Persalinan Normal di Rumah Sakit dengan BPJS, Gratis atau Bayar?

By Ursula Meta Rosarini - 8:00 am

23 Juli 2020





Hy guys, how are you?
Welcome to my blog!

Sejak mengetahui kalau positif hamil, aku memang berencana akan menggunakan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) untuk check up kandungan setiap bulan dan bersalin Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara (Faskes BPJSku). Aku memang sudah senyaman itu di Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading, jadi walaupun aku sudah pindah rumah ke Bekasi, aku tetap nggak mau pindah faskes (karena aku kerja di daerah Kelapa Gading).


Cek Kandungan Bulanan, Cek Darah & Ultrasonography (USG)

Setiap bulannya aku check up kandungan di Puskesmas dan selalu gratis, termasuk 2 kali cek darah. Kalau nggak salah, ada 1 jenis pemeriksaan yang nggak ditanggung BPJS, kalau nggak salah pemeriksaan fungsi hati dan aku diminta membayar sebesar ± Rp 30.000.- 

Untuk cek kandungan sendiri rutin satu kali setiap bulan sampai usia kandungan 7 bulan. Dua minggu sekali saat usia kandungan 7 - 8 bulan. Satu minggu sekali saat usia kandungan 9 bulan. Sayangnya saat usia kandunganku memasuki 8 bulan, sudah pandemi Covid-19, jadi ibu hamil tanpa keluhan nggak dilayani cek kandungan, kecuali ada keluhan, tapi untuk layanan persalinan tetap buka 24 jam ya. Dokter praktek pribadi tutup semua, jadi beberapa minggu aku nggak cek kandungan dan nggak USG.


Jika terdapat indikasi gawat janin atau ada masalah kandungan, pemeriksaan USG juga ditanggung oleh BPJS (di Puskesmas / RS) tentunya dengan mengikuti prosedur yang telah di tentukanPuji Tuhan kandunganku selalu dalam keadaan baik, jadi USG untuk sekedar mengintip keadaan dede bayi nggak ditanggung BPJS, setiap bulannya aku melakukan pemeriksaan USG di dokter.

Sebenarnya BPJS menanggung hampir semua penangangan kesehatan, tetapi pasti ada prosedur dan ketentuan yang diterapkan, jadi kita harus memahami prosedur dan ketentuan tersebut apabila ingin menggunakan BPJS.

Saat kandunganku memasuki usia 7 bulan, bidan di Puskesmas memberitahuku dokumen-dokumen yang harus disiapkan untuk persalinan di Puskesmas dengan layanan BPJS, juga perlengkapan ibu dan bayi yang harus disiapkan. Berikut daftarnya.




Persalinan

Memasuki usia 39 minggu, aku merasakan tanda-tanda melahirkan, aku dan keluargaku bergegas menuju Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading lengkap dengan 2 tas besar yang berisi perlengkapan ibu & bayi juga semua dokumen yang dibutuhkan untuk persalinan.

Singkat cerita, setelah hampir 13 jam di Puskesmas, ternyata kondisiku nggak memungkinkan untuk melahirkan di Puskesmas karna Detak Jantung Janin yang nggak normal (terlalu cepat), jadi aku di rujuk ke Rumah Sakit Kartika Pulomas, Jakarta Timur. Aku sendiri yang memilih rumah sakit ini, karena lokasinya cukup dekat, dulunya RS bersalin, di sana nggak menerima pasien yang positif Covid-19 dan yg paling penting RS tersebut menerima pasien BPJS.

Bidan dari Puskesmas mengantarku sampai RS dan sesampainya di RS aku diterima dengan baik oleh tenaga medis di sana. Hampir 5 jam di RS, Puji Tuhan aku bisa melahirkan secara normal.


Aku melahirkan hari Sabtu, 18 April 2020 pukul 23.35 WIB dan pada tanggal 20 April 2020 sore aku sudah diperbolehkan pulang. Selama Di RS, kondisiku dan bayiku dalam keadaan baik dan normal semua. Akupun pulang tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Nggak ada batasan untuk layanan ini, jadi peserta BPJS bisa menggunakan layanan ini setiap kali hamil dan melahirkan.


