Review Kafe Bacitul Depan

By Ursula Meta Rosarini - 8:00 am

10 Januari 2022



Hy guys, how are you?
Welcome back to my blog!

Beberapa bulan yang lalu, sebidang tanah kosong di pintu masuk perumahan tempat tinggalku tampak sedang dibersihkan dan dibangun sesuatu. Ternyata berdirilah sebuah kedai kopi (kafe) dengan konsep outdoor yang super duper cantik dan lokasinya pun sangat strategis, tempat ini hampir aku lewati setiap hari jika bekerja.

Dari luar terlihat jelas bagaimana suasana kafe tersebut, beberapa saung tertata rapi di tepi tembok pembatas kafe dengan bagunan di sebelahnya, di bagian tengah terdapat beberapa pasang meja kursi panjang juga beberapa pasang meja kursi jadul berbahan seng dan di tepi paling luar terlihat deretan meja bundar dan kursi serta payung besar.


Bacitul Depan, adalah nama kafe tersebut, singkatan dari Baiknya Cita-Cita Tulus di Depan. Sungguh sebuah penamaan kafe yang tidak biasa. Mungkin kaya akan makna yang tersirat.

Jika hari mulai gelap, lampu berwarna-warni menyala dengan cantik, sungguh menggoda untuk dihampiri. Akhirnya pak suamipun mengajak kami untuk ke kafe tersebut. Mengingat konsepnya outdoor dan kalau malam sudah pasti banyak nyamuk, akhirnya kami memutuskan untuk kesana sore hari sebelum gelap.

Kami datang kira2 pukul 16.30, matahari masih bersinar namun sudah tidak terlalu panas, waktu yang sempurna untuk menikmati sore hari menurutku. Ketika kami datang, kafe tersebut masih sepi, kami melihat hanya ada 1 saung yang terisi. "Yess sepi", aku lebih leluasa untuk mengambil gambar dalam situasi seperti ini.


Seperti biasa, pak suami selalu memilih untuk duduk di saung, bisa lebih santai katanya, dan si kecil pun bisa duduk sendiri tanpa penjagaan ekstra dibandingkan dia harus duduk di kursi. 

Seorang pelayan datang menghampiri kami dan memberikan daftar menu. Kami memesan nasi goreng, roti bakar, lemon tea, blue sky lemon dan kopi tubruk. Palayannya ramah. Sebenarnya kami datang dengan kondisi perut yang tidak lapar, jadi kami hanya memesan sedikit makanan. 


Sambil menunggu makanan datang, aku raih kameraku untuk mengambil gambar dari setiap sudut di tempat ini. Tempatnya sangat bersih. Semuanya tertata rapi. Dibagian depan terdapat mini panggung yang biasanya untuk live music. Namun tidak setiap hari ada live music, mungkin hanya saat-saat tertentu saja.


Sebagian orang mungkin bingung kenapa ada lotion anti nyamuk di setiap meja? Jawabannya sudah pasti sesuai dengan pernyataanku di atas, karena ini full outdoor, jadi jika hari mulai gelap, nyamukpun semakin banyak. Agar tetap nyaman selama di tempat ini, jangan lupa untuk menggunakan lotion anti nyamuk.



Dibagian paling depan, terdapat barisan tanaman hijau yang membuat suasana kafe ini semakin hidup, semakin menyatu dengan alam.



Tidak terlalu lama menunggu, pesanan pun datang. Untuk nasi gorengnya enak, enak standar karena tidak ada rasa yang khas, porsinya pun tidak terlalu besar. Roti bakarnya pun enak, meskipun hanya 2 lembar roti tawar yang ditambah keju, mesis, coklat dan SKM, ini roti bakar rumahan banget pokoknya. Rasanya pasti sudah bisa dibayangkan ya?.



