DIY

Scrapbook, Karya Seni Menempel Barang Bekas, Bagaimana Cara Membuat dan Apa Manfaatnya?

By Ursula Meta Rosarini - 8:00 am

28 Oktober 2022




Hy guys, how are you?
Welcome to my blog!

Sebagian orang mungkin masih asing dengan istilah scrapbook. Scrapbook adalah salah satu kerajinan yang saat ini banyak dilirik oleh anak muda. Secara harfiah, scarpbook adalah gabungan dua kata dalam bahasa Inggris yang artinya:
Scrap : barang bekas, sisa atau sudah tidak terpakai lagi
Book : lembaran kertas yang disatukan, buku

Dafinisi Scarpbook
Namun, arti dari scrapbook sendiri adalah seni menempel foto dan hiasan lainnya sehingga menjadi sebuah karya yang unik. Namun, kebanyakan scrapbook dibuat dengan memberikan kesan vintage, hal ini tidak terlepas dari arti harfiahnya yang berarti barang bekas. Namun, tidak semua scrapbook terkesan vintage, banyak juga kok scrapbook yang bergaya modern.

Sedangkan Scrapbooking adalah pembuatan dan pendokumentasian menggunakan buku dengan halaman kosong dan menambahkan foto, memorabilia, penjurnalan, dan hiasan. Sedangkan orang yang membuat scrapbook sendiri disebut dengan scraper.

Scrapbooking telah menjadi hobi yang ada sejak abad ke 15 dan 16. Di Amerika Hobi ini menjadi sangat populer dari tahun 2001 hingga 2005. Pada awalnya, scrapbooking hanyalah sebuah kegiatan mengoleksi sesuatu dalam sebuah buku. Koleksi-koleksi ini bisa termasuk resep, kartu ucapan, potongan memorabilia, tiket, atau playbill. Seiring perkembangannya, scrapbook menjelma sebagai media mendokumentasikan kenangan berupa foto-foto yang di rangkai sedemikian rupa dengan sentuhan seni. 

Manfaat Scarpbook
Lalu, untuk apa scrapbook dibuat? Berikut adalah manfaat dari membuat scrapbook.

1. Menghilangkan stres 
Manfaat membuat scrapbook yang paling utama adalah membuat kita berpikir tenang dan santai dalam menuangkan ide dalam mengerjakan suatu hal. Memang awalnya terlihat ribet, tapi sebenarnya cara membuat scrapbook itu simpel kok. Dijamin nggak ada stres lagi dan perasaan hati kita jadi lebih tenang.

2. Berpikir Kreatif
Dengan membuat scrapbook kita akan merasa tertantang untuk membuat dan menggunakan sesuatu yang menarik. Walaupun mungkin pada awalnya akan dilanda kebingungan karena ribet, tapi semakin lama kita akan semakin mahir menyusun scrapbook yang bagus dan menarik. 

3.  Menghargai Sebuah Momen
Menyimpan sebuah momen di jaman sekarang memang sangatlah mudah, hanya perlu handphone atau kamera yang bagus, lalu share ke media sosial, selesai. Namun,  rasanya akan berbeda jika kita menyimpannya dalam sebuah scrapbook, kita lebih bisa menuangkan apa yang kita rasakan saat membuatnya. Kebayang kan jika itu dibaca kembali 5-10 tahun mendatang?

4. Sebagai Hadiah
Scrapbook cukup efektif untuk menyimpan momen dan kenangan indah. Tentunya hal tersebut bisa kita manfaatkan sebagai hadiah manis yang bisa kitaberikan kepada orang tersayang. Siapa tau orang yang kita beri scrapbook terinspirasi untuk membuatnya juga.

Alat dan Bahan untuk Membuat Scarpbook
Setelah paham apa saja manfaat yang diperoleh dengan membuat scrapbook. Sebenarnya memang banyak scrapbook set yang dijual di toko buku atau online shop yang menjual khusus stationery.




Tapi membuat scrapbook sendiri dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah juga nggak kalah menyenangkan loh. Sekarang saatnya aku share peralatan yang digunakan untuk membuat scrapbook.
  1. Buku/ kertas scrapbook
  2. Perekat (lem dll)
  3. Pemotong (gunting, cutter dll)
  4. Alat tulis (spidol, pensil, pena, pengaris dll)
  5. Dekorasi (stiker, kertas bekas, washi tape, pita, manik2, kancing baju dll)
  6. Foto
Tips:
Tidak semua kertas bisa digunakan untuk scrapbook, gunakan kertas yang memiliki pH atau kadar keasaman tinggi lebih dari 7, hal ini membuat foto di scrapbook cenderung lebih awet dan tidak membuat foto atau gambar menjadi menghitam. Pilih juga kertas yang tidak mudah tembus tinta ketika kita mau menulis kata-kata atau membuat lettering sebagai dekorasi.



Tapi, aku sendiri membuat scrapbook dengan bahan yang sudah ada, buku yang aku gunakan juga notes gratis yang aku dapatkan dari giveaway. Untuk stiker beberapa aku beli, sebagian lagi stiker gratis dari brand skincare. Untuk pita, kancing dan manik2 aku minim pakai, karena aku nggak suka dengan barang2 yang timbul, jadi membuat permukaan buku nggak rata.

