ASI Berkualitas Untuk Tumbuh Kembang Optimal Si Buah Hati

By Ursula Meta Rosarini - 8:00 am

 02 September 2020



Hy everyone, how are you?
Welcome to my blog!

Sejak hamil, aku sudah berkomitmen untuk memberikan ASI eksklusif pada 6 bulan pertama untuk si buah hati sesuai yang direkomendasikan oleh World Health Organization (WHO) dan melanjutkan menyusui sampai si buah hati berumur 2 tahun. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) pun menyatakan bahwa ASI adalah satu-satunya sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi berusia 0-6 bulan. 

Tidak merasakan IMD
Aku melahirkan melalui persalinan normal pukul 23.35 WIB, karena kondisi janin dengan detak jatung yang sangat tinggi yaitu 180/menit sebelum dan saat persalinan, dan karena kondisiku yang terjadi robekan parah saat persalinan dan harus segera ditangani, dengan sangat menyesal tenaga medis tidak memberiku waktu untuk Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Rasanya sedih campur aduk tapi tidak mengurangi kebahagiaanku karena memang kondisiku sangat lemah setelah hampir 22 jam merasakan sakitnya kontraksi dan berjuang sekuat tenaga sampai akhirnya si buah hati lahir dengan sehat dan selamat.

Karena aku melahirkan pada tengah malam, jadi aku baru dipertemukan dengan si buah hati keesokan harinya. Suster menyarankan untuk langsung menyusui si buah hati. Begitu aku lekatkan mulutnya pada putingku, Puji Tuhan, si buah hati langsung menyusu tanpa bingung puting, sesederhana itu kebahagiaanku, bertemu dan menyusui si buah hati untuk pertama kalinya.

ASI yang Berkualitas adalah Hak Setiap Anak
ASI yang berkualitas adalah hak setiap anak, namun di luar sana, banyak sekali ibu yang tidak bisa memberikan ASI yang berkualitas untuk buah hati mereka karena adanya berbagai macam masalah seperti ASI tidak keluar, mengidap penyakit tertentu atau mungkin masalah finansial yang menyebabkan mereka tidak mendapat asupan gizi dan vitamin yang memadai. Bahkan ada juga anak yang tidak mendapat ASI yang berkualitas karena rendahnya pengetahuan para ibu tentang pentingnya ASI berkualitas untuk si buah hati. Hal ini sungguh sangat memprihatinkan. 

"Ibu yang cerdas akan menghasilkan anak yang cerdas juga", aku sudah mematri tajam kalimat itu dalam otakku. Aku tidak ingin buah hatiku tumbuh secara tidak maksimal karena kurangnya pengetahuanku akan pentingnya menyusui dan mengasuh si buah hati. Aku ingin menjadi ibu yang cerdas untuk selalu mengASIhi buah hatiku.

Manfaat ASI untuk Ibu dan Si Buah Hati
Manfaat ASI untuk si buah hati:
  • Memenuhi seluruh nutrisi yang dibutuhkan
  • Jaminan nutrisi aman dan higienis
  • Sistem kekebalan tubuh  menjadi lebih kuat
  • Membantu perkembangan otak dan peningkatan kecerdasan
  • Meningkatkan daya tubuh 
  • Membantu pertumbuhan tulang dan bayi yang sehat dan kuat
  • Menurunkan resiko infeksi saluran pernapasan, pilek dan radang tenggorokan
  • Menurunkan resiko kanker
  • Mencegah obesitas, dan
  • Memperkuat hubungan dengan ibu
Manfaat menyusui untuk ibu:
  • Memiliki resiko lebih rendah terkena kanker payudara, kanker ovarium, diabetes dan osteoporosis di kemudian hari
  • Berat badan ibu pun lebih terjaga setelah melahirkan
  • Mengurangi pendarahan
  • Mempercepat pemulihan rahim pasca persalinan
  • Menjadi kontrasepsi alami
  • Naluri keibuan menjadi lebih peka, dan
  • Menghemat biaya karena tidak perlu membeli susu formula
Tantangan Menyusui untuk Working Mom
Sungguh, menyusui bukanlah hal yang mudah. Masa kehamilan, persalinan dan menyusui memiliki tantangannya sendiri. Aku bukanlah seorang fulltime mom yang bisa 24 jam menghabiskan waktu bersama si buah hati dan bisa menyusuinya kapanpun, sehingga bagiku, menyusui adalah moment berharga yang selalu aku rindukan saat sedang di luar rumah. Pada saat menyusuilah aku bisa merasakan hangatnya dekapan si buah hati, membelai rambutnya dan memeluk tubuh mungilnya. Mengajaknya bercerita, meskipun dia belum bisa berbicara. Hubungan yang kuat  sangat terasa.

