Pengalaman Lepas KB Implan di Puskesmas

By Ursula Meta Rosarini - 10:00 am

24 Mei 2023



Hy guys, how are you?
Welcome to my blog!


Ini adalah tulisan kedua tentang alat kontrasepsi, tulisan sebelumnya tentang pemasangan KB Implan.

Setelah 3 tahun menggunakan alat kontrasepsi implan 2 batang, akhirnya sudah saatnya implan tersebut harus dilepas. Aku lepas implan kurang lebih 2 minggu sebelum kadaluarsa, karna takut kelupaan aja jadi mending langsung dilepas.

Kenapa harus dilepas tepat waktu?
Implan harus dilepas tepat waktu karna sudah nggak berfungsi lagi, selain itu juga ditakutkan akan menimbulkan infeksi karena alat tersebut sudah kadaluarsa, sama seperti makanan, alat2 yang sudah kadaluarsa pun sebaiknya sudah nggak digunakan lagi.

Lepas Implan di mana?
Aku lepas implan di tempat pemasangan dulu yaitu Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading, Puskesmas ini masih jadi Puskesmas terfavoritku hahahha. 

Prosedurnya sama dengan saat pemasangan, cukup daftar untuk ke Poli KB, kemudian antri nunggu dipanggil. Setelah itu kita diminta tanda tangan sejumlah berkas persetujuan pelepasan implan.

Proses pelepasannya sendiri lebih praktis dan lebih cepat dibandingkan saat memasangnya. Aku hanya diminta untuk berbaring, kemudian area yang dipasang implan dibersihkan dengan alkohol untuk menghindari infeksi, kemudian diberikan anestesi (bius) lokal untuk mengurangi rasa sakit, setelah kebas, bidan menyanyat sedikit lapisan kulit untuk mengeluarkan batang implan.

Proses pelepasan implan nggak memakan banyak waktu, kurang dari 10 menit beres. Dan karena dibius jadi nggak berasa sakit sama sekali. Apalagi bidan dan dokter jaganya super ramah, aku diajak ngobrol santai jadi nggak tegang sama sekali hihi.

Sebenarnya setelah 2 batang implan dikeluarkan, pasien biasanya hanya diberi sedikit kassa (seperti habis vaksin) saja cukup, namum bidannya bilang katanya darahku encer, jadi keluar terus, sehingga bidan memberikan cukup banyak kasaa dan perban untuk menekan keluarnya darah.


Apakah ada efek setelah lepas Implan?
Aku diberi vitamin dan obat anti nyeri dari Puskesmas, tapi Puji Tuhan aku nggak merasakan nyeri sama sekali, jadi yang aku konsumsi hanya vitaminnya saja. Walaupun aku nggak merasakan nyeri sama sekali, tapi ada rasa pegel2 sampai satu mingguan, tapi tenang saja, hal ini nggak mengganggu aktivitas sama sekali kok, aku tetap bisa beraktivitas seperti biasa, tapi untuk menggendong anak 3 tahun nggak dulu hahaha. Oh iya, area yang disayat ini juga nggak boleh terkena air selama 24 jam pertama ya.

Setelah lepas implan aku juga mengalami sedikit flek (keluar darah haid) selama beberapa hari, tapi tenang saja hal ini sangat wajar, nggak ada sakit perut ataupun kram seperti saat haid.

Berapa biaya lepas Implan di Puskesmas?
Seperti biasa aku menggunakan BPJS, jadi nggak dipungut biaya sama sekali alias GRATIS.

Apakah mau pakai Implan lagi?
Sebenarnya aku dan pak suami belum berencana untuk menambah momongan saat ini, namun aku nggak mau pakai implan lagi hihi, kenapa? Untuk alasan dan review pemakaian KB Implan 2 batang ini akan aku tulis di postingan terpisah ya.


Untuk saat ini aku dan pak suami sepakat untuk memakai alat kontrasepsi lain yaitu kondom, mengingat siklus haidku belum normal pasca lepas implan, aku masih menunggu siklus haid normal kembali.

Namun aku tentunya selalu memilih alat kontrasepsi yang efektif mencegah kehamilan, low maintenance, dan minim resiko. Buat mommies yang juga pakai alat kontrasepsi, share dong kalian pakai apa sih?. Thank you for reading, see you on my next post.





  • Share:

You Might Also Like

51 comments

  1. Jujurly aku belom percaya sama aliat kontrasepsi lain selain IUD beb, udah nyaman bgt pake IUD jadi ga berani coba yg lain.

