga banyak mematahkan mitos yang selama ini beredar dan masih dipegang teguh oleh orang tua, salah satunya "bayi jangan dikasih santan, nanti perih perutnya, bahaya bla bla bla"Padahal AAP (American Academy of Pediatrics) dan IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) menyatakan kalau santan aman diberikan kepada bayi mulai umur 6 bulan atau awal MPASI sebagai salah satu sumber lemak.



Aku tidak pernah menyalahkan orang tua yang selalu percaya mitos, namun aku selalu cari faktanya, salah satunya ya dengan baca buku, konsultasi ke dokter atau kalau mau gratis ya cari-cari edukasi gratis di media sosial.


78 Resep MPASI

MPASI ternyata jauh berbeda dengan 4 sehat 5 sempurna yang selama ini kita kenal. Ada 4 komponen WAJIB yang harus ada dalam setiap pemberian MPASI yaitu :
  1. Karbohidrat
  2. Protein (utamakan hewani)
  3. Lemak
  4. Sayur (sedikit saja, sebagai pengenalan)

Itu baru komponennya ya, belum teksturnya dan takarannya karena tekstur dan takarannya dibedakan untuk umur 6 sampai 9 bulan, 9 sampai 12 bulan dan 12 - 24 bulan. Kalau tekstur dan takarannya tidak menyesuaikan usia, sudah bisa dipastikan nutrisi anak tidak sesuai dengan kebutuhannya dan bisa menyebabkan masalah makan dikemudian hari. Di buku ini dijelaskan sangat rinci tentang tekstur dan takarannya, jelas pokoknya.


Dan pastinya yang paling menarik dari buku ini adalah resep MPASInya, resepnya ditulis secara rinci tentang takaran bahan-bahannya, cara memasaknya juga, dan yang paling penting adalah informasi kalorinya. Oh iya resepnya terdiri dari makanan utama dan juga snack ya.

Ini bedanya buku  78 Resep MPASI dengan kebanyakan buku MPASI lainnya. Kalau hanya resepnya saja tanpa tau kandungan kalorinya menurut aku percuma, karena penulisnya belum tentu memastikan kandungannya sesuai dengan kebutuhan anak, biasanya yang ditekankan hanya bahan dan rasanya enak. Menurut aku rasa itu nomor 2, nomor 1 kandungan kalorinya harus sesuai umur dan kebutuhan anak.

Bahan-bahan yang digunakan dalam resep dibuku ini juga tergolong mudah ditemukan dengan harga terjangkau, cocok untuk semua kalangan menurutku. Cara pembuatannya pun bervariasi, jadi kita tidak terpaku dengan 1 alat saja, bisa menggunakan peralatan yang ada di rumah.

Dan, aku berhasil recook hampir 85% resep di buku ini, yuhu, buat aku yang memiliki kemampuan masak 1.1 dari skala 1 - 10 ini sebuah pencapaian besar buat aku, bangga banget pokoknya hahha, lebay dikit. Dan semua yang aku masak approved by Aksara, tidak ada yang ditolak satupun.



Kedua buku ini aku rekomendasikan untuk semua ibu yang ingin memberikan nutrisi yang terbaik untuk anaknya, harganya terjangkau, bahasanya juga sangat mudah dipahami.

Banyak ibu yang sering curhat kalau drama MPASI jauh lebih rumit dari pada hamil, melahirkan atau menyusui, bagiku MPASI Aksara mulus tanpa drama, Puji Tuhan banget. Dan sekarang Aksara udah 2 tahun, udah lolos full MPASI homemade (eh pernah ding makan MPASI instan, waktu staycation hehe) .

Untuk menu makannya saat ini tentu aku masih pakai buku dari dr. Meta yang berjudul "89 Resep Makanan Anak 2-5 Tahun". Nanti aku review di postingan terpisah. Thank you for reading, see you on my next post.



  • Share:

You Might Also Like

43 comments

  1. menarik isi kandungannya... bagus untuk para ibu👍👍

    ReplyDelete
  2. Tadinya saya kira itu buku karangan mbak habis namanya sama..hihihi

    Ternyata MPASI itu singkatan dari Makanan Pendamping ASI

    Fakta tentang santan itu jauh banget dari mitosnya, mitosnya berbahaya faktanya malah sebaliknya ya, mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, yoi namanya sama mas, beda nasib aja wkwkwk

      Delete
  3. bermanfaat sekali bukunya, bisa menambah pengetahuan untuk membuat menu makanan dedek bayi hihihi.. dan banyak juga informasi lainya yang pastinya beguna banget buat mba meta kedepanya, semangat mba :D

    ReplyDelete
  4. Aku punya 22nya dong, buku2nya DokMet emang rekomen banget beb, aku suka banget, membantu banget

    ReplyDelete
  5. terimakasih sudah berbagi reviewnya

    ReplyDelete
  6. Ibu jaman now terbantu banget pasti dengan adanya buku2 edukasi seperti ini ya mbak, apalagi penulisnya dokter anak, yang sudah pasti berkompeten di bidangnya

    ReplyDelete
  7. Nanti pas daku dalam fase menjadi ibu mengasihi boleh juga nih punya bukunya.
    Dan bisa juga sih buat kado ke temen yak

    ReplyDelete
  8. Salut sama working mom yg selalu masak MPASI buat anaknya, soalnya, ibu2 IRT aja byk yg pake MPASI instan, tp itu pilihan masing2 sih. Yg pasti ada kebanggaan tersendiri kalau asupan anak bikinan ibunya sendiri ya kak.

