Senangnya Mengikuti Kegiatan Pramuka

By Ursula Meta Rosarini - 8:00 am

14 Agustus 2019




Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke 58 yang bertepatan pada hari ini, 14 Agustus 2019, sebagai orang yang sempat cinta banget itu sama kegiatan Pramuka, jadi aku mau sedikit share pengalamanku selama mengikuti kegiatan Pramuka, tapi yang aku share kali ini lebih ke kegiatan Satuan Karya Bhayangkara ya πŸ˜πŸ˜✌️✌️

Sejak kelas 4 SD aku aktif kegiatan Pramuka sampai kelas XI SMA. Awal mulanya aku dipilih oleh guruku untuk ikut Lomba Kepramukaan (LK) Tingkat II Kwartir Ranting (Kecamatan). Waktu SMP aku mulai ikut LK Tingkat II Kwarting Cabang (Kabupaten) dan tidak lama setelah itu aku ikut LK Tingkat V Kwartir Nasional.

SMA, aku lebih aktif lagi ikut kegiatan Pramuka. Pertama Tingkat Gugus Depan / Sekolah ini wajib banget dong ya. Kedua, Satuan Karya Bhayangkara / Saka Bhara, ini salah satu organisasi kepramukaan yang berada dibawah naungan Kepolisian dan ketiga kadang2 aku bergabung juga dalam SEMPALAN, ini organisasi kepramukaan yg beranggotakan 9 SMA/SMK Negeri di Purwokerto.

Seperti apa gambaran kegiatan pramuka di Saka Bhayangkara yg aku ikutin? Yuk langsung aja scroll down! Tapi sebelumnya jangan kaget ya, foto-foto di bawah ini diambil sekitar 14 tahun lalu yang dimana aku masih kurus, kampungan dan nggak kenal sama skincare apalagi makeup hehehe.

Takut
Masuk ke kuburan sendirian jam 12 malam, tidur di tenda di dalam hutan yang pastinya banyak binatang, dingin dan seperti itulah. Salah sedikit dihukum, telat sedikt dihukum. Sangat menakutkan, tapi aku belajar bagaimana kita harus "berani", kita harus berani menghadapi apapun yang ada di depan kita, hidup ini tidak mudah guys, banyak tantangan yang harus kita hadapi, halahh malah ceramah πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ™πŸ™

Ini tenda untuk tidur (foto entah kegiatan apa, bukan angkatanku pastinya)
Survive
Minum langsung dari sumber mata air di pegunungan, mandi lumpur, renang di rawa-rawa, bahkan sampai harus makan di dekat kandang kerbau πŸ„πŸ‚πŸ˜€πŸ˜·πŸ™„ Sangat kotor dan jorok, tapi seperti itulah survive, kita nggak pernah tau bagaimana alam memperlakukan kita πŸ˜’πŸ˜ jadi kita harus melakukan banyak hal untuk tetap bertahan "hidup" πŸ’ͺπŸ’ͺ Berani kotor itu baik πŸ˜›πŸ˜ (ngiklan).



Kelelahan setelah mandi lumpur
Lelah
Nggak ada kegiatan pramuka tanpa gemblengan fisik, apa lagi di Saka Bahayangkara, latihan fisik itu "makanan pokok". Jalan kaki dari jam 7 malam sampe pagi, membawa beban batu (yang bagiku itu cukup berat) memakai sepatu PDL, berdiri berjam-jam, bahkan berlari-lari di bawah terik matahari, rasanya matahari tepat di atas kepalaku, tidur di tenda ala kadarnya di kaki gunung tanpa selimut dinginnya sampe ke ubun-ubun. Tidur hanya 1 - 2 jam sehari. 