    ReplyDelete
  2. Ngeri juga ya, ananda Meta. Pakai alat KB harus diopersi. Melepaskannya operasi lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak dioperasi kok bunda, cuma disayat sedikit, paling cuma 0.5 cm aja

      Delete
  3. Ibuku juga pakek ini kak, aku yg nganterin waktu pasang soalnya, tapi di bidan

    ReplyDelete
  4. Aku ngilu meta pas baca bagian disayat dan mau dijeluarkan alat kbnya hehhe...darah ngucur...ya Alloh itu karena si mbul takut darah...

    kalau aku pake Iud meta..itu aja pas dimasukin ke miss v ku kayak lagi diusg transvaginal ..ya padahal aku dah katam pas hamil si kakak dan si adik diusg transvaginal...cuma pas pasang iud dan dicek gitu rasane kok senud senud maneh hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaha, aku juga msh penasaran suatu saat nanti pgn coba IUD juga mbul.

      G perlu ngilu2 mbul, kan dibius dan ga usah diliat, merem aja rileks hihihi

      Delete
  5. Cepat juga ya prosesnya, tapi ngeri membayangkan darah ngucur terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga usah dibayangkan mas, kan ngucurnya ga kaya air kran

      Delete
  6. kenapa ngeri kak pake disayat2 dan darah keluar terus gitu, duh bikin parno hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh komenen kenapa pada parno sih, ga semengerikan itu munaroh

      Delete
  7. Aku dulu pernah pakai yg suntik tiga bulan sekali tapi males kalo bulak balik hehehe akhirnya beralih ke lainnya..agak serem juga kalo darah mengucur Yo mbk..secara aku agak penakut sama darah ๐Ÿ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh ini aku ga berani suntik atau pil mbak, soalnya hormonnya tinggi, ini udah hampir 2 bulan sejak lepas implan aja aku blm mens lg hiks

      Delete
  8. Mba aku baca ini langsung searching di Google jenis implannya, ternyata bentuknya kaya batang lidi ya.. dan ini ditanam di lengan. Baru tahu aku ๐Ÿ˜‚. aku mikir itu sistem kerjanya gimana. Soalnya bentukannya batang kecil doang tapi bisa jadi pencegah kehamilan.. ๐Ÿค”

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHAHA sekepo itu kamu ya bay, jd si implan itu melepaskan hormon untuk mencegah kehamilan gitu lah singkatnya bay. Karna ini kb ini mengandung hormon jd ga setiap orang cocok ya, jgn sampe bsk maksa istri km pake implan juga hihihi *kabur

      Delete
  9. semoga urusan baik-baik sahaja...ngeri juga baca tentang impalan ini

    ReplyDelete
  10. Saya pakai Kb suntik 3 bulan mbk, mau pakai implan takut๐Ÿ˜… dan karena kb 3 bulan nggak menimbulkan masalah kulit, itu udah bikin saya tenang banget. Tapi was was juga kalau berat badan nanti naik๐Ÿ˜…... Mana busui hobinya makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ga berani suntik mbak, karna hormonnya tinggi, hihihi

      Delete
  11. Syukur ya, ga terkena infeksi. Kebanyakan orang ga mau implan karena takut infeksi, takut disayat, padahalkan dibius dulu sebelum ditoreh, jadinya ga berasa, dan pisaunya juga sangat tajam dan steril.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, semua tindakan medis pasti ada SOPnya & dilakukan oleh tenaga profesional, kalau sakit itu kan relatif hihi

      Delete
  12. Wah ilmu nih kalau besok menikah hehe.
    Kalau sampai darahnya tercecer gitu, apakah pertanda waktu lepas implan kak Ursula lagi galau atau deg²an?

    Soalnya keinget temen yang mau disuntik, karena takutan jadinya pas disuntik banyak keluar darah.
    Eh sama gak ya kondisinya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karna darahku encer katanya beb, jd keluar trs, tp keluarnya jg msh normal kok, ga sampai pendarahan, g ada hubungannya sama galau, deg2an atau apapun

      Delete
  13. syujurlah tak kena infection. sebab ramai juga yang hadapi masalah ni lepas pasang implan. semoga dipermudahka urusan untuk family planning ni

    ReplyDelete
  14. aku bacanya ngeri juga ya mbak
    Ilmu baru buat aku nih, untungnya waktu pelepasan nggak terlalu sakit ya mba
    kalau aku denger cerita temen temen aku, aku malah ngilu sendiri.

