Desember : Melihat Kembali Refleksi di Awal Tahun

By Ursula Meta Rosarini - 8:00 am

04 Desember 2018

Hy guys, how are you?
Welcome to my blog!

Tinggal menghitung hari menuju pergantian tahun, nggak terasa ya 3 minggu lagi kita akan menutup tahun 2018 ini. Bagiku, bulan Desember adalah bulan yang penuh makna, selain karena sebentar lagi akan merayakan Natal, bulan Desember juga adalah waktu untuk look back pada resolusi yang udah aku buat di awal tahun.

Sejak 2 tahun terakhir ini, aku rajin membuat resolusi setiap awal tahun, membuat daftar hal-hal yang ingin aku capai selama 1 tahun ke depan. Hah, niat amat? Buat apaan Meta? Bagiku, membuat resolusi itu penting banget, karena dengan membuat resolusi aku termotivasi untuk meraih hal-hal yang aku inginkan dan menghirdarkan aku dari malas-malasan yang nggak berfaedah.

Melihat kembali caption di sebuah postingan yang aku unggah di akun Instagramku pada bulan Januari yang lalu, aku menuliskan beberapa resolusi, target atau goal yang ini aku capai pada tahun 2018 ini. Rasanya agak miris ya melihat resolusi hanya tinggal resolusi dan nggak aku lakukan sama sekali, tapi ya udah lah, menyesalpun nggak ada gunanya kalau nggak ada perubahan kan?.

Akhirnya aku mau mengupas satu per satu resolusi yang pernah aku buat dan sejauh mana aku bisa mencapainya atau bahkan aku mengabaikannya sama sekali.


1. Food

Resolution

Konsumsi lebih banyak air putih, sayur / buah & mengurangi junk food untuk kesehatan yang lebih baik.


Reality
Ini hal yang sulit untuk dilakukan oleh anak kos seperti aku yang nggak pernah masak. Junk food memang pilihan paling praktis, selain enak, harganya juga bersabat banget kan. Makan sayur juga jarang banget, kalau di kos atau di kantor biasa makan yang praktis aja, susah cari sayuran haha. FAIL


2. Healthy
Resolution
Olah raga minimal 1 minggu sekali dan workout minimal 20 menit perhari.

Reality
1 sampai 3 bulan aku masih rajin banget olah raga dan workout, bulan keempat sampai sekarang males-malesan, bahkan males banget, sampai-sampai berat badan naik nggak beraturan dan daya tahan tubuh sering drop. FAIL



3. Makeup Skill
Resolution
Pintar makeup, salah satu passion-ku adalah makeup, pengen banget pinter makeup dan berbagi ilmu tentang makeup bersama teman-teman beauty blogger.

Reality
Meskipun belum pintar makeup sama sekali, setidaknya sekarang aku agak bisa bikin eyeliner, gambar alis dan corat coret mata alias pakai eye shadow. Ini peningkatan banget menurutku, karena tahun sebelumnya aku nggak bisa sama sekali hahaha. 50:50



4. Blogging
Resolution
Lebih konsisten ngeblog 1 postingan perminggu dengan konten yang lebih bervariasi, menarik & bermanfaat. 

Reality
Meskipun punya blog sejak tahun 2012, tapi aku baru mulai aktif dan konsisten ngeblog tahun 2017. Awalnya tulisan di blogku masih beraneka ragam topiknya, sekarang makin beraneka ragam, padahal aku branding blog ini sebagai beauty blog hahaha #labil.

Setelah aku pikir-pikir, banyak hal lain (selain topik beauty) yang perlu aku share, jadi nggak apa dong ya kalau tema di blog ini semakin menjadi gado-gado.

Puji Tuhan, target publish 1 post perminggu tercapai, bahkan setiap bulan aku udah buat schedule untuk sebulan ke depan. Hal ini tentunya nggak mudah, karna rasa malas menulis yang sering melanda, bahkan kadang aku terlalu rakus ambil job review yang dimana schedule-nya ditentukan oleh brand dan ini yang membuat kadang aku publish sampai 6 artikel per bulan. SUCCESS



5. Marriage

Resolution
Menikah, Puji Tuhan resolusi tunangan tahun 2017 udah terwujud, jadi tahun ini berharap bisa menikah.