BPJS Bayi

Jadi, selama aku di RS ada ± 10 ibu yang melahirkan. Salah satu diantaranya, bayinya memiliki berat badan 2.4 kg, aturan di RS tersebut jika BB bayi di bawah 2.5 kg, harus di rawat dalam inkubator meskipun bayi dalam keadaan sehat dan normal. Ternyata, bayi dengan perawatan, pelayanan dan sumber daya khusus nggak ditanggung BPJS lho. Jadi kalau nggak mau bayar biaya inkubator, si bayi harus segera dibuatkan BPJS sebelum pulang dari RS.

Loh memangnya bisa membuat BPJS untuk bayi baru lahir? Bisa dong. Aku langsung menghubungi bagian HRD kantorku untuk membuatkan BPJS untuk anakku, syaratnya hanya Surat Keterangan Lahir dari RS, FC KTP Ibu & BPJS Ibu, nggak sampe 2 jam, BPJS anakku pun jadi, meskipun anakku belum membutuhkan BPJS saat itu.


Jika kalian peserta BPJS mandiri, boleh minta tolong ayahnya si bayi buat segera ngurus BPJSnya. Kalau ini syaratnya apa aja aku kurang tau, tapi kurang lebihnya sama.

Cek Jahitan Pasca Melahirkan

Satu minggu setelah pulang dari RS, aku kembali ke RS tersebut untuk mengontrol kondisi jahitan perineum pasca melahirkan dengan dokter obgyn. Singkat cerita, jahitannya lepas, sehingga aku harus bolak-balik ke Puskesmas dan RS untuk mengontrol kondisi jahitan. Semuanya gratis. Memang ada beberapa obat yang nggak ditanggung BPJS dan harga obatnya nggak murah, karena dokterku memang memberi obat yang bagus dan mahal.

Untuk mendapatkan layanan ini, kita harus menjadi peserta aktif BPJS dan membayar iuran kepesertaannya setiap bulan.

Nah, gimana kira-kira udah ada gambaran belum, gimana prosedur dan persyaratannya kalau mau melahirkan dengan BPJS? Mudah kan?. Selama menggunakan BPJS aku nggak pernah merasa dipersulit ataupun dibedakan dengan pasien non BPJS, pelayanannya sama. Lucky me, senyaman itu aku pakai BPJS.

Selanjutnya mungkin aku akan share proses persalinan normal dan permasalahan jahitan perineum di postingan berikutnya, jadi sering-sering mampir ke blogku ya. Thank you for reading, see you on my next post.


  • Share:

You Might Also Like

101 comments

  1. Syukurlah bisa normal juga ya beb, sehat baby nya dan cepat pulih biar rajin update terus. Dulu aku baby blues dan untungnya bisa ngeblog jado happy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puji Tuhan aku ga baby blues sama sekali beb, aku malah sibuk ngurusin luka jahitan waktu abis lahiran hahahaa

      Delete
  2. selamat ya kak
    atas kelahirannya

    ReplyDelete
  3. Kalau misal mau melahirakan normal di rs tp ga pake rujukan gitu bisa full cover bpjs ga beb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bisa beb, kalau lahiran normal di RS atas kemauan sendiri itu ga dicover bpjs, hrs dpt rujukan dr faskes 1

      Delete
  4. Congrats ya mbak, babyna ganteng banget, pasti papanya ganteng juga ya.
    Btw kalau pake bpjs mandiri, trs lahirannya pas weekend atau tgl merah atau high season gitu yg intinya kantor bpjs tutup bisa bikin online ga mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. BPJS mandiri sepertinya ga bisa online mas, hrs dtg ke kantor, kalau mau well prepared ya bikin BPJS bayinya sebelum lahiran aja, itu udah paling aman hehee

      Delete
  5. informasi penting nih, jadi kalau mau ditanggung bpjs kudu lahiran normal ya & bb bayi lbh dr 2.5kg ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi tp kebijakan tiap RS beda ci, Lasti di RSUD Cengkareng bb bayi dibawah 2.5 ga di inkubator

      Delete
  6. Wawww selamat ya kak atas kelahiran buah hatinya, stay safe ya kak. senengnya bisa lahiran normal, gratis pula, bpjs emang membantu banget ya kak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, mksh beb. Iya bener, terbantu bgt sm bpjs wkwkwkk

      Delete
  7. Selamat ya mbak udah lahiran, sehat & selamat semua. Lumayan banget ya kalau bisa gratis kaya gini jd bisa mangkas budget lahiran hehehe

    ReplyDelete
  8. Selamat untuk kelahiran putra pertamanya, kak Ursula.
    Semoga sehat selalu.