Jika sedang tugas keluar kantor, rasanya sangat repot untuk memompa ASI, padahal kita semua tahu, jika tidak menyusui/memompa ASI secara teratur dapat menimbulkan masalah serius, seperti demam atau sakit, mastitis, ASI seret atau bahkan berhenti produksi, mengerikan sekali ya.

Bangun berkali-kali pada tengah malam untuk menyusui si buah hati juga bukan hal yang mudahSelain butuh kesiapan mental untuk memberikan ASI eksklusif, juga butuh fisik yang kuat dan stamina yang stabil untuk selalu terjaga di tengah malam dan tetap aktif bekerja dari pagi sampai sore. Ini tantangan yang cukup berat untuk seorang working mom.

Dukungan Suami dan Lingkungan Kerja agar Aku Tetap Lancar Menyusui
Mental yang siap, fisik yang kuat dan stamina yang stabil saja ternyata  tidak cukup untuk memberikan ASI eksklusif pada si buah hati. Aku hanyalah manusia biasa, ada kalanya aku merasa lelah dan ingin menyerah dengan semua ini. Namun aku sangat paham, bahwa ASI adalah yang terbaik untuk kesehatan dan tumbuh kembang si buah hati, dan yang harus selalu aku ingat, aku adalah satu-satunya orang yang bisa memberikan ASI untuk buah hatiku, (andaikan tugas menyusui bisa bergantian dengan suami hehehe).

Jika sudah begini, dukungan dari suami, keluarga dan rekan kerja pun memiliki peranan yang sangat penting. Bantuan suami untuk melakukan hal-hal kecil  untukku sangat besar manfaatnya. Bentuk dukungan suami yang aku rasakan yaitu:
  • Bergantian menjaga si buah hati
  • Membantu menggantikan popok
  • Memijit saat aku kelelahan
  • Selalu menjadi pendengar yang baik, dan
  • Selalu menjaga mood ku agar tetap baik.
Tidak hanya di rumah, 10 jam di kantor setiap harinya aku sangat membutuhkan support dari rekan kerja dan atasanku. Aku diberi waktu yang lebih dari cukup untuk memompa ASI setidaknya 2 kali pada jam kerja, dan itupun diluar jam istirahat.

Bagiku, tidak ada alasan untuk tidak semangat menyusui si buah hati karena:
  • Aku mendapat support yang luar biasa dari suami, keluarga, dan lingkungan rekan kerja 
  • Suami menyadiakan semua kebutuhan untuk menyusui seperti peralatan pumping & ASIP juga vitamin, snack sehat, dan
  • Aku hidup di era modern yang dimana aku bisa mengakses segala macam informasi yang aku butuhkan melalui layar smartphone.

Caraku untuk Menjaga Kualitas ASI Agar Lancar Menyusui
Meskipun sudah mendapat support yang lebih dari cukup, ternyata proses menyusui tidak selalu berjalan mulus, tidak semua ibu memiliki ASI yang cukup untuk diberikan pada si buah hati. Padahal, setiap tetes ASI adalah nutrisi yang sangat penting untuk si buah hati. Ada kalanya aku kurang bisa mengelola stres, apalagi jika di kantor sedang banyak kerjaan dan aku kurang maksimal saat memompa ASI, hal ini sangat mempengaruhi kuantitas ASI.

