[Review] Fanbo BB Aqua Foundation - All Shades

By Ursula Meta Rosarini - 8:00 am

25 Februari 2020


Hy girls, how are you?
Welcome to my blog!


Kalau kalian follow Instagramku @ursula_meta  (buat yang belum follow boleh ya difollow hehehehe) sejak akhir tahun 2018 yang aku, aku post produk skincare terbaru mereka yaitu Fanbo Acne Series. Awal tahun 2019 juga mencoba produk makeup terbaru dari Fanbo yaitu Fanbo Ultra Satin Lipstick yang terdiri dari 8 shades.

Seakan selalu ingin mengikuti perkembangan makeup dan skincare terbaru dari Fanbo, kali ini aku kembali berkesempatan untuk mencoba produk makeup terbaru mereka yang pastinya masih hangat hahaha, yups, Fanbo BB Aqua Foundation.


Sebenarnya sudah banyak brand lokal yang mengeluarkan alas bedak cushion namun kebanyakan produk yang dikeluarkan adalah BB cushion, sedangkan Fanbo mengeluarkan Aqua Foundation. Tentunya foundation dan BB cushion itu berbeda ya girls, walaupun keduanya sama-sama alas bedak, namun foundation memiliki coverage yang lebih tinggi dibandingkan dengan BB cushion yang lebih ringan dan cocok untuk digunakan sehari-hari.

Fanbo BB Aqua Foundation ini hadir dengan 3 pilihan shade yaitu Light (kuning), Natural (pink), Beige (hijau). Kalian pasti penasaran banget dong sama produk yang satu ini, yuk kita simak reviewnya satu per satu.

Deskripsi singkat 
Nama brand   : Fanbo
Nama produk : BB Aqua Foundation
Varian           : Light, Natural, Beige
Netto            : 13 gr
Harga           : @ Rp 105.000



Klaim
Membantu menyempurnakan penampilan yang dapat melembabkan, mencerahkan, menyamarkan noda hitam dan garis-garia halus, serta melindungi kulit dari sinar matahari. Dengan hasil akhir matte namun tetap menjaga kelembaban kulit tanpa membuat kulit menjadi kering serta teruji tidak menimbulkan komedo walaupun digunakan setiap hari.

Kelebihan
  1. Double Brightening Effect : Vitamin C & Sakura Extract mempunyai manfaat sebagai anti oxidant, meningkatkan produksi kolagen, mengatasi peradangan kulit, mengatasi sun burn & menjaga kelembaban kulit.
  2. High Moisturizer : Aloe vera berfungsi untuk melembabkan kulit dan dapat berfungsi sebagai anti inflamasi & dapat menenangkan kulit.
  3. Non Comedonic : Pemilihan bahan yang tidak bersifat comedogenic dengan level rendah membuat formula ringan & tidak menyumbat pori-pori di kulit.
  4. Pore Minimizer : Memberikan flawless natural coverage yang mampu menyamarkan pori-pori & warna kulit yang tidak merata serga garis halus akibat penuaan dini.
  5. SPF 30 PA ++ : Memberikan perlindungan kulit dari pengaruh buruk matahari hingga 5 jam. Adanya PA menunjukkan bahwa kulit terhindar dari pengeruh buruk UVA.
  6. Long Lasting Formula Up To 8 hours : Kulit tampak tidak kusam setelah pemakaian yang lama.

Kemasan
Sama dengan cushion pada umumnya, Fanbo BB Aqua Foundation ini juga hadir dengan kemasan yang sangat baik menurutku. Warnanya berbeda setiap shade-nya, dibubuhi dengan aksen sederhana yang membuatnya terlihat sangat cantik, apalagi kalau punya full shade, full color makin cantik dan super menggemaskan.




Wadahnya sendiri cukup kuat, lengkap dengan cermin & spon aplikator yang mungil & sangat halus. Juga dilengkapi dengan box dengan warna yang senada. Pada kemasan box terdapat informasi yang cukup lengkap mengenai produk.

Tekstur & Aroma
Tekstur dari BB Aqua Foundation ini lebih cair dari liquid foundationPemakaiannya cukup ambil spon aplikator dan tekan pelan ke cushion kemudian aplikasikan dengan cara ditepuk-tepuk pelan dengan spon aplikatornya sehingga hasilnya lebih natural karena formulanya akan lebih menyatu ke kulit, jangan diusap yah karena akan membuat hasilnya kurang rata. Aromanya harum tapi sangat samar, sehingga aromanya langsung hilang saat foundation diaplikasikan ke wajah.

