Rekomendasi Kelas Prakerja di Skill Akademy untuk Blogger Pemula

By Ursula Meta Rosarini - 4:00 pm

25 Februari 2022


Hy guys, how are you?
Welcome to my blog!

Sudah 2 tahun lebih pandemi Covid-19 menyerang dan kita masih beraktivitas secara terbatas, meskipun banyak perusahaan ataupun sekolah yang sudah meberlakukan 100% WFO maupun tatap muka, tetapi tetap saja, beberapa instansi maupun perusahaan dan sekolah masih menetapkan WFH dan sistem pembelajaran secara daring. Meskipun semuanya masih serba terbatas, jangan lupa untuk selalu upgrade skill.

Beberapa teman saya mulai tertarik dengan dunia blogger, tapi mereka masih bingung harus mulai dari mana dan hal apa saja yang harus dipelajari jika ingin membuat blog. Tanpa ragu saya merekomendasikan kelas prakerja dari Skill Academy.

Ya, salah satu pilihan terbaik untuk upgrade skill meski dari rumah saja adalah bersama Skill Akademy. Skill Academy adalah salah satu inovasi dari Ruangguru yang merupakan wadah kursus online atau pembelajaran yang menawarkan pengalaman belajar yang menarik, diperuntukkan bagi mahasiswa, profesional dan umum yang ingin mengembangkan kemampuan diri dan karirnya.

Cara pendaftarannya mudah dan pilihan kelasnya pun banyak. Berikut saya rekomendasikan beberapa kelas prakerja yang cocok untuk diikuti oleh blogger pemula:


1. Membuat Tulisan dan Mendapat Penghasilan dengan Menjadi Penulis Blog

Dalam kelas ini kalian akan mendapatkan ilmu seputar platform Blogger yang dimulai dengan mengetahui sumber panghasilan atau monetesi yang dapat dilakukan. Kemudian bagaimana memilih topik konten blog, serta teknik untuk menulis artikel dengan gaya ceita yang menarik.

Selain membahas konten, ada juga bahasan teknis yaitu mulai dari membuat akun hingga meningkatkan traffic kunjungan blog.


2.  Membuat dan Memasarkan Konten Kreatif Digital Untuk Menjadi Content Creator

Blog merupakan salah satu bagian dari kontent kreatif yang salah satu fungsinya adalah pemasaran digital.  Oleh karena itu di kelas ini akan dijelaskan cara membuat konten kreatif hingga memasarkan atau mempublikasikan kontennya.

Selanjutkan akan dijelaskan cara mengasah kemampuan berpikir kreatif untuk mengingkatkan kreativitas yang dimiliki.


3. Belajar Content Marketing, Content Writing dan SEO untuk Menjadi Spesialis Pemasaran

Blogging, tidak bisa terlepas dari SEO. Oleh karena itu, kelas Belajar Content Marketing, Content Writing dan SEO untuk Menjadi Spesialis Pemasaran ini sangat direkomendasikan untuk blogger.

Dalam kelas ini akan dijelaskan secara jelas mengenai content writing yang menunjang kebutuhan berbisnis lewat pemasaran digital, juga belajar mengenai SEO untuk memaksimalkan website/blog agar bisa eksis di halaman depan mesin pencari.


4. Membuat Desain dengan Adobe Illustator untuk Graphic Designer (Desainer Multimedia)

Kelas selanjutnya yang direkomendasikan yaitu Membuat Desain dengan Adobe Illustator untuk Graphic Designer karena blog tanpa gambar pasti kurang sempurna, jadi skill untuk membuat desain atau ilustrasi juga pasti dibutuhkan. Dalam kelas ini akan dipelajari tentang Adobe Illustator seperti cara menggunakan pen tool hingga pembuatan objek 3D.

Itulah beberapa kelas prakerja dari Skill Academy yang bisa kalian ikuti untuk blogger pemula agar lebih maksimal dalam ngeblog.

Oh iya, karena kelas prakerja saat ini berbeda dengan gelombang sebelumnya yang unlimited kuota, saat ini setiap kelas yang ditawarkan kuotanya terbatas, jadi kalian harus memastikan dahulu kelas yang paling kalian minati atau yang paling penting untuk diikuti dan segara daftar sebelum kotanya habis.