Asupan nutrisi yang tepat berperan penting di sini. Istirahat yang cukup, banyak konsumsi air putih, makanan yang sehat dan bergizi juga rajin konsumsi suplemen tambahan dan vitamin pun menentukan kuantitas dan kualitas ASI.

Untuk mendapatkan ASI yang bernutrisi dan berkualitas, sejak masa kehamilan, aku selalu mengonsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold, suplemen andalan dengan kandungan lengkap dan 17 Nutrisi Esential dibutuhkan agar ibu dapat secara optimal memberikan ASI bernutrisi, khususnya di masa 1.000 hari pertama kehidupan si buah hati.


Mengapa Harus Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold?
Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold memiliki kandungan lengkap yang dibutuhkan ibu hamil dan menyusui untuk memberikan ASI bernutrisi, ASI berkualitas dan lancar menyusui si buah hati, yaitu:
  • Tinggi asam folat yang dapat bantu menjaga Ibu dari resiko anemia
  • Tinggi kalsium, untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati dan juga mencegah terjadinya osteoporosis pada Ibu
  • Zat besi yang tidak menyebabkan konstipasi sehingga aman dan bantuiIbu jaga energi supaya tidak mudah sakit
  • Omega 3/DHA tidak berbau yang baik untuk pertumbuhan otak & mata buah hati, sehingga tidak menyebabkan mual saat dikonsumsi
  • Vitamin & Mineral lainnya yang dibutuhkan oleh ibu menyusui

Tentang Kalbe Blackmores Nutrition & Blackmores
Kalbe Blackmores Nutrition merupakan perusahaan joint venture antara PT Kalbe Farma Tbk dengan Blackmores Ltd Australia, yang merupakan perusahaan no. 1 di Australia. Blackmores adalah merek kesehatan alami terkemuka di Australia. Blackmores didirikan lebih dari 85 tahun yang lalu oleh seorang pelopor naturopat bernama Maurice Blackmore.

Blackmores hadir di Indonesia untuk menyadiakan solusi kesehatan alami kepada masyarakat Indonesia, lewat produk suplemen yang berbahan dasar alami, berkualitas dan teruji secara klinis, guna meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Produk Blackmores yang dijual di Indonesia melalui Kalbe Blackmores Nutrition sudah mendapat ijin BPOM jadi tidak perlu diragukan lagi untuk kehalalan produknya.


Dukungan Kalbe Blackmores Nutrition untuk World Breastfeeding Week
Kalbe Blackmores Nutrition melalui produk unggulannya Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold pun turut mendukung World Breastfeeding Week atau Pekan Menyusui Sedunia  yang jatuh setiap bulan Agustus. World Breastfeeding Week adalah bentuk dukungan untuk para ibu hamil dan menyusui di seluruh dunia untuk dapat selalu menyusui si buah hati. 

Dukungan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold untuk World Breastfeeding Week yaitu dengan melakukan serangkaian edukasi dan juga sharing pengalaman di social media seputar ASI dan menyusui, untuk meningkatkan awareness ibu agar dapat selalu memberikan ASI bernutrisi bagi si buah hati, karena Blackmores percaya, setiap tetes ASI sangat berarti bagi buah hati dan merupakan wujud kasih sayang ibu baginya.




Dukungan Kalbe Blackmores Nutrition Terhadap Ibu Hamil dan Menyusui
Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold telah melakukan kerja sama dengan Bumi Sehat Foundation sejak tahun 2017 dan secara berkelanjutan telah membantu pemenuhan gizi ibu hamil dan menyusui melalui pembagian 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap tahunnya di Klinik Bumi Sehat, yang tersebar di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh, dan Papua.

