Cara Alami Membuat Masker Kopi

By Ursula Meta Rosarini - 8:00 am

26 Maret 2018




Hy girls, how are you?
Welcome to my blog.

Apa sih yang terlintas di benak kalian kalau dengar kata kopi? kenangan bersama mantan? teman lembur? minuman? hitam? atau mungkin pahit?. Ya, mungkin aja kita lebih familiar dengan kata-kata itu kalau kita mendengar kata kopi, tapi selain dinikmati dengan cara diminum, kopi yang hitam dan pahit ini juga bisa digunakan sebagai masker wajah yang sangat mudah dalam pembuatannya lho. Kafein yang merupakan salah satu kandungan dalam kopi memiliki banyak manfaat untuk kulit. 

Sebelum mengaplikasikan kopi sebagai masker wajah, yuk kita cari tahu dulu, apa sih manfaatnya bagi wajah kita.
√ Mengangkat sel kulit mati
√ Menghilangkan noda hitam, komedo dan bekas jerawat
√ Mengontrol minyak berlebih
√ Melembabkan kulit
√ Melembutkan dan menghaluskan kulit
√ Mencerahkan kulit yang kusam
√ Mengencangkan kulit

Setelah mengetahui apa aja manfaat maskeran menggunakan kopi, sekarang yuk kita buat masker sederhana yang pastinya dengan bahan-bahan alami yang aman, mudah dapatkan dan pastinya harganya terjangkau banget kok.





1. Kopi dan Madu

Semua orang pastinya udah tau dong ya manfaat baik madu, selain untuk kesehatan tubuh, madu juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Menyampurkan bubuk kopi hitam dan madu berkhasiat untuk mengatasi wajah yang kering dan membuat wajah lebih kencang juga mencegah penuaan dini sehingga kita terlihat lebih awet muda loh girls. Aku juga selalu mengoleskan madu di bibir biar bibir nggak kering.

Cara membuat membuat dan memakainya:
1. Campurkan bubuk kopi hitam dan madu secukupnya
2. Aduk kedua bahan sampai kental
3. Oleskan masker ke wajah dengan  kuas wajah, diamkan 20-30 menit
4. Bilas dengan air dingin




2. Kopi dan Gula

Siapa sih yang nggak kenal gula pasir? benda manis semanis penulis blog ini mudah banget ditemui, bahkan hampir setiap hari kita mengonsumsinya. Campuran bubuk kopi dan gula pasir dapat meratakan tekstur wajah kita girls.

Cara membuat membuat dan memakainya:
1. Campurkan bubuk kopi dan gula secukupnya
2. Tambahkan air secukupnya / sampai kental
3. Aduk bahan sampai rata
4. Oleskan masker ke wajah dengan kuas wajah atau tangan, diamkan 20 menit
5. Bilas dengan air dingin





3. Kopi dan Lemon

Siapa yang suka minum infused water dengan campuran lemon? Aku suka banget. Yuk sesekali pakai lemonmu untuk maskeran. Kandungan vitamin C pada lemon bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan membunuh kuman penyebab jerawat. 

Selain itu campuran bubuk kopi dan lemon sangat cocok untuk wajah yang berminyak, karena kandungan sifat asamnya dapat mengontrol kandungan minyak di wajah, dimana minyak inilah yang menyebabkan jerawat. 

Nggak usah kuatir kalau nggak ada lemon girls, diganti pakai jeruk nipis juga bisa kok. Tapi kalau kalian memiliki banyak jerawat baru di wajah, aku nggak saranin memakai campuran lemon ataupun jeruk nipis karena bisa menimbulkan efek perih di wajah.

Cara membuat membuat dan memakainya:
1. Campurkan bubuk kopi dan perasan lemon secukupnya
2. Tambahkan air jika masih terlalu kental
3. Aduk bahan sampai rata
4. Oleskan masker ke wajah dengan ujung jari, diamkan 20-30 menit
5. Bilas dengan air dingin





4. Kopi dan Yogurt Tawar

Yogurt adalah makanan olahan yang bermanfaat untuk sistem percernaan, tapi yogurt juga bermanfaat untuk menyegarkan kulit  wajah, karena asam hidroksi alpha yang terkandung dalam yogurt dapat membantu proses pengelupasan sel kulit mati sehingga wajah terlihat lebih segar.