Saatnya Mendekorasi Scarpbook
Setelah semua bahan dan peralatan terkumpul, saatnya untuk mendekorasi scrapbook sesuai kreatifitas kita dan ini adalah hal yang paling menyenangkan.

Sebenarnya nggak ada aturan dalam mendekorasi scrapbook, kita bebas bekreasi, nggak ada kata salah dan benar. Namun, jika kalian ingin scrapbook yang kalian buat terlihat semakin keren, berikut tips yang bisa diaplikasikan:

1. Judul
Jika kalian ingin memperlihatkan hasil scrapbookkalian ke orang lain, pemberian judul akan sangat membantu dalam setiap halaman di scrapbook kalian. Misalnya traveling, hobby, favorit things dll

2. Deskripsi Cerita
Berbeda dengan judul, deskripsi cerita ini adalah gambaran atau tema tentang scrapbook yang kalian buat, intinya, penjabaran dari judul yang telah dibuat. Misal jika judulnya hobby, deskripsinya nonton, makan, baca buku atau hal spesifik lainnya dari hobby tersebut.





Nah, itu lah pengertian, manfaat, alat dan bahan serta bagaimana cara kalian harus menyusun sebuah scrapbook, sangat mudah dan menyenangkan bukan? Apakah kalian tertarik untuk membuatnya? Thank you for reading, see you on my next post.


Sumber:
1.https://www.liputan6.com/citizen6/read/3907524/cara-membuat-scrapbook-sendiri-hadiah-istimewa-tanpa-ribet
2.https://www.hipwee.com/list/5-manfaat-membuat-scrapbook-untuk-diri-kita/
3.https://today.line.me/id/v2/article/G3D6rQ
4.https://www.beautynesia.id/life/cara-membuat-scrap-book-sendiri-di-rumah/b-135362






  • Share:

You Might Also Like

56 comments

  1. zaman sekolah dulu memang suka buat scarpbook. kadang tukar2 idea dengan kawan2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah jd banyak koleksinya kalau saling bertukar ya kak

      Delete
  2. kalo membuat scrapbook musti punya ide kekreatiafan yang sangat tinggi sih kayaknya, gak asal tempel :D.. bagus sih, pengen buat juga kayaknya :D

    ReplyDelete
  3. Lucu-lucu ya.. jadi kita bisa menulis diary dengan cara yang lebih kreatif.

    ReplyDelete
  4. Super keren euy... Seneng banget ngeliat kreatifitas yang begini. Saya belum pernah nyobain scrapbook, seems a lot of fun, but I just can't create a story :(
    Hobby yang satu ini ga hanya ngilangin stress tapi juga fun and to keep some memories..

    ReplyDelete
  5. menarik ini, ada gambar contoh jadinya.. kreatif

    ReplyDelete
  6. Suamiku banget ini beb, jaman sekolah di LN, segala macem apapun dikumpulin, sampe skrg masih ada tuh, buat kenang2an aja katanya, tapi ya jarang2 sih cowo telaten ngumpulin kaya begituan

    ReplyDelete
  7. Lucu2 bgt tempelannya kak, gemes.

    Kalau mau hemat ga usah beli stiker ya, pake aja yg ada, potong trs tempel, misal dr majalan, koran dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bgt beb, kalau bisa yg gratis knp harus beli

      Delete
  8. dulu pas sma, pas ikutan mading suka buat gini
    soalnya ada bahannya
    apalagi dari jawa pos yang deteksi sama rubrik remaja lucu lucu gambarnya
    pengen lagi tapi males cari bahannya mbak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku jaman SMP tuh mas rajin bgt setor mading, trs seneng bgt kalau madingku dipasang hihihi

      Delete
  9. Wahh samaan ini kak punya hobby kaya begini, aku juga dulu suka banget bikin scarpbook kak, skrg masih aku simpan, isinya foto2 jaman sekolah hihihi

    ReplyDelete
  10. Cuma yang punya jiwa kreatif aja yg bisa bikin beginian, kaya saya boro2 bikin beginin, saya copot2in iya stikernya karna gatel haha

    ReplyDelete
  11. Bikin scarpbook ini bisa melatih diri kitanya untuk lebih kreatif ya. Karena bisa menata ala-ala yang kita suka.
    Boleh juga sih ini jadi healing yang bermanfaat

    ReplyDelete
  12. Terima kasih, ananda Ursula
    Membaca artikel ini bunda jadi tahu scrapbooking. Selamat malam dan selamat istirahat.

