Rekomendasi Aplikasi Tumbuh Kembang Anak untuk Ibu Milenial

By Ursula Meta Rosarini - 10:00 am

24 Januari 2022


Hy guys how are you?
Welcome to my blog!

Menjadi ibu di jaman sekarang ini sungguh jauh lebih dimudahkan dalam berbagai hal dibandingkan jaman sebelum teknologi secanggih sekarang. Mulai dari banyaknya tenaga kesehatan yang mumpuni, peralatan medis yang canggih bahkan ilmu pengetahuan tentang parenting yang mudah didapatkan dari berbagai platform media sosial secara cuma-cuma.

Salah satu teknologi yang sangat mempermudah dalam banyak hal tentunya adalah smartphone dan segala aplikasi di dalamnya. 

Sebagai new mom yang belum berpengalaman, juga working mom yang tidak bisa stand by 24 jam di samping anak, aku mencari beberapa aplikasi tentang tumbuh kembang anak untuk mempermudah dalam memantau tumbuh kembang Akasara.

Aku pakai beberapa aplikasi sekaligus, tujuannya jelas, untuk saling melengkapi karena setiap aplikasi memiliki kekurangan dan kelebihannya masing masing. Buat mommies yang memiliki bayi ataupun balita dan sedang mencari aplikasi tentang tumbuh kembang anak, berikut aku rekomendasikan beberapa aplikasi yang aku pakai.

Teman Bumil


Ini adalah aplikasi pertama yang aku pakai dari sebelum hamil, aplikasi ini sangat lengkap, mommies bisa memilih tema yang dibutuhkan, mulai dari fertilitas (kesuburan) sampai anak usia balita. 

Aku pakai aplikasi Teman Bumil ini mulai saat awal kehamilan untuk mengetahui pertumbuhan seperti ukuran, panjang dan beratnya juga perkembangannya seperti bentuk, posisi dll.



Setelah melahirkan aku masih melanjutkan pemakaian aplikasi Teman Bumil ini.  Milestone atau tracker tumbuh kembang bayi ini diinformasikan setiap 1 bulan, jadi bukan daily gitu ya. Pada milestone tersebut juga dilengkapi dengan check list aktivitas yang seharusnya sudah bisa dilakukan oleh anak juga beberapa artikel yang sesuai dengan usia anak.


Kerennya, Teman Bumil ini juga memiliki fitur Belanja seperti layanan online class, konsultasi dan USG juga menampilkan fasilitas kesehatan seperti bidan, klinik praktek DSA atau bahkan RS lengkap dengan biayanya. Hal ini tentunya sangat membantu mommies loh untuk mendapatkan berbagai informasi.


Selain tersedianya berbagai artikel tentang parenting, Teman Bumil juga terdapat berbagai video tentang aktivitas atapun edukasi lainnya seputar parenting.


The Asian Parent


Aku menggunakan 
The Asian Parent juga sejak awal kehamilan sampai saat ini, menurut aku aplikasi ini sangat bagus. Fiturnya super lengkap dan ini adalah satu-satunya aplikasi yang pasti aku buka setiap hari karena tracker bayi berubah setiap harinya, dan aku suka, jadi tidak perlu menunggu 1 bulan. Aku bisa tau perkembangan Aksara setiap harinya.


Sama seperti aplikasi lainnya, di The Asian Parent terdapat banyak artikel dan video edukasi seputar fertilitas, kehamilan, rumah tangga, persalinan, merawat bayi, kesehatan secara umum, nutrisi dan masih banyak yang lainnya.


The Asian Parent menyediakan fitur Food & Nutrition, kita semua tentunya tau bahwa saat hamil ataupun menyusui ada beberapa makanan yang sebaiknya dikurangi atau malah sebaiknya dihindari demi alasan kesehatan. Di fitur ini dirinci dengan sangat jelas tentang suatu makanan misal durian, oleh siapa durian bisa dikonsumsi dan mengapa harus demikian. Pokoknya fitur ini fovoritku banget, karna memang sangat membantu agar tidak salah konsumsi makanan.


Bagi mommies yang suka memasak, The Asian Parent juga menyediakan berbagai macam resep masakan yang bisa dipraktekkan, mulai dari asupan untuk ibu hamil, pasca melahirkan, asupan untuk ibu menyusui sampai resep MPASI semuanya ada, lengkap banget pokoknya.

Selain itu, The Asian Parent juga menyediakan fitur Aktivitas yang boleh atau todak boleh dilakukan oleh ibu hamil, pasca melahirkan dan ibu menyusui dan penjelasannya pun sangat rinci.