Untuk lemon tea dan blue sky lemonnya, rasanya pas, manisnya pas, tapi mungkin karena aku suka asam, jadi kurang asam menurut aku. Kalau kopi tubruknya menurut pak suami juga mantap, aromanya harum. Untuk semua menu yang aku pesan, totalnya Rp 66.000,-



Selesai makan, aku kembali meraih kamera untuk melanjutkan foto, saat itu jumlah pengunjung semakin banyak. Hari semakin gelap, lampu hias berwarna-warni satu per satu mulai dinyalakan, suasana semakin romantis.

Kafe ini sangat nyaman untuk sekedar bersantai ataupun ngobrol pada sore hari, karena kalau siang kemungkinan panas meskipun terdapat kipas angin di saung dan kalau malam banyak nyamuk.

Fasilitas:
1. Tempat parkir
2. Toilet 
3. Mushola

Alamat:
Pintu barat Perum VGH, Bahagia, Babelan, Bekasi Utara

Instagram:



Kalau kalian, lebih suka ke kafe dengan konsep seperti apa? Lebih mengutamakan tempat atau menunya? Yuk share di kolom komentar. Thank you for reading, see you on my next post.


  • Share:

You Might Also Like

60 comments

  1. menarik sekali disana mbak, bisa jadi workplace kayak na :D

    ReplyDelete
  2. Salam kenal juga mbak Meta. kafenya berasa di alam ya mbak. Tentunya juga nyaman untuk anak-anak

    ReplyDelete
  3. Kalau lg ga selera makan aku malah cari tempat makan yang rasanya itu rumahan banget beb, kadang bisa ngobatin kangen masakan rumahan mama gitu hahaha, apa cuman aku doang ya yang begini, udah punya anak tapi masih suka kangen masakan orang tua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karna cc kagak bisa masak wkwkwk, kabur aahh

      Delete
    2. @Lina : Nah kan bener kan beb, aku juga sering kangen ama masakan ibuku kok beb

      Delete
    3. @Sylvi : Bisa jadi bisa jadi, soalnya aku juga kan ga bisa masak wwkwkk

      Delete
  4. Tempat kayak gini asyiknya buat bersantai. Kalau bisa sambil nulis untuk blog hahahahhaha

    ReplyDelete
  5. Wahhh seneng ya kalau deket rumah ada tampat nongkrong, jadi ga perlu jauh kalau sekadar buat nongkrong.

    Tapi kayaknya disana banyak ya tempat makan yg konsepnya saung gitu kak, iya nggak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya beb banyak disini tempat makan yg konsepnya saung, mungkin karna pada punya tanah luas kali ya, soalnya saung kan butuh space yg luas hihihi

      Delete
  6. Unik ya tempatnya.
    Suasananya juga asik, adem dan menyenangkan bareng-bareng keluarga datang ke sana.
    Kayak dede Aksara, sumringah nya dia, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaha, dia emang happy banget kalau keluar rumah, maklum bayi era pandemi beb

      Delete
  7. Cafenya seru buat hangout bareng keluarga atau teman2 nih. Ada lotion anti nyamuk diaediakan di tiap meja buat jaga2 kedatangan si nyamuk nakal hahaha 🤣 Kudu enak makanannya juga tempatnya dong idealnya hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, kalau malam pasti banyak nyamuk soalnya outdoor kaya gitu hahaha

      Delete
  8. Enaknya nih cafe bersama keluarga yaa.sama temen juga bakal asik...makanannya bikin ngilerrr

    ReplyDelete
  9. Konsep outdoor seperti ini memang cocok untuk nongkrong sore kak, asal nggak hujan saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ujan bukannya malah romantis kalau dateng ama pasangan? *eh gimana

      Delete
  10. Tempat dan menunya seiring sejalan, ananda Ursula. Karena lidah itu mencicip berdasar apa yang dilihat mata. Terima kasih telah berbagi, selamat beraktivitas.