Cara membuat membuat dan memakainya:
1. Campurkan bubuk kopi dan yogurt tawar secukupnya
2. Aduk kedua bahan sampai rata
3. Oleskan masker ke wajah dengan kuas wajah, diamkan 20 menit
4. Bilas dengan air dingin



5. Kopi dan Susu

Please jangan mbayangin segelas kopi susu panas yang nikmat untuk disruput sambil baca buku dikala hujan turun hahaha. Selain nikmat untuk disruput campuran bubuk kopi dan susu murni juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati sehingga bisa mencerahkan dan membuat kulit wajah terlihat lebih segar loh, jadi gimana, mau tetap disruput atau buat maskeran?

Cara membuat membuat dan memakainya:
1. Campurkan kopi dan susu murni secukupnya
2. Aduk bahan sampai kental
3. Oleskan masker ke wajah dengan kuas wajah, diamkan 20 menit
4. Pijat perlahan dan bilas dengan air dingin


6. Kopi dan Putih Telur

Putih telur tentunya udah terkenal banget di dunia per maskeran dong ya girls? Selain punya banyak manfaat bagi tubuh karena kandungan proteinnya, telur juga punya banyak manfaat untuk kecantikan seperti melembutkan kulit wajah, menghilangkan komedo, mengencangkan kulit, menyamarkan noda hitam dan menyamarkan mata panda.

Cara membuat membuat dan memakainya:
1. Campurkan secukupnya bubuk kopi dan putih telur (1 butir telur ambil putihnya aja)
2. Aduk kedua bahan sampai kental
3. Oleskan masker ke wajah dengan kuas wajah, diamkan 15 menit
4. Bilas dengan air dingin


Kalau kalian anak kost seperti aku atau yang merasa sulit untuk mencapatkan bahan-bahan campuran seperti di atas, nggak perlu khawatir girls, bubuk kopi dan air aja bisa kok buat maskeran.

Nah gimana girls, mudah kan buatnya? selain bahan-bahannya mudah didapat, harganya juga terjangkau banget kan? nggak bikin kantong bolong pokoknya. Yuk jaga kesehatan kulit wajah kita dengan bahan-bahan alami, selamat mencoba ya girls.


Catatan:
  • Bubuk kopi bisa dari bubuk kopi kemasan yang dijual di minimarket, tapi aku selalu pakai biji kopi murni dan grinding sendiri.
  • Takaran yang biasa aku pakai 1-2 sdm bubuk kopi, dan bahan campurannya menyesuaikan tekstur atau kekentalan yang diinginkan.
  • Pastikan wajah dalam keadaan bersih sebelum menggunakan masker.
  • Hindari penggunaan di area mata dan bibir.
  • Masker dengan bahan-bahan alami nggak memberikan hasil secara instan ya girls, gunakan masker secara rutin (1-2 kali seminggu) untuk hasil yang maksimal.
  • Meskipun menggunakan bahan alami, efek samping tetap ada bagi yang memiliki kulit sensitif ataupun memiliki alergi.
  • Untuk menghindari efek samping kalian bisa mencobanya terlebih dahulu pada bagian belakang telinga, kalau nggak memerah ataupun gatal itu artinya kalian nggak punya alergi dari bahan-bahan tersebut.
  • Masker ini nggak cuma buat perempuan aja kok, tapi juga bisa kaum adam, aku biasa maskeran bareng sama pacarku hehe.
  • Aku udah coba semua resep masker ini, dan semuanya cocok di wajahku (tipe wajahku oily), tapi perlu diperhatikan bahwa semua yang cocok di wajahku belum tentu cocok di wajah kalian, begitu juga sebaliknya ya girls.
Masker kopi + madu


Postingan ini merupakan bagian dari BEAUTY POST COLLABORATION yang diselenggaran oleh Komunitas Beauty Blogger & Vlogger. Liat juga yuk resep masker lainnya dari Puspa Anggita, biar semakin banyak referensi kalau mau buat masker sendiri.  




Kalau kalian punya resep lain untuk DIY masker, yuk tulis komentar di kolom komentar. Thanks for reading, see you on my next post.


