Bentuk Perhatian Kecil Commuter Line Terhadap Ibu Hamil yang Sangat Besar Manfaatnya

By Ursula Meta Rosarini - 8:00 am

04 November 2019





guys how are you?
Welcome to my blog

Adakah di sini pengguna Commuter Line atau yang bisa kita sebut KRL? Bagi pengguna setia KRL tentunya sudah paham bahwa di setiap rangkaian kereta terdapat kursi untuk penumpang prioritas seperti Wanita Hamil, Wanita Membawa Anak, Lansia dan Penyandang Disabilitas. Akan tetapi apakah kalian merasa, bahwa belum banyak pengguna kereta api yang peduli dengan ini? Begitu masuk gerbong, setiap penumpang berebutan mencari tempat duduk, tanpa memperhatikan himbauan yang terpasang di banyak tempat.

Bagi masyarakat yang belum pernah atau jarang menggunakan KRL mungkin tidak akan mengerti dengan situasi ini, namun bagi yang sudah terbiasa menggunakan KRL pasti sangat paham.

Setiap harinya bisa kita jumpai banyaknya penumpang prioritas yang harus berdiri sepanjang perjalanan, sedangkan penumpang yang sehat walafiat duduk dengan nyamannya. Meskipun setiap penumpang memiliki hak yang sama dan karena tidak sedikit yang mengeluarkan kata-kata "sama-sama bayar" namun kurangnya empati terhadap penumpang prioritas masih sangat rendah, hal ini sangat memprihatinkan.

Pada tanggal 04 September 2019 yang lalu, PT KCI (Kereta Commuter Indonesia) meluncurkan pelayanan terbaru mereka sebagai bentuk perhatian dan kepedulian terhadap ibu hamil yaitu pin ibu hamil.

Saat kehamilan 1 - 4 bulan, terkadangan kehamilan belum terlihat, sehingga penumpang di KRL banyak yang menghiraukan keberadaan ibu hamil yang justru sebenarnya sangat membutuhkan tempat duduk. Sulit bagi mereka untuk membedakan mana yang hamil dan yang hanya gendut. Dengan adanya pin ibu hamil ini, mempermudah petugas dan penumpang lain tentunya untuk membantu mencarikan tempat duduk bagi penumpang pengguna pin ibu hamil ini.

Pin ini bisa di dapatkan di stasiun Bekasi, Juanda, Duri, Tanah Abang, Sudirman dan Bogor di bagian customer service. Syarat untuk mendapatkan pin ini, penumpang harus:

  1. Mengisi formulir
  2. Membawa KTP Asli
  3. Menunjukkan Kart Multi Trip karena akan dicatat nomornya
  4. Membawa buku Pink (KIA atau kartu kontrol dari dokter)
Setelah persyaratan lengkap, penumpang akan diberi pin dengan keterangan tanggal expired date yang berupa HPL (Hari Perkiraan Lahir) dan formulir asli. Pin dan formulir asli harus dikembalikan di stasiun bersangkutan pasca melahirkan.

Jadi, kalau kalian melihat penumpang menggunakan pin ini, jangan segan untuk memberikan atau mencarikan tempat duduk untuk mereka ya, jangan malah berpura-pura tidak melihat atau malah tidur. Bantuan & perhatian kecil kalian sangat besar manfaatnya untuk mereka.

Betapa senangnya aku mendapat perhatian ini, mengingat saat ini kehamilanku belum terlihat namun sejauh ini aku selalu lemas dan mudah lelah. Pin ini sangat membantu aku untuk tetap nyaman selama perjalanan dengan KRL. Terima kasil PT Kereta Commuter Indonesia, I appreciate it so much.

Aku berharap semoga kedepannya bukan hanya KRL tetapi juga transportasi umum lainnya seperti Trans Jakarta & MRT juga menyediakan pin ini.

Thank you for reading, see you on my next post.






  • Share:

You Might Also Like

25 comments

  1. Loh kakak lagi hamil? wow a huge congratulation ya kak, sehat2 trs ya kak, GBU

    ReplyDelete
  2. Ide bagus, Mbak. Soale kan juga demi kelangsungan sang buah hati agar tetap dalam kondisi aman. Aku sebenarnya nggak pernah naik KRL (lah mau ke mana)? Ha ha.

    Maka aku nggak tau situasi ini. Ya, intinya pelayanan harus ditingkatlan agar kondisi jadi nyaman. Bravo KRL!

    ReplyDelete
  3. He he. Aku jarang blogwalking. Maaf. 🙏🤣

    ReplyDelete
  4. Kak jujur aja waktu pertama x aku liat ibu2 (muda banget) pake pin ini, dalam hati aku bilang alay, aku pikir dia pakai pin cuma buat nunjukin kalau dia hamil gitu, nah next trip di KRL ada posternya tentang pin ini, ternyata yg ngluarin pin ini yg buat dr pihak commuter line ya, aku jd ngrasa salah bgt udh nyiyirin sama orang hamil itu hehhe. Btw, semangat terus ya bumil cantik.