    ReplyDelete
  11. Swear saya suka benget nongkrong di kafe. Hampir setiap hari, di Batam dan di Jkt ada lebih kurang 5 kafe langganan. Mau tau? Saya suka banget yang wifinya kencang dan ada backup wifi.ID segala. Soalnya pekerjaan saya memang lebih menyenangkan dilakukan di luar rumah meski sudah 3 tahun officeless he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaha, wifi kencang emang udah jadi andalan banget ya mas kalau mau kerja di cafe.

      Akupun pengen banget officeless mas, kerja di rumah aja

      Delete
  12. Bagus kafenya ya mbak, enaknya nongkrong buat santai dan sambil ngeblog, apalagi kalo ada fasilitas WiFi gratis yang kencang.

    Tempatnya baru jadinya masih kinclong semuanya. Untuk menunya standar ya, enak tapi tidak ada yang khas.

    Aku suka roti bakar 😋

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini masih bersih dan kinclong banget mas, masih fresh soalnya

      Delete
  13. Kopi hitamnya menggoda, setelah sekian lama ga minum kopi, jadi kangen meneguk pahitnya secangkir kop hitam

    ReplyDelete
  14. roti bakarnya kelihatan menggoda iman mbul meta sayang kwkwkwkwk...mauk dunk #ehhh

    ikuh kok lemon warnane biru unik juga ya...tapi aku kalau minuman warna biru ga berasa kayak bisa diminum aku maune warna cerah hahahha

    suasananya enak buat anak muda dan keluarga muda nongkrong, asal ga terlalu malam soalnya biar nyaman ya...cepalango sangu lotion hehehh

    tapi aku nek dikasih roti bakare kayake mau deh...nek nasgor ini mirip ama bikinanku deh hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akupun suka ama roti bakarnya mbul.

      Iya ini nyaman banget buat nongki ama teman, keluarga atau ama pasangan mbul hihihi

      Delete
    2. dadi pengen dolan bekasi...mbakku sih daerah sana say...daerah deket grandwis tapine perumahan mburi hihihi...

      takcatet sik ah, sapa tau bisa rekan sana 😍

      Delete
    3. Oalah nek grand wis jauh nian mbul dari omahku hahhaaa

      Delete
  15. Blue sky lemonnya menggodah sekali kak, kebetulan cuaca lagi panas bgt, butuh yang seger2 nih.

    Btw kalau malem banyak yang nongki nggak tuh kak, soalnya kan pasti banyak nyamuk, ya sekalipun udah disediain autan tapi kan tetap banyak nyamuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku lewat terutama weekend kalau malem rame beb, ada live music soalnya

      Delete
  16. Beb kenapa banyak cafe saung ya hihi btw emang banyak nyamuk beb? Tapi bagus ya dikasih lotion segala. Btw aku suka cafe yang semi outdoor kalo di bandung ada cafe Selasih itu enak2 apalagi Chinese food nya, harganya juga lumayan terjangkau, aku betah kalau ada cafe semi outdoor. Sekarang cafe Instagramable malah makanan b aja tapi harganya wiw juga hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga konsep yang semi outdoor beb, lebih nyaman aja rasanya

      Delete
  17. Kalau saya pengennya keduanya say, tapi harganya juga terjangkau (sungguh banyak maunya, tapi ga modal, hahaha)
    Kalau makanan enak, tapi tempatnya nggak banget, duh saya juga ogah, minimal saya belinya by babang gofud ajah :D

    Tapi kalau tempatnya bagus, makanannya nggak enak, ya mending saya cari tempat wisata yang bolehin bawa makanan sendiri hahaha (sungguh nggak mau rugi) :D

    Tapi kece sih ini tempatnya, diliat dari lotion anti nyamuknya, terlihat banget kalau empunya peduli banget ama pelanggannya.

