17 Tipe Pengguna Instagram, Kamu Termasuk Yang Mana?

By Ursula Meta Rosarini - 1:52 pm

31 Agustus 2017




Pada jaman yang serba digital seperti saat ini, media sosial seakan menjadi "kebutuhan" jika tidak ingin dibilang ketinggalan jaman, walaupun sekedar untuk update informasi, berjualan ataupun sekedar untuk hiburan pada waktu luang. Instagram, Siapa sih yang tidak kenal Instagram? salah satu sosial media yang lagi nge-hits banget ini. Berbeda dengan Facebook dan Twitter, Instagram memang lebih dikhususkan untuk upload foto dan video. Banyaknya fitur yang ditawarkan oleh Instagram sepert Insta story, Live dan Boomerang membuat popularitasnya semakin naik dan perlahan akan menggeser keberadaan Facebook dan Twitter.

Banyaknya orang yang mengakses situs ini membuat pengguna Instagram memiliki tipe dan karakteristik tersendiri. Kali ini aku mau membahas tentang tipe-tipe karakteristik pengguna Instagram, kamu termasuk yang mana? yuk kita bahas satu per satu. 


1. Hashtager

Orang tipe seperti ini, rasanya kurang afdol kalo foto yang diunggah tidak diikuti dengan tanda tagar, tagar yang digunakan pun tidak cukup 1 atau 2, tapi panjang, sepanjang kereta jurusan Jakarta - Surabaya, maksudnya mungkin agar mempermudah orang yang suka cari2 foto menggunakan tanda tagar.

Sumber : www.instagram.com/pujipfc
 2. Foodstagrammer

Pernah dengar kata orang "dulu doa dulu sebelum makan, sekarang foto dulu sebelum makan" kecanggihan HP masa kini membuat hasil jepretan makanan terasa lebih lezat dari rasa makanan itu sendiri, aduh, bikin mupeng orang yang lagi laper aja ya.


Sumber : www.instagram.com/veronicayant
3. Traveller

Bagi para traveller sejati yang udah pasti hobby nya adalah jalan2 membuat dia lebih banyak mengunggah foto2 liburannya. Destinasi wisata yang indah, makanan daerah yang lezat sampai kebudayaan masyarakat ditempat wisata yang mengagumkan membuat kita ikut senang melihatnya, tape terkadang huh pengen banting HP karena envy, sepertinya kerjaan mereka jalan2 terus, bahagianya.

Sumber : www.instagram.com/cheebin_kwiyowo
4. Selfie

Pengguna Instagram yang satu ini, lebih suka menggambil foto wajahnya sendiri dari pada foto yang lain, hampir semua isi albumnya adalah selfie. Orang tipe ini bisa foto sampai puluhan kali hanya untuk satu foto yang mereka sukai. Tanpa melihat tempat dan waktu, selfie seakan sudah menjadi suatu keharusan.

Sumber : www.instagram.com/monnns05
5. Story Teller

Orang tipe ini selalu menjelaskan detail dan panjang lebar tentang foto yang diunggah, serasa baca novel 1 bab kalo baca captionnya.

 Sumber : www.instagram.com/mayaseptha7
Tapi kadang foto dan captionnya nggak nyambung.
www.instagram.com/mayaseptha7
6. No Caption

Berbanding terbalik dengan story teller, orang dengan tipe ini tidak memberikan penjelasan apapun pada foto yang di unggah, jangankan penjelaskan, sekedar hashtag, emot atau keterangan lokasi pun tidak ada. Mungkin dia pikir followers nya pada tau kali ya maksudnya apa.

Sumber : www.instagram.com/istharinielisabet
Sumber : www.instagram.com/istharinielisabet
7. Pet Lover

Kamu punya binatang peliharaan? Kalau iya, mungkin kamu termasuk penyayang binatang yang lebih suka menggunggah foto dengan binatang peliharaan dari pada sama pacar. Tidak jarang juga pet lover ini mengunggah kebiasan2 peliharaannya, dari mulai tidur, makan, mandi ataupun yang lainnya.