Reality
Salah satu resolusi terbesarku tahun ini adalah menikah. Saat bertunangan 1,5 tahun yang lalu, aku dan pasanganku merencanakan akan menikah di akhir Desember tahun ini.

Puji Tuhan sekarang kami lagi sibuk-sibuknya dan stress-stressnya mempersiapkan pernikahan kami, apalagi menikah secara Katolik itu ribetnya bisa bikin tekanan darah naik drastis #curcol. Doakan semuanya lancar ya!! ON PROCESS



6. House
Resolution
Renovasi Rumah, Puji Tuhan resolusi tahun 2017 untuk membeli rumah juga udah terwujud, tapi belum bisa ditempati, mudah-mudahan bisa renovasi rumah agar bisa ditempati setelah menikah.

Reality
Puji Tuhan nggak lama setelah bertunangan, aku dan pasanganku bertekad untuk membeli rumah dengan KPR BTN. Sayang rumahnya ala kadarnya dan nggak bisa ditempatin sama sekali.

Butuh renovasi besar-besaran dan biaya yang nggak sedikit untuk itu, tapi karena tekad kami udah bulat untuk langsung menempati rumah itu setelah menikah, kami mengusahakan untuk renovasi walaupun masih ala kadarnya. Yang penting bisa ditempatin dulu, mudah-mudahan setelah menikah nanti ada rejeki lebih untuk memperbaiki rumah. On Process

6. Family
Resolution
Mengajak kelurga jalan-jalan, ini salah satu resolusi tahun 2017 yang belum terwujud dan aku pengen banget mewujudkannya tahun ini sebelum menikah.

Reality
Hidup sebagai perantauan yang jauh dari keluarga membuat waktu kebersaaman sangat terbatas. Apalagi setelah kepergian Ayah, aku ingin lebih membahagiakan dan menghabiskan banyak waktu bersama Ibuku. Meskipun belum sempat mengajak Ibu & Adikku satu-satunya jalan-jalan jauh, tapi setidaknya kami sempat menghabiskan beberapa hari bersama di Jakarta. 50:50


Jadi gimana Meta resolusinya? Beberapa gagal, beberapa tercapai sebagian, ada juga yang tercapai sesuai harapan hahaha. Untuk beberapa target yang belum tercapai, aku mau menuliskannya lagi sebagai targetku di tahun 2019.


Mudah-mudahan kita menutup tahun 2018 ini tanpa penyesalan ya guys, karna penyesalan memang selalu datang di akhir haha. Dan mudah-mudahan tahun 2019 nanti akan menjadi tahun yang lebih baik lagi untuk kita.


Kalian gimana guys? Apa aja resolusi kalian tahun 2018 ini dan gimana prosesnya sampai di penghujung tahun ini? Share yuk di kolom komentar. 


Nggak terasa udah hampir 1.000 kata aja dan mungkin ini jadi curhatan terpanjang di sepanjang sejarah aku nulis di blog hehe. Thanks for reading, see you on my next post.





  • Share:

You Might Also Like

54 comments

  1. Semoga rencannya lancar dan impian di 2019 semakin sukses kak🤗

    ReplyDelete
  2. Wahh byk juga resolusinya ya kak, mantul. Uda mau jd istri hrs rajin olah raga kak, biar sehat kalau hamil hahaha

    ReplyDelete
  3. Kudoakan kak Ursula lancar persiapan pernikahannya dan nantinya berjalan dengan baik.

    Juga kuucapkan Selamat Hari Natal.
    Tuhan berkati.

    ReplyDelete
  4. wah tak terasa ya
    sebentar lagi berganti tgahun

    kayaknya saya masih banyak yang belum terlaksana
    cita di tahun ini

    ReplyDelete
  5. Wahhh bisa konsisten bgt gitu ya ngeblognya. Lancar2 buat persiapan meritnya ya beb.

    ReplyDelete
  6. Semoga semua keinginannya di Kabulkan Oleh Allah SWT, termasuk merit. Saya ngak tahu kalau mbak sudah 1.5 tahun bertunangan, hik...hik..hik.... :)

    Tapi tahun ini mbak cukup tangguh ngeblognya, buktinya sudah membuat 56 artikel. Oke, pacu lagi semangatnya agar ditahun 2019 tambah lebih baik.