    Untung nggak bakar obat nyamuk ya, kayak saya di depan rumah penuh obat nyamuk bakar wakakak

    Eh saya bacanya malam gini, liat roti bakar, auto ngiler :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang boleh bawa makanan sendiri ke kafe mbak? kalau piknik boleh, sekalian gelaran tiker tuh, kan enak kek di pantai hihihi

      Delete
  18. Ada disediain lotion anti nyamuk juga, jangan lupa diolesin ke kulit biar ga bentol kalo ada nyamuk yang gigit.
    Saya juga suka duduk di saung, lebih nyante dan relax. Nasi gorengnya enak, minumannya juga, special kopinya...😋😋

    ReplyDelete
  19. Kayaknya kurang greget gimana gitu nggak sih kak kalau rasanya ga ada khas2nya hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga gimana2 beb, yg penting makannya enak dan bisa dinikmati kan

      Delete
  20. Sebenernya kalo aku tergantung sih mba. Rasa Menu penting, tapi terkdg, aku suka hanya datang ke suatu tempat utk melihat view tok, tanpa peduli rasa.

    Jadi kalo milih, untuk kafe aku prefer tempat nyaman, enak buat nongkrong, walo aku tahu rasa mungkin so so aja. Ga masalah, toh namanya kafe biasa memang gitu

    Tapi kalo restoran, aku cendrung pilih yg rasanya enak drpd tempat bagus. Bisa 2-2 nya ya syukur. Karena kalo di restoran, kita cendrung makan berat. Jadi aku pasti ngarepin rasa.

    Bw, ini kafenya asyiiiik kliatan. Skr ini aku memang LBH suka yg semi outdoor mba, demi bisa aman dari virus 😄, walo ga jaminan juga. Tapi kalo outdoor yg ventilasinya lebih terbuka kan, ngerasa udaranya ga berputar di situ2 aja. Sayang jauh ini 🤣. Aku jrg aja main ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu lah mba, aku juga lebih suka yg semi outdoor kaya gini, apalagi pas pandemi gini kan, jadi lebih aman aja hahahha.

      Kalau lagi ke Babelan info2 ya mba, sp tau bisa kopdar kita hihihi

      Delete
    2. Siiip, aku pun udh pengeeen ketemu temen2 blogger kayak dulu sebelum pandemi. Masih sering janjian ketemuan di mana... Asyik aja yg tadinya hanya ngobrol di blog, bisa ketemu langsung 😄

      Delete
    3. Iya mba, semoga ya pandemi ini segera berkahir jadi bisa kopdar tanpa worry

      Delete
  21. Menarik banget untuk dikunjungi nih, jadi penasaran mau ke sana secepatnya

    ReplyDelete
  22. jarang jarang lo kafe ngaish autan hahahah
    bisa ditiru nih mbak
    penasaran sama blue sky lemonnya
    aku suka banget minuman itu
    pernah dapat werlcome drink di sebuah hotel enak banget sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. blue sky lemonnya seger banget mas, tp kalau lg musim ujan gini nggak deh, minum yg anget2 aja hihi

      Delete
  23. baru kali ini ngeliat cafe nyediain autan.. wekekek..
    kayaknya nyaman banget nih mba buat kumpul bareng keluarga..

    Btw, mampir ke blog mba ursula aku jadi makin familiar sama cafe2 dan wisata daerah babelan.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhahaha, akupun mau lebih banyak eksplor lagi daerah Babelan ini mbak wkwkwk

      Delete
  24. Harganya cukup terjangkau ya kak, cucok kalau bua nongki sore, suasananya juga enak.

    ReplyDelete
  25. Wah kece nih konsep kafenya kak, apalagi pandemi gini udah paling aman kalau outdoor ginim sirkulasi udara lancar banget hahhaa

    ReplyDelete
  26. wah suka banget deh cafe yang ada saung2annya..bisa duduk duduk sambil lesehan santai..

    ReplyDelete
  27. Kalo malam, bawa lotion anti nyamuk juga kayaknya tuh.
    Tapi konsep tempatnya menarik kok.
    Menunya juga terlihat oke.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini konsepnya bagus mas, nyamuknya aja ga bisa diajak kompromi hhahahhaa

      Delete