Panas atau hujan, siang atau malam, darat ataupun air, bukanlah suatu penghalang untuk terus maju πŸ’ͺπŸ’ͺ. Bahkan pernah aku push up sampe 100 kali dalam sehari. Kebayang kan seperti apa lelahnya, tapi aku heran, badanku gak pegel-pegel sama sekali (mungkin karna sudah terbiasa kali ya πŸ˜‚πŸ˜‚). Itu baru kegiatan fisik, belum lagi di marah-marahin sama senior, ditampar, dibodoh-bodohinin, huhuhu πŸ˜ž☹️πŸ˜“. Kebayang kan betapa strong nya aku waktu itu? πŸ€£πŸ€£πŸ™„πŸ™„πŸ™ŠπŸ™Š Sekarang mah, lari pagi 1 km aja udah ngos-ngosan hehhehe.





Banyak Aturan
Kegiatan pramuka identik dengan kedisiplinan, entah itu disiplin waktu πŸ•°⌛️, disiplin dalam berpakaian πŸ‘©‍πŸŒΎπŸ‘©‍✈️πŸ‘©‍πŸ«πŸ‘ πŸ‘ž, disiplin dalam mengerjakan tugas πŸ–₯πŸ“™πŸ“‹πŸ“– dll. Bahkan untuk makan, mandi, buang air kecil dan tidur pun harus dilakukan dengan serba cepat karena dibatasi waktunya. Dan pasti ada sanksi dari setiap hal yang tidak kita patuhi πŸ˜‚πŸ˜‚



Senang
Karena semua kegiatan yg aku ikuti itu menyenangkan sehingga aku sangat menikmatinya. Entah ini hobby atau passion, yang jelas aku sangat senang mengikutinya πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ’ƒπŸ’ƒ


Pramuka identik dengan baris-berbaris? Benar
Bangga
Tidak semua orang mau melalukannya, bahkan kebanyakan orang malas ikut kegiatan pramuka karena mereka mengganggap kegiatan ini melelahkan, menakutkan, haha iya benar sekali, dan aku bangga karna ku bisa menang atas diriku sendiri yang pada dasarnya aku ini orangnya "parno" an. Aku dapat banyak sekali pengalaman yang nggak bisa dibeli dengan uang πŸ‘πŸ‘




Dituntut untuk cerdas
Ditengah-tengah banyaknya PR dari sekolah, anggota pramuka dituntut untuk  menghafal ini itu, mulai dari morse, semaphore, tali temali, tri satya dan dasa dharma pramuka (SD dan SMP) dan masih banyak hal yang nggak cuma harus dihafalkan tetapi juga harus dipahami dalam-dalam seperti Catur Prasetya Polri, pasal-pasal KUHP dll πŸ€”πŸ™„πŸ˜³ Hal ini bertujuan untuk memperluas wawasan.

Pengucapan Sumpah Calon Anggota Saka Bhayangkara

Bermanfaat
Banyak sekali manfaat yang aku rasakan dari kegiatan pramuka, selain melatih kedisiplinan, kemandirian, kerjasama, kekompakan, kerja keras, dapat banyak teman dan menambah wawasan tentunya. Tidak jarang aku juga ikut kegiatan bakti sosial, penjagaan pengamaan di berbagai acara di Kabupaten, juga turut serta dalam kegiatan Operasi Ketupat Candi ataupun Operasi Lilin Candi yang bertugas membantu polisi menjaga ketertiban lalu lintas di perempatan jalan, stasiun ataupun terminal yang super duper padat karena arus mudik dan arus balik saat hari raya. Kegiatan ini sangat melelahkan pastinya, tapi lelah itu terbayar karena bisa membantu dan berguna untuk orang lain.

Posko lebaran di dalam Stasiun KA Purwokerto
Pos Pengamanan Operasi Ketupat Candi di pertigaan Ajibarang
Membantu mengatur lalu lintas di persimpangan jalan KA
Menyesal?
Sama sekali nggak, justru aku sangat senang dan puas, karena telah menghabiskan waktu di masa mudaku dengan kegiatan yang sangat aku sukai dan bermanfaat tentunya. Sekarang udah tua, fisik udh nggak sekuat dulu, gampang capek, sekarang sibuk kerja dan ngurus rumah.

