Semarak Pesona Nusantara Bekasi Keren yang Dimeriahkan oleh Puluhan Ribu Orang

By Ursula Meta Rosarini - 8:00 am

21 September 2022



Hy guys, how are you?
Welcome to my blog!

Sabtu, 10 September 2022, Pemerintah Kota Bekasi menggelar ππ„π’πŽππ€ 𝐍𝐔𝐒𝐀𝐍𝐓𝐀𝐑𝐀 ππ„πŠπ€π’πˆ πŠπ„π‘π„π sebagai Puncak perayaan HUT ke-77 RI, kegiatan ini dilaksanakan di Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi yang berkapasitas 30.000 orang.

Berbagai kesenian tampil di acara ini, juga mencakup berbagai pertunjukan tari tradisional dari Sabang hingga Merauke, seperti Tari Sekoper Cinta, Tari Kecak Bali, Tari Reog, Tari Saman, Tari Tortor, Tari khas Maluku, serta Silat Budaya Bekasi.

Kegiatan diawali dengan kirab bendera merah putih sepanjang 10x100 meter dari titik tolak Pemda Kota Bekasi menuju Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasipada pukul 06.00 WIB, kirab Bendera Merah putih sendiri melibatkan pasukan TNI-Polri dan anggota Paskibraka Kota Bekasi.




Kemudian dilanjutkan dengan pertunjukkan kesenian dan budaya mulai dari baju adat, lagu hingga tarian daerah yang melibatkan 10.000 orang yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Penampilan grup band tahun 1994 Base Jam juga turut memeriahkan dan mengibur penggemarnya di akhir acara.






Tidak hanya kesenian, acara ini juga mengundang seluruh UMKM Bekasi, yang mana didominasi para UMKM yang menjual makanan, minuman juga kerajinan. Serangkaian acara ini juga ditujukan sebagai program pemberdayaan masyarakat dan daerah, dengan cara memajukan UMKM agar lebih dikenal. UMKM didominasi oleh makanan khas Betawi, seperti dodol, bir pletok, dan uli.

Selain dihadiri oleh Abang Mpok Kota Bekasi, acara ini juga tentunya dihadiri oleh, Pelaksana Tugas (PLT) Wali Kota Bekasi, Kapolres Metro Bekasi Kota, Dandim 0507/Bekasi, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama, Staff Ahli Pemerintahan, dan penggiat seni dan budaya di Kota Bekasi bapak Guruh Soekarno Putra, hingga Gubernur Jawa Barat, serta masih banyak tamu kehormatan lainnya.

Gubernur Jawa Barat, bapak Ridwan Kamil sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya, Kota Bekasi memiliki kepribadian Nusantara. "Kegiatan ini merupakan momentum bagi kita, sebagai bentuk rasa syukur kepada Illahi, bentuk kecintaan kita pula pada Pancasila yang selalu membela Indonesia, membela Merah Putih".


Pelaksana tugas Wali Kota Bekasi, bapak Tri Adhianto mengatakan kegiatan ini akan dijadikan agenda tahunan sebagai ajang pelestarian budaya nusantara sekaligus bentuk keharmonisan dan kerukunan umat beragama.

"Saya berencana untuk menjadikan kegiatan ini sebagai agenda tahunan Kota Bekasi mengingat acara ini bisa menjadi ajang pelestarian seni dan budaya sekaligus perekat hubungan antarumat beragama," ungkapnya.




Kabarnya, Museum Rekor Indonesia (Muri) mencatat penyelenggaraan ini sebagai gelaran seni dengan penampil terbanyak di Indonesia.

Dengan adanya gelaran seni seperti ini, semoga kesenian di berbagai daerah selalu dilestarikan dan tidak tergeser oleh kemajuan teknologi ya.





  • Share:

You Might Also Like

16 comments

  1. Wah ikutan selfie sama Abang dan Mpok Betawi ya, ananda. Keren. Selamat sore di tengah hujan rintik32 di Kerinci sini.

