Talkshow Blogger - Creative Writing for Blogging with Tinkerlust and Andra Alodita

By Ursula Meta Rosarini - 2:52 pm

24 Agustus 2017

Sumber : Tinkerlust

Anyone who stops learning is old, whether at twenty or eighty.  ~Henry Ford


Aku suka sekali dengan quote di atas, "Orang yang berhenti belajar adalah tua, baik dia berumur 20 ataupun 80", so aku suka banget ikutan acara yang bermanfaat, yang menambah pengetahuanku tentang hal-hal yang aku sukai tentunya. Nah, kali ini aku mau share pangalaman aku ikut acara "Creative Writing for Blogging with Andra Alodita". Sebagai seorang yang ngaku2 sebagai blogger (yang masih abal2) aku merasa harus banyak berlatih, manambah kosakata, memperbaiki tampilan blog ku dll. Bagiku, belajar otodidak saja tidak cukup, aku harus belajar dari para professional blogger, oleh karena itu aku suka sekali ikutan talkshow ataupun seminar tentang blog.

Creative Writing for Blogging with Andra Alodita ini diadakan oleh Tinkerlust (www.tinkerlust.com) bekerja sama dengan lifestyle blogger cantik Andra Alodita (www.alodita.comdan Wardah (www.wardahbeauty.com) sebagai media sponsor. Tinkerlust mengundang secara khusus ± 30 blogger untuk bergabung dalam acara ini, acara diselenggarakan hari Sabtu, 19 Agustus 2017 di Kinosaurus, Jalan Kemang Raya No 88, Jakarta Selatan. Jujur aja ini pertama kalinya aku ke tempat itu, dari depan tampak toko buku, tengah cafe Ruang Teduh  dan bagian belakang tempat yang digunakan untuk event ini, Kinosaurus. Tempatnya nyaman banget, santai, walaupun menurut aku agak sempit hehehe 🙊🙊.


Selfie dulu sambil nunggu acara dimulai

Aku sampai di sana pukul 09.45 WIB dan ternyata sudah banyak yang datang, waw, aku sedikit heran, karena beberapa kali aku ikutan event yang sama acaranya pasti ngaret 😪😭😞🙈🙈 dan ternyata mbak Andra pun sudah duduk cantik di depan. Tidak lama setelah aku sampai, acarapun dimulai, mbak Andra mulai dengan cerita singkat awal mulanya sebagai blogger. Jadi awalnya mbak Andra adalah seorang fotografer, karena alasan kesehatan, akhirnya mbak Andra memutuskan untuk jadi seorang blogger, katanya agar ilmu photography nya tidak hilang juga, karena mbak Andra sudah sangat mencintai dunia photography kali yaa.


Sumber : Tinkerlust

Materi yang disampaikan oleh mbak Andra berbeda dengan kebanyakan pembicara pada acara yang sama. Mbak Andra lebih menyampaikan trik jitu ala dirinya kepada peserta. Contohnya tentang creative habbits ala mbak Andra yang selalu membawa jurnal (buku) kemanapun dia pergi. Jadi mbak Andra selalu menuliaskan ide atau apapun yang dia lihat / rasakan saat itu juga dalam bukunya, karna menurutnya ide itu ada dimana2, inspirasi itu bisa datang darimana saja, jadi lebih baik dia tuliskan dulu dalam bukunya agar tidak lupa/ hilang, aku juga dulu pernah seperti ini, tapi lama kelamaan aku malas harus bawa catatan kemana2 hehehe 😂😂🙈🙈. Selain itu mbak Andra juga membiasakan untuk menulis (apapun) 3 lembar per hari, "Walaupun jaman sudah serba digital, menulis manual akan melatih indera dan kreatifitasmu" kata mbak Andra. Menurut aku ini keren banget, mbak Andra masih suka menulis manual di era yang sudah serba digital seperti ini, ini sangat menginspirasiku. Creative habbits yang terakhir versi mbak Andra adalah berlatih, berlatih dan berlatih, dengan berlatih kita bisa meningkatkan rasa percaya diri. Tidak bisa dipungkiri, pastinya banyak blogger yang sudah berusaha menulis suatu topik dengan sangat rapi, bahkan sudah selesai, tapi hanya berhenti di draft kurangnya rasa percaya diri inilah yang membuat para blogger tidak bisa berkembang. sebisa mungkin harus less draft, jangan biarkan ide-ide kita terbuang begitu saja, karena siapa tau tulisan yang terhenti di draft itu justru tulisan2 yang bagus, sayang banget kalo tidak terpublikasikan.


Sumber : Tinkerlust

Lalu untuk effective writing sendiri, mbak Andra selalu membedakan waktu antara menulis, mengetik, mencari referensi dan mengedit foto, jadi harus fokus satu per satu, karena ini bukan mengerjakan skripsi yang semuanya bisa dilakukan secara bersamaan 😂😂😂. Ini kebiasaanku selama ini, yang mengerjakan semuanya dalam satu waktu hehehe.

Menulis juga dijadikan terapi oleh mbak Andra, saat bad mood, marah, kecewa dll, dari pada kita marah2 di sosial media ataupun marah2 pada orang lain, lebih baik mbak Andra menulis, teknik ini selalu dipakai oleh mbak Andra, dan justru hasil tulisannya itu bagus, positif juga. Ini sangat berbeda denganku, justru aku tidak bisa menulis saat bad mood, meskipun sudah ada topiknya, referensi dan bahan tulisan pun sudah lengkap, aku tidak bisa merangkai kata-kata sama sekali, semakin aku paksakan untuk menulis, semakin buruk lah hasil tulisanku, hahaha 😂😂😂😂.

Acara berlangsung singkat, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, setelah selesai mbak Andra melanjutkan dengan membuat mindmap dan acara ditutup dengan acara foto bersama, ini wajib banget kan ya guys??

Sumber : Tinkerlust
Aku senang bertemu dengan orang2 baru, terutama yang memiliki hobby yang sama denganku. Aku senang ikut acara yang menambah pengetahuan dan menginspirasiku. Terimakasih Tinkerlust, mbak Andra dan Wardah. 



  • Share:

You Might Also Like

4 comments

  1. Wah yang ikut banyak juga ya met.. seru..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ci, rata2 kalo acara komunitas pesertanya segitu ci, kapan2 kalo ada lagi cc mau ikutan ga?

      Delete