Bagaimana? menyenangkan bukan? Selagi masih muda dan banyak waktu, yuk isi masa mudamu dengan kegiatan yang bermanfaat, nggak harus pramuka, apapun itu, asalkan bermanfaat dan sepengetahuan orantua tentunya πŸ˜‰πŸ˜‰. 

Puji Tuhan orang tuaku support aku untuk ikut ini, kegiatan-kegiatan positif yang bermanfaat, baik dari segi materi dll mereka mendukung aku sepenuhnya. Orang tuaku pun (bapak ku terutama) siap antar jemput kemanapun aku pergi. Beruntungnya aku. Sekian postinganku kali ini. Ini hanya sebagian kecil dari kegiatan yang aku share, masih ada segudang kegiatan lagi yg belum aku shareTerimakasih telah mengunjungi blogku, sampai juga di postinganku selanjutnya ya... πŸ™πŸ™


Selamat Hari Pramuka ke 58, 14 Agustus 2019  
Jayalah Indonesiaku, Satyaku ku darmakan, Darmaku aku baktikan,
Salam Pramuka!!!






Disclaimer : Sumber toto (selain piagam dan logo gerakan pramuka) diambil dari dokumentasi Saka Bhayangkara Polres Banyumas, untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi https://www.facebook.com/SakaBhayangkaraPolresBanyumas/ atau http://bhayangkarabanyumas.blogspot.co.id/

  • Share:

You Might Also Like

86 comments

  1. OMG, si beauty blogger hits ini ternyata dulunya kek gini ya, jorok bgt mandi lumpur, makan dekat kandang, kalau gue udah muntah duluan sebelum makan hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha, sekarang uga gue jijik an beb, dikit2 muntah, padahal dulu mah, gue kek orang barbar ahahhaa

      Delete
  2. Akubeberapa kali ngliat anak-anak pramuka ikut atur lalu lintas di jalan, ternyata kakak pernah jadi bagian dari mereka ya

    ReplyDelete
  3. Wah banyak banget nih prestasi yang Mbak Ursula Meta raih. Salut deh

    ReplyDelete
  4. Wah Mbaknya suka banget nih ya sama kegiatan pramuka ini. Sama nih hihi

    ReplyDelete
  5. Hahaha iya nih ya Mbak, kalau anak pramuka itu memang dituntut untuk disiplin nih ya

    ReplyDelete
  6. Waw... seru sekali..... bagi orang-orang yang menyenanginya.
    Aku pili bobo aja di kamar. Pernah ikut pramuka waktu SD, itu sudah lebih dari cukup untuk pengalaman seumur hidup :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, kalau udah suka mah, seberat apapun tetep di jalanin kan ya hehehe

      Delete
  7. Wah seru sekali, selama SMA aku juga ikut pramuka sampe dilantik Laksana, masih inget singkatan buat ngehafal dasa darma tacipaparera. Pengalaman yg sungguh berharga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh aku malah udah lupa kalau kaya gitu mbak, yg diinget cuma pengalaman & pelajaran berharganya aja hahaa

      Delete
  8. Salam Pramuka!!! Plok plok plok...

    Saya masih ingat Morse lho, cari jejak, SOS yang dari asap, tapi ga ada dapat piagam, mbak Meta hebat deh, banyak piagam penghargaannya :)


    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhh semua itu sangat menyenangkan ya mbak. makasih ya mbak

      Delete
  9. Masuk kuburan sendirian jam 12 malem, mau nyamperin hantu beb? nonton film horor aja aku ga brani, gmn critanya masuk ke kuburan jam 12 malem sendirian kaya lu, nyerah deh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget itu beb masuk ke kuburan malem2, dikelilingi segala penghuninya wkwkwk

      Delete
  10. Nih kakak kece banget sih ikutan kegiatan bermanfaat seperti ini. Daku mah terakhir waktu habis kuliah, haha, udah belum ikutan lagi, apalagi kalau ada yang jurit malem nyerah deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga cuma sampe kelas 2 SMA kok beb, abis itu moved ke kegiatan lain hehehhee

      Delete
  11. Salam pramuka, kak!