    ReplyDelete
  15. Sebelum liat foto aku pikir implan disimpan di bagian beb wkwkkw aku ga punya pengalaman kb karena nggak pernah pk kb beb dr awal nikah, cm sekarang udah py anak paling pake kondom aja beb heheu selamat mencoba beb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, aku skrg juga cuma pake pengaman beb, so far nyaman2 aja, nanti semoga anak kedua lahiran normal, mau lgsg pake IUD

      Delete
  16. Ngeri pas bagian kulit disayat untuk lepas implan KB. Biarpun sudah dibius dulu tapi agak serem juga.

    Untungnya tidak apa apa ya mbak.๐Ÿ˜€

    ReplyDelete
  17. agak ngeri ya bacanya, emang lebih enak sih pake kondom aja gak resiko, atau pake pil kb yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skrg sementara aku pake kondom hihi, kalau pil ga berani, soalnya hormonnya tinggi, takut aja hahaha

      Delete
  18. Puskesmas sekarang the best ya layanannya, mba. Ini itu ada, gratis pulak dengan BPJS.
    Aku malah baru tau kalo bisa pasang dan lepas implan juga. Kirain cuma ada KB Suntik di puskesmas

    ReplyDelete
    Replies
    1. IUD juga bisa kok di puskes & pake BPJS pula, cuma steril aja yg ga bisa karna hrs operasi, jd hrs di RS

      Delete
  19. Hai Mbak Meta... Apa kabar nih udah lama ga bersua online hehehe :D Wah, aku baru ngeh ada implan kayak gini sih? Agak gimanaaa gitu ngeri2 sedap kayaknya pake operasi segala ngelepasnya. Coba IUD aja kayak aku, ga banyak mikir maupun efek negatifnya kok. Sehat2 yaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhahahha, ga ngeri sama sekali mbak.

      Semoga nanti anak kedua bisa lahiran normal trs mau pake IUD lgsg hihi, amin

      Delete
  20. Syukurlah ngga ada drama ya Mbak wkwkwkwk

    Sepupu ku dong, sampe ada drama balik lagi karena lukanya ngga kering-kering. Terus pas mau sembuh bekasnya nggak banget wkwkwkwk. Akirnya balik ke konvensional aja pake pengaman dan cocokologi jadwal hubungan dengan jadwal tamu bulanan hi hi hi

    ReplyDelete
    Replies
    1. luka ga kering2 itu biasanya karna kena air Aul, aturannya ga boleh kena air selama 3 hari biar sembuh optimal dulu.

      Delete
  21. Sebagai yang belum married, aku jd bisa dpt informasi nih utk di masa depan hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, karna kb implan ini mengandung hormon jd ga semua orang cocok ya

      Delete
  22. Agak serem juga ya liat prosesnya lepas ataupun pas pasangnya.
    Bicara KB, saya jadi malu anak dah banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga seseram yg dibayangkan mas, kan dibius

      Lha kenapa malu, jumlah anak kan keputusan tiap pasutri hehehhe

      Delete
  23. Waduh, serem banget pasang dan lepasnya pakai cara operasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga, ga dioprasi kok, cuma disayat dikit doang, ga seseram yg dibayangkan

      Delete
  24. implan 2 batang apakah artinya ada 2 implan dimasukan kk? unt area pemasangan apakah dilengan? ditunggu reviewnya selama mengunakan ya kk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya 2 batang implan di masukan ke lengan bagian dalam, reviewnya soon ya kak

      Delete
  25. Makasih udah sharing Kak, jadi ada gambaran nih buat kedepannya bakal gimana dan harus apa ^^

    ReplyDelete
  26. mungkin bisa dipertimbangkan pakai IUD mbak? karena bayarnya sekali dan low maintenance, di Puskesmas bisa lebih murah.

    ReplyDelete
  27. Implan itu sepanjang apa batangnya mba? Jadi penasaran pas dipasang ๐Ÿ˜ฎ. Aku sendiri dari dulu selalu pake IUD. Udh paling nyaman itu. Sebenernya malah mau tubektomi kalo boleh, memang udh ga tertarik samasekali punya anak soalnya. Tapi suami bilang iud aja. Ya sudahlah.

    Dulu pasangnya dan lepasnya ga pernah ada masalah pas yg pertama2. Tapi yg kedua, aduhaaaai, ntah kenapa kayaknya pasangnya kuat banget, sampe si dokter sendiri susah ngelepasin๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚. Ga usah tanya ngilunya Mbaaa ๐Ÿ˜‚.

    Dan ga enaknya iud, kalo pasang dan lepas bagusnya di saat sedang haid. Supaya dinding rahimnya lunak ๐Ÿคฃ. Bayangin aja risihnya. Untung dokter cewe hahahah

    ReplyDelete