Asyiknya Bertualang ke Curug Jenggala, Baturraden, Kab. Banyumas

By Ursula Meta Rosarini - 9:36 am

04 Januari 2017



Jawa Tengah khususnya Kabupaten Banyumas memang memiliki banyak sekali tempat wisata alam yang sangat menakjubkan. Kota kelahiranku ini sangat kaya akan panorama pegunungan yang cocok untuk memanjakan mata, liburan akhir pekan ataupun sekedar untuk berselfie ria, yups tempat wisata yang lagi nge-hits banget saat ini adalah Curug (Air Terjun), banyak sekali Curug di Kabupaten Banyumas, tepatnya di kaki Gunung Slamet. Well, kali ini aku mau share tentang perjalananku ke Curug Jenggala yang berada di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas.

Pada mulanya curug ini bernama Curug Tempuhan dan waktu itu belum ada akses jalan untuk umum, singkat cerita akses jalan umum menuju curug ini mulai dibuka sekitar bulan September 2016 lalu dan nama Curug ini berubah menjadi Curug Jenggala. Curug ini lagi hits banget karena ada selfie deck nya yang berbentuk hati/heart/love yang dikelilingin taman bunga (baru sedikit doang sih bunganya) yang pastinya romantis banget buat berfoto ria sama orang-orang tersayang (foto sendiri juga bagus kok), eitss  sebelum kamu bersemangat banget mau kesana, ikuti dulu cerita perjalanan kami kesana.

Akses bisa ditempuh dengan sepeda motor, dari Curug Bayan masih naik lagi sekitar 1 KM dan parkirin motor kita di halaman rumah warga dengan biaya parkir Rp 2.000 dan biaya retribusinya Rp 5.000.


salah satu tempat parkir di halaman rumah warga

Nah, setelah motor terparkir dengan rapi, kita harus berjalan kaki selama 45 - 60 menit menuju untuk sampai di Curug Jenggala.



Penampakan jalan ke Curug Jenggala

Mulai dari bebatuan, tangga, tanah sampai sungai akan kita lewati, tapi tenang aja, kita tidak akan merasa cape karena selama berjalan kaki kita akan disuguhi pemandangan alam yang hijau, sangat segar dipandang mata.







Agar perjalananmu tidak terasa melelahkan, sesekali kamu harus selfie ditempat yang indah ini, sekaligus untuk istirahat sejenak.








Oke, setelah hampir 1 jam jalan kaki sambil berfoto2 ria, akhirnya sampai juga di love selfie deck Curug Jenggala. Berhubung banyaknya wisatawan yang pengen berfoto ditempat yang super kece ini, maka kita harus ambil nomor antrian dulu yaa, jumlah foto pun dibatasi maksimal hanya 4 foto per rombongan. Jangan lupa lepas alas kaki kamu, biar deck nya tetap bersih.


Selfie Deck Curug Jenggala

Selain berfoto di selfie deck ini kita juga bisa langsung turun ke bawah untuk menikmati langsung keindahan curug dan segarnya air disana.



Tapi behubung kami udah cape banget, jadi kami ga turun ke sungai, tapi langsung pulang. Perjalanan pulang kami lebih santai karena kami lebih banyak berfoto2 di jalan. 



Buat kamu yang ga kuat jalan jauh, ga usah khawatir, di sepanjang jalan terdapat banyak bangku untuk beristirahat atau sekedar untuk meregangkan otot2, haha... Disana juga terdapat banyak toilet umum yang sangat bersih, jadi ga perlu nahan2 pipis untuk perjalanan yang cukup jauh ini.



Kamu juga tidak perlu khawatir akan kelaparan atau kehausan, banyak terdapat warung yang menyadiakan makanan dan minuman segar khas Banyumas disepanjang jalan, seperti Tempe Mendoan, Nasi Pecel, Wedang Legen (Badheg) dll dengan harga yang sangat terjangkau.



Buat kamu yang "malas" berjalan jauh, disana banyak sekali ojek yang akan mengantar kamu ke lokasi Curug, tetapi kamu pun masih harus berjalan menanjak naik lumayan jauh setelah turun dari ojek, karena jalanan tidak bisa diakses oleh sepeda motor, tarifnya Rp 10.000 per orang.


Kalau kami sih tetap memilih berjalan kaki, menikmati setiap perjalanan dengan keindahan alamnya sambil ngobrol dengan orang tersayang, lumayan loh itung2 olah raga juga. Setelah sampai di Curug pun kita akan lebih puas kalu kita mendapatinya dengan jerih payah dan keringat kita sendiri, suerr deh, semua cape dan lelah akan hilang seketika ketika kamu udh sampai di Curug Jenggala.
Okee, sekian cerita dari kami, semoga sedikit mengsinpirasi kamu buat menjelajah alam yang indah ini. selamat berwisata....


Tips sebelum menuju ke Curug Jenggala:
  1. Pastikan kamu pergi saat cuaca cerah, soalnya kalau hujan pasti jalanan akan sangat licin dan akses semakin sulit untuk dilewati.
  2. Gunakan sepatu dan baju yang nyaman dipakai, karena ini acara di alam dan jalanan naik turun, jadi jangan pakai high heels yah hehe..
  3. Bawa jaket atau payung ya, disana udaranya cukup dingin dan kalo lagi musim hujan, jaket dan payung akan sedikit menyelamatkanmu.
  4. Usahakan kamu jalan bersama dengan dengan teman2mu (jangan sendirian biar ga kesepian di jalan).

  • Share:

You Might Also Like

17 comments

  1. Mantappppp, informatif

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Bu...Gue baru koment karena Dr kmrn ga bsa koment soalnya nungguin punya akun blog...Wkwkw...Ne jga keren Bu...Informatif...Padahal q jga ksana...Tp ga tw apa2...Wkwkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkkww, eh iya, kok lu ga post waktu lu kesana sih say?

      Delete
  4. wahhhh tempatnya bagus banget ya, Mbak. Instagramable juga.... cocok deh untuk generasi milenial yang suka selfie selfie heheeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bagus banget, dulunya curug ini sepi, setelah ada selfie deck jadi ramai pengunjung

      Delete
  5. Saya terpesona dengan aksesnya! Jalan setapak yang panjang, namun sudah dibangun dengan baik dan bagus! Apalagi kanan kirinya hijau semua. Meski ada bagian yang berupa tanah, tapi terlihat sangat manusiawi untuk dilalui hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, ini memang bagus banget mbak, sudah tertata rapi juga, cuma jauh aja jadi cape heheheh

      Delete
  6. Keren ni curugnya..
    Bisa jadi rederensi kalo mau travelling ke Banyumas... Dulu pas ke Baturraden cuman lewat eh...

    Itu akses jalannya bikin sehat.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, jalan kaki PP ke curug ini cukup membayar kemalasan olahraga, bener2 bikin sehat, hehehehe

      Delete
  7. Jalan setapaknya oke buat trekking dan air terjunnya ... woow kereen 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalan setapaknya bikin lelah yag jelas heheheh, sekarang air terjunnya lebih bagus lagi mas, lebih instagramable gitu

      Delete