Jujur aja, aku terharu banget dengan berbagai macam dukungan yang telah dilakukan oleh Kalbe Blackmores Nutrition. Sebagai ibu menyusui, seolah aku mendapat dukungan nyata untuk terus memberikan ASI bernutrisi, ASI berkualitas dan lancar menyusui sampai 2 tahun.

Aku merekomendasikan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold untuk semua ibu menyusui dan harus dipersiapkan sejak masa kehamilan, agar kelak saat menyusui datang, ASI kita tidak hanya banyak tapi juga berkualitas. Yuk wujudkan ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi istimewa karena aku yakin setiap ibu itu hebat dan mampu memberikan nutrisi terbaik untuk buah hatinya.

Oh iya, produk Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini sangat mudah didapatkan karena tersedia di E-commerce Tokopedia, Lazada, Blibli dan Shopee yang bertuliskan Official Store. Ingat ya, belinya harus di official store untuk memastikan kalau produknya original, no kw kw. Untuk lebih mudahnya bisa langsung klik gambar di bawah ini.

                                                             

Happy Shopping, Happy Breastfeeding and Be Healthy with Blackmores. 
Thank you for reading and see you on my next post.



Untuk informasi lebih lanjut yuk kunjungi:






  • Share:

You Might Also Like

96 comments

  1. Nggemesin banget sih baby Aksara, pengen cubit pipinyaaa.
    Btw selalu semangat buat nyusuin ya kak, kasih yg terbaik buat baby Aksara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya beb, doaoin bisa menyusui sampe Aksa 2 th

      Delete
    2. Amin amin beb, yang penting semangat, kan udah dpt support udah nemu suplemen ASI yang bagus juga beb hihihi

      Delete
    3. ooo pasti dong semangat trs be ❤️❤️

      Delete
  2. comelnyaaaaaaa babyyyyyyy... ini ikut muka siapa? ibunya? bapaknya? ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. eee nak sedapkan hati saya cakap ikut muka ibunya laa.... yalaa ibunya sudah penat lelah melahirkannya jadi harus credit untuk ibunya hehehehe... eeee gerammmm rasa nak cubit2 je pipi tu ;-) jangan marah ya mbak

      Delete
    2. wah senangnya kalau mirip ibunya hehehehe terima kasih kak Anies
      Boleh kok cubit2 pipinya, tapi jangan kencang2 ya, sakit hahahha

      Delete
  3. Setuju vanget nihhh ASI Adalah hal yang sangat penting di masa awal pertumbuhan anak. Selain baik utk tumbuh kembang anak juga membangun bonding antara ibu dan anak. Untungnya ada produk Blackmores ya beb bantu banget untuk kalian pejuang ASI. Sehat selalu Mom Aksa...selamat MengASIhi...

    ReplyDelete
  4. Selamat ya kak Meta, merasakan fase sebagai ibu yang mengASIhi, lancar terus ya, pokoknya daku dukung selalu. Jangan lupa share lagi trik n tipsnya, soalnya jadi ilmu baru buat daku kedepannya hehe

    ReplyDelete
  5. Kyut banget babynya beb. Semangat terus buat menyusui ya beb ingat sampai 2 tahun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, makasih ya beb, kyut dong kaya ibunya kan hahaha

      Delete
    2. Hahahhaa iya aja lah biar cepet kelar urusannya wakakakaka

      Delete
    3. huahahahahaah dasar ish, ga jelas emang

      Delete
  6. Semua orang harus setuju kalau ASI memang satu2nya nutrisi yg dibutuhkan oleh bayi dibawah 6 bulan. Tp saya baru tau, ternnyata menyusui punya banyak manfaat juga ya buat ibunya, kirain cuma buat bayinya doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaha, iya mas, manfaatnya buat ibunya juga banyak banget