    Post ini bisa menjawab pertanyaan banyak orang kalau beaya melahirkan ternyata dapat ditanggung bpjs.

    ReplyDelete
  9. Kalau bisa sih sewaktu di kandungan memang harus dibuatkan dulu kartu BPJSnya dengan nama bayi nyonya A. Jadi pas bayi lahir sudah tidak pikiran lagi dengan tagihan diluar tanggungan. Semuanya ditanggung. Tinggal iurannya aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bnr mas, tp byk orang yg enggan bikin bpjs waktu hamil, termasuk aku hahahaha

      Delete
  10. Selamat ya saayy, udah ganti status jadi busui :*
    Sehat selalu bersama dedek bayi gemesss..

    Btw gagal fokus diriku, bahkan lahiran bare face pun, Meta tetep syantieekk :)
    Syukurlah semua lancar ya say, yang paling kepikiran tuh melahirkan di masa pandemi ini.

    Oh yam btw itu ke puskesmas nggak di suruh rapid test dulu kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you mami.
      Waktu itu pandemi belum separah sekarang mam, jd ga diminta rapid tes segala hahaha

      Delete
  11. Mbak Metaaa, bebinya kyuuuut bangeett. Syukurlah, walau pun lahiran dimasa horrible pandemic covid, mami n bebi sehat, lahiran lancar, dan ga bermasalah dengan BPJS, semua ter-cover.

    ReplyDelete
  12. OMG Babynya ganteng banget uwuwuuuu, congrats ya kak. Happy breastfeeding kak

    ReplyDelete
  13. Selamat beb, akhirnya launching juga debaynya, wlpn lahirnya pas covid kaya gini, untung pilih RSnya yg g ada pasien covid ya beb, ngeri banget soalnya kalau di RS ada pasien yg positif covid

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong, aku udah pertimbangankan byk hal sebelum pilih RS beb hihihi

      Delete
  14. O baru tau kalau bayi ga sepenuhnya di cover bpjs, kirain apapun kondisi bayinya ikutan di cover bpjs ibunya sekalian hehehe, anw congrats ya kak, be a happy mom!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi harus paham ya S&Knya BPJS wkwkwk, anw thank you beb

      Delete
  15. Alhamdulillah lancar semuanya ya mbak. Selamat ya mbak sudah punya anak.

    BPJS kesehatan memang bisa diandalkan untuk masalah kesehatan seperti ibu hamil dan juga melahirkan. Ternyata kalo pakai inkubator tidak dicover BPJS ya.

    ReplyDelete
  16. Sungguh luar biasa
    Kalau pengalaman yang saya peroleh, saat hamil anak juga bisa dibuatkan atau dimasukan ke BPJS Kesehatan ,sehingga lebih hemat waktu daripada saat melahirkan.
    Intinya punya asuransi kesehatan itu penting. Bagi yang belum punya, segera buat ya
    Temanya hampir sama dengan artikel baru di blog omkoodok :D
    Sekalian promosi :D
    Selamat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih om, iya bnr om kalau mau well prepare bikin BPJSnya saat hamil, tp aku males hahahha

      Delete
  17. Selamat mbak,
    BPJS membantu keluargaku sekali, jadi ingat tahun 2019 keluarga kami ada yang harus operasi dan semua dibiayai BPJS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas, iya bnr mas, terbantu bgt sama BPJS

      Delete
  18. sangat bermanfaat banget.

    istriku ahirkan cesar

    ReplyDelete
  19. Selamat ya mbak ursula. Dedek bayinya lucu banget😍. Semoga tumbuh jadi anak yang baik dan berbakti sama orangtuanya. Kalau pakai BPJS desa bisa gratis juga nggak ya... Atau harus BPJS yang bayar sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, makasih mbak. BPJS desa itu maksudnya gmn mbak? yg penting kartunya BPJS tau KIS mbak, sama aja

      Delete
  20. semoga selalu diberikan kesehatan untuk semuanya

    ReplyDelete
  21. Wuiih ternyata bersalin normal pake BPJS dicover semua ya kak. Makasih infonya. Mana dede bayi langsung bisa bikin kartu bpjs juga ya, tinggal menghubungi ke HRD (kalo yang bukan mandiri). Makasih infonya
    .
    Gemesh liat dede bayinya.