Sumber : www.instagram.com/wennifanni_
8. Coupletagram

Berbeda dengan pet lover, coupletagram ini tipe orang yang selalu menggunggah foto bersama pasangannya, seakan Instagram sudah menjadi album pribadinya, entah maksudnya pamer kemesraan atau berbagi kebahagiaan, yang jelas di albumnya penuh dengan foto2 berdua, so sweet ya, tapi bikin iri yang jomblo.

Sumber : www.instagram.com/didiyesa
9. Silent Reader

Kamu pernah melihat akun Instagram yang banyak following nya tapi albumnya kosong? eits, belum tentu dia sudah tidak aktif lagi di Instagram, bisa jadi dia hanya ingin lihat2 foto akun yang dia follow aja. Tipe orang seperti ini biasanya lebih suka lihat2 foto artis ataupun baca berita.

Sumber : www.instagram.com/restuelho
10. Lovers

Entah kurang kerjaan tau memang hobby nya nge like ❤️❤️, orang tipe ini selalu double tap alias nge like setiap foto yang dia lihat. 


11. Quiz Hunter

Tipe orang seperti ini biasanya didominasi oleh kaum hawa, yang telaten banget cari kuis ataupun giveaway, setiap foto yang diunggahnya untuk kepentingan kuis ataupun giveaway, kadang spam, tapi kadang bermanfaat juga bagi followers yang memiliki kepentingan yang sama.

Sumber : www.instagram.com/putriicahaya90
12. OOTD, Beauty and Fashion Addict

Orang dengan tipe ini, biasanya albumnya penuh dengan foto2 keren OOTD dan make up, kalau kamu follow orang tipe ini, kamu serasa punya katalog berjalan yang selalu datang tanpa dicari. Foto yang diunggah pun cenderung bagus dengan kualitas resolusi dan angle yang bagus pula. Sepertinya, kamera dan fotografernya pun tidak ala kadarnya.

Sumber : www.instagram.com/desimegasari


Sumber : www.instagram.com/desimegasari
13. Parenting

Mirip dengan pet lover, hanya saja bukan binatang peliharaan yang diunggah, tetapi anaknya. Tipe ini juga didominasi oleh kaum hawa, terutama para ibu muda yang lebih suka menggunggah foto anaknya dari pada dirinya. Aduh, jadi pengen cepet punya baby, eeh.. 


Sumber : www.instagram.com/christine_jonatan
14. Seller

Dunia maya juga digunakan untuk berbisnis bagi orang2 tipe ini, yang menggunakan akun Instagramnya sebagai online shop. Kalau bisa menghasilkan uang, kenapa tidak?.


Sumber : www.instagram.com/tiffanypfc
15. Endorser

Sama seperti seller, orang tipe ini menggunakan akun Instagramnya untuk bisnis tapi dengan cara memasarkan produk2 tertentu. Tipe ini biasanya didominasi oleh artis ataupun selebgram yang memiliki banyak follower.

Sumber : www.instagram.com/ayutingting92
16. Fangirl / Fanboy

Pernah lihat orang yang selalu mengunggah foto2 artis idolanya? orang dengan tipe ini lebih suka memenuhi albumnya dengan foto2 artis ataupun foto dirinya dengan artis2 idolanya. 

Sumber : www.instagram.com/sudiptasharmin
17. Motivator
Entah kehabisan kata2 untuk caption atau sedang memotivasi diri sendiri, yang jelas orang dengan tipe ini lebih suka mengunggah kata2 mutiara ataupun motivasi di akun Instagramnya.

Sumber : www.instagram.com/ririen.chan
Nah, itu dia 17 tipe pengguna Instagram versi aku, kira2 tipe apalagi ya yang belum ada? dan kamu termasuk tipe yang mana nih? yuk tulis di kolom komentar. 