    Keren euy aktif banget di Pramuka nya ya.

    ReplyDelete
  12. Masih ada aja ya mba dokumentasi jaman jadul hehe, saya juga suka sama kegiatan Pramuka apalagi pas pasang tenda bareng :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, dulu jaman foto masih pake kamera roll itu, yg ada klise negatifnya hihihi

      Delete
  13. Salam Pramuka kak, aku juga suka ikutan Pramuka, tapi cuma sekedar di sekolah aja sih

    ReplyDelete
  14. Saya puluhan tahun menjadi pembina pramuka
    Sering mengadakan kegiatan semacam diatas.
    Senang rasanya, punya pengalaman banyak. Dan melatih disiplin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh keren banget om, pasti pengalamannya banyak bgt

      Delete
  15. Aku ikut pramuka cuma pas kelas 1 SMP & SMA aja, soalnya kalau kelas 1 kan wajib, selebihnya ga ikutan sih wkwkwk

    ReplyDelete
  16. Ikut kegiatan pramuka sangat menyenangkan ya, apalagi kalau pas kemah seru sekali ada api unggunnya,...ada beberapa momen yg masih saya ingat sampai sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bnr, tp malah males banget sama api unggunan, soalnya pasti malem, mendingan tidur hahahaa

      Delete
  17. kalau aku paling gak suka pramuka. gak seneng banget baris berbaris gitu.
    bahkan aku pernah kepingin cepet2 lulus sd aja supaya terhindar dari pramuka.. haha..
    dulu, waktu sd pramuka jadi eskul wajib soalnya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku SD ga wajib beb, yg wajib itu pas SMP & SMA malah

      Delete
  18. Wah, Keren. Kalau aku sekadar memenuhi kewajibab saja kalau berangkat latihan Pramukay. Hahaha!

    ReplyDelete
  19. Wahahah keren nihhh anak pramuka juga toh yaaa, ak juga waktu SMP SMA Sering ikut kegiatan pramuka gitu.., apalagi bakal kangen banget pasti momen yang ngecamp dan lain sebagainya itu wueheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ga kangen ngecamp malah, ribet bgt soalnya hahaha

      Delete
  20. Dulu pernah aktif juga di pramuka, belajar sandi morse, pencarian jejak, dan sebagainya sampai cara membuat tali-tali simpul.. Sekarang, udah lupa hahahaa... Keren deh pramuka

    ReplyDelete
  21. Duh nyesel aku dulu dipaksa brngkt pramuka gak mau, trnyata enak. Dulu kedoktrin temen2 nakal kalau pramuka itu cuma nyanyi2 sma disuruh2 aneh2. akhirnya gak mau berangkat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah? Aku malah jarang banget nyanyi2. kaya anak TK aja nyanyi2 wkwkwkwk

      Delete
  22. Jadi teringat kenangan waktu masih berlumpur-lumpur dalam kegiatan pramuka. Banyak suka duka dan dan manfaat yang didapat dari kegiatan pramuka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mas, lumpur2an itu sangat menjijikan hahahhaa

      Delete
  23. Ga nyesel deh ya kak kulit item kering karna dijemur seharian, tp pengalamannya ga bisa dibeli pake uang

    ReplyDelete
  24. saya senang banget ikut pramuka seperti ini

    ReplyDelete
  25. Kereen banget, Mbak....sy dulu tidak pernah merasakan itu..kegiatan pramuka nggak diwajibkan di sekolah saya dulu. Giliran saya pengen ikut, mental saya nggak kuat ngadepin segala macam tantangannya... :(