    ReplyDelete
  2. aku udah lama ga liat acara dengan jumlah orang banyak kayak gini sejak pandemi
    seru banget banyak kebudayaan engga cuma kebudayaan ebtawi atau sunda
    ada kang emil juga kocak sekali beliau ini emang aku liat storynya pas beliau ke sini
    tarian kolosalnya juga keren banget mbak

    ReplyDelete
  3. Ya ampun baru ngeh, Bekasi ikut Jawa Barat ya beb hahaha, ngehnya kan ikut DKI hahha, astaga.

    Seru banget ya acaranya, pecinta seni dan budaya pasti suka

    ReplyDelete
  4. Menarik ya beb cerita lengkapnya, aku udah liat video cuplikannya di IGnya kang Emil, emang seru banget, meriah bgt acaranya, pesertanya juga dari anak2 sampe orang dewasa.

    ReplyDelete
  5. Wahhh 😍 aku smpe nggk percaya ini di Bekasi.. πŸ˜‚ *mulaii deh bay!! πŸ˜„ Jujur keren sih mba.. Sekilas ngingetin aku sma agenda dlu sewaktu perayaan seabad Indonesia apa ya... Bravoo Bekasii... LANJUTKAANN

    ReplyDelete
  6. Cakep acaranya, semangat HUT RI terus berkelanjutan. Apalagi ini yang bikin bangga sekaligus tercatat rekor MURI juga. Tahun depan diagendakan lagi ya

    ReplyDelete
  7. Wah aku melihat Ridwan Kamil eksis di mana-mana, acara seperti ini selalu luar biasa. Barongsai, pakaian adat betawi, dan lainnya kebanggaan memang pesona nusantara satu ini. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  8. Acaranya kereeeeeeen πŸ‘πŸ‘❤️. Apalagi mengundang banyak UMKM untuk menjual aneka makanan minuman. Dan ada basejam mbaaaaaaaa 😍😍😍😍😍😍. Ya ampuuuun pengen banget nontoooon ih hahahahah. Band fav ku pas SMP 🀣.. suara adon masih gemesin gaaa πŸ˜„

    ReplyDelete
  9. wah ada abang mpok bekasi ya jadi inget dulu temenku ditasya jadi mpok bekasi 2008 silam

    ReplyDelete
  10. sekarang bekasi udah kayak kota modern ya, dulu aku tinggal di sana tahun 2011-2012.. jalanan masih kayak antah berantah banget, kalo pulang malem gelap.. hehehe tapi kalo untuk jajanan di sana tuh ya Allah murah dan banyak yang enak. Gak pusing cari jajan deh, enak2 pula

    ReplyDelete
  11. Wah aku seneng beb klo nonton kegiatan acara seni kayak gini, jadi menambah nasionalisme ya beb

    ReplyDelete
  12. Pasti seru banget ya mba bisa liat acaranya dari dekat, bisa liat para penari dan bisa liat gubernur Ridwan kamil lagi, btw ini stadion lapangan yang dekat RS Mitra Keluarga Bekasi bukan ya?

    ReplyDelete
  13. Mantep meriah banget..ada pak ridwan kamil juga idola saya

    ReplyDelete
  14. Wuih, keren sekali ya Kak? Meriah acaranya. Tempatnya juga bagus, di stadion.

    Ada Bapak Ridwan Kamil heheπŸ‘πŸ˜Ž

    ReplyDelete
  15. Warbiasah ini Bekasi, acara 17an berlanjut sampe September.

    Mana acaranya seru dan meriah banget pula, sayang tribunnya masih byk yg kosong kalau aku tengok.

    ReplyDelete
  16. Ya AMPUN, aku baru sadar lu udah jadi WARGA JAWA BARAT kak, kirain ya Bekasi mah masuknya DKI gitu hahahahha

    Aku suka bgt liat barongsai kaya gini, ini barongsainya disawer ama pak gubernur ga kak?

    ReplyDelete