Aplikasi ini juga sering kali aku buka ketika aku gabut, karena di sana terdapat polling, seputar rumah tangga, parenting, kesehatan, edukasi juga beberapa random thingKita bebas mau isi polling berapa saja dan memilih mana yang mau kita isi, yang pasti setiap pengisian polling akan mendapat point dan aku sudah beberapa kali tukar point dengan voucer untuk belanja produk Mamas Choice di Shopee, senangnya.


Fitur lain yang juga dimiliki The Asian Parent adalah Baby Name, jadi kita bisa pilih referensi nama bayi berdasarkan jenis kelamin, agama, bunga, warna juga nama2 dari berbagai macam negara lain, kece banget kan, jadi tidak perlu bingung lagi jika belum mendapat ide nama untuk si buah hati.


Sayangnya, bahasa dalam aplikasi ini campuran, beberapa fitur menggunakan bahasa Indonesia tapi sebagian lagi menggunakan bahasa Inggris. Pernah juga satu kali berubah jadi tulisan Thailand dong hahaha.


Tentang Anak


Tentang Anak merupakan aplikasi yang sangat baru, dibuat oleh seorang Dokter Spesialis Anak, Dwi Lestari Pramesti atau yang biasa dikenal dengan dr. Mesty Ariotedjo Sp. A. Beliau melahirkan di tengah pandemi dan berhenti untuk praktek namun tetap ingin berkontribusi untuk edukasi anak, jadilah beliau mendirikan Tentang Anak sekitar akhir tahun 2020. Kebetulan aku sudah follow beliau sejak lama di Instagramnya. Meskipun masih sangat baru, namun aplikasi Tentang Anak tidak bisa dipandang sebelah mata.  

Berbeda dengan dua aplikasi di atas yang bisa digunakan atau dilengkapi dengan fitur fertilitas dan kehamilan, Tentang Anak fokus pada anak, jadi tidak ada fitur fertilitas dan kehamilan.


Berapa keunggulan Tentang Anak adalah Fitur Grafik Pertumbuhan Anak (berat, tinggi, lingkar kepala) jadi setiap bulan kita bisa update pertumbuhannya dan akan terlihat langsung di grafik. Dari sini kita bisa mengetahui pertumbuhan setiap bulannya normal atau tidak.


Keunggulan lainnya adalah Fitur Vaksin Anak, vaksin yang dimaksud tentunya vaksin yang dibutuhkan dari anak lahir sampai remaja, bukan vaksin SinoVac atau Astra Zeneca untuk pencegahan virus Covid-19 hahahha. Dengan adanya fitur ini, dipastikan tidak ada jadwal vaksin yang terlewatkan.


Salah satu fitur unggulan dari Tentang Anak yaitu Tanya Ahli, mommies bisa langsung menuliskan pertanyaan seputar edukasi anak, psikologi anak, kesehatan, kehamilan juga perencanaan keuangan dan akan di jawab langsung oleh ahlinya. Aku tau banget dr. Mesty menggandeng banyak tenaga kesehatan profesional untuk bergabung dengan Tentang Anak.


Fitur lainnya yang tidak terdapat di kedua aplikasi diatas yaitu Produk, di sini terdapat berbagai macam produk bayi mulai dari skincare, pakaian, alat makan, diaper, alat perASIan, dll lengkap dengan keterangan dan harga. Mommies juga akan langsung diarahkan ke olshop jika ingin membeli produk tersebut. Gimana, asyik kan, tidak perlu windows shopping lagi.


Di sini juga terdapat banyak artikel dan video edukasi seputar fertilitas, merawat bayi, kesehatan secara umum, nutrisi dan masih banyak yang lainnya. Informasi seputar resep MPASI dan jadwalnya pun terinci dengan jelas. Untuk pemantauan pencapaian motorik, bahasa dll diringkas setiap 6 bulan sekali.




Itulah ketiga aplikasi pemantau tumbuh kembang anak yang sudah aku pakai. Oh iya di ketiga aplikasi tersebut sama-sama kita bisa memasukkan data anak lebih dari 1 ya, jadi kalau mommies punya 2 balita sekaligus, keduanya bisa dipantau dalam 1 aplikasi yang sama kok.

Sejauh ini aplikasi yang aku buka setiap hari adalah The Asian Parents karena tracker anak update setiap hari. Tentang Anak aku buka kalau sudah saatnya update pertumbuhan anak, biasanya kalau abis Posyandu atau jika ada pertanyaan saja. Teman Bumil jarang banget aku buka hihihi.

Kalau mommies sendiri biasa pakai aplikasi untuk memantau tumbuh kembang si kecil nggak nih? Share yuk di kolom komentar. Thank you for reading, see you on my next post.