Setiap harinya juga ada 1 kelas pilihan yang memberi bonus pulsa Rp 50.000 untuk 100 orang pertama yang membeli kelas tersebut. Pantau social media Skill Academy  atau event.skillacademy.com/giveaway-harian untuk tahu kelas apa aja yang dipromosikan setiap harinya

Jadi, meski di rumah saja  tapi kalian ingin mengembangkan kemampuan diri atau karir, jangan ragu, segera daftar di Skill Academy dan ikuti kelasnya. Skill Academy memungkinkan siapapun untuk mudah upgrade skill  karena dapat di mana saja dan kapan saja.




  • Share:

You Might Also Like

63 comments

  1. Pengen banget belajar jadi content creator, siapa tau bakat hahaha

    ReplyDelete
  2. Ruang guru ini kereeen sih. Berkembangnya pesat banget, apalagi sejak pandemi ini. Krn semua orang jadi prefer melakukan apapun online termasuk belajar ya mba. Dan aku juga JD sering ikutan kelas webinar saat pandemi ini buat ngisi waktu.

    Jadi pengen sih liat kelas2 lainnya yg diadain RG, aku lagi tertarik Ama kelas fotografi dan yg membahas investasi dan financial soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mba, belajar online gini jadi alternatif dikala pandemi kaya gini. Cus gabung kelasnya mba

      Delete
  3. Wahhh aku dulu waktu ikut prakerja juga ikut kelas ini nih, tapi waktu itu ada promo jadi bayarnya cuma 50-100rban aja. Hoki banget sih, karena promonya cuma bentar banget. Materi dan pembicaranya handal banget memaparkannya, jadi mudah dipahami deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh terjangkau banget kalau harganya cuma segitu ya mas

      Delete
  4. very useful, informatif, worthed. Harus banyak yang tahu biar berbagi yang seru seru

    ReplyDelete
  5. Asli ikutan kelas di skill academy itu nagih banget, ga bikin kantong jebol, pembawa materinya juga jelas banget penyampaiannya.

    ReplyDelete
  6. Memang banyak hal yang sekarang bisa kita pelajari dengan mudah. Salah satunya ya seperti ini.

    ReplyDelete
  7. Wah kalo ada kuotanya berarti emang harus gercep ya kak, takut abis

    ReplyDelete
  8. Keren ya beb, aku jadi pengen ikutan kelasnya juga deh

    ReplyDelete
  9. bermanfaat sekali kelas prakerja ini
    aku pengen banget belajar desain grafis
    biar makin paham dunia grafis ini

    ReplyDelete
  10. Aku udah beberapa kali ikutan beb, cuma buat isi waktu luang aja, tapi emang lumayan banget dapet ilmunya, pas diskon juga waktu itu hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. istri sultan gabutnya emang beda ya, gabutnya malah dipake buat belajar dan hal2 amazing lainnya wkwkwk

      Delete
  11. Aku pengin belajar SEO agar traffic blog makin banyak tapi sudah coba tutorial di google tetap tidak ngaruh, apa harus daftar skill akademi ya? Kalo gratis mah mau.😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga pengen banget tuh mas agus, naikin traffic blog, naikin adsense juga, adsenseku lelet kaya siput hahaha

      Delete
    2. Sepertinya ini problem umum blogger sekarang, adsense kayak siput semua, rata rata setahun atau dua tahun baru gajian.😂

      Mungkin kalo mau gajian cepat jangan mengandalkan adsense, harus kayak mbak Rey, perbanyak kerjasama konten atau endorse. Sebulan sepertinya mbak Rey dapatlah 3-4 juta atau lebih, sepertinya ya, soalnya aku juga ngira-ngira doang.🤣

      Delete
    3. Punyaku udah bertahun2 mas, udah 2 tahun lebih hahahha blm juga gajian, super lelet emang. Yuk kita tanya aja yuk ke mbak Rey, dia gajian adsense brp juta perbulan hahaha, siapa tau bisa jadi bahan tulisan juga buat dia kan wkwkkwm mbak Rey, plis baca komen ini plis

      Delete
    4. Sepertinya mbak Rey lagi sibuk atau ada keperluan penting, aku ke blognya juga belum dibalas komennya.😄