    Apalagi takaran gizinya pas sesuai sama kebutuhan anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi thank you beb.
      iya beb, bangga bgt pokoknya kalau bisa ngasih MPASI homemade

      Delete
  9. Ulasan yang sangat bermanfaat. Terutama bagi ibu2 muda yang punya bayi. Selamat malam, ananda Meta. Oh ... ya. Melihat judulnya, tadi dikira ananda Meta seorang dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaha, bukan bunda, saya cuma butiran debu aja

      Delete
  10. bacaan wajib ni
    soalnya banyak mitos seputar asi yang beredar
    nanti aku bakal kasih ke adikku yang mau lairan

    ReplyDelete
  11. Aku juga tau beliau, suka banget liat video edukasi beliau, wlpn blm punya anak hahhaha, bbrp waktu yg lalu beliau minta saran buku apa lagi yg mau ditulis, keren sih, beliau menulis buku sesuai kebutuhan orang2, bukan sesuai kesukaannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya bener bgt mas, ahh love bgt sama dokmet

      Delete
  12. Wahh ini buku sama kaya punya kakaku kak, dia juga masak MPASI dari buku ini, bagus katanya.

    Keren ya, ga susah mikir menu lagi mau masak apa

    ReplyDelete
  13. Jangankan beiby..aku liat resep masakanmu hasil recook resepe dokter dari buku ini aja kemlecer say...aku pengen ih liat yang olahan bakso dan nasi tim ikan. Kalau nasi tim emang anak anak suka ya..Gampang dikunyahe..tapi nek aku biasane takganti ayam..ikan kadang salmon..kadang yang gampil gampil aja ngolahe

    aku juga punya bukune ni dokter loh..tapi biyen dikasih Mbakku hihihi. Banyakan resepnya gampang dipraktekkan dan bahannya pun mudah didapat ^___^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha, tp emang recook dr buku ini enak2 makanannya mbul, pasti disukai ama baby dan emaknya juga wkwk, mana kandungan gizinya pas pula

      Delete
  14. Aku tau dr.Meta ini karna sering nongol di tiktok hahha, pdahal aku ga pernah nonton videonya, merasa belum butuh ama ilmunya hahahahha.

    Keren ya skrg ada buku resep yang lengkap sama kandungan gizinya, no worries lagi

    ReplyDelete
  15. Jadi ibu emang harus selalu belajar ya kak, harus upgrade ilmu terus, pokoknya semangat ya kak, demi si kecil generasi penerus bangsa hihihi, gitu kan kata dokMet

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bgt beb, yg namanya ilmu kn berkembang trs, jd harus upgrade trs juga

      Delete
  16. Wah aku catet dulu lah bukunya wkwk. Tapi sering liat temen-temen yang udah punya anak memang sering update tentang masakan untuk MPASI nya. Jadi kesibukan baru buat ibu-ibu ya nampaknya.

    ReplyDelete
  17. menarik untuk dibaca....
    thank you for sharing review

    ReplyDelete
  18. Wah bener banget beb MPASI tuh penting banget dan kayaknya aku telat tau makanan anak sampe 5th,sekarang dia udah 5th wkwk. Kadang aku lebih suka buku drpd postingan medsos karena buku selalu mengungkap rahasia para ahli aseek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, yg jelas kalau dr buku gini sumbernya valid beb, bukan cuma asal bikin resep doang hihihi

      Delete
  19. Literature bagus nih buat calon ibu dan Busui, jangan percaya begitu saja sama mithos, bisa-bisa anak makan gizi yang ga seimbang dengan kebutuhan yang berdampak tidak baik ke tumbuh kembang anak.
    Resep-resepnya juga mantap

    ReplyDelete
  20. Wow, lengkap banget isi buku tentang MPASI ini mbak :) Sampai resep juga ada hihihi. Nambah ilmu dan wawasan tentunya ya, fokus aja udah baca sampai habis, dipahami dan dipraktekkan :D Aku juga lebih suka membaca buku secara nyata daripada e-book wkwkwkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya mbak, aku juga lebih suka buku kok daripada ebook, ga kuat juga lama2 natap layar wkwkkw

      Delete
  21. yaampun jadi inget waktu jaman2 anakku mpasi.. tapi aku gak sampe beli buku gitu.. cuma modal internet aja yg terkadang belum tentu bener teorinya.. lengkap banget ya aku liat bukunyaaa.. next anak kedua nih kudu banyak baca buku juga biar tau ilmu dari pakarnya langsung.. tengkyu sharingnya mba ursula..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaha iya mba, kalau dr buku ini udah pasti akurat ilmunya ya kan

      Delete