    ReplyDelete
  22. Halooo mbakkkk

    Ya Allahh lama banget deh gw gak main di sini....

    Selamat ya mbak buat kelahiran bayinya...

    Bini gw nih, November mau melahirkan. Gw juga mau pake BPJS, biar gratis, wkwkwkwk. Semoga kelahirannya lancar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas.
      Wahh senengnya, semoga istri mas sehat trs ya, lancar persalinannya, sehat & selamat semua. Jgn lupa pake BPJS biar gratis hihihi

      Delete
  23. Selamat datang di dunia peribumudaan mba meta hihi
    Aku 2 kali lahiran ga pakai bpjs kabeh, sebab bpjsku ambilnya kelas 3, jadi aku udah ngebayangin ntar nginap 5 harian di kelas 3 dengan kondisi abis sc aku nda sanggup, akhirnya aku pakai jalur pribadi aja hihi, untung dicover kantor pak su, kalau nda ya musmet palaku hehe... lumayan jadinya aku nombok dikit

    Alhamdulilah proses lahiran dikau lantjar jaya ya hihi, walau si dedek musti nginep bentar di inkubator, dan memang benar bisa segera dibuatkan bpjs untuk si dedek yang belum ada namanya ini

    #postingannya bermanfaat mba meta
    Sehat sehat ya untukmu dan si beby ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau dicover kantor mah enak beb, kalau kantorku cover full aku juga ga bakal pake BPJS hihihi, ga beb, bukan bayiku yg di inkubator, bayinya ibu lain yg lahiran bareng aku di RS. Anw makasih ya beb

      Delete
  24. Kalau BPJS ketenagakerjaan itu gak bisa dipakai ya? dari kantor dapatnya BPJS itu, kartunya gak sama dengan yang ada diatas.

    ReplyDelete
  25. Aku setuju kalau BPJS sebenarnya menanggung hampir semua penanganan kesehatan, tapi tetap ada prosedur yang harus dilalui. Kalau ingin mendapatkan fasilitas, penanganan, atau obat yang lebih baik cukup menambah biaya saja.

    Tapi, masyarakat Indonesia, khususnya yang menengah ke bawah rata-rata mengaku tidak mendapatkan biaya gratis yang disampaikan oleh BPJS. Hal ini dikarenakan mereka nggak tau harus gimana, giliran dikasih prosedur, katanya prosedurnya ribet. Eh... tapi kan prosedur memang ada agar jelas BPJS-nya.

    Barangkali harus ada pekerja lepas bagian mengurus prosedur BPJS. Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bnr bgt mbak, maap2 kata, orang2 kalangan menengah ke bawah itu bukanya ga dpt pelayanan gratis dr bpjs, tp memang benar adanya kebanyakan dr mereka yg ga mau ngurus prosedurnya, katanya ribet lah, dipersulit lah

      Delete
  26. Selamat atas kelahirannya,sehat selalu mamak cantik??? Dan buat dedeknya moga jadi anak yang cerdas, anak yang penurut, dan Sholeh tentunya.

    ReplyDelete
  27. Selamat datang ke dunia ini dede bayi, salam SemangatCiee dari onty bungsu, hehe..

    Kakak daku dua kali melahirkan juga pakai BPJS kesehatan, dan dua-duanya cesar. Alhamdulillah jadi terbantu dengan menjadi pesertanya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih onty bungsu. Wah kalau sc pake bpjs juga lebih terbantu bgt ya, secara biaya sc itu ga sedikit

      Delete
  28. waaaah akhirnya udah aktif nulis lagi ya mbak, sehat2 dede bayi sama ibunya yaaa.. memang selama ini aku juga pakai bpjs, mayan membantu banget apalagi aku yang sering keluar masuk RS, wkwkwk
    btw baru tahu mbak, bisa bikin bpjs buat bayik baru lahir, namanya masih pke nama ibunya ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin mksh mbak, iya nih nulisnya curi2 waktu aja hahahha. Hihihi iya mbak, soalnya bayi baru lahir kan blm punya akta & blm masuk ke KK jd pake nama ibunya dulu, nanti kalau surat2nya udh lengkap baru ganti pake nama si bayi sendiri

      Delete
  29. Selamat ya mbaa, sehat selalu buat dedek dan mbaknyaa...