  • Share:

You Might Also Like

64 comments

  1. Wah, aplikasi ini lengkap banget deh, semua fitur yang dibutuhkan bumil dan busui ada di sini :) Eh, ada juga fitur belanjanya wkwkwkwkwk :D Tumbuh kembang anak bisa lebih terpantau ya. Dapat ilmu dan wawasan juga.

    ReplyDelete
  2. Seriously app kaya begini emang ngebantu banget buat pantau tumbuh kembang anak beb, dan ternyata banyak ya aplikasinya, aku dulu pakai PrimaKu, itupun rekomendasi DSA hahaha, tapi ya saat itu cukup lah buat kebutuhanku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah menjamur app kaya gini ci, bahkan app apa aja kita cari di GPlay juga ada wkwkwkk

      Delete
    2. @Lina : Aku udah sempat donlot primaku sebenarnya beb tp 1 kalipun blm pernah aku buka sampe akhirnya aku uninstall hahhaa

      Delete
  3. wah banyak juga ya referensinya Meta, ada yang khusus buat anak aja, ada yang sekalian buat Mommy nya. Ini penting juga ya buat yang sedang program, hamil, atau sesudah lahiran dan mendidik anaknya. Soale semuanya ga mudah terlebih bagi kita yang masih muda #eaa. Lumayan jadi sinau juga ya, kalau aku senenge resep resep bikin makanan sehat sih...walau kadang rempong banget nyiapine huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener bgt mbul, akupun seneng sing resep, tp ressp mpasi aja hahaaa

      Delete
  4. wah lengkap banget
    klo jaman dulu cuma ada Kartu Menuju Sehat ya Mbak
    jujurly ini membantu banget
    apalagi ada informasi menarik sputar produk yang bisa digunakan
    Bapak milenial juga harus tau nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. KMS smpe skrg juga masih dipakai mas, anakku juga masih pakai, malah ada yg terbaru juga, yg udah disesuaikan

      Delete
  5. Waaahh jadi bangga sbgai anak IT, eh padahal aku ga ngasih sumbangsih apapun buat app ini wkwkkw, kabur.

    Tapi jujurly bikin2 app kaya gini jauh lebih menyenangkan daripada web atau desktop app kak, aku jadi semangat banget ikut memajukan perITan di negara tercintah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahhaa, usernya juga seneng kok beb wkwkkw

      sebagai alumni IT aku merasa gagal karena cuma bisa jadi user aja wkkwkwk

      Delete
  6. Aplikasi yang disebut di atas, sangat membantu buat ibu baru ya.
    Jadi terpikirkan saat besok daku berumahtangga, lalu hamil kemudian melahirkan anak, jadi memudahkan buat dapat info seputar parenting dan bisa pantau tumbuh kembang anak.

    ReplyDelete
  7. Ibu zaman modern sangat terbantu oleh teknologi. Beda dengan zaman kami, semuanya berjalan alami, apa adanya. Terima kasih telah berbagi, ananda Ursula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha, perkembangan teknologi memang mengubah banyak hal bunda

      Delete
  8. Banyaknya aplikasi ini sangat membantu buat ibu ya, sumber informasi yang sangat berguna sekali. Selain itu bisa sambil mengiringinya masa pertumbuhan anak.

    ReplyDelete
  9. waaah bermanfaat banget ini aplikasinya kak meta 😀
    para ibu harus banget coba aplikasi iniii 😀

    ReplyDelete
  10. dr. Mesty Ariotedjo itu yg artis itu kan beb, eh model atau apa gitu ya, kaya ga asing namanya hahha.

    Hebat ya dr Mesty, bikin app yg tentunya sangat bermanfaat buat ibu2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku tau dr. Mesty, model kayaknya ya wkwkk

      Delete
    2. @Rossa : Wah aku kurang tau beliau artis atau model, pokoknya sempat terjun ke dunia entertaint juga gitu

      Delete
  11. Makasih rekomendasi aplikasi nya mbak Meta, nanti aku cari di play store aplikasi Tentang Anak dan Asian Parent, sepertinya cukup bagus untuk melihat perkembangan anak.

    ReplyDelete
  12. Apps seperti ini memang sangat membantu ya kak, apalagi newmom yg blm berpengalaman, pasti jadi dimudahkan banget

    ReplyDelete
  13. Lengkap sekali isi dalam aplikasinya The Asian Parent ini, membantu banget para ibu2 muda dalam mempersiapkan kehamilan sampai kelahiran ya mba

    ReplyDelete
  14. Wahhh seneng ya jadi mamak2 jaman now, teknologi udah semakin maju, mempermudah dalam banyak hal, semangat selalu kak

    ReplyDelete
  15. Kemajuan teknologi idealnya memang memudahkan hidup seperti ini. Hanya saja, sebagian emak milenial ada yang tidak memanfaatkannya dg baik. Dunia dalam genggamn, tapi yg digenggam malah yg bukan2. Hahahaha ...