      Delete
  7. Semangat selalu untuk mengASIhi ya mommy

    ReplyDelete
  8. Katanya menyusui juga meminimalkan risiko kangker payudara ya? karena kalau tidak diapakai menyusui, susu yang diproduksi pasca melahirkan akan menyebabkan kangker.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya buat meminimalkan resiko kanker payudara, tp kalau yg menyebabkan kanker sendiri itu karna apa aku juga kurang paham hahaha

      Delete
  9. Woaahhh udah ada di fase menyusui yang katanya rasanya nano-nano asam manisnya ya kak hehehe, semangat terus ya kak, sehat2 terus buat babynya yg lucu banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. super duper nano nano beb, nikmat banget deh pokoknya hahah, thanks ya

      Delete
  10. Wah bisa nih aku konsumsi balckmores juga kalau hami nanti, biar asinya bernutrisi dan berkualitas 😍🥰😍

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah setelah perjuangan selama 22 jam bayinya lahir dengan selamat ya mbak Ursula, pasti senang sekali.

    Memang banyak juga ibu yang habis melahirkan tidak bisa memberikan asi eksklusif karena kurangnya pengetahuan atau karena produksi asi nya kurang lancar. Berarti perlu minum Blackmores Pregnancy and Breakfast Freeding gold ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bnr mas, semoga busui2 diluar sana bisa lebih paham tentang pentingnya memberikan ASI eksklusif buat si buah hati

      Delete
  12. Semangat ya ibu untuk selalu mengASIhi buah hati kita. Aku mencintaimu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ayah, terima kasih untuk dukungan dan bantuan ayah.

      Delete
  13. Wahh makasih banget nih infonya jd semakin semangat buat mengASIhi 😇🤭

    ReplyDelete
  14. waaah aku baru denger istilah IMD.
    Semoga nanti aku bisa merasakan ituu :')

    ReplyDelete
  15. Ternyata menyusui ga semudah yang dibayangin ya kak, bnr2 harus kuat mental fisik hahahha, untung ada suplemen Blackmores yang membantu jaga kualitas ASI, jadi bisa tetap semangat menyusui

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget beb, pokoknya bakal tau rasanya kalau udah merasakan deh hahaha, blackmores membantu banget buat menjaga nutrisi ASI

      Delete
  16. Kebanyakan produknya Kalbe itu high quality ya mbak, jd ga perlu diragukan lagi manfaatnya walaupun harus merogoh kantong lebih banyak, yang penting ASI lancar anak sehat sllu

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mas, ga perlu diragukan lagi deh Blackmores ini

      Delete
  17. Ijin aku share ke adikku yang seminggu lalu lahiran ya, kak.
    Kemarin sewaktu belum lahiran, adik juga mengkonsumsi blackmores.
    Kushare ke adik biar dia ingat untuk mengkonsumsi lagi.

    Babynya kak Ursula gemesin wajahnya.
    Anaknya adikku juga cowok 🙂.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu ya mas Hino, kalo saya punya ponakan kebanyakan cewek, ada yang cowok tapi cuma satu. Aku lihat sekarang bayi baru lahir kebanyakan cewek.🙂

      Delete
    2. Mas Hino : Siap mas, selamat ya buat adiknya yang udah lahiran

      Mas Agus : Hahahha, kebetulan aja kali mas wkwkwkk

      Delete
  18. hello i'm #157 follower !!

    blackmores used it for vitamin c and its good , i know it from my friend's suggestion

    ReplyDelete
  19. Wah keren ya Blackmores kak, ga melulu jualan tp byk aksi nyata buat mendukung pemenuhan nutrisi bumil & busui. Anaknya imut banget kak, gemesss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang salut banget sama blackmores, ga melulu jualan, banyak bantuannya juga.
      Iya imut kaya ibunya kan beb? hahahaha

      Delete
  20. Aku baru tau ternyata diluar sana byk ya anak yg kekurangan ASI yg bernutrisi karna kurangnya pengetahuan ibunya, duh miris ya kak, teknologi udh canggih, semua bisa diakses dari hp, masih ada yg aja yg kaya gitu, mudah2an aja campaign nya blackmores membuat semua busui tergerak buat menyusui bayinya sampai 2 tahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya beb, miris ya, cuma karna ibunya kurang pengetahuan dampaknya sampe ke anak gitu.