    Alhamdulillah BPJS memudahkan banget ya mba. Sekarang jadi lebih baik kinerjanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, makasih banyak mbak.
      Iya mbak mudah2an malah jd lebih baik lg pelayanan BPJSnya ya hehehe

      Delete
  30. wah.. selamat atas kelahiran anaknya ya mbaaa.
    aku baru tau kalo normal bisa ditanggung bpjs juga ya? soale disalah satu RS deket rumahku, yang bisa ditanggung bpjs hanya lahiran caesar aja.

    oh ya, aku dulu juga gitu mba.. langsung buatkan bpjs saat anakku baru lahir. Alhamdulillah prosesnya cepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba. Oalah, kalau sengaja ke RS buat lahiran normal ga bisa pake bpjs mbak, kecuali rujukan dr faskes 1 kayak aku

      Delete
  31. mungkin semua ini rezeki baby... yang penting ibu dan baby sihat...

    ReplyDelete
  32. Baca ini, aku sampe lupa kalo punya BPJS kesehatan juga :D. Slama ini tetep dibayar tp jujur ga pernah dipake. Kantor yg urusin semua. Pas lahiran dulu aku pake limit lahiran asuransi dari kantor soalnya mba.

    Bagus juga yaa BPJS ini. Semuanya bisa gratis :). Mungkin sesekali kalo anakku sakit, mau coba deh berobat pake bpjs, ga asuransi kantor Mulu :D. Pgn tau aja seperti apa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh seneng malah mba kalau ada asuransi dari kantor hehehe. Iya dicoba aja mba pake BPJS, biar tau aja rasanya ky apa, tp mudah2an mbak & keluarga sehat trs ya mbak, ga enak sakit hihihi

      Delete
  33. Alhamdulillah selamat atas kelahirannya ya Mbak, dan makasih juga sharingnya,,,

    ReplyDelete
  34. Selamat mb atas kelahirannya, semoga dede bayi selalu sehat dan mb Meta cepat pulih seperti sediakala.

    Btw dengan BPJS emang banyak biaya yang tercover

    ReplyDelete
  35. Selamat untuk kelahiran anaknya

    ReplyDelete
  36. Selamat ya mbak meta atas kelahirannya. Sehat-sehat selalu untuk ibu dan si bayi yaa. Ternyata bpjs memang membantu sekali yaah, aku baru tahu bayi sudah bisa terdaftar dalam bpjs.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, makasih mb.nana, iya mba terbantu bgt sm bpjs

      Delete
  37. Soal pelayanan BPJS ini memang balik lagi ke individu petugasnya mbak. Saya satu RS tapi beda poli, dua duanya pakai BPJS perlakuannya bisa beda, hohoho. Selamat ya mbak atas kelahirannya. Makasih juga ulasannya karena saya dulu operasi sih lahirannya, siapa tahu nanti berikutnya bisa normal ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak, iya mbak, kalau beda poli juga mungkin beda kan jenis pelayanan yg dicover mbak, jd pelayanannya ya udah pasti beda hihihi.
      Amin, semangat ya mbak buat lahiran normal

      Delete
  38. wah selamat ya atas kelahiran anaknya, kirim salam dari saya untuk anaknya ya, salam kawan lama dan maaf dah lama ngak silaturahmi hehehe.