  • Share:

You Might Also Like

72 comments

  1. Kalau dengar kata kopi, saya jadi ingat kenangan tentang saya dan secangkir kopi waktu ngejar deadline XD biasanya kalau bikin masker kopi, cuma dicampur madu aja, jadi scrub <3 baru tahu ternyata bisa dicampur dengan yogurt juga! Kebetulan di rumah ada yogurt tawar, jadi pingin coba :) Thanks for sharing ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga sering scrub kopi & madu mbak heheheh

      Delete
  2. Wah ternyata praktis juga ya bahan2nya, ak biasa maskeran pake putih telor nd tissue aja say, suka binggow sama masker putih telor, ternyata bisa dicampurin kopi juga, mayan bokap selalu nyetok bubuk kopi haha

    xoxo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahha, aku jug seneng maskeran putih telur & tissue hihihi

      Delete
  3. Kopi itu sama kayak mantan mbak, banyak kenangan. Termasuk kenangan maskeran bareng sama mantan. ha ha ha

    ReplyDelete
  4. Saya suka ngopi, baca artikel ini saya jadi tertarik utk maskeran sambil ngopi... :) Wajah jadi halus, tengorokan jadi plong...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh, bener2 kang, aku malah ga kepikiran kaya gitu, mantap, aku jd terinspirasi nih ngopi sambil maskeran hihihi makasih mas

      Delete
  5. waa ternyata kopi bisa jadi masker yaaa.. aku baru tau loh kakak meta cantik.. maulah nanti dicoba, kebetulan di rumah ada madu dan kopi nih hhehee.. makasih kak meta

    ReplyDelete
  6. Woaaa cakep banget materi dan foto nya😍😍 btw kak saya udah lama ga maskeran huhu komedo kayaknya udah banyak lagi nih, makasih tipsnya ya kalo sempet nanti busui coba hahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you busuy cantik, mayan loh bisa sekalian me time kalau baby G bobok hehehe

      Delete
  7. waah, makasih infonya met buat cara bikin masker dengan bahan yang mudah didapat.

    ReplyDelete
  8. Kopi + virgin coconut oil + minyak zaitun + gula juga bisa dijadikan scrub untuk badan loh, Kak ;)

    ayumiska.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya tah bisa buat scrub badan? wahhh pasti aku coba, makasih infonya mbak

      Delete
  9. Wow, ternyata ngga sulit bikin masker kopi. Pake bahan-bahan buat racikan kopi: gula dan susu bisa menghasilkan masker alami. Thanks for sharing, Ursula.

    ReplyDelete
  10. Aku juga suka banget dengan masker kopi ini, aromanya nenangin banget dan buat relaks ❤

    www.beautywithlitarianti.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. Suka banget sih sama kopi, tapi aku baru tau kalo kopi bisa buat masker juga.. jadi pengen coba langsung dirumah nih

    www.dsherlytha.com

    ReplyDelete
  12. Aku baru tahu nih kalau kopi bsa digunakan sebagai masker hhhe

    ReplyDelete
  13. kopinya mengandung gula gapapa ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setauku gpp mbak, kan gula bagus juga buat scrub, tapi kalo saranku sih kopi hitam tanpa campuran lebih baik mbak.

      Delete
  14. Waini. Udah sering baca ttg memanfaatkan kopi utk masker. Tapi blm yg menyediakan bnyk rasa macam ini hahaha.. Aku bookmark dulu ah. Bermanfaat sekali ini. Terimakasih sdh berbagi��

    ReplyDelete
  15. Baru tau kopi bisa dicampur yogurt untuk maskeran. Next time mau cobain.

    ReplyDelete
  16. Jadi pengen nyobain iniii...

    #anaknyagampangtergoda

    😂😂😂

    ReplyDelete
  17. Kopi luwak bisa ga, beb? Hahahaha 😂😂😂
    Gapunya kopi lagi selain luwak, kopi lain rasanya pait 😂

    runachoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh kalo ini kurang tau beb,
      Aku biasanya kopi item aja hihi

      Delete
  18. Campuran kopi + madu jadi favorit aku juga hehe ☕��

    ReplyDelete
  19. Waah aku suka banget deh sama masker kopi, aromanya juga bikin rileks

    ReplyDelete
  20. Wohooo mantap sekali resepnya say, jujur aja aku type orang yg males bgt bikin masker, sukanya yg praktis tinggal pakai, tp boros hahaha, FIX aku mau coba bikin masker sendiri nih xoxo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha, ember, praktis tp boros kak, klo ga cocok bisa iritasi wkwkwk

      Delete
  21. Mpo baru tahu kopi bisa dikominasikan denganapa saja ya buat maskean. tahunya cuma kopi tok doang tanpa di kasih apa apa. boleh juga tuh di coba

    ReplyDelete
  22. Baru tau kopi bisa dibikin masker, kebetulan banyak stok kopi item belum keminum di rumah. Kapan-kapan dicoba ah. Thanks tipsnya mbak ^^

    ReplyDelete
  23. Nice review, jadi tau banyak manfaat dari kopi. Pengen nyobain juga deh entar.