      Delete
    2. makanya, padahal kan teknologi udah secanggih ini, anak2 SD aja udah pegang smartphone kok, masa iya yg ibu2 ga punya smartphone, tinggal mau atau nggak cari informasi tentang parenting hahaha

      Delete
    3. iya beb, mudah2an aja g ada lagi bayi yg kurang nutrisi karna ibunya kurang pengetahuan ya,amin

      Delete
  21. Duh ??? Dedeknya gemisin banget deh, dan makasih buat infonya mamak cantik sebagai pelajaran buat aku dan doi nanti saat hendak menikah dan dikaruniai buah hati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. duhh makasih onty. Jgn lupa komsumsi Blackmores PBFG sejak mulai kehamilan ya beb

      Delete
  22. setuju, konon katanya asi bikin bayi lebih sehat jarang sakit kalau udah besar nanti

    ReplyDelete
  23. ealah, lama tak mampir ke sini ternyata kamu sudah jadi mama cantik... Hai to the new mom and her junior ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya nih kak, udah jd emak2 skrg, busui 😍😍😘😘

      Delete
  24. ASI eksklusif memang akan membuat anak tumbuh sehat
    peran keluarga dan orang sekitar juga sangat penting ya mbak
    untung juga ada Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold
    jadi ada asupan untuk ibu yang sedang menyusui

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bgt mas, karna busui harus cukup asupan, biar kebutuhan nutrisi anaknya terpenuhi 😁😁

      Delete
  25. Semangat mengASIhi ya mba, masa menyusui adalah indah antara ibu dan anak, senangnya sekarang Blackmores sudah tersedia di semua marketplace, ingat dulu masa hamil susah sekali mendapatkannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba. Iya nih skrg Blackmores udah mudah dijangkau mbak, tinggal klik2 aja beres deh

      Delete
  26. wah si dedek emesh banget mba meta sama kayak mamahnya

    btw dulu aku karena sesar juga imd mah bentar banget soalnya aku bar operasi ijik blom gitu siuman, sesar kedua aku tepar banget langsung ttd pereda sakit yang mayan tinggi, soale alamak puyeng sampe kabur pandangan matanya

    dan asi pun baru metu di hari ke 4 dong mba met, mungkin karena waktu itu ku spanneng banget jadi diboost juga ama suplement tapi bukan yang ini sih hihi, ada lagi kaplet gitu

    cuma kayaknya ini mah bagus ya buat booster asi sama paling penting mamahnya yang happy hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh makasih loh mbak, emang mirip sama mamahnya kok hahahhaha wkwkk

      Udah 2x sesar mbak? mantep, keren banget, aku ga bisa bayangin abis sesar sakitnya kayak apa mbak, apalagi aku paling ga tahan sama luka jaitan gitu.

      Masih mending lah mbak jek iso IMD walopun bentar, aku ga blas, hikss.

      Delete
  27. peran keluarga terutama suami dalam menjaga asi .... manjakan istri

    ReplyDelete
  28. Blackmores selalu jadi vitamin andalanku selama pandemi ini. Vitamin anak2 pun aku pilih yg dari Blackmores , the body Shield for kids. Aku suami dan asisten pake yg Bio C. Udah lama percaya dengan merk ini :).

    Bayinya lucuuuu mba :). Semoga semangat asi nya bisa sampai ekslusif 6 bulan kedepan yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh kita samaan dong mbak, selalu konsumsi blackmores, cuma beda varian aja, kan menyesuaikan kebutuhan ya heheheh
      Amin amin, semangat menyusui ekslusif

      Delete
  29. Perjuangan banget saat melahirkan ya, Mbak. Jadi ngilu pas baca ada robekan cukup parah. Bersyukur bisa dibantu sama tenaga medis yang pro ASI. Semoga lancar-lancar terus ya proses menyusuinya. BTW, suplemen Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold sangat membantu, ya. Mesti saya rekomendasikan juga ke temen-temen lain juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, perjuangan antara hidup dan mati pokoknya, bonusnya robekan yang harus diobras, nikmat banget hehehhe.