    ReplyDelete
  26. Piagam penghargaannya kece banget, byk juga ya kak. Saya ingat dulu waktu kemah pramuka sewaktu SMP trus ada kegiatan jerit malam, lewat kuburan tanpa penerangan.... pengalaman paling menegangkan saat pramuka....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menyenangkan banget lan masuk kuburan malam2 gitu

      Delete
  27. Aku paling benci sama pramukaan kak, panas2 disuruh baris berbaris, bah apa2an tuh hahahaa

    ReplyDelete
  28. memang tidak ramai wanita menyertainya, ya mbak?

    tapi hebatlah! good job!

    ReplyDelete
  29. Sumpah aku bukan tipikel orang yang suka ikut pramuka meta soalnya dulu pas esempe pernah ikut beberapa kali, eh...nemu kakak pembina atau apalah gitu yang songongnya minta ampun.

    Dari situ fix aku kapok ikutan pramuka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhah, waktu SMP aku juga da tuh kak senior yg super duper galak n songong, untung cuma sebiji, kalau banyak bisa mati semua juniornya hahaha

      Delete
  30. Kalau denger kata pramuka yang langsung ada di fikiranku adalah 'cepat dan tangkas'.

    Bener kata mbak, kalau pramuka mau makan, mandi atau apapun dilakukan dengan cepat. bikin brankar aja cepet banget hehe. Sayang dulu saya ikutnya ekskul Paskibra pas sekolah. Itupun cuma bertahan kurang dari setahun karena kegiatannya monoton. kalau pramuka kan enggak cuma baris-berbaris ya mbak kegiatannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pramuka kegiatannya lebih variatif, baris-berbaris malah cuma berapa persen doang hehehe

      Delete
  31. Hai Kak,
    Wah... aku nggak nyangka ternyata kakak salah satu generasi yang mengikuti dan mencintai Pramuka. Aku termasuk generasi yang hanya melihat dan terkagum-kagum dengan mereka. Hehehe... eh jadi inget mantan yang merupakan anggota dan menjadi pengurus inti Pramuka di sekolah.

    Dia baik banget... dan tegas. Dia juga seperti malaikat. Ketika ada temenku jatuh tertabrak di jalan raya depan sekolah, yang lain bengong, dia dengan sigap dan serta merta menolong dong. Dan masih banyak sih hal-hal remeh yang dia lakukan dan ditularkan ke aku.

    Nah, dari situlah aku jadi pengagum pramuka tapi nggak sanggup untuk gabung karena aku lemah fisik, jadi nggak boleh berkegiatan yang melelahkan.

    Semangat ya Kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhahaha terima kasih mbak, malah jadi nostalgia inget mantan nih ya hihihi

      Delete
  32. perempuan yang ikut pramuka rata2 cantik! hehehe
    salam hangat dari Aorlin(.)com mbak

    ReplyDelete
  33. Wah, aku jadi teringat sama zaman SD dulu. Ikut pramuka, camping, nyebrang sungai pake tali, 'main' lumpur-lumpuran, jadi terkenang deh. Ibuku juga ikut pramuka di sekolahnya, jadi dia suppor banget aku, hehe

    ReplyDelete
  34. Wah ga nyangka ka Meta anak Pramuka, jujur aku kurang suka kak soalnya pelatihnya galak, ganjen n pilih kasih jadi aku ngga ikutan pramuka heheu

    ReplyDelete
  35. Waoow mba penghargaannya banyak sekali hihi, saya juga dulu pernah ikut kegiatan pramuka tapi belum sampai tahap sulit seperti yang sudah mba jalani :D maklum dulu ikutnya saat masih SD jadi cuma semacam camping terus belajar yang simple-simple saja. However, itu adalah salah satu pengalaman terbaik yang pernah saya jalani. Hehehe. Apalagi karena jaman sekarang saya lihat di sekolah keponakan saya sudah nggak ada kegiatan pramuka seperti jaman dulu saya kecil :D