    ReplyDelete
  5. Good news, glad to hear the commitment of KRL.
    Congratulations and best wishes to the Mother to be, Ms Meta!

    ReplyDelete
  6. Kebetulan jarang banget naik kereta mbak... Tpi pastinya kalo aku akan ksh lah tempat buat bumil atau orang tua... Tanpa diminta jg psti aku kasih tempat.. Selamat ya mbak atas kehamilannya.. Semoga selalu dilancarkan sampai kelahiran tiba.. Amiin 😊

    ReplyDelete
  7. Aku tiap hari naik KRL tp ga pernah liat ada yg pake pin ini, ga pernah liat poster atau infonya juga, sosialisasinya kurang banget atau aku yg ga peka ya hahaha. Btw selamat ya kak, sehat2 trs mom n debay nya

    ReplyDelete
  8. Senengnya ngabaca postingan kali ini, Selamat ya buat mbak Meta!
    Hati-hati ngejaga pregnancy-nya! Moga-moga sehat dan kuat terus yaa, oy pin nya jangan sampai ketinggalan.

    ReplyDelete
  9. Waaah ini keren banget, semoga bisa menjawab keluhan masyarakat tentang rendahnya kepekaan orang-orang terhadap orang-orang yang berhak didahulukan seperti bumil, busui, lansia.

    Semoga dengan pin tersebut, orang-orang bsia sedikit malu, duduk manis sementara yang priority malah berdiri.

    ReplyDelete
  10. Semenjak aku tinggal di Cileungsi ga naik kereta lagi, jadi kangen.. semoga masyarakat aware dengan adanya pin bumil ini yaa

    ReplyDelete
  11. Mudah2an ya dgn adanya pin bumil ini para bumil ga lagi berdiri selama perjalanan, mudah2an penumpang yg sehat walafiat juga aware sama penumpang pemakai pin ini

    ReplyDelete
  12. Selamat atas kehamilannya sayang.. semoga lancar sampai lahiran ya.. alhamdulilah kalau gtu met.. jd lebih diprioritazkan yaa kl ada pin gtu..

    ReplyDelete
  13. Wah keren ya commuter line makin meningkatkan pelayanan, mudah2an dg adanya pin ini semua ibu hamil bisa lebih nyaman kalau naik KRL, btw selamat ya kak atas kehamilannya, sehat2 trs sayang

    ReplyDelete
  14. waahhhh mother to be ya? moga selamat dari mula hingga proses kelahiran

    ReplyDelete
  15. ini sih keren bangettt, KRL bener2 perhatian bgt sm ibu hamil.. sehat selalu ya mbaaak, jaga kesehatan

    ReplyDelete
  16. Yeeees, syukurlaaaaah ada pin begini :D jadi ibu hamil sangat diperhatikan :D

    ReplyDelete
  17. Wawww keren ya, hal sepele tp pasti bermanfaat banget buat bumil

    ReplyDelete
  18. Selamat yah Mbak..atas Kehamilannya. Saya juga ikut gembira nih, semoga selalu sehat dan banyak rezeki yah. :)

    Dan semoga kalau naik CL, selalu mendapat tempat duduk, :)

    eeee...sekarang Mbak sedang Ngidam apaan yah,,? Ihhh kok gue jadi Kepoh,,,hahahah, Bercanda Mbak.

    ReplyDelete
  19. Pasti banyak yang pura pura gak liat, pasang headset tutup mata dll

    ReplyDelete
  20. Wow, KRL semakin baik nih pelayanannya... Sehat terus ya calon ibu!

    ReplyDelete
  21. Iya yaa, meski belum kelihatan justru pas trisemester pertama itu yang paling berat dan mudah lelah bagi bumil. Syukur deh ada fasilitas pin bumil seperti itu. Semoga kandungannya sehat selalu ya mbaa ^^

    ReplyDelete
  22. Wah... ada Pin Ibu Hamil di KRL. Ide ini kreatif dan inovatif, jadi bisa untuk para ibu hamil yang usia kandungannya masih muda dan tidak terlihat.
    Semoga dengan adanya ini, semakin banyak ibu2 hamil yang juga merasa terfasilitasi dngan baik.

    Selamat untuk Kak Meta yang akan menjadi Ibu.

    ReplyDelete
  23. Selamat ya mbak. Semoga lancar sampai kelahiran bayinya. Btw aku baru tahu ada pin untuk ibu hamil. Semoga hak-hak penumpang prioritas makin diperhatikan ya mbak.

    ReplyDelete
  24. Ah senengnyaaaaa iya sih jadi pengen keliling Jakarta dehh

    ReplyDelete
  25. wah, enak ya ada pin untuk ibu hamil sekarang.
    aku pengguna KRL sejati nih hehe, tiap hari berangkat ngantor naik KRL.
    dulu, waktu lagi hamil awal-awal, lagi lemes-lemesnya boro2 ada yang ngasih tempat duduk. huhu, sedih.. mau bilang hamil juga gak bakal ada yg percaya kayaknya, lah wong perutnya masih kempes.

    ReplyDelete