      Delete
    5. Iya sepertinya, blm BW2 juga doi hahhahaa

      Delete
  12. Pengen banget ikut kelas public speaking, ada nggak ya? hihihi

    ReplyDelete
  13. lengkap bingit sayyy materi yang ditawarkan ruang guru ini. Kalau tujuan ngeblognya untuk monetize memang sepertinya cucok ya mengikuti arahan arahan dan ilmu yang diterapkan di sini terutama bagaimana memasarkan konten tulisan kita agar memikat pembaca yang sekarang ini kebanyakan udah pada beralih ke youtube kan ya...huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya skrg blogger banyak yg merambah ke youtuber mbul, makanya skrg byk yg belajar desain grafis ama video, biar konten mereka makin ciamik

      Delete
  14. Lengkap juga ya ternyata kursus lifeskill di ruang guru.
    Ada juga kursus tentang ngeblog dan jadi content creator. Cocok juga sih untuk anak anak sekarang yang rata rata kreatif sekali

    ReplyDelete
  15. Pengen juga belajar. Tapi otak lansia ini sudah mengering. He he ... Terima kasih telah berbagi informasi, ananda Ursula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhahah, gpp bunda, bunda kan masih rajin nulis blog, ga mungkin lah udah mengering hehehe

      Delete
  16. Materi yang diajarkan menarik, pengen juga sih ikutan belajar tentang content creator dan mengetahui sedikit seluk beluk SEO. Saya udah lama ngeblog, tapi ya gitu gitu aja. Barangkali perlu pencerahan gabung dengan pemula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kak, blogku juga gini2 aja kak, ga ada kemajuan hahahhaa

      Delete
  17. Belajar via online pun juga tetap asik ya.
    Apalagi di skill academy ini banyak pilihan bidang yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita dalam meningkatkan kompetensi

    ReplyDelete
  18. Wah, ternyata belajar online kelas prakerja di Skill Academy asyik juga ya. Bermanfaat sekali tentunya buat blogger oemula belajar apa aja seperti content yang oke, digital marketing dll. Beragam pilihan materi bisa dipilih sesuai minat dan kebutuhan :)

    ReplyDelete
  19. Aku juga udah beli kelas menulis di Skill Academy, materinya mudah dipahami dan bisa langsung dipraktekan saat ngeblog. Seneng banget deh bisa dapet penghasilan dari blog yang awalnya cuma iseng hehe.

    ReplyDelete
  20. Beberapa teman saya juga ada yang daftar prakerja. Tapi saya sendiri ngga daftar, karena Alhamdulillah masih bekerja. Tapi ilmu blog nya lumayan juga tuh, terutama untuk meningkatkan kemampuan menulis. Secara saya sendiri menulis masih seadanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga nulisnya masih seadanya banget kok mbak hihihi

      Delete
  21. Hmmm sering denger skillacademy karena emang tentor di ruangguru juga. Tapi belum pernah buka-buka skillacademy. Apakah ini saatnya? Wkwk soalnya menarik juga program2nya. Untuk biayanya gimana ya 🤔

    ReplyDelete
  22. untuk pembelajaran desain, menurutku sangat penting di era media sosial hari ini. Untuk menyampaikan maksud dan tujuan, bila mudah dimengerti hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget, aku juga pengen bgt belajar desain hihi

      Delete
  23. aku pingin banget deh ikutan kelas kelas yg ada di skill academy
    pingin belajar edit video klo aku..

    ReplyDelete
  24. Dulu kelas-kelas seperti itu jarang banget dan kalau ada harganya bisa sampai jutaan, syukurlah sekarang mudah diakses dengan harga yang lebih terjangkau. Ngeblog memang butuh banyak ngulik dan menimba ilmu ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener bgt beb, mana sering ada diskon pula mbak

      Delete
  25. credit kepada mereka yang wujudkan usaha sebegini. sebab pasti ramai dapat manfaat daripadanya

    ReplyDelete
  26. wah, dulu blogging dimulai dari tempat curcol ya. Skrg sudah bisa dijadikan sumber penghasilan sehingga kita perlu tahu tips and trik lewat kursus seperti ini ^_^

    ReplyDelete