    ReplyDelete
  39. Selamat atas kelahirannya ya mbak, alhamdulillah hampir ditanggung semua ya oleh BPJS

    ReplyDelete
  40. selamat yaa atas kelahiran bayinya.. semoga sehat selalu ibu dan bayinya.. dalam banyak hal, BPJS emang membantu bgt sih, aku pun udah menggunakannya beberapa kali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, terima kasih mas.
      Iya mas, membantu bgt emang pake BPJS

      Delete
  41. Mba Meta, waaah sudah lama nggak berkunjung ke blog mba. Ternyata le~baby sudah lahir ya, selamat mba. Semoga baby bisa tumbuh sehat dan ceria :D sehat-sehat selalu untuk mba <3

    Bicara soal BPJS, saya merasa sebetulnya BPJS sangat membantu meski belum pernah menggunakannya untuk personal, tapi menurut penuturan kenalan saya yang sudah pakai berobat, BPJS memang bagus mba. Senang rasanya baca tulisan ini, semoga ke depannya semakin banyak yang bisa terbantu dengan kehadiran BPJS di Indonesia <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin amin, makasih mbak Eno.

      Iya mbak, semoga kedepannya pelayanan BPJS lebih baik, mengcover lebih banyak dan iurannya juga tetap bisa dijangkau oleh semua kalangan amin

      Delete
  42. Sudah lama aku nggak berkunjung ke blog mba Meta. Selamat ya mba. Sehat-sehat untuk mba Meta dan keluarga. Syukur ya bisa melahirkan normal. Sekarang pelayanan BPJS semakin membaik. Semoga semakin banyak keluarga yang terbantu dengan BPJS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya mbak. Iya mbak, kalau aku pribadi sih puas banget sama pelayanan BPJS mbak, klo antrinya lama aku maklum bgt, namanya jg gratis kan hehehe

      Delete
  43. Selamat atas kelahiran bayinya, ya Mbak. Wah, ternyata BPJS beneran bisa dipakai ya. Salut untuk pelayanannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak, iya beneran dong mbak bisa pake BPJS hehehe

      Delete
  44. Selamat berumur 2 bulan untuk bayi Kak Ursula :D

    Btw, aku baru tahu kalau BPJS bisa digunakan untuk menanggung biaya lahiran, bahkan dari masa-masa kontrol juga udah bebas biaya ya. Wow, benar-benar bersyukur sekali dengan adanya BPJS ini! Semoga keberadaan BPJS ini bisa berumur panjang agar banyak masyarakat yang bisa mendapat pelayanan kesehatan yang layak :D
    Terima kasih atas sharingnya, Kak Ursula! <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anakku udah 5 bulan skrg mbak hehehhe, kan lahiran April.

      Iya BPJS menanggung hampir semua yg aku butuhkan mbak, mudah2an semakin kedepan pelayanannya semakin baik

      Delete
  45. Saya juga pasien rujukan ke rs. Kartika pulomas tetapi faskes pertama dari klinik bukan dari puskes, apa lahiran normal tetap gratis juga kak

    ReplyDelete
  46. Info yang sangat berharga sekali, mbak Ursula. Saya sendiri juga sedang menantikan momongan, jadi ini topik yang cukup related sih. Salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mas, semoga persalinan istrinya lancar ya mas, sehat2 semuanya

      Delete
  47. Salam kenal, untuk ambil nomor antrian saat cek kandungan di puskesmas kelapa gading apakah mesti pagi-pagi banget spt antri periksa gigi? Biasanya nunggu berapa lama mba dari antri sampai dipanggil?. Saya mau cek disitu jd pengen tau, sebab sy tinggalin 2 anak di rumah.
    Terimakasih ya sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau poli gigi dibatasin cuma 30 pasien per hari jadi musti pagi2 buta antrinya. Saya biasa ambil antrian jam 7 mbak, tp bidannya baru mulai manggilin pasien jam 8.30 kadang lebih

      Delete
  48. Halo kak, mau tanya utk pilihan rs rujukan yg diminta berarti boleh ya ga harus sama jakarta utara sesuai area faskes 1 nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu boleh kak, tp pihak puskes harus telp dulu ke RS, kalau disetujui sama RSnya baru dirujuk.

      Tapi kalau pilih RS yang sesuai area faskes 1, ga perlu telp dulu, bisa langsung rujuk kesana tanpa nunggu persetujuan RS ybs

      Delete
  49. Hi Mba ijin tanya, untuk prosedur rujukan jika dimulai di TM II apakah diperbolehkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, ika terdapat indikasi gawat janin atau ada masalah kandungan. Selama semuanya normal hanya bisa di faskes 1 kak.

      Delete