Hasil Penggunaan
Saat di swatch  di tangan, shadenya terkesan sama semua (dari kiri ke kanan: Kuning Light, Pink Natural, Hijau Beige), tapi setelah diaplikasikan ke wajah, terpampang nyata perbedaannya hehehe.




Seperti biasa, untuk urusan bedak dan foundation aku selalu pilih shade yang paling gelap, seperti Fanbo BB Aqua Foundation ini aku juga pakai shade Beige yang paling cocok untuk skin tone aku. 

Saat pertama kali aplikasi foundation ke wajahku, ternyata shadenya lebih terang satu tingkat, tapi ya sudah lah, it's OK, nanti bisa aku set dengan loose powder kesayangan yaitu Bless Face Powder yang selalu menyelamatkan aku dari warna foundation yang terlalu terang.

Fanbo BB Aqua Foundation ini teksturnya mudah menyerap, jadi gampang kering, mudah dibaurkan dan diratakan. Meskipun ini foundation tapi formulanya memang seringan BB Cream, jadi nyaman banget digunakan meskipun seharian.

Foundation ini memiliki coverage less to medium dengan matte finish. Warna kulit yang kurang merata bisa diatasi namun untuk dark spot dan bekas jerawat, tetap dibutuhkan concealer untuk mengatasinya. Untuk ketahanannya sendiri cukup baik, bisa bertahan cukup lama tanpa geser ataupun oksidasi, keren banget kan.

Karena ini foundation, awalnya aku takut akan membuat wajahku berminyak banget, ternyata aku salah, aku benar-benar bebas minyak seharian dengan catatan aku set dengan loose powdernya Bless Cosmetics ya, gimana aku nggak jatuh cinta coba sama foundation ini. Akupun pernah coba pakai foundation ini tanpa diset dengan loose powder, hasilnya setelah 4-5 jam, minyak mulai muncul di area hidung, tapi nggak parah kok, cukup di tap dengan tisu.

Kesimpulan
(+) Packaging super cantik
(+) Harga terjangkau
(+) Pilihan shade cukup banyak
(+) Mudah dibaurkan & diratakan
(+) Matte finish
(+) Mengandung SPF 30 PA++

(-) Coverage less to medium



Fanbo BB Aqua Foundation ini menurutku lebih cocok untuk daily look, karena teksturnya ringan dan coveragenya medium. Aku rekomendasikan foundation ini buat kalian yang pengen coba-coba foundation yang ringan dan praktis cara pemakaiannya. Gimana, cushion favorit kalian apa sih? share dong di kolom komentar. Thank you for reading & see you on my next post.


Disclaimer: Postingan ini ditulis bulan Oktober 2019, tp baru sempat diposting, maap ya.






  • Share:

You Might Also Like

52 comments

  1. Liat kemasannya jadi kepikiran ini bisa untuk hadiah yah :)

    ReplyDelete
  2. Wahh bumil akhirnya posting lagi senengnya. Aku juga pakai ini kak, yg pink, so far cocok bgt buat daily look

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha, biar ga jamuran blognya dianggurin mulu wkwkwkk

      Delete
  3. Packagingnya cantik bgt sih ini beb, harganya tergolong murah y dibanding produk serupa dr brand lain, ah mupeng jd pengen coba

    ReplyDelete
  4. Fanbo skrg produknya lengkap juga ya kak, up to date lagi

    ReplyDelete
  5. Fanbo BB unik juga namanya mbak apa untuk semua jenis kulit bisa juga mbak.😄😄

    ReplyDelete
  6. ya ampunnn, lucu-lucu banget sih kemasannya, colourfull banget.
    Kan jadi pengen cobain juga :)
    Apalagi kalau pilihan shade nya banyak, pas banget buat kulit gaje saya hahaha

    Btw bumil apa kabar? lama ih nggak main ke sini, serasa seabad.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mbak Rey, Puji Tuhan aku baik & sehat, aku juga udah lama bgt ga BW2 mbak, bumil lg males bgt ngeblog hahhaha

      Delete
  7. Swatchnya beneran deh, hampir g ada bedanya kak, sama bae hahahha, tp kemasannya itu loh, gemes bgt, lucu banget

    ReplyDelete
  8. Wah, Fanbo, merek Legend, hehehhe.. Aku pengen pakai foundation karena bisa menyamarkan noda/ flek atau kekurangn di wajah, ya seperti klaim Fanbo ini. Tapi sayang, wajahku berminyak, jaid kalau pake foundation munculah si jendolan-2 manjah alias jerawat, hehehe.

