Ikut Kegiatan Pramuka Itu Sangat Menyenangkan

By Ursula Meta Rosarini - 3:58 pm

14 Agustus 2017




Haiii semua, dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke 56 yang bertepatan pada hari ini, 14 Agustus 2017, aku mau sedikit share pengalamanku selama mengikuti kegiatan pramuka, tapi yang aku share kali ini lebih ke kegiatan Satuan Karya Bhayangkara ya πŸ˜πŸ˜✌️✌️

Sejak kelas 4 SD aku aktif kegiatan pramuka sampai kelas XI SMA. Awal mulanya aku dipilih oleh guruku untuk ikut Lomba Kepramukaan (LK) Tingkat II Kwartir Ranting (Kecamatan). Waktu SMP aku mulai ikut LK Tingkat II Kwarting Cabang (Kabupaten) dan tidak lama setelah itu aku ikut LK Tingkat V Kwartir Nasional. SMA, aku lebih aktif lagi ikut kegiatan pramuka. Pertama Tingkat Gugus Depan / Sekolah ini wajib banget dong ya. Kedua, Satuan Karya Bhayangkara / Saka Bhara, ini salah satu organisasi kepramukaan yg berada dibawah naungan Kepolisian dan ketiga kadang2 aku bergabung juga dalam SEMPALAN, ini organisasi kepramukaan yg beranggotakan 9 SMA/SMK Negeri di Purwokerto.

Seperti apa gambaran kegiatan pramuka di Saka Bhayangkara yg aku ikutin? 

Takut?
Pasti, masuk ke kuburan sendirian jam 12 malam, tidur di tenda di dalam hutan, salah sedikit dihukum, telat sedikt dihukum, sangat menakutkan tp aku belajar bagaimana kita harus "berani", kita harus berani menghadapi apapun yang ada di depan kita, hidup ini tidak mudah guys, banyak tantangan yang harus kita hadapi, halahh malah ceramah πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ™πŸ™

Ini tenda untuk tidur (foto entah kegiatan apa, bukan angkatanku pastinya)
Jorok?
Harus, minum langsung dari sumber mata air di pegunungan, mandi lumpur, renang di rawa2, bahkan sampe makan di dekat kandang kerbau πŸ„πŸ‚πŸ˜€πŸ˜·πŸ™„ Sangat kotor dan jorok, tp seperti itulah survive, terkadang kita tidak memilih bagaimana alam harus memperlakukan kita πŸ˜’πŸ˜ jadi kita harus melakukan banyak hal untuk tetap bertahan "hidup" πŸ’ͺπŸ’ͺ Berani kotor itu baik πŸ˜›πŸ˜ (ngiklan).



Kelelahan setelah mandi lumpur
Lelah?
Pasti, tidak ada kegiatan pramuka tanpa gemblengan fisik, apa lagi di Saka Bahayangkara, latihan fisik itu "makanan pokok". Jalan dari jam 7 malam sampe pagi, membawa beban batu (yang bagiku itu cukup berat) memakai sepatu PDL, berdiri berjam-jam bahkan berlari-lari di bawah terik matahari, rasanya matahari tepat di atas kepalaku, tidur di tenda ala kadarnya di kaki gunung tanpa selimut dinginnya sampe ke ubun2. Tidur hanya 1 - 2 jam sehari. 



Panas atau hujan, siang atau malam, darat ataupun air, bukanlah suatu penghalang untuk terus maju πŸ’ͺπŸ’ͺ. Bahkan pernah aku push up sampe 100 kali dalam sehari. Kebayang kan seperti apa lelahnya, tapi aku heran, badanku gak pegel2 sama sekali (mungkin karna sudah terbiasa kali ya πŸ˜‚πŸ˜‚). Itu baru kegiatan fisik, belum lagi di marah2in sama senior, ditampar, dibodoh2in, huhuhu πŸ˜ž☹️πŸ˜“. Kebayang kan betapa strong nya aku waktu itu? πŸ€£πŸ€£πŸ™„πŸ™„πŸ™ŠπŸ™Š





Banyak Aturan?
Otomatis, kegiatan pramuka identik dengan kedisiplinan, entah itu disiplin waktu πŸ•°⌛️, disiplin dalam berpakaian πŸ‘©‍πŸŒΎπŸ‘©‍✈️πŸ‘©‍πŸ«πŸ‘ πŸ‘ž, disiplin dalam mengerjakan tugas πŸ–₯πŸ“™πŸ“‹πŸ“– dll. Bahkan untuk makan, mandi, buang air kecil dan tidur pun harus dilakukan dengan serba cepat karena dibatasi waktunya. Dan pasti ada sanksi dari setiap hal yang tidak kita patuhi πŸ˜‚πŸ˜‚