      Amin amin, makasih banyak mbak.

      Rekomen banget Blackmores ini mbak

      Delete
  30. Aku bacanya campur aduk beb, tapi bener juga sih kata kamu... Untung sejak hamil aku juga minum Blackmores jadi ASI lancar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener beb, emang harus dipersiapkan sejak kehamilan ya beb, bair lancar menyusui

      Delete
  31. TERnayta manfaat ASI sungguh luar biasa ya
    Wah saya jadi tercerahkan, suatu saat saya harus mennjadi suami yang selalu siaga membantu istri. Salah satunya bergantian menjaga sang buah hati.
    Syukur-syukur mau pijat istri yang kelelahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya om, jangan meremehkan ASI ya, soalnya bermanfaat buat baby dan ibunya juga hehehe

      Delete
  32. Wah aku salut sih meta sama mamamud kek kamu yang harus bekerja sebagai wanita kantoran tapi tetap mementingkan momen memberi asi untuk aksa. Smoga wanita yang lain filuar sana bisa ikut tercerahkan juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin amin kak, moment MengASIhi ga bisa terulang soalnya kak, lagian ini moment penting bgt, jadi aku ga mau melewatkannya

      Delete
  33. wah, salut banget dengan semua ibu yang kerja kantoran dan full menyusui. Sangat menginspirasi. Semoga nanti kalau aku udah punya baby juga bisa tetap kerja seperti biasa dan full menyusui.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat ya beb, kita pasti bisa, jgn lupa konsumsi Blackmores kalau udah hamil ya beb

      Delete
  34. He is so precious!

    Nothing compares to breastfeeding!
    He is growing fast, smart, and healthy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren artkelnya, perjuangan seorang ibu memang perlu diacungi ribuan jempol😍(nebeng komen, soalnya gak nemu kolom komen kwkwkw)

      Delete
    2. Bintang : makasih mbak, btw kolom komennya emang ngumpet kmn ya mbak? hehehee

      Delete
    3. Kwkwwk entahlah, kak🤣🤣aku gak nemukan itu. Kurang kebut scrolnya ini

      Delete
  35. Aku selalu salut buat ibu bekerja yang mengASIhi babynya. Manfaat ASI memang luar biasa dan tidak bisa disamakan dengan susu lain. Sehat-sehat mba Meta dan keluarga ya.

    ReplyDelete
  36. Mb, babynya jgn dibawa ke arisan or kumpulan emak2 dulu ya, bakal abis pipinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha, si bayik ga pernah keluar rumah kecuali vaksin hihi, lagi coronces

      Delete
  37. waaa dedenya cakep bangeet ih, sehat selalu ya mbak Meta. noted nih buat infonya.. semangat memberikan ASI, semangat juga buat jaga ASI supaya terus melimpah :D

    ReplyDelete
  38. Lucu banget gemasssss
    <3

    Sehat-sehat selalu ya tembemm

    Semangat mengASIhi mbaak

    ReplyDelete
  39. Wow...mbak Metaaa, cuakep bangeeett baby-nya.... Gemeeessss!!
    Udah gede aja ya mbak, cepat bangett, ya iyalah pake ASI exclusive, dibantuin Blackmores lagi..Baby tumbuh sehat and cerdas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak Lantane, iya udh 5 bulan nih hihihi,
      amin amim

      Delete
  40. Duhh dedeknya lucuk banget gemesss . Btw produk Blackmores aku baru tau nih dan banyak juga ya kebaikan dari konsumsi blackmores ini

    ReplyDelete