    ReplyDelete
  7. Wah mantap nih resolusinya byk, hidupnya teratur ya mbak, aku boro bikin resolusi, keep it flow hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhaha, kalau ga bikin resolusi ntr ga beraturan idupuku wkwk

      Delete
  8. Rumah, dari tahun ke tahun itulah resolusi saya ,tapi sepertinya masih tertunda. kalau sudah punya rumah sendiri kan tampak lebih enak dan nyaman. Kelurga bisa berteduh dengan aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an disegerakan untuk punya rumah ya mas, amin

      Delete
  9. Menikah itu kan misteri ilahi beb, bisa ya dijadiin resolusi ky gini hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, menikah memang misteri ilahi, tp kita sbg manunia kn harus berusaha, punya plan dsb, selanjutnya biar Tuhan yg atur hehehhe, malah ceramah

      Delete
  10. Meried itu resolusi bangat ini, 😁

    ReplyDelete
  11. Insyaallah resolusi yg belum tercapai akan tercapai dithn 2019 ya kak. Menginspirasi bgt ternyata buat resolusi seperti ini kak, jadi lebih terarah pada tujuan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, makasih sayang. Yuk mulai menyusun resolusi buat th 2019

      Delete
  12. Hahaha. .
    Ngakak bagian olahraga.
    Sama banget kayak saya, bertahan 3 bulanan doang, abis itu males ��

    ReplyDelete
  13. Moga2 point ON PROCESS berjalan smooth and success.. yang FAIL bias di fix lagi...

    ReplyDelete
  14. Semoga pernikahannya berjalan lancar ya... selamat menyambut 2019 dengan belahan jiwa kamuh :)

    ReplyDelete
  15. Cieee yang bentar lagi nikah..

    Uhuyyy


    Semangat mbak ngeblognya ! Yang rajin yah ntar gw baca deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahhaha, semangat dong 💪💪💪💪

      Delete
  16. Rebranding kak rebranding wkwkwk #provokator, biar makin semangat ngeblognya

    ReplyDelete
  17. Daku doain semoga tercapai wishlist-nya apalagi nikah yah Kak 💖.. Jangan lupa nanti nikahan lemparin bunga nya kepada ku biar nular juga 😂😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaha amin thks sista. Aku ga acara lempar bunga, tp lempar kok 😂😂😂

      Delete
  18. Bener banget beb, anak kos emang sukanya makan yang praktis ya, aku udah ngalamin banget waktu kuliah dulu tp skrg udah tobat

    ReplyDelete
  19. wah semoga semuanya terwujud yah. selamat menempuh hidup baru. hehehe

    Would you like to follow each other? If the answer is yes, please follow me on my blog & I'll follow you back.

    http://www.okcheori.com

    ReplyDelete
  20. Omg mbak, selamat yaaaa atas pernikahannya..
    Resolusinya kemaren bagus-bagus yaa, dan syukurnya ada yang terlaksana. Semangatt mbaak

    ReplyDelete
  21. Semoga dimudahkan dan dilancarkan pernikahannya, ya, Mbak..

    ReplyDelete
  22. wah semoga lancar yaa persiapan pernikahannya mbak..dan semoga semua wishlist nya bisa tercapai juga.. aminnnn

    ReplyDelete
  23. Waahh semoga lancar juga pernikahannya mbak. Btw resolusi pertama dan keduanya wkwkwk setiap orang punya dan biasanya emang fail. ahhaha
    Resolusiku 2018 yang belum kesampean cuma traveling ke japan. wkwkw berasa susah banget nabung itu *skalian curhat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, wahh kalau traveling ke jepang sy juga pengen banget mas hehee

      Delete
  24. Hi Kak Meta!

    Salut deh aku sama yang rajin bikin resolusi tiap tahun.
    Semoga tahun depan makin banyak yang kesampaian ya kak!

    Cheers,
    Dee Rahma

    ReplyDelete
  25. semoga lancar impian di tahun 2019 nya kak Mita, bisa melewati apa yang udah dilampaui di tahun 2018

    ReplyDelete
  26. Waaah asyiik kaweeen..kaweeen Tahun depan aku kaween.., semoga lancar sampai hari H, karena banyak bngt ujiannya mbaaa klo mau nikah itu

    ReplyDelete