    Jadi ingat, dulu juga belajar soal kelapa karena logo pramuka yang kelapa itu hehehe. Bagaimana seharusnya kita hidup seperti kelapa agar selalu menjadi manfaat bagi orang banyak. Karena kelapa punya banyak manfaat dari rantingnya, sampai buahnya dan berbagai macamnya hahaha (lupa-lupa ingat) :D

    Baca cerita pengalaman mba soal pramuka membuat saya jadi kangen mau kemah :3 tapi sekarang saya sepertinya nggak serajin dulu saat kecil, mau jalan jauh saja malasnya minta ampun hihihi~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehhehe mungkin dulu aku secinta itu sama pramuka mbak hahahha, aku juga sering kangen masa2 itu kok, kayaknya skrg sering berpikir segitu strongnya aku kala itu, sekarang magernya minta ampun hahhaa

      Delete
  36. Keprok3x yang banyak buat mbak Ursula :) Salut deh mbak ikuran Pramuka dulu ya. Sampe banyak gitu piagam penghargaannya. Zaman aku dulu sih ikut sekadar ikut hehe. Ada jurit malam atau apalah gitu msal di Cibubur menginap ya. Trus ada yang serem2 ceritanya di MCK nomor sekian. Main tanah liat, lomba2 antar regu dll seruuuu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku justru seneng banget kalau menginap gitu mbak, pengalamannya berkali-kali lipat soalnya ehehehe, seru banget pokoknya

      Delete
  37. Wow, keren banget, penghargaannya pun masih ada ya...
    Saya ikut pramuka cuma pas sd aja, smp dan seterusnya pilih ekskul yg lain... Yang paling berkesan itu camping dan sandi2nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih aku simpen dong piagam2nya mbak, walaupun udh dr 16 th yg lalu hahhaha.
      Camping emang selalu berkesan ya hehehhe

      Delete
  38. ya ampun jadi nostalgia jaman SD dulu wkwk XD

    ReplyDelete
  39. Keren si mbak aktivis pramuka.
    Dulu suka ikut cuma sampe lepel penggalang.
    Pramuka manfaatnya banyak buat anak kita, minimal jadi mandiri dan bisa disiplin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah level kakak pembina dong nih

      Delete
    2. ga, sejak lulus SMA udah ga pernah ikutan pramuka lagi, waktu itu langsung fokus sama kegiatan kampus soalnya hehee

      Delete
  40. Wah,ternyata mbak meta anak Pramuka, saka bhara pula. Aku juga anak Pramuka lho, mbak. Tapi cuman di organisasi sekolah aja di jaman SMA. Enaknya ikut Pramuka itu temannya banyak dan solid banget. Sampai sekarang pun, walaupun sudah beda-beda kesibukan tapi persaudaraan tetap terjalin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe iya mbak, wah senengnya ketemu sesama anak pramuka

      Delete
  41. Luar biasa anak pramuka.. aku aktif pramuka cuma SD doang itu pun karena wajib kan yaa, SMP kelas 1 msh ikut jg karena emang wajib,, lalu SMA udah bolong2 tuh.. ahaha..

    Tapi aku gak pernah sih sampe kotor2an begitu, gak pernah juga jerit malam ke kuburan..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa aja kok mas hehhe, padahal kotor2an & jurit malam itu seru banget loh

      Delete
  42. Ternyata dulunya mba beauty blogger kece ini adalah anak Pramuka. Keren banget. Seru dan banyak manfaatnya buat lingkungan sekitar ya :)
    Ngomong-ngomong, membaca bagian mandi lumpur dan jalan di air sungai mengingatkanku akan ospek jurusan di kampus wkwkwk. Karena ku ikutan Pramuka cuma di SD doang, SMP males karena jauh dari rumah dan gak ada temen huehehe. Dan pas masuk SMK di sekolahku gak ada ekskul Pramukanya

    ReplyDelete