    ReplyDelete
  16. Menjadi seorang ibu saat ini rasanya mewah, termanjakan oleh segala fasilitas yang ada di dalam genggaman.
    Apps Tentang Anak dan Asian Parent keliatannya keren dan sangat memfasilitasi.

    ReplyDelete
  17. Kakak saya juga pakai aplikasi buat pantau tumbuh kembang anak seperti ini, tapi saya kurang tau aplikasinya apa, kadang dia share milestonenya di WA, tapi ga kelihatan pakai aplikasi apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga share milestone di WA kalau lagi pengen wkwkk

      Delete
  18. Jujurly aku baru tau ada aplikasi kaya beginian hahaha kudet bgt atau emang karna belum butuh jadi ga update banget hahhaa

    ReplyDelete
  19. Sekarang saya tuh cuman ada The Asian Parent di HP, itupun kadang dibuka beberapa hari atau minggu sekali.
    tapi dulu waktu hamil dan si Adik masih kecilsaya bahkan punya beberapa aplikasi tumbuh kembang anak di HP hehehe.
    Memang penting sih buat memantau tumbuh kembang anak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mata melek aku langsung buka The Asian Parent mbak, ga mau melewatkan tumbuh kembang anak wkwkkw

      Delete
  20. Nggak nyangka kalo sekarang ada banyak aplikasi yang seperti ini. Jadi lebih memudahkan orang tua juga nih.

    ReplyDelete
  21. Waaah, skrg ternyata banyak aplikasi seperti itu ya mbak. Aku baru tahu. Ini bisa disampaikan ke istri. Nanti...
    (Ketika udah punya istri 🤣🤣😭)

    ReplyDelete
  22. Banyak yg bilang Teman bumil ini bagus ya mba? Kalau Tentang Anak ini aku blm pernah nyoba karena emang batu sih ya.
    The Asian Parent sendiri sampai sekarang masih kugunakan mba, untuk memantau tumbuh kembang anak juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentang anak juga bagus mbak, kalau teman bumil kurang lengkap aja fiturnya mbak, tp appnya juga ringan

      Delete
  23. aku baru tau mbak kalau udah banyak aplikasi buat tumbuh kembang anak :D

    ReplyDelete
  24. kereen.. thanks for sharing mba ursula.. berguna banget buat mamak-mamak millenial macem kita ya.. hehehe.. btw, aku baru pernah pakai the asian parents aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asia Parents emang yg paling aku rekomendasikan mba, meskipun ga sesempurna yg diharapkan juga hihihi

      Delete
  25. Jujurnya ga ada pake samasekali mbaa 😅... Selama ini aku dibantu Ama babysitter Dr sejak anak2 lahir Ampe skr. Kalopun cari informasi tertentu, aku biasanya langsung chat ke dokter anakku 😅.

    Tapi memang skr ini makin mudah segalanya Krn aplikasi semakin banyak, yg bisa mempermudah hidup dan bantu tracking segala ya mba. Cocok sih buat ibu2 muda trutama di masa sekarang yg memang ingin lebih fokus merawat anaknya. 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagian mbak Fanny anaknya udah agak gede mbak, mungkin jaman mbak Fanny lahiran dulu aplikasi kaya gini belum ada hihihi, ini cocoknya buat new mom soalnya, apalagi mbak kan punya DSA pribadi, itu udah lebih membantu pastinya.

      Delete
  26. Wah banyak banget ya dulu aku pas hamil doang pake aplikasi kalo sekarang kms online tapi di browser sih hahaha lebih sering ngecek diskon belanja tapi ups

    ReplyDelete
  27. pas baca ini jadi keinget sama buku Posyandu waktu aku kecil dulu
    duh lupa namanya, pokok kalau ke posyandu, buku ini selalu dibawa para ibu ibu untuk memantau perkembangan si bayi/balita

    zaman sekarang makin praktis ya, semua serba teknologi, mau nyari informasi soal bayi umur berapapun pasti ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu buku KMS mbak, yang warna pink kan? sampe skrg masih dipake juga buku itu mbak, ada versi terbarunya juga thn 2020, warnanya tetep pink hhahaa

      Delete
  28. Aplikasi yang bagus nih patut dicoba ya

    ReplyDelete
  29. bagus ada aplikasi begini. segalanya ada di hujung jari

    ReplyDelete