    ReplyDelete
  13. Woaaa keren kayak journaling juga ya beb. Aku suka banget sesuatu yg vintage dan aesthetic kayak scrapbook gini dan sebenarnya suka masukin keranjang bahan2 buat scrapbook buat properti foto, hihi aku pengen belanja kertas vintage buat menggambar sih beb biar makin kerasa vintage nya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga ketularan suami suka barang2 vintage beb, lebih bagus aja rasanya ya

      Delete
  14. Saya banyak koleksi tiket museum, kalo dibuat scarpbook bagus nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti bagus mas, boleh tuh dikumpulin, buat kenang2an di masa tua nanti hihi

      Delete
  15. gemes liatnya, kenapa punya orang orang bisa bagus bagus ya hahaha
    kalau aku yang bikin rasanya kok biasa aja aku liatnya
    duluuu waktu lagi hits hitsnya scrapbook, pengen datengin toko yang khusus jualan pernak perniknya, sayangnya yang aku tau cuman di kota besar kayak jakarta
    sekarang cobain nge-journal sambil ditempel tempel sticker tapi berasa kurang rame aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belinya di toko oren aja mbak, males kalau muter2 nyari tokonya hahaa

      Delete
  16. Ini yg sebutan lainnya journaling itu bukan kak? Apa beda lagi?
    Suka liat video² seni ini di IG, kadang tertarik pengen ikutan tapi untuk bagian tulisan tangan pasti kacau. Soalnya tulisan tanganku jelek 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. scrapbook ini salah satu bentuk journaling tapi tanpa tulisan tangan kalau menurutku, jd idenya lewat gambar & stiker hahaha CMIIW

      Delete
  17. Mba, yg bener scrapbook kan Yaa? Soalnya di atas penulisannya berubah2, kadang scrapbook, kadang scarpbook 😅. Tapi seingetku memang scrapbook.

    Ini dulu zaman aku sd masih seneeeeng banget ngelakuin. Biasa di buku harian. Tapi aku juga punya hobby bikin scrapbook yg isinya resep 🤣. Tapi dulu sering disebut kliping hahahahah. Cuma aku hias2, sama aja sih. Sayangnya ntah udh kemana semuanya. Padahal resepnya bagus2 banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu aku jaman sekolah sering ada tugas kliping mba, tp kalau kliping kusus gambar yg ada tulisan di bawahnya doang, biasanya dr koran, dulu definisi kliping di daerahku ky gitu mba hahaha

      Delete
    2. etapi kliping juga termasuk dlm scrapbooking ya mba, kliping lebih lokal aja namanya hahaha

      Delete
  18. Anak gadisku nih yang demen bebikinan kayak gini. Kudu sabar membuatnya. Mesti yang senang seni dan pandai berimajinasi ya hehehe. Bisa dijadikan lahan bisnis juga. Kreativitas jadi duit namanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya mba, kalau ditekuni bisa jd duit kali ya

      Delete
  19. Aku waktu kecil sering lihat seperti ini mbak di rumah. Punya mamakku. Beliau biasanya sih menempel resep2 masak..

    ReplyDelete
  20. saya adalah salah satu yang enggak familiar dengan scrapbook,harusnya sih semua orang bisa ya, asal ada nyeninya, saya ini kurang nyeni jadi masalah kayak begini itu g ada pandangan untuk bikinnya

    ReplyDelete
  21. Aku seneng banget dengan kegiatan bikin scrapbook kayak gini karena bikin kreativitas jadi terasah dan bisa disesuaikan dengan selera aesthetic kita sendiri. Berasa bikin mading di buku wkwkwk

    ReplyDelete
  22. kalo nempel2nya di tembok kamar jadi karya seni apa ya mbak? apa jadi scrapwall? hehe... soalnya dulu aku sering tuh nempel2in gitu di tembok kamar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. walah, kagak tau itu namanya apa mas, sayang temboknya ahhaa

      Delete
  23. Kalo saya bukan scrapbook si mbk,lebih pada nempelin pernik"tpi buat bingkai ft kreasi sendiri he he

    ReplyDelete
  24. Kerajinan scrapbook ternyata menarik dan unik juga ya. Kita bisa menempelkan banyak gambar acak dan hasilnya bikin " wow " .

    Mmm, kemana aja nih Mbak kok belum nulis - nulis ? :)

    ReplyDelete
  25. Menarik banget nih...Terlebih kalau perpaduan gambarnya lebih dominan ke animasi dan berlatar belakang cerah dan penuh warna...😊😊

    ReplyDelete
  26. Jadi inget waktu muda dulu, gambar2nya dapet dari potongan majalah kawanku, gadis, go-girl dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha sama mbak, aku jaman SMP langganan kawanku sama aneka yess

      Delete
  27. seru juga ya kalau bikin scrapbook,
    dulu jaman saya sekolah ini mirip kliping g si?

    ReplyDelete
  28. Beberapa kali baca scrapbook milik teman dan hasilnya sangat bagus. Dia selalu mendokumentasikan sesuatu melalui scrapbook tersebut. Biasanya dilengkapi dengan sticker.

    Sekarang peralatan dan bahan untuk scrapbook mudah didapat di online shop. Tinggal disesuaikan dengan tema yang ingin dipakai.

    ReplyDelete
  29. Menarik juga nih mbak, bisa diterapkan ke anak-anak di kelas nanti. Sekaligus melihat sejauh mana kreativitas anak-anak.. Ini postingan yang memberi ide buat kegiatan di sekolah, makasih mbak😁👍

    ReplyDelete