  • Share:

You Might Also Like

25 comments

  1. Hahahaaa.... Amin.. Moga beneran tipe traveller.. Tp kadang q ke story teller jg kog ta... Sampe temen2 pada bilang mw caption apa cerita... Kepsyennya sampe capek bacanya... Hahahaa... Btw thx a lot ya.. Udah jadiin fotoQ gbar utama... Ahh jd terharu.. Semoga tambah banyak yg baca.. So creative.. Keep blogging dear... Pokok kita semangat trs... Ini koment kepanjangan agaknya.. Lain kali disambung.. Wkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahha, emg ga bisa di spesifikin banget setiap orang termasuk kategori apa, kyk aku kadang quiz hunter, kadang hashtager, hahahha, yg belum pernah cuma parenting doang hahaha, semangat terus mell, be a better blogger

      Delete
  2. Haha.. keren blognya.. aku tipe yang apa ya?cenderung Traveller sepertinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi makasih ya cici, iya cc juga termasuk yg traveller ci, sama ky mel.

      Delete
  3. ternyata ada juga tipe pengguna IG. haha ternyata saya termasuk ada didalamnya, No captoin, parenting, dan selfie. Borongan..

    ReplyDelete
  4. Aku ngakak bacanya woi aku termasuk apa ya? �� Kang gambar, kang drakor, kang endorse, kang ootd kwkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaalah kamu ke postingan jadul ini beb wkwkwk
      iya kamu kang gambar, kang drakor & kang ootd wkwkwkk

      Delete
  5. ealah aku jadi ke poatingan zadoel iki say...hahhahahahah...aku wes ga pernah buka ig ya Alloh ojo ojo aku lali pasworde hahahhahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaalah pantes aja aku follow kok ora di accept, sedih banget bund hahahha

      Delete
  6. Hahahahah aku tergantung mood aja mba. Kdg bikin caption panjang, tp ini kalo sdg posting resensi buku sih. Kalo hastag sampe bejibun ga pernah sih. Lah wong aku aja suka bingung pake hastag apa hahahah.

    Tapi aku suka lucu aja kalo liat postingan yg ga nyambung Ama caption :D. Cuma masih dibuat ketawa kalo yg begitu. Paling sebel kalo ga ada captionnya hahahaha. Apalagi kalo fotonya bikin penasaran. Kan kesel jadi hrus nanya ke usernya ATO tetep cari tau sendiri 🤣.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha, kepo ampe segitunya ya mbak kalau g ada captionnya wkwkwk

      Delete
  7. No. 4, 14 dan 17 dan berharap jadi no. 15 hihihihi...

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Kalau aku sih tipe traveler, endorser hahaha :) Ga yang selfie2 gitu mbak wkwkwkkw. Paling cerita makan2 saat jalan2 gitu biasanya ada. Atau review restoran, itu juga seru. Bikin pengen orang yang lihat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhahaha, aku juga mbak, pengennya traveller ama endors aja wkwk

      Delete
  10. Daku kadang 16, kadang juga 17.
    Meski yang ada juga foto pemandangan, dari yang namanya awan, kembang, jalanan.
    Ya apa aja di foto terus posting deh ke IG, biar gak kebanyakan ngiklan, hahah

    ReplyDelete
  11. Itu yang pakai hastag banyak sebenarnya berharap biar engangementnya lebih luas, kalau pas pakai hastag yang lagi rame, tapi kadang kalau salah pakai hastag, malah kena hukuman, atau kebanyakan hastag juga malah nggak kebaca postingannya di hastag tersebut :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha iya mbak, aku juga sering pake # kok, cuma skrg udah ga, kecuali ada # wajib dari brand wkwkwk

      Delete
  12. hahahahahha.lucu postingan yang ini.masuk tipe yang mana yak...suka berubah2 sih,tergantung kebutuhan.tp akhir2 ni ntah knp lagi malas posting dan sepi job pula wkwkkw

    ReplyDelete
  13. Banyak amat ini tipe2 pengguna instagramnya hahaha :D Aku walaupun ga sejati banget, suka upload yang traveler. Atau kadang ada pas lagi makan di resto. Ada juga foto sama keluarga. Banyak sih yang penting aku suka aja hahaha buat kenang2an :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga mba, isi feed ku gado2 mba, apa yg aku suka hahahaha

      Delete