    Jadi aku cuma pake bedak tabur aja kalau ke mana-mana. Kecuali alaau ada acara khusus, semisal kondagan, ya baru deh pake make-up pakai foundation, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga sih, foundie kan termasuk heavy makeup, aku ga pake buat daily juga

      Delete
  9. Kemasannya super cantik, shade yang beige sepertinya cocok nih buat kulit sajahku

    ReplyDelete
  10. Waw fanbo skrg produknya kece2 ya beb, harganya juga masih terjangkau, aku pakai cushion wardah harganya jauh diatasnya

    ReplyDelete
  11. Packaging nya colorful banget! Jadi kangen nyobain produk fanbo nih.. terakhir aku nyoba blush on nya

    ReplyDelete
  12. Lumayan lah ya hasilnya untuk sebuah produk ekonomis

    ReplyDelete
  13. foundation dengan harga 100 an termasuk murah ya mba? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murah bgt lah, produk lain diatas itu smua harganya

      Delete
  14. Udah lama bangeet ga mampir disini mbaak, liat warnanya cantik" dan seger yaa... Tpi sy jarang banget pk foundation buat harian, paling kalo ada acara yg rada resmi baru pake

    ReplyDelete
  15. wadudaw racun baru yaa ka metaa.. jadi pengen beli nih mumpung abis gajian hihihi

    ReplyDelete
  16. This BB cream sounds great with several choices of shades and finished matte!

    ReplyDelete
  17. Aku juga pake ini kak beb, yang pink, cocok banget buat ngampus, ga medok, ga berat juga

    ReplyDelete
  18. Wow... aku suka merk Fanbo untuk pensil alis, eh ternyata ini dia ta taa... ini dia foundationnya, lucu-lucu kayak mainan anak-anak nih bentuknya. Eh...
    Keren.

    ReplyDelete
  19. Aku baru tau deh beb, cantik warna-warni ya beb sayang bb cushion ku masih ada. Sama sih aku juga selalu pilih Beige karena aman ngga akan terlihat putih soalnya kan nanti juga pake bedak lagi hihi tfs bebqu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kulit sawo matang kek kita emang ga bisa byk bermain shade ya beb, cari aman aja, jgn sampe medok

      Delete
  20. Kak.. templatenya bisa di modif lagi nih hehe. Bisa belajar lewat blogku "sarang koding"

    ReplyDelete
  21. Saya suka dengan kemasannya. Apalagi kelebihan atau keunggulannya, wah nanti jika punya pacar mau saya belikan produk ini ah.

    ReplyDelete
  22. Packaging nya bagus banget, kebetulan aku lagi nyari foundation model cushion begini ternyata Fanbo juga ngeluarin produknya yaaa. Btw udah ku follow IG nya metaaa, follow back yaaa dari mba nana! :)

    ReplyDelete
  23. Wah nama yang bagus URSULA. Hmmmmm
    Salam kenal ya dari Blogger Pontianak

    Oh ya saya SMA nya di Bekasi. Tepatnya di SMA Negeri 2 Bekasi
    Rumah OT saya di Kranji

    Kamu katanya di Bekasi juga ya
    Bekasinya dimana?

    ReplyDelete
  24. Kemasannya praktis, warna2nya lucuuu :) Ada foundation ini ya mbak, jadi satu gitu dg bedaknya. Maklum aku kurang paham beginian hehehe.

    ReplyDelete
  25. produk fanbo yg pernah aku coba cuma handbody nya doang. itu pun jaman SMP.. hehe.. masi ada gak ya skrg? hihi..

    btw, lucuk kemasannya ya si foundation fanboo ini.. boljug ni kalo bisa menahan minyak di muka..

    ReplyDelete
  26. Seriusan rasanya ringan ini mbak? Kl aku lebih sering pke fundation cair sih, boleh lah ini fanbo buat ibuku yg nggak suka fondi cair. Eheh

    ReplyDelete
  27. Aku pernah coba Fanbo pas SMU, tp sayangnya ga cocok. Makanya belum pernah pakai LG produk ini.

    Tapi skr packagingnya jauh LBH bagus yaaa :). Pemilihan warnanya pas.

    ReplyDelete
  28. cantik packaging nya...sy suka

    ReplyDelete
  29. Wah recommended banget nih produknya fanbo ini yaaa mbak.. Kemasannya juga menggemaskan kayak yang make :D

    ReplyDelete
  30. nice share mbak.. masuk ke wistlist pemberian untuk pacar nih. hahah

    ReplyDelete