    Coolatmoshpeer.blogspot.com

    ReplyDelete
  24. aartikel yang bermanfaat. aku belom pernah sih mbak bikin masker kopi sendiri. Biasanya yang langsung jadi :3
    tapi kalo bikin sendiri gini lebih enak juga kali ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you, hihi iya mbak, kalau bikin sendiri bisa menyesuaikan kebutuhan atau bisa menyesuaikan bahan2 yg ada di rumah hehehe

      Delete
  25. bikinnya simpel ya mbak, tinggal konsistennya lagi

    ReplyDelete
  26. segera dicoba di rumah kebetulan banyak stock kopi heheheh

    ReplyDelete
  27. kalau aku lebih senang bubuk kopinya jangan yg halus mbak, yg di grind agak kasar, jadi pas di scrub lebih berasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesekali aku jg pakai bubuk yg agak kasar buat scrub hehhehe

      Delete
  28. aku pernah coba masker lokal dengan bahan kopi, enaaak banget... mungkin kalo bikin sendiri nggak beda jauh dengan yg kubeli kali ya, sekaligus irit hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya klo bikin sendiri bisa atur sendiri campurannya, lebih irit tentunya mbak hehhe

      Delete
  29. Keren, manfaat banget neh informasinya. Jadi nggak perlu keluar uang banyak lagi buat jajan masker wkwkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong jd g boros, bisa bikin sendir heheheh. Thank you

      Delete
  30. aku baru tau kopi bisa dipake buat masker.. biasanya coklat, coba ah :D

    ReplyDelete
  31. Omaigat kmrn tante aku bawa kopi bubuk byk dr kampung kak, aku bingung mo buat apa, oke fix mau buat maskeran aja kebetulan stok masker lg abis, tq ya resepnya kaka sayang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaah sip buat maskeran aja, simpan kopi kedap udara biar awet, selamat mencoba yah beb

      Delete
  32. Aku biasanya cuman pakai kopi aja nggak dicampur apa pun

    ReplyDelete
  33. Pas baca sampe yang terakhir, kopi dan putih telur, wah muka saya malah bisanya cuma dibersihkan dengan putih telur, haha... Nggak bisa masker beli. Nanti saya mau coba kalau dicampur bubuk kopi juga. Ternyata dari kopi siap pakai pun bisa juga ya, Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget mbak, selamat mencoba, mudah2an cocok ya

      Delete
  34. Pernah coba buat scrub komedo dan works. Isinya kopi mix madu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh good job, aku belum pernah nih nyoba buat scrub komedo hihi

      Delete
  35. wahh cara bikin maskernya gampang juga ya kak, yang penting tetap konsisten pasti hasilnya bakal bagus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang banget kok bikinnya, bahan2nya juga gampang hehehe

      Delete
  36. Aku skr LG pake masker kopi juga mbaaa :D. Tapi ditambah oat. Kebetulan di rumah ada oat dan aku ga suka rasanya, mnding dijadiin masker :D.

    Sukaaa memang wangi masker kopi ini, mungkin Krn kopi jg efeknya nenangin yaaa, jd pas di oles di muka, jd rileks. Tujuanku sih supaya ngurangin flek hitam.

    Cm memang kalo masker begini hrs rajin, dan aku jujurnya kdg suka lupa -_- .

    Eh btw mba, komen2 mu di blogku masuk kok semua. Tapi memang semua komen aku moderasi supaya ga ada spam:D. Dan aku buka blog seminggu sekali doang, hanya HR Selasa :D. Jd memang kalo blm muncul, artinya aku blm buka utk approve komennya hihihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, emang udah paling bener tuh mba memanfaatkan oat yg ga dimakan buat masker, sayang kalau kebuang hihihi

      oalah, aku ampe pusing loh mbak, kirain error hihihim syukurlah kalo masuk wkwkwk, soalnya g ada tulisan di moderasi sih, bbrp blog ada keterangannya soalnya wkwk

      Delete