Menyesal?
Sama sekali tidak, justru aku sangat senang, puas, karena telah menghabiskan waktu di masa mudaku dengan kegiatan yang sangat aku sukai, yang bermanfaat tentunya. Sekarang udah tuir, fisik udh gak sekuat dulu, gampang cape, sekarang sibuk kerja, udah ga punya waktu buat pramukaan, hiks hiks 😭😭😭 


Senang? 
Iya, karena semua kegiatan yg aku ikuti itu menyenangkan sehingga aku sangat menikmatinya. Entah ini hobby atau passion, yang jelas aku sangat senang mengikutinya πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ’ƒπŸ’ƒ


Pramuka identik dengan baris-berbaris? Benar
Bangga?
Tentu, tidak semua orang mau melalukannya, bahkan kebanyakan orang malas ikut kegiatan pramuka karena mereka mengganggap kegiatan ini melelahkan, menakutkan, haha iya benar sekali, dan aku bangga karna ku bisa menang atas diriku sendiri yang pada dasarnya aku ini orangnya "parno" an. Aku dapat banyak sekali pengalaman yg tidak bisa dibeli dengan uang πŸ‘πŸ‘






Cerdas?
Wajib, aku tidak bilang aku cerdas loh ya (itu somplak namanya πŸ˜‚πŸ˜‚), anggota pramuka wajib cerdas karena dituntut untuk memperluas wawasan, menghafal ini itu, mulai dari morse, semaphore, tali temali, tri satya dan dasa dharma pramuka (SD dan SMP) dan masih banyak hal yang tidak cuma harus dihafalkan tetapi juga harus dipahami dalam2 seperti Catur Prasetya Polri, pasal-pasal KUHP dll πŸ€”πŸ™„πŸ˜³

Pengucapan Sumpah Calon Anggota Saka Bhayangkara

Bermanfaat?
Sangat bermanfaat, selain melatih kedisiplinan, kemandirian, kerjasama, kekompakan, kerja keras, dapat banyak teman dan menambah wawasan tentunya. Tidak jarang aku juga ikut kegiatan bakti sosial, penjagaan pengamaan di berbagai acara di Kabupaten, juga turut serta dalam kegiatan Operasi Ketupat Candi ataupun Operasi Lilin Candi yang bertugas membantu polisi menjaga ketertiban lalu lintas di perempatan jalan, stasiun ataupun terminal yg super duper padat karena arus mudik dan arus balik saat hari raya. Kegiatan ini sangat melelahkan pastinya, tapi lelah itu terbayar karena bisa membantu dan berguna untuk orang lain.

Posko lebaran di dalam Stasiun KA Purwokerto

Pos Pengamanan Operasi Ketupat Candi di pertigaan Ajibarang

Membantu mengatur lalu lintas di persimpangan jalan KA

Bagaimana? menyenangkan bukan? Selagi masih muda dan banyak waktu, yuk isi masa mudamu dengan kegiatan yang bermanfaat, tidak harus pramuka, apapun itu, asalkan bermanfaat dan sepengetahuan orantua tentunya πŸ˜‰πŸ˜‰. 

Puji Tuhan orang tuaku support aku untuk ikut ini, kegiatan2 positif yang bermanfaat, baik dari segi materi dll mereka mendukung aku sepenuhnya. Orang tuaku pun (bapak ku terutama) siap antar jemput kemanapun aku pergi. Beruntungnya aku. Sekian postinganku kali ini. Ini hanya sebagian kecil dari kegiatan yang aku share, masih ada segudang kegiatan lagi yg belum aku shareTerimakasih telah mengunjungi blogku, sampai juga di postinganku selanjutnya ya... πŸ™πŸ™


Selamat Hari Pramuka ke 56, 14 Agustus 2017  
Jayalah Indonesiaku, Satyaku ku darmakan, Darmaku aku baktikan,
Salam Pramuka!!!





Sumber toto (selain piagam dan logo gerakan pramuka) diambil dari dokumentasi Saka Bhayangkara Polres Banyumas, untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi https://www.facebook.com/SakaBhayangkaraPolresBanyumas/ atau http://bhayangkarabanyumas.blogspot.co.id/

  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Widihh gue galfok ke kurusnya badan qm tak... Hehheee.. Ihhh bru tahu ternyata kita sesama anak zakat bhayangkara loh... Sedihnya skrg makin dikit ank sekolah yg ikut ekskul ini... Wahhh blog qm bagus ya tanya... Hehehehehe

    ReplyDelete
  2. aishhhh, gw lebih suka kurus kaya gitu say, sekseh hahahahah,
    iya, skrg peminatnya berkurang, kebanyakan sukanya eskul olahraga

    ReplyDelete